Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


28 June 2021

10 Rekomendasi Microphone Terbaik yang Bagus untuk Meeting Online

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Microphone Terbaik yang Bagus untuk Meeting Online


Di era digital seperti sekarang ini, untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan melalui meeting online tentu membutuhkan perangkat yang bagus dan terbaik. Salah satu alat penting yang dibutuhkan dalam menunjang kegiatan tersebut adalah mikrofon (microphone).



Kini, banyak ditemukan dengan mudah di pasaran berbagai macam jenis mikrofon dengan bentuk dan kualitasnya yang bagus-bagus. Terkadang semakin banyak pilihan, semakin sulit menentukan mana mikrofon terbaik dan cocok dengan kebutuhan meeting online.

Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi mikrofon terbaik untuk meeting online lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai mikrofon hingga cara menggunakannya agar meeting online Anda berjalan dengan lancar.

Mengenal berbagai macam microphone untuk meeting online

Mikrofon untuk meeting online ini jenisnya bermacam-macam. Kualitasnya pun juga berbeda-beda. Semakin bagus kualitas, semakin mahal harganya. Untuk mengetahui apa saja jenis mikrofon dan bagaimana kualitas suara yang dihasilkan, berikut penjelasannya.

  • Gooseneck Microphone

Mikrofon jenis ini memiliki kualitas suara premium. Kemampuannya dalam menangkap suara cukup bagus dan tidak ada suara asing yang bocor. Modelnya kuat dengan desain yang ringan sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai posisi ketika Anda berbicara.

Untuk rapat sederhana, mikrofon ini tidak begitu dibutuhkan karena lebih cocok digunakan dalam rapat di ruangan besar. Misalnya ketika kekuatan suara dibutuhkan untuk menarik perhatian dari para audience atau peserta meeting.

  • Ceiling Microphone

Ceiling Microphone merupakan jenis mikrofon yang dipasang di langit-langit ataupun juga bisa dipasang di bagian bawah meja. Kemampuannya menangkap suara sangat bagus bahkan hingga 360 derajat.

Mikrofon jenis ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan rapat kecil ataupun sedang. Tapi, kurang pas jika digunakan untuk konferensi rapat besar karena dikhawatirkan menangkap suara asing atau terdengar bising.



  • Boundary Microphone

Jenis mikrofon ini sangat mudah dikenali. Salah satunya karena bentuk mikrofon seperti leher angsa dan biasanya dipasang di atas meja.

Kemampuan menangkap suaranya juga sangat baik, terutama di bagian depan mikrofon. Tapi perhatikan saat menggunakannya, karena ketika ada suara asing di sekitarnya maka bisa dipastikan hasilnya akan tidak maksimal.

  • Microphone Units

Microphone Units merupakan jenis mikrofon untuk meeting online yang dilengkapi dengan pengisian daya USB. Anda juga bisa memanfaatkan speaker yang berkualitas tinggi agar bisa memberi suara yang lebih sempurna.

Selain itu, mikrofon ini dilengkapi dengan tombol prioritas untuk mereka yang ingin bicara. Apakah dalam meeting online Anda membutuhkan fitur ini atau tidak perlu Anda pertimbangkan.

Cara membuat audio meeting online lebih bagus

Audio dalam sebuah meeting online sangatlah diperlukan. Jika tidak bisa terdengar dengan jelas maka para peserta meeting tidak akan bisa menangkap isi meeting dengan baik.

Penyampaian materi atau dengar pendapat sangat bergantung pada jenis mikrofon yang Anda gunakan. Namun, selain mikrofon, beberapa hal juga perlu diperhatikan dengan baik, antara lain adalah:

  • Posisikan mikrofon dengan tepat

Suara tiap orang tentu berbeda dari segi besar kecilnya volume. Ada tipikal yang bersuara besar sehingga posisi mikrofon tidak perlu terlalu dekat.



Tetapi ada juga yang membutuhkan posisi mic lebih dekat agar suara bisa terdengar jelas. Dari faktor ini tentu perlu diperhatikan bagaimana posisi mic saat Anda gunakan dalam meeting online. Teknik miking sangat dibutuhkan disini.

Sebaiknya tidak terlalu dekat atau jauh. Pastikan suara bisa terdengar jelas dan tidak menimbulkan feedback karena terlalu dekat.

  • Temukan ruangan yang tepat

Saat memulai meeting online, Anda butuh ruangan yang kondusif. Tidak ramai dengan suara bising karena mempengaruhi kemampuan mikrofon dalam menangkap suara. Beberapa mikrofon masih belum bisa memfilter suara asing.

Jika anda menghadiri meeting online di ruangan yang tepat maka suara bisa lebih terkontrol. Besar kecilnya suara juga dipengaruhi oleh ruangan yang Anda pilih. Ruangan yang besar menjadikan suara menggaung.

  • Gunakan headphone

Perangkat seperti komputer, laptop atau smartphone memang memiliki speaker yang bisa mengeluarkan lebih keras. Tetapi, jika ruangan meeting lebih besar dan terdapat suara bising maka sebaiknya Anda menggunakan headphone.

Tujuannya agar suara bisa terdengar jelas, selain itu Anda bisa mengontrol suara diri sendiri saat berpendapat. Karena meskipun menggunakan mikrofon untuk meeting online terbaik, kontrol tetap diperlukan.

Pastikan volume tidak terlalu besar atau kecil. Dari sinilah pentingnya headphone digunakan saat meeting online. Anda bisa fokus selama mendengarkan dan mengikuti meeting tanpa terganggu suara asing yang ada di sekitar Anda.

  • Lakukan tes suara

Sebelum meeting dimulai, ada baiknya Anda mengecek apakah mikrofon atau headphone sudah terhubung dengan baik. Persiapan sebelum meeting online harus diperhatikan.



Meski menggunakan mikrofon untuk meeting online berkualitas bagus, jika pengaturannya tidak diperhatikan dikhawatirkan tidak bisa maksimal.

Lakukan tes suara sebelum meeting online. Setelah memastikan posisi mikrofon benar, ruangan yang digunakan tepat dan headphone terpasang, saatnya Anda mendengarkan suara sendiri apakah bisa tertangkap dengan jelas.

  • Cek perangkat

Meeting online menggunakan perangkat laptop atau komputer tentu berbeda dengan Anda yang menggunakan smartphone. Meski sama-sama bisa mengikuti meeting dengan baik, tak ada salahnya untuk memilih perangkat yang lebih memadai.

Cek perangkat yang Anda gunakan apakah mampu mendukung berjalannya meeting online. Baik dari segi ketersediaan daya baterai hingga kemampuannya untuk menghasilkan output suara yang bagus.

  • Pencahayaan yang cukup

Pencahayaan yang bagus juga akan mempengaruhi bagaimana meeting online Anda berjalan lancar. Meski tidak berhubungan dengan bagaimana kualitas suara yang Anda hasilkan tetapi pencahayaan jelas akan berdampak pada tampilan layar di perangkat.

Meeting online seringkali membutuhkan kehadiran atau presensi para audience. Sehingga tampilan wajah di layar dianggap penting. Perhatikan kondisi pencahayaan pada ruangan yang Anda jadikan tempat meeting.

10 Rekomendasi microphone terbaik yang bagus untuk meeting online

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis mikrofon hingga cara menggunakannya, maka perkenankan kami menyajikan 10 rekomendasi mikrofon terbaik yang bagus untuk meeting online dari berbagai merek berikut ini.



10. Blue Yeti USB Mic

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-10

Harga : Rp 3.100.000

Berkualitas dan mampu menangkap suara audio secara detail

Kalau berbicara mengenai mikrofon terbaik, Anda bisa memilih Blue Yeti USB Mic. Kualitasnya mampu mendukung aktivitas meeting online Anda berjalan dengan baik dan lancar.

Seperti diketahui, perangkat ini memiliki empat mode pola yang berbeda. Suaranya juga tetap optimal di berbagai situasi. Misalnya saja seperti ketika Anda merekam musik atau hanya mendengarkan sesi bicara di panggilan konferensi.

Masing-masing mode bisa Anda fungsikan sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin merekam percakapan antara dua orang di ruangan yang sama, ada mode dua arah yang akan menangkap audio secara detail. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.

9. Elgato Wave 3

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-9

Harga : Rp 2.649.000

Multifungsi dan cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan

Elgato Wave 3 tidak hanya digunakan untuk meeting online saja, tetapi juga cocok dipakai untuk mendukung permainan gim Anda.

Dari sisi luar, mikrofon ini sudah dilengkapi dengan perlindungan komponen internal menggunakan pola kutub cardioid agar bisa merekam audio. Sementara di bagian belakang mikrofon, Anda bisa melihat port USB type C dan output headphone. Pengguna bisa mengatur besar kecilnya volume, input ataupun output.

Selain itu, penggunaannya pun mudah dan nyaman. Ada alas yang empuk serta fitur mute untuk memotong audio sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.



8. Hyper X Solo Cast

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-8

Harga : Rp 890.000

Kompatibel dengan PS4

Mikrofon meeting online terbaik berikutnya adalah Hyper X Solo Cast. Pilihan ini paling bagus untuk mereka yang sering melakukan konferensi. Kalau pun Anda menginginkan bermain gim atau streaming, Hyper X Solo Cast tetap bisa difungsikan lebih maksimal.

Model mikrofon ini juga mampu mencegah kesalahan audio karena dilengkapi tombol mute khusus yang bisa Anda fungsikan. Ada indikator LED agar bisa memastikan bahwa mikrofon tersebut bisa dibisukan atau kembali diaktifkan sesuai kebutuhan.

Menariknya lagi, Hyper X Solo Cast kompatibel dengan PS4 dan platform streaming yang populer. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.

7. HEiL Sound PR-40

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-7

Harga : Rp 14.887.000

Desain elegan dan bergaransi

Jika Anda mencari mikrofon yang memiliki bodi baja dan dilapisi krom matte, HeiL Sound PR-40 ini merupakan jawabannya. Selain itu, produk HEiL Sound PR-40ini juga dilengkapi dengan Sorbothane Internal yang mengurangi risiko gangguan suara lainnya.

Desainnya pun dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas suara. Bahkan demi kenyamanan, mikrofon untuk meeting online ini terkenal karena rancangannya yang tidak biasa dan tidak sama dengan yang lain.



Menariknya lagi, terdapat garansi selama tiga tahun. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Tokopedia.

6. FIFINE T669

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-6

Harga : Rp 748.000

Mikrofon dengan filter pop ganda dan tripod stand

FIFINE T669 memiliki filter pop ganda yang dirancang khusus dengan tujuan untuk mengurangi aliran udara langsung saat terjadi perekaman agar tidak ada suara asing yang masuk. Alat ini cocok digunakan untuk kebutuhan di dalam ruangan, baik di studio maupun di rumah.

Menariknya lagi, mikrofon ini dilengkapi dengan tripod stand yang memungkinkan Anda lebih mudah saat meletakkannya di meja. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.

5. Shure MV5

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-5

Harga : Rp 2.079.000

Merekam suara lebih solid dan jernih

Shure MV5 merupakan mikrofon yang menghasilkan suara solid dan jernih. Ada tiga mode terpisah yaitu instrumen, datar, dan vokal. Masing-masing akan memberi kualitas suara yang optimal.

Selain itu, secara penggunaan juga mudah dan cocok dipakai untuk para pemula. Menariknya, produk ini juga dilengkapi dengan dudukan yang terbuat dari aluminium agar lebih pas saat diletakkan di meja. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.

4. Samson Meteor

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-4



Harga : Rp 1.060.000

Mikrofon kondensor studio tanpa driver khusus

Samson Meteor merupakan mikrofon kondensor studio yang bisa Anda sambungkan langsung ke komputer menggunakan input USB. Anda tidak perlu menggunakan driver khusus seperti jenis mikrofon lainnya.

Mikrofon ini didesain dengan ukuran 25 mm, cardioid pickup pattern 16-bit, 44.1/48kHz, flat frequency response of 20Hz20kHz, Stereo 1/8″. Selain itu juga dilengkapi dengan kontrol volume serta bodi dilapisi krom yang tahan lama.

Produk Samson Meteor ini ditawarkan dengan harga terjangkau, namun secara kualitas terbilang ok dan mumpuni untuk mendukung berbagai aktivitas meeting online. Menariknya lagi, suara yang dihasilkan jernih dan penggunaanya cukup mudah. Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.

3. Shure MV88 Portable iOS Microphone

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-3

Harga : Rp 3.505.000

Dilengkapi konektor lightning, rekam suara jadi lebih fokus

Seri MV88 ini terbilang sangat recommended. Sebab, Anda bisa menghubungkannya dengan perangkat Apple, iPad atau iPod. Aktivitas merekam suara dengan hasil paling jernih. Desainnya memudahkan Anda untuk memutarnya hingga 90 derajat.

Akan lebih maksimal lagi jika Anda menggunakan Shure Plus MOTIVE Audio. Merekam suara lebih jernih cocok mengunakan mikrofon ini. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.

2. Blue Microphones Snowballs Ice

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-2



Harga : Rp. 1.689.999

Bentuk mikrofon yang unik dengan pilihan warna hitam putih

Apakah Anda sering mengikuti atau mengadakan webinar? Mikrofon paling tepat untuk menunjang aktivitas Anda adalah Blue Microphone Snowbal Icel. Sesuai namanya, mikrofon ini memang berbentuk bulat dengan pilihan warna hitam putih.

Kelebihan mikrofon ini mampu menangkap suara lebih handal meski di tempat yang bising, baik itu menggunakan perangkat Mac atau PC tetap maksimal tanpa driver khusus. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mendapatkan mikrofon ini di Shopee.

1. Audio Technica AT2035

foto-microphone-terbaik-yang-bagus-untuk-meeting-online-1

Harga : Rp 2.040.000

Cocok dipakai kalangan profesional

Jenis mikrofon untuk meting online ini memang dirancang khusus untuk para profesional. Tetapi Anda juga tetap bisa menggunakannya di rumah. Desainnya elegan dan terlihat kuat sehingga bisa digunakan dengan maksimal.

Alasan utama mengapa Anda bisa memilih Audio-Technica AT2035 ini adalah karena hasil suara sangat halus dan alami. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli mikrofon ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Mikrofon untuk meeting online terdiri dari beberapa jenis seperti Gooseneck Microphone, Ceiling Microphone, Boundary Microphone, dan Microphone Units.
  • Agar kualitas suara saat meeting online bagus, posisikan mikrofon dengan baik, pilih ruangan yang tepat dan tidak bising.
  • Selain itu, gunakan headphone untuk mengontrol suara dan lakukan tes suara. Kemudian, pertimbangkan perangkat yang Anda gunakan saat meeting, serta atur pencahayaan ruangan agar meeting tetap bisa berjalan maksimal.
  • Jika Anda mencari mikrofon untuk meeting online sekaligus untuk bermain game, Anda bisa memilih Elgato Wave.
  • Namun, jika Anda membutuhkan mikrofon dengan tripod stand, maka Anda bisa memilih FIFINE T669.
  • Sementara untuk Anda yang menginginkan mikrofon dengan kualitas terbaik dan biasa digunakan oleh kalangan profesional, Anda bisa memilih mikrofon Audio-Technica AT2035.

Referensi

1. Diy video studio, (2021), Best Microphone for better Zoom Calls: Buyers Guide, https://www.diyvideostudio.com/best-microphone-for-zoom-calls/
2. Photo Selter, (2020), How to Get Great Audio for Webinars, Online Meetings, and Podcasts from Home, https://blog.photoshelter.com/2020/03/how-to-get-great-audio-for-webinars-online-meetings-and-podcasts-from-home/
3. Tech Republic, (2021), The 8 Best Microphones to Help You Sound Better in Your Next Video Meeting, https://www.techrepublic.com/article/the-6-best-microphones-for-the-home-office-and-remote-work/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Microphone Video Conference WFH Zoom Meeting


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Microphone Terbaik yang Bagus untuk Meeting Online", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »