Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


26 May 2021

10 Rekomendasi Merek Tisu Basah yang Aman untuk Bayi

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Merek Tisu Basah yang Aman untuk Bayi


Memilih tisu basah untuk bayi memang tidak boleh sembarang. Apalagi jika tisu basah telah menunjukkan gejala alergi seperti ruam, bentol, kulit bersisik hingga rasa gatal, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian dan beralih ke merek lain yang lebih aman.



Berikut kami sajikan merek tisu basah yang aman untuk bayi lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih tisu basah dan juga cara menyimpannya.

Pilih tisu basah sesuai kebutuhan

Tisu basah menjadi satu di antara perlengkapan wajib untuk si kecil. Selain untuk membersihkan kulit bayi, tisu basah bayi juga berguna untuk menghilangkan partikel kecil seperti debu, minyak, hingga bakteri dan jamur yang mungkin menempel pada permukaan benda-benda yang sering disentuh oleh si kecil.

Sebelum membeli tisu basah bayi, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memilih yang sesuai kebutuhan.

Tidak semua tisu basah cocok dengan kebutuhan bayi Anda, misalnya pada bayi usia 0 sampai 4 bulan. Di usia itu, si kecil tentu belum terlatih untuk membersihkan diri di kamar mandi.

Maka dari itu, umumnya mereka membutuhkan tisu basah jenis baby wipes yang serbaguna. Tisu basah bayi jenis ini dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dan urin si kecil, hingga menyeka tubuh si kecil.

Setelah menginjak usia 6 bulan ke atas, si kecil akan mulai aktif dan berlatih untuk membersihkan diri di toilet. Jika sudah menginjak usia ini, Anda tentu harus menambah jenis tisu basah yang digunakan.

Selain baby wipes, Anda juga perlu menggunakan tisu basah yang mengandung antiseptik. Tisu basah yang mengandung antiseptik dapat digunakan untuk membersihkan tangan si kecil, hingga berbagai permukaan benda yang sering disentuh si kecil, agar terhindar dari kuman, parasit dan bakteri yang merugikan.

Perhatikan kandungan tisu basah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penting bagi Anda untuk mengetahui bahan apa saja yang terkandung pada tisu basah bayi yang Anda pilih. Sangat disarankan untuk memilih tisu basah bayi yang mengandung bahan-bahan alami.



Tisu basah bayi yang aman umumnya mengandung air murni, pewangi alami, ekstrak tanaman seperti aloevera atau mentimun, vitamin E dan tidak mendaung alkohol.

Ada baiknya jika Anda memilih produk tisu basah bayi yang sudah teruji tes hypoallergenic, atau tes anti alergi. Tisu basah yang lolos tes ini terbukti aman digunakan pada semua jenis kulit bayi, karena tidak mengandung bahan yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit si kecil.

Perhatikan tekstur dan warnanya

Umumnya, tisu basah yang ada di pasaran saat ini terbuat dari bahan kain yang lembut. Namun, agar lebih aman, Anda juga harus memastikan bahwa tekstur tisu tersebut benar-benar lembut dan nyaman ketika diusapkan pada permukaan kulit si kecil.

Harga tisu basah bayi pun cenderung lebih mahal dari tisu basah biasa. Karena semakin bagus kualitasnya, maka akan semakin lembut pula teksturnya.

Selain teksturnya yang lembut, Anda juga harus memperhatikan warna tisu basah yang Anda pilih. Jika warna tisu tersebut terlihat terlalu putih mencolok, bisa jadi tisu tersebut mengandung bahan pemutih.

Maka dari itu, pastikan membeli tisu basah bayi yang sudah ternama dan memiliki izin resmi dari BPOM.

Ketahui cara penggunaannya

Jika semua kriteria sudah dirasa aman, selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara penggunaan tisu basah bayi yang benar.

Misalnya, untuk membersihkan areal wajah, mulut dan tangan si kecil, usahakan untuk menyeka bagian tersebut secara lembut dan terarah. Tidak perlu menekan tisu terlalu keras, karena permukaan tisu yang basah dibuat agar kotoran, debu dan minyak menempel tanpa perlu digosok terlalu kencang.



Begitu pula saat Anda menggunakan tisu basah bayi ketika mengganti popok, atau membersihkan bokong dan kelamin si kecil.

Saat membersihkan areal bokong dan kelamin, upayakan agar Anda menyeka areal kelamin terlebih dahulu sebelum bokong. Karena areal kelamin si kecil tentu lebih sensitif dan harus dibersihkan secara benar.

Selain itu, areal bokong mengandung lebih banyak bakteri, yang tentu saja akan berbahaya jika terkena areal kelamin.

Perhatikan ulasan pelanggan

Poin terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tisu basah bayi adalah ulasan pelanggan. Tidak sulit menemukan berbagai ulasan yang dapat memberi penilaian terhadap sebuah produk yang ingin Anda beli.

Anda bisa menemukan ulasan pelanggan yang pernah menggunakan merek tisu basah bayi tertentu di berbagai forum online, di laman media sosial atau artikel review seperti yang sedang Anda baca ini.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda ikuti saat memilih produk tisu basah bayi. Setelah mengetahui cara memilihnya, ada baiknya jika Anda mengetahui juga cara menyimpan tisu basah bayi agar tetap aman ketika digunakan, sebagai berikut:

  • Bersihkan kemasan tisu basah bayi sebelum digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran, bakteri atau parasit yang mungkin menempel pada permukaan kemasan.
  • Simpan tisu basah di tempat yang kering, pada wadah khusus atau tas penympanan peralatan bayi, agar Anda lebih mudah menemukannya ketika hendak digunakan.
  • Tutup kemasan tisu basah setelah digunakan agar tisu tetap lembab dan tidak kering. Jangan keluarkan tisu dari kemasannya.
  • Jauhkan tisu basah dari jangkaun si kecil. Anda bisa menempatkannya pada permukaan yang tinggi, atau di lemari pakaian.
  • Gunakan tisu basah secukupnya. Jangan terlalu boros menggunakannya, karena tisu basah terbuat dari serat kayu yang diambil dari pohon. Semakin hemat, maka semakin ramah lingkungan.

10 Rekomendasi merek tisu basah yang aman untuk bayi

Setelah Anda mengetahui cara memilih dan menyimpan tisu basah dengan benar, maka perkenankan kami merekomendasikan 10 tisu basah yang aman untuk si kecil dari berbagai merek berikut ini.

10. Zwitsal Baby Cleansing Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-10

Harga: Rp 14.600

Mengandung aloe vera untuk mencegah iritasi kulit

Sebagai satu di antara merek perlengkapan bayi ternama, Zwitsal tentu memiliki produk tisu basah bayi yang berkualitas. Bagi Anda, para ibu yang menginginkan tisu basah yang dapat mencegah iritasi kulit pada si kecil, Zwitsal Baby Cleansing Wipes Classic bisa menjadi pilihan terbaik.



Selain bebas alkohol, produk tisu basah bayi ini juga mengandung aloe vera yang mampu mencegah dan menyembuhkan iritasi pada kulit si kecil. Zwitsal Baby Cleansing Wipes Classic sudah teruji klinis hypoallergenic, sehingga aman digunakan pada semua jenis kulit bayi. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.

9. Pure Baby Cleansing Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-9

Harga: Rp 7.500

Mengandung vitamin E yang melindungi kulit bayi

Sama seperti tisu basah Zwitsal, Pure Baby Cleansing Wipes dapat menjadi pilihan selanjutnya bagi Anda. Tisu basah bebas alkohol ini juga mengandung aloe vera yang dapat menjaga kelembaban kulit bayi.

Produk ini sudah teruji klinis aman digunakan, dan mampu melenyapkan 99,9 persen kuman yang menempel pada permukaan kulit si kecil.

Diperkaya dengan kandungan Vitamin E, Pure Baby Cleansing Wipes memiliki PH 5,5 yang sesuai dengan karakter kulit bayi, sehingga membantu melindungi kulit si kecil dari zat allergen yang dapat menyebabkan iritasi. Anda dapat membeli tisu basah ini di Shopee.

8. Pigeon Baby Wipes Moisturizing Cloth

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-8

Harga: Rp 34.000

Easy one hand system, membuat tisu mudah diambil

Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan, tisu basah bayi produksi Pigeon ini layak dimasukkan dalam daftar belanja Anda. Dikemas dengan sistem easy one hand system, membuat setiap lembar Pigeon Baby Wipes Moisturizing Cloth ini sangat mudah diambil dari kemasannya.

Tidak hanya itu, tisu basah bayi ini terbukti bebas alkohol dan terbuat dari bahan food grade, sehingga aman ketika tidak sengaja terjilat oleh si kecil.



Dengan aroma yang menyegarkan, Pigeon Baby Wipes Moisturizing Cloth dapat diandalkan untuk membersihkan berbagai kotoran yang menempel pada permukaan kulit bayi. Anda dapat membeli produk ini di Shopee.

7. Sweety Baby Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-7

Harga: Rp 14.000

Harum tanpa pewangi buatan

Produk yang satu ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Dibuat dari bahan-bahan alami, Sweety Baby Wipes dapat diandalkan untuk membersihkan kulit si kecil. Selain bebas alkohol dan teruji klinis yang aman untuk kulit si kecil, tisu basah bayi ini memiliki aroma yang sedap.

Walaupun lebih harum dari tisu basah bayi kebanyakan, Sweety Baby Wipes menggunakan bahan pewangi alami yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Cussons Baby Sensitive Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-6

Harga: Rp 18.500

Kandungan olive oil menjaga kulit tetap lembab

Cusson Baby Sensitive Touch ini aman digunakan pada bayi yang baru lahir. Terbuat dari bahan yang lembut, produk ini mengandung bahan-bahan alami yang mampu menghindari iritasi pada kulit si kecil.

Tisu basah ini juga memiliki kandungan olive oil yang dapat menjaga kelembapan dan kesegaran kulit bayi. Anda bisa membeli tisu basah ini di Shopee.



5. Dr. Brown’s Tooth & Gum Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-5

Harga: Rp 115.000

Bisa digunakan membersihkan gusi dan gigi

Jika kebanyakan tisu basah bayi digunakan untuk membersihkan kulit dan perlengkapan si kecil, produk yang satu ini dirancang untuk menjaga kesehatan gusi dan gigi bayi. Sesuai namanya, Dr. Brown’s Tooth & Gum Wipes mengandung bahan alami yang dapat membersihkan gusi dan gigi si kecil.

Tisu basah ini terbukti bebas alkohol dan terbuat dari kain food grade, sehingga sangat aman jika terjilat oleh bayi Anda. Tisu basah bayi ini bahkan dapat digunakan sebagai pengganti kain kassa, yang biasa digunakan untuk meredakan rasa nyeri karena tumbuh gigi.

Selain itu, produk ini tersedia dalam rasa dan aroma anggur yang segar, Anda bisa membeli tisu basah ini di Shopee.

4. Paseo Baby

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-4

Harga: Rp 15.000

Menggunakan serat alami yang lembut di kulit

Sebagai produsen tisu ternama, Paseo juga memiliki produk tisu basah khusus bayi. Paseo Baby sangat cocok bagi bayi yang memiliki kulit ekstra sensitif. Terbuat dari serat khusus virgin plantation pulp, setiap lembar tisu Paseo Baby akan dijamin tidak akan memberikan efek iritasi di kulit si kecil.

Serat khusus ini jauh lebih lembut dari serat tisu basah pada umumnya, sehingga sangat aman dan nyaman untuk digunakan setiap hari.

Tanpa bahan pemutih buatan dan alkohol, Paseo Baby juga mengandung ekstrak bunga chamomile, lidah buaya dan vitamin E yang dapat menjaga kelembapan dan kelembutan kulit bayi. Anda bisa membeli Paseo Baby di Shopee.

3. Mitu Baby Antiseptic Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-3



Harga: Rp 12.000

Resealable flab menjaga tisu tetap higienis

Siapa yang tidak kenal dengan produk yang satu ini. Sebagai produsen tisu khusus bayi, Mitu tentu diperhitungkan dalam kategori merek tisu basah bayi terbaik di kelasnya. Satu di antara produk Mitu yang terkenal adalah Mitu Baby Antiseptic Wipes.

Sesuai namanya, tisu basah ini mengandung bahan antiseptic yang dapat membunuh kuman dan bakteri. Dibuat dari bahan-bahan alami, Mitu Baby Antiseptic Wipes diperkaya dengan vitamin E yang cocok untuk kulit si kecil yang sensitif.

Tidak hanya itu, tisu ini juga dikemas dalam kemasan resealable flab yang berfungsi menjaga tisu tetap higienis ketika penutupnya dibuka. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Mamy Poko Baby Care Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-2

Harga: Rp 7.500

Tebal dan lebar, membersihkan dengan sekali usap

Selain terkenal dengan produk popoknya, MamyPoko juga mengeluarkan produk tisu basah bayi berkualitas. Tisu basah MamyPoko Baby Care Wipes dirancang khusus untuk membersihkan area popok pada bayi. Hal ini terlihat dari ukuran tisunya yang lebih tebal dan lebar dari tisu basah kebanyakan.

Ukuran yang tebal dan lebar ini memudahkan Anda saat membersihkan setiap sudut area popok. Jadi, cukup dengan satu tisu, semua noda dan kotoran yang menempel langsung bersih dalam sekali usapan. Anda bisa membeli tisu basah ini di Shopee.

1. BabySafe Antibacterial Wipes

foto-merek-tisu-basah-yang-aman-untuk-bayi-1



Harga: Rp 22.000

Membunuh kuman, bakteri dan jamur dalam 60 detik

Anda tentu sudah tak asing dengan merek BabySafe kan? Selain terkenal akan produk slow cooker dan botol susu bayi, BabySafe juga mengeluarkan produk tisu basah khusus bayi. BabySafe Antibacterial Wipes dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin membeli tisu basah bayi multifungsi.

Selain untuk membersihkan tubuh si kecil, tisu basah ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membersihkan perlengkapan makan, mandi hingga mainan yang sering disentuh si kecil, karena sudah memiliki formula food grade.

Tidak hanya itu, tisu basah ini juga mengandung ekstra xylitol yang mampu membunuh kuman, bakteri hingga jamur hanya dalam waktu 60 detik. Anda bisa membeli tisu basah ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli tisu basah bayi, sebaiknya perhatikan kandungan, cara penggunaan, dan ulasan pelanggannya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahuicarapenyimpanannya agar tisu basah tetap bersih dan higienis.
  • Untuk kebutuhan kulit sensitif bayi, Anda bisa memilih Switzal Baby Cleansing Wipes, Pure Baby Cleansing Wipes, dan Cusson Baby Sensitive Wipes.
  • Namun, jika Anda ingin tisu basah bayi dengan kemasan yang mudah dibuka,maka Anda bisa memilih Pigeon Baby Wipes Moisturizing Cloth dan Mitu Baby Antiseptic Wipes.
  • Sedangkan bagi Anda yang menginginkan tisu basah food grade yang aman jika terjilat si kecil, Anda bisa memilih Dr. Brown’s Tooth and Gum Wipes dan BabySafe Antibacterial Wipes.

Referensi

1. The Tomco (2020), How To Choose Safe and Natural Baby Wipes, https://thetomco.com/blog/best-safe-natural-baby-wipes/
2. Heather Corley, Very Well Family (2020), How To Choose The Best Baby Wipes, https://www.verywellfamily.com/how-to-choose-the-best-baby-wipes-293830



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Anak-Anak Kesehatan


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Merek Tisu Basah yang Aman untuk Bayi", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »