Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


8 February 2021

10 Rekomendasi Kompor Gas Tanam Bagus dan Hemat Gas

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Kompor Gas Tanam Bagus dan Hemat Gas


Memilih kompor gas tanam akan memberikan banyak keuntungan kepada Anda, selain bisa membuat dapur terlihat lebih bersih dan rapi juga dapat memberikan kesan elegan pada ruangan.



Kompor gas tanam juga terbukti lebih hemat tempat, di mana space ruang meja dapur terlihat lebih luas sehingga memberikan ruang gerak yang nyaman saat memasak. Belum lagi sistem pengapian sempurna yang dapat membuat masakan lebih cepat matang secara merata.

Banyak jenis kompor gas tanam yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran. Mulai dari 1 tungku, 2 tungku hingga ada juga yang sampai 6 tungku. Tentu Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan memasak setiap hari.

Untuk mendapatkan kompor gas tanam yang bagus dan berkualitas, Anda bisa memperhatikan beberapa hal penting seperti hemat gas, ukuran yang tepat, jumlah tungku, fitur keamanan,harga dan juga mereknya.

Karena itu kami menyajikan kompor gas tanam bagus dan hemat gas lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih kompor gas tanam hingga cara merawatnya.

Memilih kompor gas tanam hemat gas

Umumnya masyarakat Indonesia mengunakan gas LPG sebagai bahan bakar untuk menyalakan api saat memasak. Untuk menghemat pengeluaran, tentu Anda bisa memilih kompor gas tanam yang hemat gas.

Salah satunya adalah dengan memilih kompor yang menghasilkan api biru, di mana api biru lebih panas sehingga membuat aktivitas memasak lebih maksimal dan membuat masakan lebih cepat matang secara merata.

Seperti diketahui suhu api biru bisa mencapai sekitar 1500 derajat celcius. Meskipun api biru ini masih di bawah api putih, namun secara kualitas masih di atas api merah, jingga dan juga kuning.



Dengan menggunakan kompor gas tanam yang memiliki api biru, tentu gas akan lebih efisien saat terbakar sekaligus bisa menghemat pemakaian gas.

Pilih ukuran yang sesuai dengan desain dapur

Saat memilih kompor gas tanam, pertimbangkan ukurannya. Pilih ukuran yang tepat sesuai dengan desain dapur agar interior terlihat lebih rapi dan menarik.

Cara mengukurnya, hitung seberapa banyak ruang di atas meja dapur yang akan Anda gunakan. Perhatikan penempatan perlengkapan memasak lainnya sehingga ruang gerak Anda lebih nyaman saat memasak.

Idealnya untuk penempatan kompor gas tanam, Anda harus menyediakan ruang sekitar 76-91 cm di atas meja. Namun untuk lebih tepatnya, Anda harus mengetahui ukuran kompor gas tanam terlebih dahulu.

Selain itu, jangan lupa juga untuk memperhitungkan ukuran lubang meja. Sehingga ketika memasangnya lebih mudah, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu lebar.

Perhatikan petunjuk pembersihan kompor tanam

Untuk jenis kompor gas tanam, permukaan kompor yang halus tentu lebih mudah dibersihkan tanpa risiko panas atau tumpahan kotoran yang menyulitkan.

Namun untuk membersihkan beberapa bagian yang harus ditangani secara terpisah, ada baiknya Anda mempelajari buku petunjuk pembersihan yang biasanya disertakan dalam setiap produk kompor tanam.

Perhatikan fitur keamanan

Salah satu fitur penting yang harus Anda pertimbangkan saat membeli kompor gas tanam adalah faktor keamanan. Apalagi jika Anda memiliki anak di rumah, pastinya fitur keamanan dengan fungsi penguncian kontrol bisa menjadi solusi terbaik bagi Anda.



Meskipun demikian, keamanan tertinggi yang sebenarnya adalah terletak pada tindakan Anda sendiri. Di mana Anda harus memahami cara menggunakan dan merawat kompor gas tanam dengan baik.

Tips aman memasak menggunakan kompor gas tanam

Agar aktivitas memasak lebih aman dan nyaman saat menggunakan kompor gas tanam, maka perhatikan tips berikut ini :

  • Pastikan Anda tidak meninggalkan dapur tanpa pengawasan saat melakukan aktivitas memasak. Matikan gas ketika Anda meninggalkannya.
  • Lakukan pengawasan saat anak Anda sedang memasak, jangan biarkan sendirian.
  • Pastikan Anda menjaga api agar tidak melewati sisi panci.
  • Usahakan untuk menjauhkan gagang panci dari tepi kompor.
  • Usahakan kompor selalu bersih, terutama pada bagian atas permukaan agar bebas dari penumpukan lemak.
  • Usahakan Anda menggunakan baju dengan lengan ketat saat memasak.
  • Pastikan Anda menyiapkan selimut api dan alat pemadam yang mudah diakses di dapur. Selain itu, pastikan juga kondisi alarm asap berfungsi.
  • Hindari menggunakan peralatan memasak sebagai pemanas.
  • Saat memasak dengan gas, pastikan apinya tidak padam. Karena gas dapat keluar secara diam-diam dan tidak terlihat.

Tips merawat kompor gas tanam

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kompor gas tanam agar tetap bersih, awet dan tahan lama :

  • Sebelum membersihkan kompor gas tanam, pastikan Anda mematikannya terlebih dahulu, lalu tunggu hingga dingin.
  • Lepas bagian tungku dan rendam dalam air panas selama 10-15 menit sebelum membersihkannya. Setelah itu gosok dengan sikat atau spon secara perlahan pada noda yang membandel. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih, lalu lap hingga benar-benar kering.
  • Sedangkan untuk bagian tengah atau inti pada kompor, Anda bisa membersihkan dengan menggunakan kuas agar debu atau kotoran kecil bisa hilang.
  • Untuk membersihkan bagian permukaan kompor, Anda bisa menggunakan kain halus dan lembut.

10 Rekomendasi kompor gas tanam bagus dan hemat gas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kompor gas tanam hingga cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi kompor tanam bagus dan hemat gas dari berbagai merek berikut ini:

10. Kompor Tanam Rinnai RB 72SV – GB

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-10

Harga : Rp 2.197.000

Hemat gas dan tahan lama

Selain desainnya elegan, kompor dari Rinnai ini juga dilengkapi dengan fitur penghemat gas, di mana kecepatan gas hanya 3,5 kW/h yang memungkinkan api lebih stabil dengan penggunaan gas yang sedikit.

Rinnai RB 72SV – GB juga terbuat dari material berkualitas schott glass yang awet dan tahan lama. Belum lagi extra pan adaptor yang memudahkan Anda saat memasak dengan ukuran apapun.



Kelebihan lain kompor tanam ini yaitu, sudah dilengkapi dengan fitur child lock safety device, memiliki ekstra wok adaptor, tahan terhadap suhu dan tahan terhadap benturan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

9. Modena Liscio BH 0325

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-9

Harga : Rp 1.620.000

Desain modern dan elegan

Modena Liscio BH 0325 ini memiliki desain modern yang praktis dan mudah peletakkannya. Dilengkapi dengan 2 buah tungku yang memudahkan Anda saat memasak dalam ukuran apapun, yakni tungku 3-Ring (3400 W) dan tungku Medium (1880 W).

Selain itu, produk dari Modena ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti eco gas system yang membuat pembakaran menjadi lebih sempurna, pemantik otomatis dengan baterai dan juga1 wok adapter.

Adapun ukuran kompor tanam ini 29.5 x 10 x 51cm dan berat 7kg. Sedangkan untuk warnanya hitam yang tentunya dapat membuat dapur Anda terlihat semakin elegan dan cantik. Anda bisa membeli kompor ini di Shopee.

8. Winn Gas W777

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-8

Harga : Rp 1.650.000

Memberikan kenyamanan dan efisiensi saat memasak

Winn Gas W777 dirancang dengan api biru yang dapat membuat aktivitas memasak Anda lebih efisien, hemat gas dan masakan matang secara merata.

Adapun desain kompor tanam simple, elegan dan cantik sehingga dapat mendukung interior dapur Anda di rumah agar terlihat lebih menarik. Selain itu, kompor tanam ini sudah dilengkapi dengan auto gas stopper yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran gas.



Kemudian didukung dengan teknologi safety device yang dapat memberikan keamanan sekaligus kemudahan saat mengoperasikannya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

7. Modena Crista BH 1725

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-7

Harga : Rp 2.349.000

Desain elegan dan hemat pemakaian gas

Modena Crista BH 1725 memiliki desain modern dengan warna hitam yang dapat membuat dapur Anda terlihat selalu bersih, rapi dan juga elegan. Sangat cocok digunakan untuk mempercantik interior di rumah maupun di restoran Anda.

Selain itu, kemampuan kompor ini bisa menghemat konsumsi gas karena hanya menggunakan 3,4 kW/h. Belum lagi fungsi eco gas system yang dapat membuat masakan matang secara sempurna.

Adapun untuk ukuran 730 x 420 x 120 mm, memiliki 2 tungku (gas burner), dan terdapat pemantik api otomatis (one hand iginition) yang memudahkan Anda ketika menggunakannya. Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

6. Kompor Gas Tanam Rinnai RB 712N(GB)

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-6

Harga : Rp 1.669.000

Tahan panas, kuat dan mudah dibersihkan

Kompor gas tanam Tanam Rinnai RB 712N (GB) memiliki tungku dengan enamel iron burner head yang lebih kuat dan tahan terhadap panas.Pada bagian kaca terbuat dari bahan tempered glass by schott germany yang mudah dibersihkan, tahan panas dan tahan beban.



Selain itu, kompor tanam ini dilengkapi dengan alumunium die cast burner body yang dapat menghasilkan lidah api lebih tinggi, sehingga membuat panas lebih merata serta hemat pemakaian gas.

Yang menarik lagi adalah, memiliki wok adaptor sebagai tatakan wadah yang dapat digunakan untuk memasak dalam ukuran yang lebih besar. Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

5. Kompor Gas Tanam Kaca Progas

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-5

Harga : Rp 595.000

Desain mewah dan harga terjangkau

Kompor gas tanam kaca Progas ini memiliki 3 tungku dengan bodi mewah yang dapat mendukung interior dapur Anda nampak lebih bagus dan cantik. Selain itu, terdapat 1tungkuapi infrared yang tidak mudah mati meskipun tertiup angin.

Kelebihan lain kompor tanam Progas ini lebih hemat LPG lebih dari 30%, karena pembakaran yang dihasilkan sempurna dan efisien. Belum lagi fitur lain yang memudahkan Anda saat memasak, seperti kaca tempered tahan panas, knop besi, dan mirror kombinasi.

Adapun untuk ukuran kompor 75 x 45.5 x 20 cm dan tebal kaca 16 mm. Anda bisa membelinya di Shopee.

4. Kompor Gas Tanam Modena BH 0725

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-4

Harga : Rp 1.900.000

Membantu aktivitas memasak Anda lebih cepat dan praktis

Kompor gas tanam dari Modena ini memiliki 2 tungku yang dilengkapi dengan triple ring burner yang dapat menghasilkan panas secara maksimal, sehingga memudahkan Anda memasak lebih cepat dan praktis.



Selain itu, desain elegan dan cocok digunakan untuk mempercantik interior dapur Anda di rumah maupun di restoran. Belum lagi fungsi eco gas system yang bisa membuat masakan Anda matang secara merata dan hemat gas.

Kompor ini juga dilengkapi dengan pemantik api otomatis (one hand iginition) yang terintegrasi dengan kenop sehingga lebih mudah saat menyalakan kompor. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

3. Kompor Gas Tanam Europa 2 Tungku

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-3

Harga : Rp 815.000

Desain eksklusif dan hemat gas hingga 40%

Kompor gas Europa ini memiliki tungku dengan ukuran lebar 15 cm yang memungkinkan api besar dan merata. Belum lagi didukung dengan teknologi bara infrared yang membuat masakan Anda lebih cepat matang secara merata.

Selain itu, pembakaran yang dihasilkan sempurna dan mampu menghemat gas hingga 40%. Kemudian bagian kaca permukaan kompor lebih kuat, anti gores, mudah dibersihkan dan tahan terhadap beban hingga 80 kg.

Yang menarik lagi adalah desain eksklusif, nyaman digunakan dan berkelas. Adapun untuk ukuran 72 x 37 x 8.5 dan memiliki berat 9.7 kg. Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

2. Kompor Gas Tanam Suggo SG-208

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-2

Harga : Rp 450.000

Efisien dan hemat energi



Suggo SG-208 memiliki desain minimalis yang hemat tempat, lebih efisien dan harganya sangat terjangkau. Selain itu, bagian permukaan kompor lebih bersinar dan mudah dibersihkan.

Kompor ini memiliki 2 tungku, di mana satu tungkunya berukuran besar dan pas untuk panci. Belum lagi setiap burner-nya bisa menghasilkan api yang besar dan juga kecil.

Kelebihan lain dari kompor ini adalah mudah peletakannya dan sudah terdaftar SNI. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.

1. Kompor Gas Tanam Teka GVI Lux 86 3G

foto-rekomendasi-kompor-gas-tanam-bagus-dan-hemat-gas-1

Harga : Rp 4.399.000

Desain elegan, berkualitas dan nyaman digunakan

Kompor gas tanam selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah dari merek Teka. Kompor ini sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan dapur Anda, karena kualitasnya yang sangat bagus dan nyaman saat digunakan.

Teka GVI Lux 86 3Gmemiliki 3 tungku gas dengan 2 tungku api triple ring (4200 W) dan 1 tungku api kecil (1700 W). Untuk bahan terbuat dari tempered glass dengan ketebalan 8 mm,sementara bagian kenop-nya terbuat dari black metal dengan matte finished.

Kompor ini juga dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi, serta memiliki pemantik otomatis dengan baterai 1.5 V. Adapun dimensi cut out memiliki panjang 690 mm dan lebar 405 mm. Anda bisa membeli kompor gas tanam ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli kompor gas tanam, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting seperti ukuran, jumlah tungku, fitur keamanan, harga dan juga mereknya.
  • Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara merawatnya agar kompor lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih kompor gas tanam dari Teka, karena memiliki desain elegan, berkualitas dan nyaman saat digunakan.
  • Jika Anda ingin kompor gas tanam yang eksklusif, hemat energi dan didukung dengan teknologi bara infrared, maka Anda bisa memilih Europa 2 Tungku.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin kompor gas tanam bagus dengan harga terjangkau, Anda bisa memilih kompor Progas 3 tungku.

Referensi

  1. Energy Save Victoria, Cooking safely with gas,https://esv.vic.gov.au/safety-education/gas-safety-at-home/cooking-safely-with-gas/
  2. Modena, Crista – BH 1735, https://www.modena.co.id/detail-1-12-646.php
  3. Sushmita Sen (2019), The Advantages & Disadvantages of a Gas Stove, https://indiasglobalkitchen.in/advantages-disadvantages-of-a-gas-stove/
  4. WinningAppliances, Choosing the Best Cooktop, https://www.winningappliances.com.au/blog/choose-the-best-cooktop



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Alat Dapur Kompor Gas Kompor Tanam


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Kompor Gas Tanam Bagus dan Hemat Gas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »