Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


5 June 2021

10 Rekomendasi Kurma yang Cocok untuk Berbuka Puasa

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Kurma yang Cocok untuk Berbuka Puasa


Tradisi mengawali berbuka puasa dengan kurma telah dianjurkan sejak zaman Nabi. Bahkan tradisi tersebut masuk dalam kegiatan sunnatullah. Selain rasa manis, kandungan gizi juga menjadi alasan buah ini kerab dijadikan menu utama untuk mengawali berbuka puasa.



Selain itu, beberapa riset membuktikan bahwa mengonsumsi kurma mampu mencegah anemia, mengontrol kadar gula darah, mencegah kanker serta memperlancar proses pencernaan sehingga baik dikonsumsi setiap hari.

Banyaknya khasiat dari mengonsumsi kurma membuat permintaan daya beli kurma semakin meningkat khususnya di bulan Ramadhan. Kondisi tersebut mengakibatkan munculnya pedagang baru yang menawarkan kurma dengan kualitas beragam.

Untuk mendapat kurma yang berkualitas dibutuhkan pertimbangan dalam memilih jenis kurma terbaik, sebab jenis kurma berpengaruh terhadap kualitas rasa dan kandungan gizi. Selain itu, pertimbangkan juga jenis kemasan, tekstur, serta tanggal kadaluwarsa yang ditawarkan.

Karenanya, kami akan menyajikan artikel mengenai kurma yang cocok untuk berbuka puasa. Namun sebelumnya, kami akan berbagi tips memilih kurma lengkap dengan cara menyimpannya.

Pilih jenis kurma yang berkualitas

Jenis kurma yang beredar di pasaran sangat beragam, beberapa diantaranya memiliki kualitas yang lebih menonjol sehingga kerap diburu konsumen. Berikut kami akan memberikan rekomendasi jenis kurma yang berkualitas.

Pertama, kurma Ajwa. Merupakan jenis kurma terbaik asal Timur Tengah yang memiliki tekstur lebih kering dan lembut. Dari segi warna cenderung lebih hitam serta memiliki ciri khas rasa yang tidak terlalu manis.

Dari segi kandungan gizi jenis kurma ini lebih kaya karbohidrat. Selain itu, kurma ini juga mengandung asam lemak, asam amino, vitamin dan kaya akan serat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan perut. Jenis kurma ini merupakan jenis kurma favorit Nabi.



Kedua, kurma Khudri. Merupakan jenis kurma dengan warna merah kecoklatan. Dari segi rasa lebih manis serta memiliki tekstur yang lebih kenyal sehingga cocok dijadikan sebagai topping makanan.

Dari segi kandungan gizi, jenis kurma ini mengandung magnesium, Vitamin-B6, asam folat, protein, dan kaya akan serat alami yang baik untuk kesehatan khususnya otak.

Ketiga, kurma Sukari. Jenis kurma ini kerap dijuluki sebagai “Ratu Kurma Timur Tengah”. Memiliki daging yang lebih tebal dan lembut serta rasa manis menyerupai caramel. Oleh karenanya, tidak mengherankan jika Raja Arab kerab mengidolakan jenis kurma ini.

Keempat,kurma Medjool. Selain cocok dimakan saat berbuka puasa, jenis kurma ini juga cocok digunakan sebagai topping makanan.Dari segi rasa jenis kurma ini lebih dominan rasa caramel. Kurma ini menjadi rekomendasi terbaik bagi Anda yang sedang diet kolesterol.

Kelima, kurma Mabroom. Merupakan kurma asal Madinah yang kaya akan mineral dan antioksidan. Selain cocok dikonsumsi langsung, kurma jenis ini juga cocok digunakan sebagai topping makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

Keenam, kurma Sayer. Merupakan kurma asal Iran dengan bentuk lebih panjang dan oval. Jenis kurma ini banyak diburu masyarakat karena dari segi harga cenderung lebih murah dari jenis kurma lainnya.

Jadi, jika Anda mencari jenis kurma terbaik untuk berbuka puasa dilihat dari segi rasa dan kandungan gizi sebaiknya Anda memilih satu diantara enam jenis kurma di atas.



Pertimbangkan jenis kemasan yang ditawarkan

Kurma dijual dengan berbagai jenis kemasan mulai dari plastik, kardus, toples, hingga ember plastik yang praktis. Ketika memilih kemasan upayakan untuk memilih wadah tertutup yang aman dari mikroba penyebab pembusukan makanan.

Dari beberapa jenis kemasan yang telah kami sebutkan di atas, upayakan untuk tidak memilih wadah plastik karena rentan sekali berlubang dan nantinya akan membuat mikroba mudah masuk.

Berbeda dengan kemasan kardus, kemasan ini justru membutuhkan tambahan wadah plastik untuk membuatnya lebih tertutup rapat.

Pastikan mencantumkan tanggal kedaluwarsa

Jumlah pedagang kurma mengalami peningkatan khususnya di bulan Ramadhan. Kualitas kurma yang dijual para pedagang tersebut tentu sangat beragam. Tidak jarang kurma dagangan mereka dijual dengan cara ditimbang, sehingga sulit dibedakan kurma yang fresh dan tidak.

Agar lebih aman sebaiknya Anda memilih kurma kemasan yang mencantumkan tanggal kedaluwarsa.

Pertimbangkan tekstur kurma

Sengitnya persaingan berdagang kurma membuat banyak pedagang kurma berbuat curang dengan merendam kurma pada larutan gula untuk meningkatkan rasa manis pada kurma jualannya.

Ciri kurma yang direndam dalam larutan gula umumnya bertekstur lembek dan lengket di tangan. Ketika membeli kurma, pastikan Anda tidak memilih kurma dengan tekstur tersebut agar kurma yang Anda pilih berkualitas dan memiliki cita rasa manis alami.

Cara menyimpan kurma agar lebih awet

Selanjutnya, berikut cara menyimpan kurma agar lebih awet dan tahan lama:

  • Pastikan Anda menyimpan kurma pada wadah kedap udara untuk mencegah masuknya mikroba.
  • Hindari meletakkan kurma pada tempat yang terkena sinar matahari langsung, letakkan kurrma pada tempat yang sejuk.
  • Untuk kurma dengan tekstur lembek seperti kurma Medjool, Anda bisa menyimpannya pada freezer. Namun pastikan Anda memakan kurma tersebut dalam jangka waktu 6 minggu setelah cair.

10 Rekomendasi kurma yang cocok untuk berbuka puasa

Setelah mengetahui berbagai hal tentang kurma lengkap dengan cara menyimpannya, maka selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi kurma yang cocok untuk berbuka puasa dari berbagai merek berikut ini.



10. Kurma Sukari Al Qassim

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-10

Harga :Rp 42.500

Lebih manis dan kaya akan kandungan gizi

Kurma asal Timur Tengah ini tersedia dalam kemasan ember yang praktis. Selain terlihat lebih modern, kemasan ember juga lebih aman karena cenderung kedap udara sehingga produk yang ditawarkan memiliki masa simpan yang lebih lama.

Dari segi rasa, kurma sukari Al Qassim ini cenderung lebih manis dan kaya akan rasa caramel. Meskipun begitu, kurma ini aman bagi penderita diabetes. Selain itu, dengan mengonsumsi kurma ini tekanan darah Anda juga akan tetap terjaga dengan baik.

Tergolong salah satu merk kurma sukari terbaik karena diimpor langsung dari perkebunan Al Qaseem asal Timur Tengah. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

9. Kurma Ajwa Barari

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-9

Harga : Rp 109.000

Kurma nikmat yang terbukti higienis



Brand Barari menawarkan kurma jenis Ajwa dengan tekstur daging buah yang lebih tebal. Kurma asal kota Madinah ini dipercaya baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga aman dikonsumsi setiap berbuka puasa.

Berbeda dengan produk sebelumnya, produk keluaran brand Barari ini dikemas dalam kemasan yang lebih sederhana yakni kemasan kotak makan ukuran 500 gram yang praktis dan aman dari mikroba.

Produk dari brand Barari ini terbukti lebih nikmat dan higienis karena telah lolos uji BPOM. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

8. Kurma Palm Fruit

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-8

Harga :Rp 38.000

Terlihat lebih segar dan berkualitas

Palm Fruit menawarkan kurma asal Tunisia dengan ciri khas produk dilengkapi bagian tangkai yang membuatnya lebih segar dan memiliki masa simpan yang lebih lama. Metode pengemasan yang ditawarkan juga turut mendukung tujuan memperpanjang masa simpan yang diunggulkan.

Dari segi tekstur terasa lebih kenyal dan lembut serta memiliki daging yang tebal dan nikmat. Selain itu, dari segi ukuran juga lebih besar dan lonjong. Dari segi rasa cenderung tidak terlalu manis sehingga cocok dikonsumsi oleh Anda yang tidak terlalu menyukai manis.

Kurma dari Palm Fruit ini tersedia dalam kemasan kardus 500 gram dibalut dengan plastic wrap untuk membuatnya lebih kedap udara. Cocok dikonsumsi untuk anak-anak, remaja, hingga dewasa. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.



7. Kurma Medjool Bakul Saudi

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-7

Harga : Rp 275.000

Cocok bagi penggemar kurma jenis Medjool

Produk keluaran Bakul Saudi ini menawarkan kurma jenis Medjool Grade A yang berkualitas. Bukan hanya unggul dari segi rasa namun juga dari segi kandungan gizi yang lebih tinggi. Dari segi tekstur lebih kering dan lebih lembut di mulut.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi kelebihan dari segi kemasan yang lebih elegan. Berbeda dengan produk sebelumnya, produk keluaran Bakul Saudi ini menawarkan kemasan plastik bentuk tabung yang modern, praktis, dan mudah dalam penyimpanan.

Kurma Bakul Saudi bukan hanya cocok untuk menemani Anda berbuka puasa namun juga bisa dijadikan sebagai hampers saat lebaran. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

6. Kurma Date Crown Khenaizi

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-6

Harga : Rp 27.000

Kurma berkualitas dengan harga ekonomis



Date crown merupakan brand ritel dari Al Foah yang merupakan perusahaan bonafit asal Uni Emirat Arab. Brand ini menawarkan berbagai jenis kurma mulai dari Khalas hingga Lulu, namun jenis Khenaizi menjadi jenis kurma terbaiknya.

Keunggulan kurma dari Date Crown terletak dari segi teksturnya yang lembut. Selain itu, daging buah dari kurma ini juga lebih tebal lengkap dengan rasa manis yang nikmat sehingga cocok untuk mengawali berbuka puasa.

Tidak hanya itu, kurma jenis Khenaizi dari Date Crown ini juga dipercaya mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan, tulang, hingga otak. Tersedia dalam kemasan plastik 600 gram yang praktis. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

5. Kurma Tamara

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-5

Harga : Rp 28.000

Mampu mempercepat pemulihan energi

Tamara menjadi solusi tepat bagi Anda yang gemar mengonsumsi kurma Bam atau kurma anggur. Selain Ajwa dan Sukari, kurma asal Iran ini juga banyak memiliki peggemar di Indonesia.

Keunggulan produk dari Tamara ini diantaranya memiliki biji berukuran kecil sehingga bagian daging buahnya sangat tebal pastinya. Selain itu, dari segi tekstur kurma ini juga sangat lembut dan manis di mulut.



Kurma Tamara ini kaya akan kandungan mineral serta mengandung berbagai jenis vitamin sehingga mampu memulihkan energi setelah berbuka dengan cepat. Tersedia dalam kemasan kardus 600 gram yang praktis. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

4. Kurma King Salman

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-4

Harga : Rp 74.000

Lebih besar, manis, dan lembut

Selain beberapa brand terkenal di atas, King Salman juga menjadi salah satu brand kurma berkualitas premium di Indonesia. Salah satu alasannya terletak dari ciri khas rasa manis yang pas di lidah dan tidak membosankan di mulut.

Dari segi ukuran, kurma keluaran King Salman ini juga lebih besar dengan bentuk buah membulat. Dilengkapi tekstur kering di bagian luar namun lembut di dalam yang membuatnya terasa lebih nikmat dan nyaman di mulut.

Keunggulan lain dari kurma ini terletak dari segi kemasan yang terlihat elegan. Meski terbuat dari bahan kardus, kemasan kurma ini dilengkapi desain dan warna yang eksklusif sehingga cocok dijadikan sebagai pelengkap hampers lebaran. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

3. Kurma My Deglet

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-3

Harga : Rp 45.000



Memiliki tekstur daging yang lebih kenyal

Kurma dari My Deglet yang biasa dikenal sebagai kurma Deglet Noor ini memiliki ciri khas ukuran yang lebih kecil. Sama dengan brand Palm Fruit, produk dari brand ini juga tergolong kurma asal Tunisia yang dijual lengkap dengan bagian tangkai.

Selain memiliki rasa manis yang pas, kurma ini juga memiliki keunikan dari segi tekstur daging yang lebih kenyal. Baik untuk kesehatan sistem pencernaan sehingga cocok digunakan untuk menjaga kesehatan perut selama bulan Ramadhan.

Selain itu, kurma ini juga baik untuk ibu hamil karena dapat memperlancar proses persalinan. Tersedia dalam kemasan kardus ukuran 500 gram yang praktis. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

2. Kurma Golden Valley

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-2

Harga : Rp 215.000

Tersedia dalam kapasitas besar

Produk dari Golden Valley ini menjadi solusi tepat bagi Anda yang hobi menyetok kurma untuk 1 bulan puasa, karena kurma ini tersedia dalam ukuran 10 kg dalam setiap kemasannya. Meski begitu, harga yang dipatok cukup ramah di kantong.



Tidak kalah dari kurma lainnya, kurma dari Golden Valley ini juga memiliki rasa manis legit yang nikmat dikonsumsi untuk berbuka puasa. Dari segi tekstur juga lembut di mulut.

Dengan mengonsumsi kurma ini, Anda akan terbebas dari resiko terkena anemia, konstipasi, dan penyakit pencernaan lainnya. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

1. Kurma Chocodate

foto-10-rekomendasi-kurma-yang-cocok-untuk-berbuka-puasa-1

Harga : Rp 75.000

Rasa lebih bervariatif

Produk yang kami rekomendasikan ini cocok untuk Anda yang tidak suka kurma namun ingin menjalankan Sunnah berbuka puasa. Pasalnya, produk dari Nakhel Alya ini hadir dengan perpaduan cokelat dan kacang almond.

Varian cokelat yang ditawarkan juga cukup variatif yakni terdiri atas varian rasa dark chocolate dan milk chocolate yang dapat Anda pilih sesuai selera. Produk ini tersedia dalam kemasan 250 gram. Anda bisa membeli kurma ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Ketika membeli kurma sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis kurma, jenis kemasan, tekstur hingga tanggal kadaluwarsa yang ditawarkan.
  • Agar kurma yang Anda beli awet dan tidak mudah berjamur perhatikan cara penyimpanannya.
  • Anda bisa membeli kurma Ajwa Barari, karena memiliki kualitas yang sangat baik dan juga higienis.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih kurma King Salman, karena kurma dari brand ini memiliki ukuran yang lebih besar, manis, dan lembut.
  • Namun, jika Anda ingin mencari kurma dengan rasa yang lebih bervariatif, maka Anda bisa memilih kurma Nakhel Alya Chocodate.

Referensi

1. Sakinah, I. (2017), Date Up! A Guide to Choosing the Perfect Dates for You, https://www.butterkicap.com/open-house/perfect-date-guide
2. Deliciouslydate (2019), Tips to Keep Dates Fresh For A Long Time, https://deliciouslydates.com/f/tips-to-keep-dates-fresh-for-a-long-time





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kesehatan Vitamin


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Kurma yang Cocok untuk Berbuka Puasa", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »