Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 January 2021

10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Bagus dan Murah

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Bagus dan Murah


Kompor gas portable merupakan perlengkapan memasak yang cocok digunakan saat bepergian. Kompor ini biasanya dilengkapi dengan tabung gas kaleng sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.



Ada beberapa merek kompor gas portable yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran. Modelnya pun bervariasi dengan kualitas yang bagus serta memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompor konvensional.

Meskipun demikian, ketika Anda ingin membelinya juga harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti ukuran yang tepat sesuai dengan kebutuhan, harga dan juga mereknya.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan pemilihan jenis bahan bakar yang tepat, daya dukung gas dengan tingkat efisiensi yang sangat baik, serta fitur keamanan yang bisa menjaga Anda dari risiko yang tidak diinginkan.

Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi kompor gas portable bagus dan murah lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai kompor gas portable, cara memilih, menggunakan hingga merawatnya.

Alasan orang memilih kompor gas portable

Berbeda dengan kompor konvensional, kompor gas portable ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, harganya lebih terjangkau dan murah.

Kompor gas portable juga mudah menggunakannya karena mirip dengan kompor gas konvensional. Belum lagi bahan bakar gas-nya yang mudah didapatkan, karena sudah tersedia di minimarket-minimarket terdekat di kota Anda.

Kompor jenis ini biasanya digunakan untuk mendukung kemudahan serta kenyamanan saat melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti berkemah, piknik, hiking, dan lain sebagainya. Sehingga membuat kegiatan memasak menjadi lebih mudah, cepat dan efisien tanpa harus menggunakan bahan bakar kayu untuk memasak.



Karena seperti diketahui, menggunakan kayu bakar untuk memasak saat menjalankan aktivitas outdoor membutuhkan energi lebih dan keahlian khusus, terutama bagi yang belum pernah melakukannya.

Pilih ukuran yang tepat dan sesuai kebutuhan

Kebutuhan setiap orang yang hendak bepergian atau berpetualang tentu tidak sama. Mereka memiliki prioritas dan keunikan masing-masing. Itulah yang menyebabkan mengapa kebutuhan kompor berbeda.

Salah satu faktor yang harus Anda perhatikan adalah ukuran kompor gas portable. Di mana untuk kebutuhan mendaki atau hiking, sebaiknya Anda memilih kompor yang berukuran lebih kecil.Karena selain menghemat ruang juga bisa mengurangi beban ketika membawanya.

Sedangkan untuk kebutuhan piknik atau berkemah di alam terbuka, Anda bisa menggunakan kompor portabel 2 in 1 dengan ukuran standar yang memungkinkan lebih nyaman dan cepat saat menggunakannya.

Perhatikan jenis bahan bakar

Ada 3 jenis bahan bakar untuk kompos gas portable. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti, propana yang merupakan bahan bakar paling umum dan banyak digunakan masyarakat. Kemudian ada isobutane dan butana dalam kemasan kaleng yang ringan, praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Perbedaan antara isobutane dan butana adalah, isobutane memiliki titik didih lebih rendah daripada butana. Selain itu, isobutane lebih ringan, tapi harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan butana.



Cara menggunakan kompor gas portable dengan benar

Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda perhatikan saat menggunakan kompor gas portable, yaitu :

  • Persiapkan kompor gas portabel dan bahan bakarnya, bisa gas kaleng atau tabung gas tergantung jenis kompor yang Anda miliki.
  • Letakkan di tempat dengan permukaan datar sehingga aman saat digunakan untuk memasak.
  • Kemudian pasang tabung gas atau gas kaleng ke kompor gas portabel.
  • Jika kompor gas portable Anda memiliki kran untuk membesarkan dan mengecilkan nyala api, maka putar hingga terdengar suara gas. Lalu nyalakan pemantiknya.
  • Setelah selesai digunakan, pastikan Anda memutar kembali kran gas untuk mematikannya.
  • Gunakan api kecil saat memasak menggunakan gas kaleng, karena tabung gas kecil ini tidak bisa digunakan untuk memasak dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga membuat Anda lebih hemat dan tidak mengganggu aktivitas perjalanan panjang Anda saat melakukan petualangan.
  • Jika kompor gas portable tidak dilengkapi dengan penahan angin, sebaiknya Anda mempersiapkan alat sendiri untuk menahan angin agar penggunaan gas lebih maksimal untuk memasak.
  • Jika Anda menggunakan tabung gas kaleng, maka Anda bisa membeli tabung yang bisa diisi ulang atau refill sehingga lebih hemat dan ramah lingkungan.

Cara merawat kompor gas portable agar lebih awet

Selain cara menggunakan, Anda juga harus mengetahui cara merawat kompor gas portable agar lebih awet dan tidak mudah rusak. Berikut ini cara merawat kompor gas portabel, yaitu :

  • Bersihkan kompor secara rutin dan berkala terutama setelah Anda menggunakannya agar kotoran tidak menumpuk.Hal ini penting untuk menjaga fungsi kompor gas, di mana api yang keluar bisa lebih maksimal dan tidak macet.
  • Sebelum membersihkannya, pastikan Anda melepas tabung gas dan memastikan pemantiknya dalam keadaan tertutup.
  • Untuk menghilangkan noda atau kotoran yang menempel, Anda bisa menggunakan sabun cuci dan spons. Caranya masukkan spons ke dalam cairan sabun cuci, lalu gosok bagian bodi kompor hingga bersih. Setelah itu, Anda bisa menggunakan kain halus lembab untuk menghilangkan bekas sabun yang menempel. Hindari membersihkan kompor pada bagian burner-nya.
  • Untuk Anda yang menggunakan tabung gas, sebaiknya mengganti selang gas setelah usia pemakaian 3 tahun. Jangan lupa untuk menggunakan regulator dengan pengaman yang bisa mencegah dari kemungkinan kebocoran gas.

10 rekomendasi kompor gas portable bagus dan murah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kompor gas portable hingga cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan10 rekomendasi kompor gas portable bagus dan murah berikut ini:

10. Kompor Gas Portable Progas 2 in 1

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-10

Harga : Rp 172.500

Bisa menggunakan bahan bakar gas kaleng atau tabung gas

Kompor gas 1 tungku dari Progas ini bisa digunakan untuk kebutuhan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Karena memiliki 1 tungku dengan 2 fungsi, yakni bisa menggunakan bahan bakar kaleng gas dan juga tabung gas.

Selain itu, desainnya bagus dengan warna merah yang menarik. Belum lagi kemudahan pengoperasiannya seperti terdapat knop untuk membesarkan atau mengecilkan api, dan anti lengket yang memudahkan Anda saat membersihkannya.

Adapun untuk berat 2 kg dan sudah dilengkapi dengan koper dalam paketnya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas ini di Shopee.

9. Kompor Gas Portable Cosmos – CGS 123 P

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-9

Harga : Rp 260.000

Dilengkapi dengan tingkat keamanan yang tinggi



Cosmos CGS123P ini memiliki teknologi Jepang dengan fitur keamanan yang tinggi, seperti alat pengaman yang tertutup secara otomatis jika tekanan dalam tabung terlalu besar sehingga menggindarkan dari risiko meledak atau terbakar.

Selain itu, memiliki tatakan panel yang terbuat dari material alumunium yang anti panas, anti slip dan aman saat digunakan. Adapun material body-nya terbuat dari bahan stainless steel yang kuat, anti karat dan tahan lama.

Untuk bahan bakarnya bisa menggunakan gas kaleng dan tabung gas. Memiliki berat 3 kg dengan ukuran dimensi 36 x 32 x 10 cm. Anda bisa membeli kompor gas portable ini di Shopee.

8. Kompor Gas Portable Winn Gas W2WS

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-8

Harga : Rp 269.900

Ringan, praktis dan mudah dibawa kemana-mana

Kompor portabel dari Winn Gas ini hanya memiliki bobot 1.3 kg sehingga lebih ringan dibanding produk sebelumnya. Terbuat dari bahan berkualitas yang anti karat, dan tersedia dalam dua pilihan warna, yakni merah dan biru.

Selain itu, memiliki 2 level tingkat keamanan, di mana level 1 dapat memutus aliran gas secara otomatis. Sementara level 2, pengamanan berupa bola besi yang akan terlepas ketika terjadi bahaya untuk mengeluarkan tekanan gas berlebih dan menetralkannya.

Adapun untuk pemantik, kompor gas ini menggunakan sistem penyalaan Automatic Piezo Electric, Single Jet. Sedangkan secara penggunaan bisa menggunakan gas kaleng atau tabung gas hingga 12 kg. Anda bisa membeli kompor gas portabel ini di Shopee.



7. Kompor Gas Portable Nikita

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-7

Harga : Rp 160.000

Cocok digunakan untuk berkemah, piknik, maupun kebutuhan kost

Kompor gas portabel Nikita ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan memasak baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Sangat cocok dipakai oleh pelajar atau mahasiswa karena harganya lebih terjangkau dan murah.

Meskipun murah, namun secara kualitas sangat baik. Dilengkapi dengan fitur keamanan dan bisa menggunakan bahan bakar gas kaleng atau tabung gas. Selain itu, praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Anda bisa membeli kompor gas portable ini di Shopee.

6. Kompor Gas Portable Niko

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-6

Harga : Rp 170.000

Dilengkapi dengan koper jinjing yang simpel dan praktis

Produk dari Niko ini bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang sedang mencari kompor gas portabel bagus dan murah. Harganya sekitar 180ribu an dengan fitur konektor yang memberikan proteksi ganda untuk menyambungkan gas elpiji.

Adapun untuk ukuran dimensi kompor gas ini adalah 34 x 26 x 8.5 cm. Dilengkapi juga dengan koper jinjing yang memudahkan Anda saat membawa atau menyimpannya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas portabel ini di Shopee.

5. Kompor Gas Portable Rinnai RI-150CC

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-5

Harga : Rp 240.000

Terbuat dari material berkualitas dan anti lengket



Untuk Anda yang suka keindahan dan kebersihan, rasanya cocok kompor gas dari Rinnai ini Anda miliki. Selain warnanya yang menawan, juga dilengkapi dengan fitur anti lengket sehingga memudahkan Anda saat membersihkannya.

Kompor portabel ini juga cocok dipakai untuk kebutuhan memasak steamboat, bisa juga untuk camping maupun piknik hingga kebutuhan memasak sehari-hari di kost atau kontrakan Anda bersama teman-teman.

Selain itu, terbuat dari material berkualitas, terdapat pengaturan untuk membesarkan dan mengecilkan nyala api, serta aman karena sudah dilengkapi dengan sistem lock dan unlock untuk mencegah terjadinya kebocoran gas. Anda bisa membeli kompor gas ini di Shopee.

4. Kompor Gas Portable Miyako CC 100

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-4

Harga : Rp 208.000

Memudahkan Anda saat beraktivitas di luar ruangan

Kompor dari Miyako ini didesain ringan dan nyaman sehingga cocok digunakan untuk camping, piknik, maupun aktivitas lain di luar ruangan yang biasa Anda lakukan bersama teman-teman atau pun keluarga Anda.

Untuk bahan bakar, Anda bisa menggunakan gas butane (Liquified Butane Fuel). Kompor ini juga sudah dilengkapi dengan koper jinjing, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Adapun untuk ukuran dimensi Miyako CC 100 ini adalah 330 x 285 x 88 mm. Anda bisa mendapatkan kompor ini di Shopee.

3. Kompor Gas Portable Sugu K202

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-3

Harga : Rp 58.000

Lebih simpel, praktis dan mudah dibawa kemana-mana



Kompor gas ini cocok digunakan untuk piknik, camping, hiking, dan berbagai macam keadaan darurat. Karena memiliki desain mini, simpel, dan mudah dibawa kemana-mana.

Selain itu, kompor ini terbilang praktis dan efisien dengan cukup menggunakan gas kaleng sebagai bahan bakarnya. Adapun untuk material, kompor ini terbuat dari bahan alumunium yang ringan, anti karat, dan mudah dibersihkan.

Ketika artikel ini ditulis, harga yang ditawarkan hanya Rp 115.000 atau diskon 20% dari harga asli Rp 145.000. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas portabel ini di Shope.

2. Kompor Gas Portable Sayota NAC-155

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-2

Harga : Rp 300.000

Tungku lebih besar dan dilengkapi dengan safety device

NAC-155 ini merupakan tipe kompor gas portabel dari Sayota yang memiliki ukuran tungku lebih besar, sehingga memungkinkan Anda lebih nyaman saat menggunakannya untuk memasak.

Kompor ini cocok digunakan untuk di dalam ruangan atau pun di luar ruangan. Dilengkapi dengan tas yang memudahkan Anda untuk membawanya kemana-mana.

Selain itu, kompor ini telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang menjaga dari kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kompor gas portabel ini di Shopee.



1. Kompor Gas Portable SOLID

foto-rekomendasi-kompor-gas-portable-bagus-dan-murah-1

Harga : Rp 173.000

Cocok digunakan untuk camping maupun piknik

Kompor gas portabel SOLID 2 in 1 ini memiliki desain mini, praktis dan cocok dipakai untuk kegiatan di luar ruangan seperti camping maupun piknik.

Untuk ukuran kompor 34 x 26 x 7 cm, diameter api 7 cm, dan ukuran tatakannya 21x21x4 cm. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan tas yang berukuran 36x30x9 cm.

Adapun untuk berat kompor gas ini hanya 2 kg yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kompor gas portable, sebaiknya Anda mempertimbangkan ukuran, material yang digunakan, fitur, harga dan juga mereknya. Selain itu, perhatikan juga pemilihan bahan bakar gas-nya.
  • Kemudian jangan lupa untuk memperhatikan cara menggunakan dan merawatnya, agar kompor lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilih kompor gas portable dari Progas, karena desainnya menarik dan memiliki fungsi 2 in 1.
  • Namun, untuk mendukung kebutuhan pendakian atau hiking, sebaiknya Anda memilih kompor gas portable Sugu K202. Selain bentuknya yang minimalis, harganya juga murah.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin kompor gas portable yang bagus dan berkualitas, Anda bisa memilih Rinnai RI-150CC.

Referensi

  1. Jetboil(2020),Choosing the Best Portable Gas Stove,https://www.jetboil.com/trail-life/article/choosing-best-portable-gas-stove
  2. Switchback Travel Staff (2019), How to Choose a Camping Stove, https://www.switchbacktravel.com/how-to-choose-camping-stove



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Alat Dapur Alat Masak Kompor Gas


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Bagus dan Murah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »