Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


1 December 2020

10 Rekomendasi Keramik Terbaik untuk Rumah Minimalis

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Keramik Terbaik untuk Rumah Minimalis


Dewasa ini desain rumah minimalis semakin diminati oleh masyarakat. Minimalis bukan berarti kecil dalam artian modern. Minimalis disini mengacu pada unsur dekoratif yang lebih mengedepankan fungsi bangunan.



Rumah minimalis modern menggeser era arsitektur gaya klasik, di mana ukiran detail yang tidak memiliki nilai fungsional akan dihilangkan. Meskipun demikian, desain rumah minimalis ini juga bisa memberikan kesan mewah dan elegan pada interior.

Karena itu pemilihan keramik untuk lantai maupun dinding menjadi salah satu bagian penting dalam membangun rumah minimalis modern.

Kini banyak ditemukan produk keramik terbaru dengan beragam bentuk, warna, tekstur maupun motif yang unik dan menarik. Anda bisa memilihnya sesuai dengan konsep interior yang Anda inginkan.

Meskipun begitu, Anda juga harus mempertimbangkan hal penting lainnya saat memilih keramik terbaik seperti ukuran, anti selip atau tidak licin, tahan terhadap noda hingga merek serta harganya.

Untuk itu, kami menyajikan 10 rekomendasi keramik terbaik untuk rumah minimalis lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih keramik hingga perawatannya.

Pilih jenis keramik sesuai dengan kebutuhan

Memilih keramik yang tepat untuk kebutuhan rumah memerlukan ketelitian dan kecermatan. Misalnya, model keramik untuk ruangan utama tentu berbeda dengan keramik kamar mandi. Demikian juga dengan teras, garasi dan ruangan lainnya.

Untuk keramik ruangan utama, Anda bisa menggunakan keramik dengan tekstur yang lebih halus dan mengkilap. Sedangkan untuk kamar mandi, Anda bisa memilih keramik yang teksturnya agak kasar sehingga tidak licin saat bersentuhan dengan air.

Agar Anda lebih mudah memilih jenis keramik mana yang tepat, maka berikut ini kami sajikan beberapa tipe keramik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan ruangan, yaitu :



  • Tipe Polished; Sangat cocok digunakan untuk bagian dalam rumah, karena memiliki karakter licin dan berkilau.
  • Tipe Polished Sand; Tipe ini bisa biasanya digunakan untuk kamar mandi, karena memiliki titik-titik kasar yang menjaga agar tidak mudah terpeleset.
  • Tipe Unpolished; Cocok untuk ruang makan, dapur, maupun lantai kamar mandi, kerena memiliki permukaan yang ratda dan tidak licin.
  • Tipe Matt;Biasanya tipe ini digunakan untuk teras rumah dan bisa juga untuk dinding maupun lantai. Karena permukaan tipe ini cenderung tidak rata dan juga tidak berkilau.
  • Tipe Lapatto; Terbilang tipe ini yang paling unik, sehingga cocok untuk fungsi dekoratif ruangan seperti di lobby, teras, dan lain sebagainya.
  • Tipe Structured; Tipe yang terakhir ini memiliki permukaan yang sangat kasar, sehingga cocok digunakan untuk taman atau area di luar ruangan rumah Anda.

Perhatikan ukuran keramik

Agar desain rumah minimalis Anda terlihat lebih cantik dan menarik, maka pilih keramik dengan ukuran yang tepat dan seimbang.

Anda harus cermat saat menentukan ukuran keramik. Karena ketidakseimbangan dapat membuat kesan rumah menjadi tidak menarik.

Misalnya untuk kamar mandi, Anda bisa menggunakan keramik ukuran kecil, seperti ukuran 20 x 20 cm, 25 x 25 cm dan lainnya.

Sedangkan untuk ruang tamu, dapur, dan kamar, Anda bisa menggunakan keramik dengan ukuran standar, seperti 40 x 40 cm atau lebih besar seperti 60 x 60 cm.Tujuannya agar ruangan Anda terlihat lebih luas dan nyaman dilihat.

Namun untuk menambah keindahan, Anda juga bisa menggunakan keramik ukuran lebih kecil sebagai pembatas atau pinggiran, seperti keramik di dinding kamar mandi ataupun di dapur.

Pilih warna yang tepat sesuai dengan jenis ruangan

Warna keramik sangat beragam, ketika memilihnya usahakan untuk menyelaraskan dengan konsep interior. Hindari mengaplikasikan warna yang terlalu terang dan mencolok, karena dapat merusak tampilan dan kenyamanan yang melihatnya.

Anda bisa memilih warna yang lembut untuk memberikan kesan elegan dan mewah. Selain itu, warna lembut juga dapat memudahkan Anda menyesuaikan dengan dekoratif sehingga interior akan lebih indah dan menarik.

Pertimbangan lain tentang warna ini juga bisa dilihat dari sisi tujuan Anda membangun lantai. Misalnya, untuk memberikan kesan lega pada ruangan, Anda bisa memilih warna cerah.

Sementara warna gelap sangat cocok diterapkan di area yang lebih luas dengan pencahayaan ruangan yang cukup.

Sedangkan untuk warna cream atau pastel bisa Anda aplikasikan ke ruangan sempit, seperti kamar mandi agar kesan yang ditimbulkan lebih luas dan lega.



Perhatikan pemilihan tekstur keramik

Tekstur keramik ada dua macam. Pertama, ada yang mengkilap atau yang disebut dengan glazed. Kemudian ada yang tidak mengkilap atau unglazed.

Keramik dengan tekstur mengkilap akan lebih mudah dibersihkan. Sedangkan keramik tidak mengkilap memerlukan perawatan lebih, seperti harus memolesnya kembali agar lantai keramik tidak mudah kotor atau ternoda.

Pilih yang berkualitas dan terbaik

Umumnya produsen keramik menyediakan beberapa pilihan berdasarkan kualitas, seperti grade 1, grade 2, dan grade2. Biasanya penentuan kualitas ini juga di tulis, seperti KW1, KW2, dan KW3.

Hal ini tentu didasarkan agar semua kalangan dapat membeli keramik, baik kalangan atas, menengah maupun bawah. Namun yang perlu diketahui adalah perbedaannya dari ketiga kualitas tersebut.

Misalnya, keramik KW 1 ukurannya lebih presisi dengan warna yang stabil dan seragam. Sementara keramik KW 2 memiliki kualitas di bawahnya, terkadang ukurannya meleset 3 milimeter atau lebih.

Sedangkan untuk KW 3 ukurannya tidak presisi, biasanya ditemukan dalam satu box nya terdapat ukuran yang berbeda. Demikian juga dengan motifnya yang beberapa di antaranya meleset atau kurang pas antara satu dengan lainnya.

Cara merawat lantai keramik agar tetap bersih dan wangi

Agar lantai keramik terlihat lebih bersih, mengkilap dan wangi sepanjang hari, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :



  • Usahakan untuk menyapu lantai secara rutin setiap hari. Hal ini penting agar kotoran-kotoran seperti butiran pasir yang bisa menggores permukaan lantai bisa hilang.
  • Langkah berikutnya adalah mengepel lantai. Anda bisa menggunakan pel khusus lantai yang lembut dan mudah menyerap air agar lebih lantai cepat kering dan air tidak meluber kemana-mana.
  • Selain itu, Anda bisa menggunakan cairan pembersih dengan aroma wangi yang bisa menjaga ruangan agar tetap segar dan harum.
  • Jangan menggunakan pembersih lantai yang mengandung bahan asam. Karena bisa membuat keramik rusak dan terlihat kusam.

10 Rekomendasi keramik terbaik untuk rumah minimalis

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang keramik dan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi keramik terbaik untuk rumah minimalis dari berbagai merek berikut ini:

10. Keramik Milan Harvest Grey

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-10

Harga : Rp 65.500

Memberikan kesan luas, stabil dan damai

Keramik Harvest Greydari Milan ini cocok digunakan untuk berbagai ruangan, seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi. Kualitasnya terbaik KW1, di mana ukurannya presisi dengan motif yang rapi dan seragam.

Kelebihan dari keramik Harvest Grey ini dapat memberikan kesan luas pada ruangan, nuansa lebih tenang dan damai untuk kenyamanan desain rumah minimalis.

Untuk ukuran keramik standar yakni 40 x 40 cm. Anda bisa membelinya langsung 25 dus dengan harga sekitar 1.6 jutaan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli keramik inidi Shopee.

9. Keramik Habitat Gress Cemento Gris

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-9

Harga : Rp 214.500

Memberikan kesan rapi dan elegan untuk rumah Anda

Keramik Habitat Gress berukuran 30 x 60 cm ini memiliki tekstur Matt yang cocok diaplikasikan untuk teras rumah Anda. Desain sudah Rectified sehingga bisa memberikan kesan lebih rapi dengan ukuran yang presisi.



Selain itu, keramik ini juga tahan terhadap noda, bebas dari retak rambut dan dapat membuat ruangan terlihat lebih elegan dan mewah. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan berbagai elemen dan ukuran untuk hasil terbaik sesuai dengan konsep interior yang Anda inginkan.

Adapun untuk produk Habitat Greess ini sudah memenuhi standar SNI ISO 13006. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli keramik ini di Shopee.

8. Keramik Axelle Grey

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-8

Harga : Rp 57.000

Cocok untuk kamar mandi ataupun ruangan outdoor

Keramik Axelle Grey yang berukuran 25 X 25 cm ini memiliki kualitas KW1, di mana ukuran presisi dan motif seragam.

Selain itu, teksturnya Emboss, Matte tidak berkilau, dan memiliki kemampuan anti selip sehingga cocok digunakan untuk kamar mandi maupun outdoor.

Adapun isi per dus keramik Axelle Grey ini berjumlah 16 pcs. Anda bisa membelinya di Shopee.

7. Roman Keramik Terrace Brown G555400

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-7

Harga : Rp 117.000

Memberikan kesan alami pada teras rumah Anda

Untuk ketenangan dan kenyamanan, Anda bisa memilih keramik Roman motif G555400 Terrace Brown. Memiliki tekstur permukaan yang kasar, keramik ini cocok diaplikasikan untuk kebutuhan luar ruangan.

Roman Terrace Brown ini menawarkan kualitas grade 1 dengan ukuran 50 x 50 cm. Sementara untuk 1 box nya berisi 4 pcs. Anda bisa membeli keramik ini di Shopee.



6. Keramik Lantai Platinum Amazon

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-6

Harga : Rp 58.000

Memberikan kesan rapi dan cantik pada lantai dapur

Keramik dari brand Platinum ini cocok digunakan untuk permukaan lantai dapur. Model Amazon dengan empat warna pilihan yang menarik bisa Anda pilih sesuai dengan konsep interior ruang Anda, seperti warna beige, bone, brown, dan grey.

Platinum Amazon ini menawarkan produknya dengan grade KW1, di mana kualitas ukuran presisi dengan warna yang seragam. Selain itu, desain Matte semakin membuat tampilan lebih sempurna tanpa sekat, sehingga lebih mudah saat membersihkannya

Adapun untuk ukuran keramik ini adalah 40 x 40 cm dan 1 box nya berisi 6 buah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli keramik ini di Shopee.

5. Keramik Lantai Alpena Grey Mulia

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-5

Harga : Rp 92.000

Membuat kesan lantai garasi lebih alami dan menarik

Keramik Alpena Grey dari Mulia Signature ini teksturnya kasar dan agak timbul. Sangat cocok diaplikasikan untuk mendukung gaya rustic interior rumah agar nampak lebih alami dan menarik.

Mulia Signature menawarkan dua warna untuk keramik ini, yaitu warna grey dan brown. Sementara untuk ukurannya standar 40 x 40 cm, dengan kualitas produk KW1. Sedangkan untuk jumlah keramik per dus berisi 6 pcs. Anda bisa membeli keramik ini di Shopee.



4. Keramik Lantai Arwana Uno 7733

oto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-4

Harga : Rp 45.000

Motif marmer halus dan berkilau

Keramik dari Arwana tipe Uno 7733 ini sangat cocok diaplikasikan di dalam ruangan. Interior rumah akan nampak lebih indah dan menarik dengan motif marmer yang halus dan glossy.

Ukuran keramik ini 40 x 40 cm. Tersedia dalam berbagai warna pilihan menarik seperti, beige, cream, green, dan grey. Adapun untuk 1 dus berisi 6 pcs / 0,92 m2. Anda bisa membeli keramik ini di Shopee.

3. Keramik Lantai Indogress

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-3

Harga : Rp 195.000 – Rp425.000

Bisa digunakan untuk berbagai lantai di dalam ruangan

Tekstur keramik dari Indogress ini memadukan antara unsur crystal dan glazed, di mana ruangan akan nampak lebih berkilau seperti kaca. Belum lagi motif marmer yang semakin membuat hunian Anda nampak lebih mewah dan elegan.

Adapun untuk ukuran keramik besar yakni 60 x 60 cm, sehingga memungkinkan pengerjaan lebih cepat dan hemat anggaran. Tersedia juga di dalam produknya pilihan ukuran 60 x 120 cm.

Untuk kualitas keramik spesifikasinya grade KW1 dan finishing Glazed (Polished) – double loading. Anda bisa membeli keramik ini di Shopee.



2. Keramik Asia Tile Zulu Series

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-2

Harga : Rp 52.900

Mengkilap, tahan lama dan mudah dibersihkan

Asia Tile adalah salah satu merek keramik yang banyak diminati masyarakat, karena kualitasnya bagus dengan berbagai pilihan motif yang menarik. Di antara yang bisa Anda pilih untuk mempercantik dekorasi adalah tipe Zulu Series.

Zulu Series cocok digunakan untuk lantai dalam ruangan maupun luar ruangan. Selain itu juga bisa untuk dinding dan dekorasi lain sesuai dengan yang Anda inginkan.

Keramik Asia Tile ini berukuran 40 x 40 cm. Tersedia dua pilihan warna, yaitu grey dan brown, serta memiliki tekstur yang mengkilap sehingga membuat hunian Anda terlihat lebih mewah dan elegan. Anda bisa membeli keramik ini di Tokopedia.

1. Milan Shanghai Brown

foto-rekomendasi-keramik-terbaik-untuk-rumah-minimalis-1

Harga : Rp 74.500

Desain elegan dan tahan terhadap berbagai noda

Keramik merek Milan tipe Shanghai Brown ini sudah dirancang Rectified atau tidak berpinggul, di mana hasil akan lebih presisi, lebih rapi dan nyaman dilihat.

Keramik ini juga memiliki ketahanan terhadap berbagai noda sehingga lebih mudah dibersihkan. Selain itu, tampilan mengkilap dan bebas dari retak rambut. Sementara untuk ukuran 50 x 50 cm. Anda bisa membeli keramik ini di Blibli.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli keramik, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti sesuaikan jenis keramik dengan kebutuhan bangunan, pilih ukuran yang tepat, serta perhatikan warna dan motifnya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui kualitas dari keramik yang akan Anda beli, serta sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.
  • Anda bisa memilih keramik dari Indogress untuk kebutuhan lantai ruangan bagian dalam, karena keramik ini memiliki kualitas sangat baik dan motif yang bisa membuat interior Anda terlihat lebih mewah dan elegan.
  • Sedangkan untuk kebutuhan garasi, Anda bisa memilih keramik Alpena Grey dari Mulia Signature. Karena teksturnya kasar, agak tebal dengan gaya rustic yang dapat memberikan nuansa alami pada hunian.
  • Namun, untuk berbagai kebutuhan ruangan di rumah Anda seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi, Anda bisa memilih keramik Milan Harvest Grey.

Referensi

  1. Barbara Peck (2018),Remodeling 101: A Guide to the Only 7 Types of Tile You Need to Know,https://www.remodelista.com/posts/how-to-choose-types-of-tile-subway-ceramic-cement-terracotta-glass-stone/
  2. Remodeling Calculator, 8 Tips To Choose The Best Tile Floors For Every Room,https://www.remodelingcalculator.org/7-tips-on-choosing-the-right-floor-tile-for-every-room/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Keramik Terbaik untuk Rumah Minimalis", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »