Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 May 2021

10 Rekomendasi Kulkas satu Pintu Terbaik yang Hemat Listrik

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Kulkas satu Pintu Terbaik yang Hemat Listrik


Kulkas satu pintu memiliki banyak keunggulan, salah satunya adalah lebih praktis dibandingkan dengan jenis kulkas dua pintu atau lebih. Selain itu, konsumsi listriknya rendah sehingga bisa menghemat pengeluaran listrik bulanan Anda.



Berikut kami sajikan beberapa kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai kulkas hingga cara merawatnya.

Kelebihan menggunakan kulkas satu pintu

Kulkas merupakan salah satu perangkat elektronik rumah tangga yang memiliki peran esensial dalam kehidupan sehari-hari. Suhu dingin yang dihasilkan kulkas bisa membuat makanan dan minuman di dalamnya dapat bertahan lebih lama.

Karena itu, penggunaan kulkas sangat disarankan bagi Anda yang sering membeli bahan makanan/minuman dalam jumlah banyak sebagai stok persediaan, baik untuk keperluan usaha atau sekadar kebutuhan harian.

Banyak jenis kulkas yang tersedia di pasaran, namun kali ini kami merekomendasikan kulkas satu pintu yang tidak kalah bagusnya dengan kulkas dua pintu. Berikut adalah kelebihan yang bisa Anda dapat dengan menggunakan kulkas satu pintu, yaitu:

  • Ukurannya lebih simpel dan praktis

Kulkas satu pintu umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding kulkas dua pintu atau lainnya. Jadi, kalau Anda memiliki rumah minimalis atau ruangan yang tidak terlalu besar, lemari pendingin ini sangat ideal untuk digunakan.

  • Harganya murah dan relatif terjangkau

Kalau ingin membeli kulkas tapi bujetnya terbatas, jenis kulkas satu ini bisa Anda pilih. Hanya dengan kisaran Rp 1 jutaan saja, Anda sudah bisa mendapat kulkas ini.

Meskipun secara harga lebih murah, kualitasnya juga tidak kalah bagusnya dari jenis kulkas dua pintu loh.

  • Konsumsi dayanya lebih hemat

Kompresor yang digunakan pada jenis kulkas satu pintu tidak begitu besar. Hasilnya daya listrik yang diperlukan pun jadi lebih rendah. Biasanya hanya berkisar 150 watt hingga 350 watt saja. Bahkan bisa kurang dari angka tersebut.



Karena daya listriknya rendah, Anda pun bisa menghemat biaya listrik yang harus dikeluarkan tiap bulannya.

  • Biaya perawatannya lebih murah

Keunggulan lain dari menggunakan kulkas satu pintu adalah biaya perawatannya yang lebih murah dibanding kulkas 2 pintu. Hal ini karena kulkas satu pintu memiliki komponen yang lebih sedikit. Karena itu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana yang terlalu besar untuk perawatannya.

Sesuaikan kapasitas dengan kebutuhan

Tiap kulkas hadir dengan kapasitas yang beragam. Untuk kulkas satu pintu sendiri umumnya memiliki kapasitas sekitar 50 liter sampai 200 liter.

Pilihlah kapasitas kulkas yang sesuai dengan kebutuhan pemakaian Anda. Kalau Anda ingin meletakkannya di dalam kamar, pilihlah yang berkapasitas 50 liter.

Sementara bila Anda membutuhkan kulkas untuk keperluan memasak harian, sebaiknya pilih yang memiliki kapasitas di atas 100 liter.

Perhatikan area peletakkannya

Sebelum memutuskan tempat meletakkan kulkas, perhatikanlah area di sekitarnya. Pastikan Anda sudah menyediakan space kosong di sisi depan, belakang, kanan, dan kirinya. Tujuannya agar hawa panas dari kulkas dapat terbuang dengan baik.

Dengan begitu, efisiensi pendinginan kulkas tidak akan menurun dan tetap stabil. Jangan lupa memberi jarak untuk membuka pintunya.

Cek kebisingan suaranya

Salah satu keluhan dalam memiliki kulkas adalah kebisingan suaranya. Apalagi kalau kulkas tersebut diletakkan berdekatan dengan tempat tidur. Bukan tidak mungkin Anda akan sulit tidur nyenyak karena terganggu dengan suaranya.

Oleh karena itu, pilihlah kulkas yang suaranya tidak bising. Umumnya, kulkas yang tidak bising hanya menghasilkan suara sebesar 25db.

Pilih yang memiliki fitur defrost

Kulkas satu pintu biasanya tidak dibekali dengan kipas. Akibatnya, Anda perlu melakukan proses pencairan bunga es atau defrost secara berkala. Karena kalau tidak dibersihkan, bunga es akan menumpuk dan membuat proses pendinginann di dalam kulkas jadi tidak maksimal.

Selain itu juga bisa mengurangi ketersediaan ruang di dalam freezer-nya. Dengan fitur defrost ini, Anda bisa melakukan mencairkan bunga es tersebut secara otomatis.



Cara merawat kulkas yang baik

Agar kulkas satu pintu tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulkas satu pintu:

  • Jangan simpan terlalu banyak bahan makanan di dalam kulkas. Simpanlah secukupnya saja agar tidak terlalu membebani kulkas.
  • Selalu tutup pintu kulkas hingga rapat. Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat bisa membuat isi dalamnya jadi tidak dingin dan listrik jadi lebih boros.
  • Aturlah suhu dalam kulkas sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terapkan suhu rendah untuk menyimpan bahan makanan yang butuh pembekuan maksimal seperti daging atau ikan.
  • Hindari meletakkan kulkas berdempetan dengan dinding. Berilah jarak setidaknya 15 cm hingga 20 cm. Dengan begitu, hawa panas dari dalam kulkas bisa terbuang sempurna.
  • Jangan sekali-kali menyimpan makanan atau minuman yang masih panas di dalam kulkas. Pertemuan suhu dingin dan panas bisa membuat kulkas jadi cepat rusak. Tunggulah sesaat hingga menjadi lebih dingin baru kemudian masukkan ke dalam kulkas.
  • Bersihkanlah bagian dalam kulkas secara berkala. Sebaiknya dilakukan selama tiga atau enam bulan sekali. Anda bisa menggunakan air yang telah dicampurkan dengan sabun antiseptik. Pakailah spons atau kain lembut untuk mengelap bagian-bagian kulkasnya hingga benar-benar bersih dari kotoran dan noda berkerak.
  • Perhatikanlah bagian pembeku atau freezer-nya. Agar suhu di dalam kulkas dapat tetap terjaga dengan baik, jangan lupa untuk membersihkan bunga es yang menumpuk. Jangan gunakan pisau karena bisa merusak pelapisnya sehingga kulkas jadi cepat rusak.
  • Selain interiornya, bagian kondensor kulkas juga harus dibersihkan secara teratur. Kalau tidak, kotoran dan debu akan berkarang dan akan menghalangi pembuangan hawa panas dari dalam kulkas.

10 Rekomendasi kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kulkas satu pintu lengkap dengan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kulkas satu pintu terbaik yang hemat listrik dari berbagai merek berikut ini.

10. Aqua Japan AQRD191DS

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-10

Harga : Rp 1.699.000

Proses pendinginannya lebih cepat

Kulkas satu pintu ini hadir dalam balutan warna hitam yang membuat tampilannya terlihat elegan dan menawan. Kombinasi dari pegangan pada sisi atas dan sampingnya menjadikan produk ini begitu simpel dan mudah digunakan.

Meski ukurannya kecil, kapasitas bagian dalamnya bisa mencapai 153 liter. Ditambah dengan fitur full insulation yang membuat proses pendinginannya jadi lebih cepat. Konsumsi daya dari kulkas ini pun sangat hemat, hanya 36 watt saja. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

9. Sanyo AQR-D190(S)

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-09

Harga : Rp 1.595.000



Terbuat dari material antikarat yang tahan lama

Produk berdesain simpel ini dibuat dari material berlapis metal yang anti karat dan tahan lama. Diameter kulkas satu pintu ini hanya 48.6 cm x 55.4 cm x 126 cm sehingga praktis untuk ditempatkan di sudut area rumah.

Kulkas ini dibekali fitur freezer drawer yang memudahkan Anda ketika ingin mengeluarkan bahan makanan beku dari freezer-nya.

Ada pula teknologi push here yang dapat menahan suhu dingin di dalam kulkas agar proses pendinginannya lebih cepat. Dengan segala fitur tersebut, kebutuhan daya listrik dari kulkas ini hanya 80 watt saja. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

8. Sharp SJ-N166F-FW/FP/FB Kirei II Series

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-08

Harga : Rp 1.760.000

Aman dari ancaman petir di kala hujan badai

Manis dan cantik. Itulah yang terbesit di pikiran ketika Anda melihat tampilan luar kulkas ini. Perpaduan desain aksen bunga dengan tiga varian warna berbeda membuat kulkas ini terlihat begitu menawan dan memesona.

Bukan hanya desainnya yang cantik, kulkas hemat daya ini ternyata juga tangguh. Karena dibekali fitur tujuh perlindungan, di mana salah satunya dapat melindungi kulkas dari ancaman petir di kala hujan badai.



Dengan konsumsi daya 84 watt, rasanya kulkas satu pintu ini jadi semakin sempurna untuk memenuhi kebutuhan harian seseorang. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

7. LG GN-INV201SL

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-07

Harga : Rp 2.414.000

Lebih tenang dan bebas bising

Sering merasa kesal dengan suara bising yang dihasilkan kompresor kulkas?Produk ini wajib Anda pertimbangkan.

Keberadaan teknologi Smart Inverter Compressor bukan hanya membuat konsumsi dayanya lebih hemat, gesekan yang dihasilkan pun jadi lebih sedikit. Hasilnya, kulkas jadi bebas bising dan lebih tenang.

Ada juga teknologi Moist Balance Crisper yang dapat menguapkan sisa-sisa air dari bahan makanan di dalamnya. Embun yang terbentuk dari sisa uapan air tersebut mampu menjaga kesegaran bahan makanan yang disimpan hingga 20%. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

6. Panasonic Portable NR-AK5ED-HPP

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-06

Harga : Rp 1.690.000

Hemat hingga 50%



Penggunaan kulkas juga penting bagi mereka yang tinggal di hunian sementara, seperti kos atau apartemen sewa. Daripada membeli kulkas dua pintu yang besar dan mahal, kulkas dengan satu pintu ini jauh lebih ideal.

Kulkas ini mengusung fitur double rotation compressor yang membuatnya dapat bertahan walau tegangan listrik di area Anda tidak stabil.

Selain itu, lemari es ini memiliki running ratio 50% sehingga pemakaian listriknya bisa hemat hingga sebagiannya. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

5. Sanken SK-V181A-CB

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-05

Harga : Rp 1.844.000

Tetap dingin ketika mati listrik

Lemari es satu Sanken ini memiliki teknologi dinding khusus bernama High Density Insulation yang bisa menjaga suhu dingin agar tetap stabil dan optimal. Ada juga fitur No Frost dan Cool Lock Freezer yang bisa mempertahankan hawa dingin di dalam kulkas selama 13 jam ketika mati listrik.

Kapasitas kulkas keseluruhan adalah 180 liter, dengan freezer 26 liter dan kulkas bawah 144 liter. Skor rata-rata Running Ratio kulkas ini mencapai 36%. Karena itu, perangkat ini jadi cepat dingin dan daya yang dibutuhkan pun lebih sedikit. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

4. Polytron PRO15ANR

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-04

Harga : Rp1.680.000



Pintunya 5 kali lebih kuat dibanding pintu biasanya

Sedang mencari kulkas untuk menambah kesan menarik di dalam ruangan? Produk ini wajib masuk list Anda. Perangkat pendingin ini memiliki desain dan motif yang cantik. Membuat kulkas ini terkesan premium dan mewah.

Bagian pintunya terbuat dari material tempered glass yang 5 kali lebih kuat dibanding pintu biasa. Di bagian dalamnya dibekali lampu LED untuk membuat bagian interiornya terlihat lebih terang.

Kulkas ini juga hemat energi. Konsumsi dayanya hanya 75 watt saja. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

3. Sharp SJ-X187MG Shine Dandelion Series

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-03

Harga : Rp 1.864.000

Desain berkelas dan modern

Siapa yang tidak tergoda melihat desain modern dari kulkas Sharp ini. Perpaduan motif bunga dandelion yang indah serta warna yang elegan menambah kesan berkelas pada lemari pendingin satu ini.

Selain itu, produsen teknologi asal Jepang ini juga menawarkan fitur Low Voltage System yang membuatnya lebih hemat energi. Bayangkan saja, kulkas ini dapat beroperasi walau pada tegangan rendah, berkisar antara 130 volt – 240 volt. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.



2. Electrolux ERM1500PB

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-02

Harga : Rp 2.509.000

Bodinya lebih kukuh dengan lapisan metal

Tagihan listrik sering jadi kekhawatiran seseorang ketika hendak membeli kulkas. Untungnya sekarang sudah ada produk lemari pendingin yang hemat energi. Salah satunya adalah Electrolux ERM1500PB yang menawarkan konsumsi daya hanya 70 watt saja.

Meski daya listrik yang dibutuhkan tidak begitu besar, suhu dingin di dalam kulkas satu pintu ini masih tetap stabil. Hal ini berkat fitur Thermal Insulation yang disematkan ke dalamnya.

Bodi kulkas ini juga sangat kukuh karena menggunakan lapisan metal yang kuat dan tahan lama. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

1. Samsung RR18R1000SA

foto-kulkas-1-pintu-terbaik-yang-hemat-listrik-01

Harga : Rp 2.500.000

Mampu menahan beban hingga 150 kg

Berbicara perangkat elektronik, Samsung masih jadi salah satu favoritnya. Kulkas satu pintu berkapasitas 185 liter ini dilengkapi dengan rak berbahan tempered glass. Saking kuatnya, rak ini diklaim mampu menahan beban sampai 150 kg.



Untuk menjaga stabilitas tegangan listriknya, Samsung juga menambahkan teknologi Stabilizer Free. Fungsinya untuk memutus arus listrik secara otomatis ketika tegangan listriknya dirasa terlalu tinggi. Anda bisa membeli kulkas ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kulkas satu pintu, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran, kapasitas, daya listrik, harga, dan juga mereknya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar kulkas lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilih Sharp SJ-X187MG Shine Dandelion Series, karena memiliki desain yang modern dan elegan.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin kulkas yang proses pendinginannya lebih cepat, Anda bisa memilih Aqua Japan AQRD191DS
  • Namun, jika Anda ingin kulkas yang mampu menjaga dingin hingga 13 jam saat listrik mati total, maka Anda bisa memilih Sanken SK-V181A-CB.

Referensi

1. Zelect (2021), Advantages and Disadvantages of Single Door Refrigerator, http://www.zelect.in/refrigerator/advantages-and-disadvantages-of-single-door-refrigerator
2. Medium (2018), Should You Get Single Door Refrigerator or Double Door Refrigerator?, https://medium.com/@1StopCamera/should-you-get-single-door-refrigerator-or-double-door-refrigerator-caae35f49223
3. Wikihow (2021), How to Choose Your Refrigerator, https://www.wikihow.com/Choose-Your-Refrigerator
4. Consumer Reports (2021), Refrigerator Buying Guide, https://www.consumerreports.org/cro/refrigerators/buying-guide/index.htm



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Alat Dapur Elektronik Kulkas


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Kulkas satu Pintu Terbaik yang Hemat Listrik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »