Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


7 December 2019

10 Rekomendasi Electric Pressure Cooker Terbaik yang Membuat Masakan Matang Lebih Cepat

By Cekresi .com


Electric pressure cooker bisa menjadi solusi terbaik memasak untuk Anda yang sibuk, namun masih menginginkan memasak untuk keluarga tercinta. Karena alat ini sangat praktis dan modern. Di samping itu, masakan Anda akan lebih cepat matang tanpa mengurangi kelezatan serta nutrisi yang ada pada makanan.



Berbagai merek electric pressure cooker memiliki kelebihan masing-masing dengan fitur-fitur memasak secara digital sehingga lebih mudah dan nyaman. Harga dari alat memasak ini pun bervariasi, tergantung pada kualitas dan teknologi yang dimiliki.

Untuk itu, kami menyajikan rekomendasi electric pressure cooker terbaik yang membuat masakan matang lebih cepat berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang berbagai macam electric pressure cooker beserta perawatannya.

Kenali electric pressure cooker terlebih dahulu sebelum membelinya

Dalam sejarahnya, Pressure Cooker ditemukan oleh Denis Papin tahun 1679.Dan, baru digunakan sebagai alat memasak saat perang dunia II, karena lebih mudah, lebih cepat dan praktis.

pressure cooker merupakan alat memasak yang menggunakan wadah tertutup rapat sehingga mampu menghasilkan tekanan lebih tinggi daripada menggunakan panci atau alat memasak biasa. Tapi, alat ini masih menggunakan api sebagai sumber utama energinya.

Dalam perkembangannya, pressure cooker berevolus imenjadi electric pressure cooker yang lebih aman dan mudah tanpa menggunakan api. Selain itu, memasak dengan electric pressure cooker akan membuat Anda lebih hemat energi.

Electric pressure cooker juga bisa membuat kualitas kadar nutrisi tetap terjaga, karena alat memasak ini memiliki mode pengaturan suhu yang bisa Anda atur sesuai dengan aneka jenis makanan yang Anda masak.

Kemudian, alat ini memiliki karakteristik multifungsi yang bisa Anda gunakan untuk memasak segala jenis aneka makanan dengan mudah, seperti memasak opor ayam dan sup buntut akan lebih cepat matang daripada menggunakan panci biasa.



Selain itu, electric pressure cooker juga bisa Anda gunakan untuk menumis, merebus, mengukus, memanggang dan memasak aneka kue dengan cita rasa yang lebih tinggi dan nikmat saat menyantapnya.

Meskipun demikian, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya, seperti daya listriknya, kualitas bahan, beragam fitur yang melekat pada produknya, merek, dan garansinya.

Perhatikan daya listriknya

Sebelum membeli electric pressure cooker, yang patut Anda cermati pertama adalah daya listriknya. Karena alat ini memiliki konsumsi listrik yang bervariasi sesuai dengan jenis yang melekat pada produknya.

Electric pressure cooker dengan konsumsi listrik 1200 watt atau lebih mungkin bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menginginkan aktivitas memasak lebih cepat matang dengan hasil yang merata.

Namun, jika Anda ingin lebih hemat listrik, maka Anda bisa memilih electric pressure cooker dengan konsumsi listrik antara 600 watt sampai dengan 800 watt. Sehingga nantinya tidak mengganggu jumlah pengeluaran tagihan listrik Anda di rumah.

Pilih ukuran yang tepat dan sesuai kebutuhan jumlah orang

Kebanyakan orang saat memasak akan mengisi 2/3 dari kapasitas electric pressure cooker. Anda harus memikirkan berapa jumlah porsi setiap hari yang biasanya Anda hidangkan untuk orang-orang di rumah.

Jika jumlah orang di rumah hanya ada dua, ukuran 3 liter sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan memasak sehari-hari. Jika jumlah orang ada tiga atau empat, mungkin Anda bisa menggunakan electric pressure cooker yang memiliki ukuran 6 liter. Dan jika lebih dari empat orang, Anda bisa menggunakan yang berukuran 8 liter atau lebih.



Perhatikan jumlah pengaturan tekanan

Beberapa electric pressure cooker hanya memiliki satu pengaturan tekanan saja. Namun, sebagian besar produk electric pressure cooker memiliki dua, tiga, empat, dan bahkan lebih fitur pengaturan tekanan.

Memilih electric pressure cooker yang memiliki banyak pengaturan tekanan tentu banyak keuntungannya, seperti memasak aneka makanan lebih mudah, kandungan nutrisi akan tetap terjaga, dan lebih hemat energi.

Selain itu, memasak masakan dengan tekstur lembut seperti sayuran, ikan, atau telur akan menjadi lebih sempurna dengan pengaturan tekanan yang lebih rendah. Karena itu, kami sarankan Anda memilih electric pressure cooker yang memilih jumlah pengaturan tekanan lebih dari satu.

Perhatikan katup penutup dan kemudahan saat membersihkannya

Banyak orang sering tidak memperhatikan katup penutup atau tutup panci saat membeli electric pressure cooker. Padahal fitur ini merupakan salah satu bagian penting yang menentukan kualitas dari hasil masakan Anda.

Ada dua jenis katup penutup electric pressure cooker; Pertama, jenis push ini memiliki karakteristik lebih mudah dibuka dan ditutup, bahkan Anda bisa menggunakan satu tangan untuk melakukannya.

Yang kedua, jenis slide yang lebih sulit untuk membuka dan menutupnya, tapi memiliki kelebihan mudah dibersihkan dan aman saat digunakan.

Jika Anda termasuk orang yang tidak biasa membersihkan alat-alat memasak, sebaiknya Anda memilih jenis slide, karena jenis push yang mudah dibuka biasanya sisa masakan masih menempel disela-sela penutup sehingga Anda membutuhkan perlakukan khusus untuk membersihkannya.

Cara merawat electric pressure cooker agar lebih awet dan tahan lama

Ketika Anda sudah membeli electric pressure cooker, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar electric pressure cooker yang Anda miliki lebih awet dan tahan lama. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat electric pressure cooker.



  • Pastikan Anda membersihkan setelah selesai digunakan. Ketika membersihkan, pastikan Anda melepas stop kontak terlebih dahulu dan biarkan beberapa menit sampai electric pressure cooker mendingin.
  • Pastikan Anda membuka atau melepaskan katup penutup setelah selesai memasak.
  • Simpan electric pressure cooker ditempat yang kering, ketika tidak digunakan.
  • Jika electric pressure cooker tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, pastikan Anda menyimpan dengan posisi terbaik agar terhindar dari bau.
  • Jangan menggunakan peralatan logam yang dapat menggores fitur anti lengket.
  • Jangan memukul tepi panci, karena dapat menyebabkan tekanan uap keluar.

10 Rekomendasi electric pressure cooker terbaik yang membuat masakan matang lebih cepat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang electric pressure cooker, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi electric pressure cooker terbaik yang membuat masakan matang lebih cepat dari berbagai merek berikut ini:

10. Midea Electric Pressure Cooker

midea_electric_pressure_cooker

Harga : Rp 6.350.700

Hemat waktu dan membuat masakan cepat matang secara merata

Electric pressure cooker merek Midea ini sangat cocok Anda gunakan untuk membantu aktivitas memasak Anda di dapur. Cita rasa makanan akan lebih sempurna dengan 12 fungsi preset, dan memastikan tingkat kematangan bisa Anda atur sesuai dengan waktu yang diinginkan.

3D Pressure System pada alat ini akan membuat masakan Anda matang lebih merata. Selain itu, Midea terbuat dari baja yang tahan karat dan pastinya lebih awet dan tahan lama.

Yang menarik lagi, electric pressure cooker ini mudah dibersihkan dan dilengkapi dengan multy- safety system yang aman dan mampu menahan panas yang berlebih. Anda bisa membeli electric pressure cooker ini di JD.ID.

9. Hakasima Electric Pressure Cooker

hakasima_electric_pressure_cooker

Harga : Rp 2.352.500

Kapasitas lebih besar dan canggih

Dengan menggunakan Hakasima,Anda bisa memasak segala jenis makanan dengan mudah, seperti ayam, ikan, daging, nasi, dan aneka macam kue.Karena alat memasak ini memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 6 liter.



Electric pressure cookerini mampu mempertahankan cita rasa dan nutrisi dari masakan, sehingga masakan akan lebih lezat dan sehat. Selain itu, teknologi digital yang melekat pada produk ini sangat mudah mengoperasikannya.

Beberapa fitur penting bisa Anda dapatkan, seperti sistem pengunci tutup presto dan sistem pembuangan uap yang aman saat digunakan, desain tutup yang fleksibel dan mudah dilepas, memiliki pengatur suhu, dan memori otomatis yang bisa Anda gunakan untuk melanjutkan kegiatan memasak yang tertunda atau terdapat gangguan. Anda bisa membeli produk ini d iTokopedia.

8. Oxone OX-282N

oxone_ox_282n

Harga : Rp 1.284.000

Memasak lebih praktis dan hemat

Oxone memiliki desain yang elegan dan terbuat dari bahan stainless stell. Kemampuan OX-282N bisa membuat nutrisi masakan tetap terjaga sehingga masakan akan lebih sehat dan nikmat saat dimakan bersama keluarga.

Selain itu, kapasitasnya cukup besar dan bisa menampung segala masakan yang Anda inginkan. Kelebihan lain saat Anda menggunakan produk dari Oxone ini adalah lebih hemat energi dan waktu. Anda bisa membeli electric pressure cooker ini di Shopee.

7. ASD AP-F50E803

asd_ap_f50e803

Harga : Rp 2.444.000

Lebih canggih dengan desain futuristik

Electric pressure cooker dari ASD ini patut Anda miliki karena desainnya yang keren daripada produk sejenis lainnya. Selain itu, mode kontrolnya futuristik dengan konsep komputer yang memudahkan Anda saat memasak.



Selain itu, AP-F50E803 ini terbuat dari bahan yang anti lengket sehingga mudah dibersihkan dan lebih awet. Kapasitas 5 liter dari produk ini akan membuat kegiatan memasak Anda lebih hemat dan praktis. Anda bisa membeli ASD ini di JD.ID.

6. Suggo Electric Pressure Cooker

suggo_electric_pressure_cooker

Harga : Rp 588.000

Ekonomis, praktis, dan hemat listrik

Untuk Anda yang mengiginkan electric pressure cooker dengan harga yang lebih terjangkau, Suggo ini bisa menjadi pilihan terbaik. Dan, yang menarik dari Suggo adalah konsumsi daya yang digunakan terbilang rendah sehingga lebih hemat listrik.

Dengan alat memasak ini, masakan Anda lebih cepat matang dan praktis karena daya tampungnya yang cukup besar. Anda bisa membeli electric pressure cookerini di Shopee.

5. Zebra Electric Pressure Cooker

zebra_electric_pressure_cooker

Harga : Rp 1.800.000

Terbuat dari bahan berkualitas dan anti lengket

Produk dari Zebra ini terkenal dengan kualitas stainlessnya yang tebal dan kuat, sehingga banyak masyarakat mulai menggunakan electric pressure cooker yang berasal dari Negara Gajah Putih.

Selain itu, alat ini dilengkapi dengan fitur anti lengket yang membuat Anda mudah membersihkannya. Dan, desain serta pengoperasian alat ini tergolong mudah sehingga nyaman saat dipakai. Anda bisa mendapatkan electric pressure cooker ini di Shopee.



4. ReCooker Electric Pressure Cooker

recooker_electric_pressure_cooker

Harga : Rp 990.000

Hemat listrik, digital, dan memberikan kenyamanan maksimal dalam memasak

Saat Anda menginginkan masakan Anda matang lebih cepat dan hemat energi, tentu produk ReCooker ini bisa menjadi pilihan terbaik. Produk ini hanya membutuhkan daya sebesar 550 watt untuk membuat masakan Anda lebih nikmat dan lezat.

Kelebihan lain dari Recooker adalah memasak lebih mudah karena Anda hanya cukup menggunakan satu jari, tinggal pencet mode pilihan memasak yang sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, alat ini dilengkapi dengan thermopress sensor dan timer yang akan membuat memasak Anda lebih mudah. Anda bisa membeli ReCooker ini di Blibli.

3. Signora Electric Pressure Cooker

signora_electric_pressure_cooker

Harga : Rp 1.680.000

Multifungsi, praktis, dan mudah pengoperasiannya

Produk dari Signora ini merupakan gabungan fungsi presto, slow cooker dan rice cooker yang akan membuat kegiatan memasak Anda lebih mudah dan praktis. Memasak juga akan lebih maksimal dengan hasil akhir masakan lebih empuk dan bernutrisi.

Alat berkapasitas 3 liter ini memiliki daya 600 watt yang tentunya lebih hemat konsumsi liustrik. Dan yang lebih utama, waktu memasak bisa Anda atur sendiri dengan mudah karena terdapat fitur timer. Anda bisa membeli Signora ini di Lazada.

2. Philips HD2137

philips_hd2137

Harga : Rp 1.190.000

Membuat kegiatan memasak Anda lebih mudah dan praktis



Electric pressure cooker dari Philips akan memberikan kemudahan kepada Anda secara maksimal dalam membantu kegiatan memasak Anda di dapur.Membuat aneka makanan akan lebih sempurna, karena alat multifungsi ini dilengkapi dengan beragam tombol menu langsung pada fitur pressure cook.

Keunggulan lain dari HD2137 ini adalah kemampuan pancinya yang menawarkan konduksi panas yang lebih efektif, dan terdapat pelapis keemasan whitford yang diwarnai khusus sehingga lebih tahan gores dan anti lengket. Anda bisa membeli Philips HD2137 ini di Shopee.

1. Philips HD2136

philips_hd2136

Harga : Rp 1.198.900

Membuat masakan lebih cepat matang dan empuk

Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari Philips HD2136 ini adalah membuat masakan Anda lebih cepat matang dan empuk dalam hitungan menit saja. Sehingga membuat aktivitas memasak lebih mudah, praktis, dan efisien.

Produk ini dilengkapi dengan inner pot anti lengket sehingga lebih mudah dibersihkan. Selain itu, electric pressure cooker memiliki ukuran kapasitas 5 liter dan kabel yang mudah dilepas. Anda bisa membeli electric pressure cooker ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli electric pressure cooker, pastikan Anda memperhatikan daya listrik, katup penutup, kualitas bahan, serta beragam fitur yang bisa membuat aktivitas memasak Anda lebih cepat, mudah, dan praktis.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar electric pressure cooker lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih electric pressure cooker dari Midea, karena bisa mempermudah aktivitas memasak dengan beragam fitur canggih yang yang membuat masakan lebih cepat matang dan terjaga nutrisinya.
  • Namun jika Anda ingin masakan lebih cepat matang dan empuk dalam hitungan menit saja,maka Anda bisa memilih produk dari Philips.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan electric pressure cooker yang harganya terjangkau, lebih praktis, dan hemat listrik, maka Anda bisa memilih produk dari Suggo.

Referensi

  1. Becky Striepe(2019), How To Use An Electric Pressure Cooker,https://www.glueandglitter.com/how-to-use-an-electric-pressure-cooker/
  2. Manualslib (2019),How To Use For Slow Cooking; Cleaning; Care And Maintenance – Presto Electric Pressure Cooker Plus Instructions And Recipes Manual,https://www.manualslib.com/manual/1383783/Presto-Electric-Pressure-Cooker-Plus.html?page=7



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Electric Pressure Cooker Terbaik yang Membuat Masakan Matang Lebih Cepat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »