Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


24 April 2020

10 Rekomendasi Joran Terbaik untuk Memancing

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Joran Terbaik untuk Memancing


Joran merupakan bagian dari alat pancing yang berfungsi menjaga tangan Anda agar terhindar dari gesekan senar saat menarik ikan. Dengan menggunakan joran, Anda juga akan mendapatkan pengalaman memancing yang berkesan.



Banyak jenis joran pancing yang beredar di pasaran dengan kualitasnya yang berbeda-beda. Sebelum membelinya, pastikan Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti ukuran, jenis bahan, model, serta harganya.

Untuk itu, kami telah menyajikan beberapa joran pancing terbaik untuk memancing lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai joran pancing beserta cara perawatannya.

Mengenal jenis-jenis joran pancing

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli joran pancing terbaik, sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis joran pancing yang populer digunakan oleh para pemancing berikut ini :

Pertama, Telescopic Rods. Jenis joran ini adalah joran yang memiliki desain yang sangat compact. Dengan desainya yang compact, joran ini dapat diperpanjang dan diperpendek seperti antena radio jaman dulu. Ketika dalam ukuran pendek joran ini memiliki panjang sekitar 1 meter namun ketika diperpanjang jorang ini bisa sampai panjang sekitar 6 meter.

Kedua, Casting Fishing Rods. Jenis joran ini adalah joran yang didesain dengan tampilan yang simpel. Pada jenis joran ini memiliki ukuran lubang benang yang cukup kecil pada bagian atas dan agak besar pada pangkal dekat dengan reel pancing atau penggulung benang. Dengan desainya yang simpel membuat joran ini sangat mudah digenggam dan membuat pemancing menjadi lebih akurat ketika melemparkan umpan.

Ketiga, Spinning Fishing Poles. Jenis joran ini adalh joran yang memiliki desain yang hampir sama dengan casting fishing rods perbedaannya hanya pada ukuran yang lebih kecil berat yang cukup ringan. Untuk panjang dari joran ini berkisa antara 1.5 meter sampai 2.5 meter dan memiliki lubang benang antara 5 sampai 8 buah.

Selain perbedaan pada segi berat dalam hal lubang benang, spinning roods ini juga memiliki ukuran lubang benang yang relatif agak besar jika dibanding dengan casting fishing rods. Spinning rods ini sangat cocok digunakan untuk para pemula yang baru mulai mendalami hobi memancing.



Keempat, Fly Fishing Rods. Jenis joran ini adalah joran yang memiliki desain yang cukup unik pada ukuran dan bentuknya, karena jenis joran ini khusus didesan untuk memancing ikan terbang.

Fly fishing rods memiliki berat yang sangat ringan dan bentuk yang fleksibel yang membuat pemancing lebih efektif dalam memancing ikan karena beratnya yang ringan dan ukuran yang kecil jika dibandingkan dengan joran lainya.

keunikan lain dari joran ini adalah pada desain dari lubang benangnya. Lubang benang pada joran ini hanya berjumlah satu dan berada pada ujung joran yang juga disebut dengan snake eyes.

Kelima, Ice Fishing Rods. Jenis joran ini adalah joran yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan spinning fishing rods tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil. Ice fishing rods memiliki ukuran antara 1 meter sampai 1.5 meter dan memiliki lubang benang yang lebih sedikit daripada traditional spinning rods.

Keenam, Sea Fishing Rods. Jenis joran ini adalah joran yang didesain untuk kegiatan memancing di laut lepas. Untuk ukuran sea fishing rods bergantung tempat penggunaanya jika digunakan dalam perahu maka ukuran pendek sangat cocok digunakan tetapi jika digunakan dari dari pantai maka menggunakan ukuran joran yang panjang akan lebih efektif.

Dan, untuk berat sendiri sea fishing rods memiliki berat yang tidak ringan, ukuran lubang benang yang besar, dan memiliki pegangangan yang cukup panjang yang didesain untuk bertarung dengan ikan besar. Sea fishing rods ini biasanya memiliki pasangan reelpancing yang besar dan benang cukup berat.

Ketujuh, Surf Fishing Rods. Jenis joran ini adalah joran yang memiliki desain yang mirip dengan sea fishing rods, tetapi lebih populer dengan sebutan surf fishing rods. Jenis joran ini memiliki ukuran yang sangat panjang yang memungkinkan penggunaan pemberat dan umpan yang cukup besar untuk mendapat jarak lemparan yang cukup jauh. Dengan ukuranya yang panjang joran ini dapat digunakan dari pantai.



Kedelapan, Trolling Fishing Rods. Jenis joran ini adalah joran yang didesain untuk bertarung dengan ikan besar seperti ikan tuna atau ikan marlin. Trolling fishing rods memiliki ukuran yang relatif panjang, dan berat yang tidak ringan.

Kesembilan, Pen Fishing Poles. Jenis joran ini adalah joran yang memiliki desain yang lebih compact jika dibandingkan dengan telescopic rods. Jenis joran ini termasuk dalam joran terkecil di dunia dan lebih mudah dimasukan kedalam kantong atu tas jika akan dibawa pergi.

Perhatikan ukuran panjang joran

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan ketika akan membeli joran adalah ukuran panjang dari joran tersebut. Karena ukuran joran ini akan memengaruhi performa Anda dalam memancing.

Untuk joran ukuran pendek biasanya digunakan ketika memancing menggunakan perahu. Dan joran panjang biasnya digunakan ketika memancing dari tepian air untuk mendapat jangkauan yang lebih jauh.

Perhatikan bahan pembuatan joran

Memilih bahan dasar yang digunakan untuk membuat joran juga penting karena berbanding lurus dengan fungsinya. Pada umumnya bahan pembuatan joran ada dua jenis yaitu graphite dan fiberglass, atau campuran dari kedua bahan tersebut.

Perhatikan kekuatan dan berat dari joran

Selain ukuran dan bahan pembuatan, kekuatan dan beat dari joran juga merupakan faktor yang penting. Karena berat dari joran akan berbanding lurus dengan kenyamanan dari penggunanya. Dan, Anda harus mampu memilih berat joran yang cocok yang sesuai kebutuhan Anda.

Cara merawat joran pancing

Ketika Anda sudah membeli joran pancing, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar kail pancing lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat joran pancing :



  • Jangan mengangkat jorang dalam sudut 90 derajat ketika sedang bertarung dengan ikan.
  • Lepaskan kail setelah selesai memancing. Jangan membuatnya tetap menggantung di joran, karena bisa membuat joran lecetdan dapat mengganggu atau mempengaruhi casting Anda. Selain itu, Anda bisa mengggunakan pelindung kail.
  • Jangan letakan joran Anda bersender pada dinding atau sudut ruangan, karena akan membuat joran melengkung jika disenderkan dalam waktu yang cukup lama.
  • Cucilah joran dengan sabun dan air tawar, kemudian bilasdengan air bersih lalu keringkan.

10 Rekomendasi Joran Terbaik untuk Memancing

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang joran pancing serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi joran pancing terbaik untuk kebutuhan Anda dari berbagai merek berikut ini:

10. Maguro Extreme Viper 180

maguro_extreme_viper_180

Harga : Rp 410.000

Ringan dan mudah untuk dibawa

Joran merek Maguro ini adalah joran keluaran terbaru karena telah suskes dengan versi tedahulunya. Panjang joran ini sendiri adalah 180 cm cukup panjang untuk digunakan dari tepian sungai dan juga cocok digunakan dari perahu. Untuk mempermudah membawanya jorang ini dapat dicopot menjadi dua bagian.

Untuk bahan dasar pembuatanya sendiri joran ini terbuat dari material carbon pomposite yang membuat jorang ini memiliki berat yang cukup ringan. Dan memiliki lubang benang sebanyak 7 buah pada joran. Anda bisa membeli joran ini di Shopee.

9. Gun handle joran pancing carbon fiber telescopic

gun_handle_joran_pancing_carbon_fiber_telescopic

Harga : Rp 75.500

Kuat dan ringan cocok untuk dibawa dalam perjalanan

Dengan desain yang keren, joran ini sangat cocok untuk Anda bawa memancing bersama teman-teman Anda. Joran ini dilengkapi dengan dua section yang dapat memudahkan Anda untuk membawanya. Memiliki panjang 180 cm membuatnya cukup panjang dan cocok dipakai untuk memancing dari tepian sunagi atau dibawa ke laut dan memancing dari perahu.

Joran ini menggunakan carbon sebagai bahan pembuatanya membuat joran ini cukup kuat untuk menahan perlawanan dari ikan-ikan besar. Ditambah dengan desain pegangan yang nyaman membuat pengalaman memancing menjadi lebih berkesan. Anda bisa membeli joran ini di Shopee.



8. Kenzi Coral 150 cm

kenzi_coral_150_cm

Harga : Rp 163.000

Lebih ringan dan kuat

Joran merek Kenzi ini adalah joran yang dibuat dengan menggunakan carbon yang membuatnya ringan dan juga kuat. Dari segi desain, joran merek kenzi ini memiliki desain yang keren dan cocok dibawa untuk memancing bersama teman-teman.

Joran ini memiliki panjang 150 cm yang cocok digunakan untuk memancing di tambak atau di sungai yang tidak terlalu lebar. Untuk lubang benang, joran ini memiliki lubang benang sebanyak 8 buah. Anda bisa membeli joran ini di Lazada.

7. Joran pancing aluminium mini pen fishing

joran_pancing_aluminium_mini_pen_fishing

Harga : Rp 113.000

Desain compact dan trendy

Sesuai namanya Pen, joran jenis ini ketika dilipat memiliki bentuk yang hampir mirip seperti bolpoin pada umumnya namun dengan ukuran yang agak lebih besar tentunya. Dibuat dengan bahan dasar alumunium alloy membuat joran jenis ini memiliki berat yang sangat ringan. Untuk panjangnya sendiri, joran ini panjang mencapai 100 cm.

Dengan ukuran yang cukup kecil, joran ini kurang cocok untuk dibawa memancing di lautan lepas. Joran ini lebih cocok digunakan untuk memancing pada daerah sungai atau tambak, selain karena ukuranya yang cukup pendek juga daya tahan terhadap bebab ikan dari joran ini hanya sampai sekitar 1 kg saja. Anda bisa membeli joran ini di Lazada.

6. Tegek Obama Ebola 5.4 m

tegek_obama_ebola_5_4m

Harga : Rp 75.000



Cocok untuk mancing di laut lepas

Joran pancing merek Tegek Obama dibuat dengan bahan dari fiber, maka untuk kekuatan tidak perlu diragukan lagi. Untuk panjang joran ini memiliki panjang mencapai 5.4 meter, dengan ukuran tersebut joran ini cocok digunakan untuk memancing pada area yang cukup luas karena jangkaun jaraknya yang cukup jauh. Anda bisa membeli joran ini di Shopee.

5. Leo fiber telescopic

leo_fiber_telescopic

Harga : Rp 276.000

Cocok digunakan untuk memancing di laut

Joran pancing merek Leo ini terbuat dari material glass, ABS, dan stainless steel wheel base membuat joran ini kuat dan cocok digunakan untuk memancing ikan besar.

Ukuran joran ini memiliki ukuran yang cukup variatif 1 meter sampai 1.5 meter. Dengan ukuranya yang cukup kecil ini membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana.Anda bisa membeli joran ini di Shopee.

4. Daido Manta Fiber Solid

daido_manta_fiber_solid

Harga : Rp 75.000

Desain keren dengan warna yang cerah

Joran pancing meek Daido terbuat dari material solid fiber dengan kekuatan sampai 10 kg untuk panjang joran ini memiliki pilihan yang cukup variatif muali dari 1.5 meter sampai 2.4 meter. Terbagi menjadi dua section membuatnya mudah untuk dibawa tau dmasukan kedalam tas ketika akan memancing.

Untuk jumlag lubang benang, pada joran ini mengikuti panjangnya. Semakin panjang joranya maka semakin banyak jumlah lubang benang yang dimilikinya. Memiliki desain dengan warna yang cerah membuat joran ini juga cocok digunakan oleh anak-anak. Anda bisa membeli joran ini di Shopee.



3. Joran pancing spinning blood weepro

joran_pancing_spinning_blood_weepro

Harga : Rp 180.000

Desain simpel membuatnya tampak elegan

Joran ini memiliki desain yang cukup simpel dengan dominasi warna hitam dan putih yang membuat tampilannya semakin elegan. Dalam hal bentuk, joran ini memiliki panjang mencapai 180 cm dengan jumlah lubang benang 7 buah. Terbuat dari graphite membuat kekuatan dari joran ini tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa membeli joran ini di Lazada.

2. Jingjie Pro

jingjie_pro

Harga : Rp 72.000

Kuat, lentur, dan tidak mudah patah

Jenis joran ini terbuat dari material carbon yang kuat, dapat menahan beban yang cukup berat dan tidak patah dan cocok digunakan untuk bertarung dengan ikan-ikan besar di laut. Memiliki panjang 2.4 meter membuat joran ini cocok digunakan untuk memancing di sungai dan di laut.

Dengan desain telescopicnya membuat joran ini tampak modern dan kekinian. Anda bisa membeli joran ini di Lazada.

1. Sougayilang 2 Section

sougayilang_2_section

Harga : Rp 649.799

Ringan, kuat, dan lentur

Joran dengan merek sougayilang ini memiliki panjang 1.2 meter dan terbagi atas 2 section. Bentunya yang pendek ini cocok digunakan untuk memancing di area sungai atau jika di laut maka pemancing bisa menggunakan perahu. Terbuat dari material carbon membuat joran ini memiliki berat yang cukup ringan. Anda bisa membeli joran ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli joran kenalilah terlebih dahulu kebutuhan memancing Anda. Karena setiap joran memiliki desain dan bentuk tertentu yang khusus untuk situasi tertentu juga.
  • Hal terpenting adalah perawatannya. Jangan sampai ketika Anda memilki joran tapi tidak pernah membersihkanya, kebiasaan ini akan membuat joran jadi gampang rusak dan tentu saja akan mempengaruhi casting Anda.
  • Anda bisa membeli joran pancing aluminium mini pen fishing, karena desain lebih simple, praktis, dan mudah dibawa kemana-mana.
  • Namun, jika Anda adalah seseorang suka kegiatan memancing di laut lepas, maka Anda bisa membeli joran dari merek Leo.
  • Sedangkan, untuk Anda menginginkan kegiatan memancing di sungai-sungai,Anda bisa membeli joran pancing dari Maguro.

Referensi

  1. Highaltitudebrands tim, Different Types of Fishing Rods and Their Uses, https://highaltitudebrands.com/how-to/different-types-of-fishing-rods-and-their-uses/
  2. William S. Guerrera (2017), How To Choose The Right Fishing Rod,https://hunthacks.com/how-to-choose-the-right-fishing-rod/
  3. Nick (2008), How to Care for and Clean Your Fishing Rod, http://fishingnoob.com/219/how-to-care-for-and-clean-your-fishing-rod/





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Joran Terbaik untuk Memancing", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »