Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 May 2021

10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik yang Seru dan Menarik

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik yang Seru dan Menarik


Mungkin banyak orang sudah familiar dengan komik-komik buatan Jepang, Korea, atau Amerika. Tapi tahukah bahwa ternyata banyak komik Indonesia yang seru dan menarik dengan kualitas penggambaran yang tidak kalah bagusnya dengan komik mancanegara.



Berikut rekomendasi komik Indonesia terbaik yang patut Anda miliki. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai manfaat membaca komik, cara memilihnya, hingga merawat buku komik agar lebih awet dan tidak mudah rusak.

Manfaat membaca komik yang perlu Anda ketahui!

Membaca komik kini jadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu santai. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun juga banyak yang menggemari bacaan bergambar ini. Selain itu, membaca komik juga memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan kemampuan mengingat

Percaya atau tidak, ternyata membaca komik bisa meningkatkan daya ingat seseorang. Berbeda dengan novel, isi cerita dan percakapan dalam komik dibuat seringkas mungkin. Karena itu, Anda bisa mengingatnya dengan mudah hanya dalam sekali baca.

  • Sebagai sara hiburan bebas stres

Stres dengan rutinitas harian? Membaca komik bisa jadi salah satu cara untuk meredakannya. Apalagi kalau komik tersebut memiliki plot cerita yang lucu dan ringan. Rasanya stres yang menyerang pikiran Anda akan menguap dan menghilang.

  • Melatih kreativitas

Ada kalanya seseorang meras buntu ide ketika sedang mengerjakan sesuatu. Nah, membaca komik bisa jadi solusi tepat untuk masalah tersebut.

Penggambaran tokoh yang unik serta jalan cerita yang menarik akan merangsang imajinasi seseorang. Secara tidak langsung, hal itu juga bisa mengasah kreativitas pada otak.

Pertimbangkan genre-nya

Seperti halnya komik western atau Jepang, komik Indonesia juga menghadirkan ragam genre yang bisa dipilih sesuai selera Anda. Genre slice of life jadi yang paling sering diusung para komikus lokal. Ada juga yang menyelipkan humor dan romansa untuk menambah suasana pada cerita.



Selain itu, genre horor dan misteri juga menjadi favorit para pembaca. Apalagi kalau diambil dari mitos lokal yang sudah familiar di telinga masyarakat Indonesia. Anda juga bisa memilih genre superhero yang mulai kembali digemari berkat adaptasi beberapa adaptasi filmnya.

Pilih style gambar yang sesuai

Tiap komikus lokal memiliki style gambar yang berbeda-beda. Ada yang berkiblat pada komik Amerika dengan tampilan gambar yang terlihat realistis. Selain itu, banyak juga yang memilih komik Jepang (manga) sebagai referensi menggambarnya.

Tidak sedikit juga komikus lokal yang telah memiliki gaya menggambarnya sendiri sehingga karyanya terlihat lebih khas dan unik. Anda bisa memilih komikus dengan style gambar yang paling sesuai selera dan nyaman dibaca.

Cek sinopsis dan ulasan pembacanya

Sebelum memutuskan untuk membeli komik lokal, tidak ada salahnya untuk memeriksa sinopsisnya terlebih dahulu. Apakah cerita yang dibawakan menarik atau tidak. Anda bisa melihat sinopsisnya dengan melihat blurb atau mencarinya di internet.

Selain itu, Anda juga bisa melihat-lihat ulasan dari pembaca lain melalui situs dan forum terentu. Akan tetapi, sebaiknya Anda agak berhati-hati karena kadang ulasan yang diberikan bisa mengandung spoiler. Untungnya beberapa situs sudah memiliki filter untuk menandai ulasan yang mengandung spoiler.

Periksa rating usianya

Tidak sedikit yang masih menganggap kalau komik adalah bacaan untuk anak-anak. Padahal komik Indonesia hadir dalam berbagai segmen pembaca. Bahkan ada yang diperuntukkan bagi pembaca dewasa.

Oleh sebab itu sebelum membeli pastikan dahuluh rating usia yang disarankannya. Anda yang sudah berusia dewasa mungkin bisa sedikit leluasa dalam mencari komiknya.



Namun, bila Anda masih di bawah umur atau ingin membelikannya untuk anak kecil, pastikan kalau komik tersebut sudah sesuai dengan usianya.

Cara merawat buku komik agar lebih awet

Agar buku komik Anda tetap bersih, awet, dan bisa dibaca untuk jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat komik dengan baik dan benar:

  • Simpanlah buku-buku komik Anda di tempat yang suhunya kering dan tidak lembap.
  • Kalau Anda menyimpan komik di rak buku atau lemari, letakkanlah di bagian yang tinggi agar tidak mudah terkena rayap.
  • Alangkah baiknya bila Anda melapisi cover komik dengan sampul supaya tidak mudah lecek dan kotor. Sebaiknya pilih sampul plastik supaya Anda masih bisa melihat cover-nya.
  • Kalau Anda belum selesai membaca, jangan lupat bagain ujung kertas komik untuk jadi penanda. Pakailah pembatas buku khusus yang tidak akan merusak halaman pada komik.
  • Bukalah tiap lembar halaman komik dengan lembut dan tidak terburu-buru. Kalau dibuka dengan kasar, kertas komik bisa saja robek dan lecek.
  • Untuk menghindari munculnya serangga perusak, seperti rayap, berikanlah kapur barus di sekitar area penyimpanan komik tersebut.
  • Jangan simpan komik di dalam kardus atau tempat yang bersentuhan langsung dengan lantai. Area tersebut sangat mudah dijangkau oleh rayap.
  • Susunlah komik secara teratur sesuai kategori tertentu, misalnya judul atau genre. Jadi, komik akan lebih rapi dan Anda bisa menemukan komik yang ingin dibaca dengan mudah.
  • Pastikan Anda selalu membersihkan komik secara rutin. Paling tidak sebulan sekali. Jangan lupa juga untuk membersihkan tempat penyimpanannya. Jangan sampai ada denu dan kotoran yang menumpuk di sekitarnya.

10 Rekomendasi komik Indonesia yang seru dan menarik

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang komik hingga cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi komik Indonesia yang seru dan menarik berikut ini.

10. Gundala Putra Petir

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-10

Harga : Rp 150.000

Melawan kejahatan dengan tenaga petir

Kisah Gundala merupakan komik superhero ciptaan Hasmi (Harya Suraminata). Menceritakan tentang seorang ilmuwan muda jenius bernama Sancaka yang berhasil menemukan sebuah serum antipetir.

Suatu ketika, Sancaka diputuskan oleh pacarnya. Karena merasa patah hati yang mendalam, ia pun berlari di tengah terpaan hujan. Tidak disangka, sebuah petir pun menyambar tubuh ilmuwan muda tersebut.

Bukannya meninggal karena terkena sambaran petir tersebut, Sancaka justru mendapat kekuatan super. Ia kini bisa mengenalikan petir dengan telapak tangannya. Kekuatan super tersebut lalu ia pakai untuk melawan yang jahat dan menolong yang lemah. Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

9. Scrambled

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-09



Harga : Rp 58.000

Ciptakan band musik bersama teman-teman penuh bakat

Suka dengan dunia musik? Komik lokal satu ini pasti cocok untuk Anda. Komik karya Rosalina Lintang ini bercerita tentang anak muda bernama Filan Sebastian. Meski memiliki sifat yang pemalu, ternyata Filan memiliki bakat musik yang terpendam.

Menyadari hal tersebut, ia pun memutuskan untuk membentuk sebuah band musik yang diberi nama SCRAMBLED. Filan tidak sendiri. Ada Axel si pendiam, Hosea si senior yang baik hati, Valent si popular yang misterius, serta sepupu Filan yang bernama Visi.

Selain menghadirkan kisah yang fresh dan ringan, komik ini juga bisa membangkitkan kenangan nostalgia masa sekolah bagi Anda yang membacanya. Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

8. Garudayana Saga

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-08

Harga : Rp 22.500

Petualangan seru untuk menemukan harta karun

Mari beralih sejenak dari cerita Naruto dan One Pice. Karena komik karya Is Yuniarto ini juga punya kisah yang tidak kalah kerennya. Komik ini bercerita tentang petualangan gadis muda pemburu harta karun bernama Kinara.

Suatu hari, di tengah perjalanannya, ia tak sengaja menemukan telur. Tidak disangka, situs kuno yang didatangi Kinara merupakan tempat persembunyian para Ashura. Mereka ternyata sudah lama mengincar telur Garuda tersebut.

Mau tidak mau, Kinara harus menghadapi pertarungan demi melindungi sang telur. Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

7. KOLONI : Code Helix

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-07



Harga : Rp 48.000

Bongkar sisi gelap teman sekolah di internet

Komik ini mengusung genre fiksi ilmiah yang sangat jarang ditemukan pada karya lokal. Bercerita tentang seorang hacker jenius bernama Helix.

Dengan kemampuannya tersebut, ia seringkali meretas berbagai informasi pribadi seseorang, mulai dari isi ponsel hingga chat sosial media.

Siapa sangka sosok hacker tersebut ternyata adalah seorang pelajar SMA bernama Rendra. Ia tidak suka dengan sisi gelap seseorang di internet. Apalagi ketika melihat temannya terancam.

Oleh karena itu, ia pun mulai membongkar sisi buruk teman-teman sekolah yang menurutnya munafik. Akan tetapi, ada harga yang harus ia bayar untuk tindakannya tersebut. Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

6. Bima Satria Garuda

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-06

Harga : Rp 75.000

Selamatkan dunia dari penguasa yang kejam

Penggemar serial tokutatsu wajib baca komik satu ini. Mengisahkan tentang Ray Bramasakti yang tiba-tiba diberi Powerstone Merah oleh lelaki misterius bernama Mikhail. Powerstone Merah tersebut membuat Ray memiliki kekuatan untuk menjadi Bima Satria Garuda.

Dengan sosok Bima Satria Garuda tersebut, ia harus melawan kejahatan yang diciptakan oleh Rasputin. Pemimpin kerajaan Vudo yang kejam tersebut ingin menambah wilayahnya dengan menguasai bumi.

Berhasilkah Bima mengalahkan Rasputin dan menyelamatkan dunia?Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

5. 5 Menit Sebelum Tayang

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-05

Harga : Rp 20.000

Suka duka di balik dunia pertelevisian Indonesia

Budi merupakan seorang editor di sebuah stasiun televisi swasta bernama MoTV. Walau mengalami banyak kesulitan. Budi tetap bertahan dengan posisinya sebagai editor. Salah satu alasannya agar ia bisa membantu reporter berita wanita bernama Arum.



Kisah lika-liku yang dikemas santai ini akan menjawab rasa penasaran Anda tentang apa yang ada di balik dunia pertelevisian Indonesia.

Hasilnya, komik karya Ockto Baringbing dan Muhammad Fathanatul Haq dapat meraih penghargaan silver award pada ajang International Manga Award di Jepang tahun 2013 lalu. Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

4. Pace: The Guilty

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-04

Harga : Rp 30.000

Dengan setting dunia kantoran yang riil

Komik bertema dewasa ini menghadirkan setting dunia kantoran yang penuh intrik ala manga Jepang. Tokoh utama komik ini adalah Ditya Adi Chitapraja atau Ditya. Ia merupakan karyawan Divisi Distribusi dan Marketing dari sebuah perusahaan elektronik dan multimedia bernama U Inc.

Sifatnya yang ambisius membuatnya selalu bertekat untuk jadi yang terbaik diperusahaan tersebut. Namun, semuanya berubah setelah datangnya karyawan baru bernama Irvin Darmawan. Tak disangka, ternyata Irvin menyimpan kisah masa lalu dengan Istri Ditya, Meilia, yang juga menjadi asisten pribadi Ditya di perusahaan tersebut.

Seperti apakah masa lalu mereka? Bisakah Ditya memenangkan kembali hati Meilia? Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

3. Guardian Devil

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-03

Harga : Rp 45.000

Misteri dua gadis muda yang bertolak belakang

Tidak semua orang bisa menerima orang lain dalam kehidupannya. Apalagi kalau orang tersebut memiliki sifat yang jauh sangat berbeda. Hal tersebut yang dialami oleh dua gadis muda bernama Edelyn dan Jessica.

Baik Edelyn maupun Jessica merupakan pribadi yang sangat bertolak belakang. Yang satu pendiam dan lemah, dan satunya lagi ceria dan melindungi.

Bagaimana kalau kemudian mereka harus tinggal di rumah yang sama, dan di dalam tubuh yang sama? Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

2. Grand Legend Ramayana

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-02



Harga : Rp 25.000

Suguhkan kisah klasih Ramayana dalam kemasan modern

Komik ini merupakan adaptasi dari kisah klasik Ramayana yang dikemas dalam format gambar yang unik dan modern. Menyesuaikan dengan selera pembaca dari kalangan muda. Gaya penceritaanya pun dibuat sedemikian rupa agar mudah dipahami oleh banyak orang.

Menceritakan tentang petualangan Rama dan adiknya, Laksmana dalam mencari yaksha. Namun, ketika sedang menyelidiki area perbatasan Negeri Para Garuda, mereka malah disergap oleh kelompok misterius yang membawa yaksha raksasa.

Berhasilkah mereka membongkar misteri asal-usul yaksa tersebut? Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

1. My Pre-wedding

Foto-rekomendasi-komik-indonesia-terbaik-yang-seru-dan-menarik-01

Harga : Rp 54.400

Menghadirkan cerita komedi romantis

Penggemar cerita komedi-romatis wajib baca komik lokal ini. Setting yang diambil dalam cerita ini cukup unik, di kantor kelurahan. Karena tokoh utamanya merupakan pegawai negeri sipil (PNS) bernama Adelia Putri atau Adel.

Suatu hari, Adel tiba-tiba dilamar oleh seorang pria bernama Adimas Purnama. Adimas bukanlah pria sembarangan. Ia merupakan sekretaris kantor lurah yang popular karena parasnya sangat tampan. Meski begitu, Adelia ternyata tidak semudah itu menerima lamatan dari Adimas.

Lantas, bagaimana perjuangan Adimas untuk meluluhkan hati Adelia? Anda bisa membeli komik ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli komik Indonesia, sebaiknya Anda mempertimbangkan style gambar, sinopsis dan ulasan, genre, serta rating usianya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara merawatnya agar buku komik Anda lebih awet dan tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilih komik My Pre-wedding, karena menghadirkan cerita romatis yang kental dengan bumbu komedi.
  • Sedangkan untuk Anda yang suka dengan tema Tokusatsu, Anda bisa memilih komik Bima Satria Garuda.
  • Namun, jika Anda ingin komik lokal dengan tema horror thriller yang menegangkan, maka Anda bisa memilih Guardian Devil.

Referensi

1. Suara (2020), 6 Manfaat Baca Komik Yang Nggak Kamu Sadari, https://yoursay.suara.com/lifestyle/2020/03/19/094054/6-manfaat-baca-komik-yang-nggak-kamu-sadari?page=all
2. Komico (2019), How to Choose The Best Comic Book According to My Taste, https://www.komico.ca/how-to-choose-best-comic-book-for-me/
3. IDN Times (2018), Terbukti Ampuh, Ini 5 Tips Merawat Komik Supaya Tahan Lama, https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/muhammad-farid-hermawan/tips-merawat-komik-c1c2/1
4. Dreamers.id (2013), Yuk, Intip 6 Cara Menyimpan Komik Agar Tidak Cepat Rusak!, http://gayahidup.dreamers.id/article/25474/yuk-intip-6-cara-menyimpan-komik-agar-tidak-cepat-rusak



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Komik Literasi


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Komik Indonesia Terbaik yang Seru dan Menarik", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »