Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


3 May 2020

10 Rekomendasi Kursi Kerja Terbaik untuk Para Pekerja

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Kursi Kerja Terbaik untuk Para Pekerja


Apakah Anda pernah mengitung berapa lama waktu yang Anda habiskan di kantor dalam satu hari? Banyaknya pekerjaan biasanya membuat sesorang dapat menghabiskan waktu lebih lama di kantor. Jika sudah begitu, kenyamanan ketika bekerja menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi tingkat produktivitas Anda.



Kursi kerja merupakan salah satu bagian yang penting jika berbicara tentang produktivitas dan kualitas hasil kerja seseorang. Kursi kerja yang baik adalah kursi yang dapat memberikan kenyamanan bagi pemakainya dan mencegah sakit punggung. Tentunya, untuk mendapatkan kursi kerja terbaik, Anda harus memastikan beberapa hal, seperti kualitas bahan, sandaran, tinggi kursi, serta mereknya.

Karena itu, kami menyajikan beberapa kursi kerja lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai pemilihan kursi kerja serta cara perawatannya.

Mengenal jenis kursi kerja yang sering digunakan

Secara umum, kursi kerja kantor terbagi dalam 4 jenis. Pertama, kursi kerja berkaki roda yang dapat berputar. Kursi kerja semacam ini biasa digunakan di kantor pada umumnya. Kursi jenis ini memiliki fitur standar yang berfungsi untuk memiringkan posisi sandaran punggung dan tangan.

Kedua adalah kursi ergonomis. Kursi kerja ergonomis merupakan kursi yang dirancang khusus agar memenuhi kebutuhan duduk penggunanya. Selain itu, postus tubuh pengguna kursi ergonomis juga dapat lebih terjaga.

Ketiga adalah kursi kerja dengan reclining function yang selain dapat digunakan untuk bekerja, juga dapat digunakan untuk berbaring atau beristirahat disela pekerjaan Anda. Beberapa kursi kerja dengan fitur ini dapar dimiringkan kebelakang hingga 170 derajat dan dilengkapi dengan sandaran kaki.

Keempat adalah kursi eksekutif yang besar dan terlihat mewah. Biasanya bahan yang digunakan pada kursi ini adalah material faux leather yang membuatnya beraksen eksekutif dan mewah. Dengan bentuk yang lebar dan besar tentunya memberikan kenyamanan saat digunakan.

Perhatikan jenis material kursi kerja

Apabila sebelumnya Anda sudah mengetahui jenis-jenis kursi kerja, Anda perlu memahami material yang digunakan pada kursi kerja. Yang pertama tentunya adalah material kain. Kebanyakan dari kursi kantor terbuat dari material kain tenun maupun rajut. Kursi dengan material kain biasanya memiliki harga relatif terjangkau.



Kedua adalah material mesh dengan mutu tinggi. Kursi kerja dengan material ini mampu mengurasi rasa gerah pada bagian belakang tubuh Anda dan mampu membuat punggung Anda bersandar dengan nyaman karena bahannya yang kokoh dan kuat.

Ketiga adalah material PVC/PU. Sebenarnya material ini hampir sama dengan jenis material kulit sintetis, namun hadir dengan harga yang lebih ekonomis dibanding kulit asli. Kursi kerja dengan material ini cenderung lebih hangat.

Keempat adalah material genuine leather atau kulit asli. Berbicara mengenai kulit asli tentunya juga berbicara tentang kualitas. Kursi kerja dengan material kulit asli memang berkualitas tinggi dengan daya tahan yang sangat bagus karena awet hingga bertahun-tahun.

Perhatikan ukuran kursi

Hal yang sering terjadi adalah ketika kursi kerja sudah didalam rumah atau ruangan, Anda baru menyadari bahwa kursi kerja yang Anda beli terlalu besar. Kursi kerja yang terlalu besar membuat Anda tidak dapat bebas bergerak sehingga akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan ruangan terasa penuh.

Pastikan posisi lengan kursi akan cocok dengan tinggi meja

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah posisi lengan kursi dengan tinggi meja. Pastikan bahwa posisi lengan kursi akan cocok dengan tinggi meja kerja Anda.

Jika keduanya pas dan cocok, maka kursi dapat masuk ke kolong meja kerja Anda dan membuat posisi duduk Anda tidak terlalu jauh dengan meja kerja. Tentunya hal ini akan membuat Anda semakin nyaman dalam bekerja.

Pilih kursi yang dapat diatur ketinggiannya

Berdasarkan panduan, selisih yang ideal antara tinggi meja dan tinggi kursi adalah 27 cm hingga 30 cm. Masing-masing kursi dan meja kerja terdapat selisih tinggi idealnya masing-masing. Selisih tinggi yang ideal akan membantu Anda terhindar dari nyeri bahu dan punggung.



Demi menghindari sakit punggung dan pegal di bahu, alangkah lebih baiknya untuk memilih kursi kerja yang memiliki pengaturan untuk mengatur ketinggian kursi kerja Anda agar terhindar dari masalah-masalah sakit punggung dan membuat Anda semakin produktif.

Perhatikan sandaran punggung kursi kerja

Poin penting yang menjadi perhatian selanjutnya adalah sandaran punggung. Sandaran punggung merupakan kunci dari kenyamanan kursi kerja yang akan Anda gunakan. Selain kenyamanan, sandaran punggung rupanya mempengaruhi postur tubuh dan tulang belakang.

Postur tulang belakang ini penting karena dapat menjadi tumpuan kepala yang baik dengan membentuk huruf S. Maka dari itu, jika Anda memilih kursi kerja sebaiknya pilih yang memiliki sandaran punggung berbentuk S-curve karena dapat membantu menjaga postur tubuh dan tulang belakang Anda.

Perhatikan bantalan tempat duduk kursi

Poin yang mempengaruhi kenyamanan selanjutnya adalah bantalan kursi. Bantalan kursi yang cukup tebal, tidak terlalu keras, dan memiliki gaya membal akan membuat pinggang terasa lebih nyaman dan tidak mudah lelah.

Cara merawat kursi kerja agar lebih awet

Agar kursi kerja Anda tetap besihm nyaman dipakai, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawarnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kursi kerja:

  • Hindari kebiasaan duduk sembarangan dan gunakan kursi kerja sebagaimana mestinya. Pastikan Anda tidak menduduki armrest karena hal ini dapat membuat armrest goyah atau patah.
  • Kenali bahan kerangka kursi dan sifatnya. Pada umumnya, kerangka kursi kerja terbiat dari besi, kayu, atau nylon. Jika terbuat dari besi, maka Anda harus sering membersihkannya agar terhindar dari karat. Sedangkan jika terbuat dari kayu maka harus berhati-hati dan jangan sampai terkena benturan keras yang akan membuat nya tergores.
  • Hindari melerakkan wadah berisi benda cair pada permukaan kursi atau dipinggir meja yang dapat membasahi kursi kerja Anda. Jika kursi kerja Anda terkena tumpahan benda cair maka segera bersihkan dan membilasnya dengan air.
  • Jangan menggunakan kursi kerja sebagai pijakan berdiri, karena selain bisa menyebabkan Anda tergelincir juga dapat membuat kaki kursi kerja tersebut menjadi patah.
  • Sesekali letakkan kursi kerja di luar ruangan yang terkena sinar matahari untuk menormalkan kualitas busa pada bantalan dan sandaran kursi. Namun jangan terlalu sering karena dapat memudarkan warna kain pembungkusnya.

10 Rekomendasi kursi kerja terbaik untuk para pekerja

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai kursi kerja lengkap dengan cara memilih dan cara merawatnya, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendari kursi kerja terbaik untuk para pekerja dari berbagai merek berikut ini:

10. Fcenter Michigan High

fcenter_michigan_high

Harga : Rp 890.000

Kursi ergonomis yang kuat dan kokoh



Michigan high ini merupakan kursi dengan sandaran tinggi. Kerangka kursi ini terbuat dari material berpa nylon fiber yang kuat dan kokoh. Sedangkan permukaan kursinya terbuat dari material kulit sintetis berkualitas tinggi.

Dibagian bawah dudukan kursi terdapat tuas hidrolik yang mampu mempermudah Anda dalam mengatur tinggi kursi dan menyesuaikannya dengan tinggi meja Anda. Kursi ini dilengkapi pula dengan armrest pada kedua sisinya yang berguna sebagai sandaran tangan.

Kursi ini cocok untuk Anda yang bekerja dan berkutat dengan layar komputer dengan waktu yang lama. Sandaran yang tinggi pun dapat digunakan untuk bersandar ketika Anda merasa lelah. Anda dapat membeli kursi ini di Bukalapak.

9. Hanko IS-09

hanko_is_09

Harga : Rp 550.000

Kursi dengan bahan kombinasi yang tidak membuat gerah.

Kursi kerja dari Hanko ini hadir dengan kombinasi material yang sangat pas. Pada bagian sandaran kursi terbuat dari material dengan bahan berpori sehingga membuat punggung Anda terhindar dari rasa gerah. Sementara pada bagian bantalan duduknya terbuat dari bahan kulit sistetis yang akan memberikan sentuhan elegan.

Ukuran kursi ini tidak terlalu besar, namun juga tidak terlalu kecil. Terdapat armrest pada kedua sisi kursi dan dapat digunakan sebagai sandaran tangan. Dengan bantalan yang cukup tebal dapat membuat Anda nyaman bila harus duduk dan bekerja dalam waktu yang cukup lama. Anda dapat membeli kursi ini di Bukalapak.

8. IKEA Bleckberget Idekulla Krem

ikea_bleckberget_idekulla_krem

Harga : Rp 1.374.700

Desain minimalis dan modern yang cocok untuk ruang kerja Anda



Kursi kerja dari IKEA ini merupakan kursi putar beroda dengan sandaran rendah. Desain dan warna dari kursi ini terkesan simple namun terlihat begitu modern dan elegan. IKEA menekankan seluruh kekuatan kursi kerja ini pada bagian roda kursi.

Terdapat fitur berupa pelindung lantai yang ada pada roda-roda kursi ini sehingga pergerakan roda tidak akan menyebabkan lantai menjadi tergores. Selain itu, bagian roda pada kursi ini memiliki mekanisme rem yang cukup sensitif terhadapt tekanan, sehingga ketika Anda bangun dari kursi maka kursi akan tetap diam di tempat.

Terdapat tuas untuk mengatur tinggi kursi dibawah dudukan, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan tinggi meja Anda. Nilai lebihnya lagi, kursi ini mudah untuk dibersihkan. Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain yang sudah dibasahi kemudian cukup dikeringkan dengan lap kering. Anda dapat membeli kursi ini di Bukalapak.

7. Ergosit Seat Armrest

ergosit_seat_armrest

Harga : Rp 487.000

Kursi kerja yang dapat menyangga punggung dengan sempurna

Kursi ini hadir dengan desain ergonomis yang akan membuat Anda lebih mudah dalam bekerja dan membuat posisi duduk menjadi lebih baik. Bantalan kursi yang empuk membuat Anda nyaman meski harus bekerja dalam waktu yang cukup lama. Sedangkan armrest nya memiliki posisi yang pas dengan posisi alami lengan jika disandarkan.

Meskipun kursi ini hanya dilengkapi dengan sandaran rendah, namun dapat menopang punggung dengan baik sehingga Anda tidak mudah mengalami sakit punggung. Pada bagian bawah dudukan pun terdapat tuas untuk mengatur ketinggian kursi. Anda dapat membeli kursi ini di Shopee.

6. Fcenter Tira

fcenter_tira

Harga : Rp 1.798.000

Kursi kerja dengan mode synchro yang membuat kerja menjadi lebih nyaman



Kursi kerja Tira memiliki struktur rangka berbahan dasar nylon yang kuat dan kokoh. Hadir dengan sandaran tinggi dan armrest bermodel synchro membuat Anda tidak hanya merasa nyaman saja tetapi juga membantu Anda untuk tetap berada pada posisi duduk yang sempurna.

Jika Anda merupakan tipe orang yang berlama-lama duduk untuk bekerja tidak perlu khawatir, karena bantalan nya cukup empuk. Kursi ini juga hadir dengan tuas yang dapat digunakan untuk menyesuaikan tinggi kursi dan menyesuaikan dengan postur tubuh Anda. Anda dapat membeli kursi ini di Lazada.

5. Ergotec 837 SN

ergotec_837_sn

Harga : Rp 605.000

Kursi kerja yang nyaman dengan desain unik

Kursi kerja Ergotec ini hadir dengan model desain yang sangat unik namun tetap terlihat stylist. Permukaan kursi ini terbuat dari kulit sintetis yang bisa Anda sesuaikan warnanya dengan keinginan Anda pada saat pemesanan.

Selain itu, kursi ini dilengkapi dengan sandaran tinggi berbentuk S-curve yang dapat membantu menopang punggung Anda secara fleksibel. Pada bagian bawah dudukan terdapat tuas untuk menyesuaikan tinggi kursi. Anda dapat membeli kursi ini di Shopee.

4. Ergotec GL 801 PR

ergotec_gl_801_pr

Harga : Rp 820.000

Kursi kerja dengan sandaran lengan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda

Kursi dari Ergotec ini umumnya sama dengan kursi-kursi kerja lainnya. Namun, terdapat satu hal yang unik yaitu sandaran lengan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.



Apabila Anda sedang tidak membutuhkan sandaran lengan, maka sandaran lengan dapat dinaikkan sedangkan apabila anda membutuhkannya maka Anda hanya perlu menurunkannya saja. Hal ini membuat kursi kerja ini sangat fleksibel.

Sedangkan untuk sandarannya merupakan sandaran tinggi dengan S-curve yang akan membuat posisi punggung Anda nyaman. Dengan bantalan yang empuk dan tuas pengatur tinggi kursi sudah pasti kursi ini dapat membuat Anda nyaman walaupun harus berlama-lama dalam bekerja. Anda dapat membeli kursi ini di Shopee.

3. Fantoni Renbo

fantoni_renbo

Harga : Rp 1.900.000

Kursi kerja nyaman dengan titling control

Fantoni Renbo hadir dengan body yang besar dan desain yang stylist namun juga simple. Kursi ini menggunakan material mesh sehingga kokoh dan dapat menjaga posisi punggung dengan baik.

Untuk fiturnya sudah cukup modern karena dilengkapi dengan tuas hidrolik pengatur tinggi serta titling control yang memudahkan Anda dalam mengatur sandaran punggung. Ada pula sandaran kepada untuk membantu Anda lebih rileks ketika beristirahat di sela waktu kerja. Anda dapat membeli kursi ini di Lazada.

2. Fantoni Merida

fantoni_merida

Harga : Rp 3.251.000

Kokoh dan nyaman digunakan dalam waktu yang lama

Kursi kerja dari Fantoni ini hadir dalam ukuran yang besar dengan sandaran yang tinggi. Jika Anda teliti lagi, terdapat sandaran kepala yang terpisah dari bagian sandaran punggung. Kursi ini dirancang agar penggunanya tehindar dari cidera leher dan punggung setelah menggunakannya dalam waktu yang cukup lama.



Selain itu, terdapat sandaran lengan yang dapat disesuaikan dengan posisi tangan yang Anda inginkan. Ditopang dengan rangka berbahan metal base, kursi ini cukup kokoh dan tidak mudah rusak. Anda dapat membeli kursi ini di Bukalapak.

1. IKEA Markus

ikea_markus

Harga : Rp 3.250.000

Mengurangi rasa lelah dengan sandaran kursi yang tinggi

Hadir dengan model ergonomis, kursi IKEA Markus ini memiliki sandaran kursi yang cukup tinggi dan mampu mengurangi rasa lelah yang timbul ketika bekerja terlalu lama. Kursi ini cukup ringan namun kokoh karena material pada permukaan kursi terbuat dari mesh polyester.

Kursi ini juga dilengkapi dengan tuas pengatur tinggi kursi serta titling control yang akan memudahkan Anda dalam mengatur posisi sandaran kursi. IKEA Markus dilengkapi dengan armset berbahan polipropilena pada kedua sisinya. Anda dapat membeli kursi ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kursi kerja, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis kursi, jenis material yang digunakan, tinggi kursi, kualitas rangka, merek, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara perawatannya agar kursi kerja Anda lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih kursi IKEA Bleckberget Idekulla Krem apabila Anda merupakan orang yang aktif bergerak karena kursi ini dilengkapi rem otomatis ketika terjadi tekanan sehingga posisi Anda tetap stabil.
  • Sedangkan, untuk Anda yang membutuhkan kursi yang nyaman dengan sandaran lengan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda bisa memilih Ergotec GL 801 PR.
  • Namun, jika Anda yang membutuhkan kursi lengkap dengan sandaran kepala dan titling control supaya Anda dapat mengatur posisi sandaran punggung, maka Anda dapat memilih IKEA Markus.

Referensi

  1. Republic (2020), Top 15 Best Ergonomic Office Chairs 2020 – Buyer’s Guide, https://www.republiclab.com/ergonomic-office-chairs-guide/
  2. Thorin Klosowski& Melanie Pinola (2019), The Best Office Chair, https://thewirecutter.com/reviews/best-office-chair/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Kursi Kerja Terbaik untuk Para Pekerja", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »