Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


14 May 2021

10 Rekomendasi Cat Tembok yang Bagus dan Tahan Lama

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Cat Tembok yang Bagus dan Tahan Lama


Dewasa ini banyak jenis cat tembok bagus yang bisa ditemukan dengan mudah di pasaran. Harganya pun bervariasi dengan warnanya yang beragam. Namun, untuk menemukan cat tembok terbaik dan tahan lama tentu Anda tidak boleh sembarangan saat membelinya.



Perhatikan kualitas cat tembok dan sesuaikan dengan peruntukkannya, apakah untuk kebutuhan indoor ataupun outdoor. Selain itu, pastikan cat tembok yang akan Anda pilih berasal dari merek terbaik yang terjamin kualitas produknya.

Berikut kami sajikan rekomendasi cat tembok yang bagus dan tahan lama lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cat tembok dan cara penyimpanannya.

Mengenal jenis-jenis cat tembok

Cat tembok merupakan salah satu bagian penting yang ada pada bangunan. Secara fungsional, cat ini biasa digunakan untuk melindungi permukaan dinding bangunan dari ancaman jamur, lumut, serta terpaan cuaca ekstrem.

Selain itu, cat tembok juga dipakai untuk memperindah sekaligus memancarkan pesona pada sebuah bangunan. Tiap warna yang diterapkan kadang memiliki filosofis dan pesonanya tersendiri. Oleh karena itu, pemilihan warna cat tembok tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Adapun jenis cat tembok bermacam-macam. Usahakan Anda memilih cat tembok sesuai dengan jenis dan peruntukkannya. Berikut jenis-jenis cat tembok beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya, yaitu :

  • Cat tembok eksterior

Sesuai namanya, jenis cat ini memiliki fungsi untuk mengecat dinding bagian luar bangunan, di mana bagian bangunan ini paling rentan terkena paparan cuaca dan suhu ekstrem.

Oleh karena itu, kemampuan perlindungan yang dimiliki cat tembok eksterior jauh lebih baik ketimbang jenis lainnya.

  • Cat tembok interior

Jenis cat ini sering digunakan untuk mengecat bagian dalam bangunan. Cat tembok interior biasanya menghadirkan varian warna yang cenderung lebih cerah dan menyejukkan mata.



Namun, karena lebih mengutamakan fungsi keindahan, kemampuan perlindungan cat tembok interior tidak sekuat cat eksterior.

  • Cat tembok glossy

Cat ini menghadirkan tekstur mengkilap, terutama bila terkena paparan sinar matahari.Jenis cat glossy lebih cocok diterapkan di dinding luar bangunan.

Ada dua opsi cat glossy yang bisa Anda pilih, yakni semi glossy dan high glossy. Kalau Anda ingin tampilan lebih mengkilap, disarankan untuk memilih high glossy.

  • Cat tembok eggshell

Kalau Anda ingin cat dengan daya pantul yang baik dan mudah dibersihkan, cat tembok eggshell jawabannya.

Tekstur cat ini memang cenderung tidak rata, seperti kulit telur. Meski begitu, permukaan dinding tetap akan tetap terasa halus. Jenis cat ini lebih cocok diaplikasikan pada bagian interior bangunan.

  • Cat tembok flat/matte

Jenis cat ini sangat disarankan untuk menutupi bagian-bagian tidak sempurna pada dinding bangunan. Walau daya tahannya cukup kuat, cat tembok flat/matte dapat meninggalkan banyak pori-pori sehingga sulit untuk dibersihkan.

Sebaiknya Anda menerapkan cat ini pada area dengan mobilitas rendah dan tidak banyak disentuh orang.

  • Cat tembok satin

Ingin memberi kesan mewah dan elegan pada bangunan? Cat tembok satin solusinya. Jenis cat ini memiliki tekstur lembut sehingga mudah dibersihkan. Bila Anda memiliki usaha restoran atau toko, pengaplikasian cat tembok satin sangat disarankan.

Sesuaikan dengan lokasi tembok

Sebelum membeli cat, pertimbangkan dahulu tembok bagian mana yang hendak Anda aplikasikan. Apakah di bagian luar atau dalam bangunan? Karena tiap jenis cat memiliki sifat berbeda.



Untuk penerapan di tembok luar, gunakanlah cat eksterior yang tidak mudah mengelupas dan tahan akan berbagai kondisi cuaca. Sementara untuk tembok bagian dalam, sebaiknya gunakan cat interior yang mudah dibersihkan.

Perhatikan kualitasnya

Kalau Anda tidak ingin sering-sering mengecat ulang tembok rumah, sebaiknya pilihlah cat yang memiliki kualitas terbaik. Semakin baik kualitasnya, cat tersebut akan lebih awet dan tahan akan berbagai terpaan cuaca.

Selain itu, cat tembok yang berkualitas juga lebih mudah dibersihkan dari noda yang menempel. Memang cat tembok berkualitas memiliki harga yang agak mahal. Akan tetapi, itu sesuai dengan kelebihan yang Anda dapat.

Pertimbangkan kandungannya

Beberapa orang sering menyepelekan hal ini. Biasanya mereka hanya mengutamakan faktor keindahan dari warna cat. Padahal kandungan cat tembok yang berbahaya dapat memengaruhi kesehatan penghuni bangunan tersebut apabila terhirup atau tersentuh.

Cat tembok yang mengandung merkuri berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Baunya pun cenderung menyengat dan sulit dihilangkan. Sebaiknya Anda memilih cat tembok yang bautnya masih wajar dan tidak menyengat.

Pilih warna yang sesuai

Sebelum menentukan cat yang diinginkan, sebaiknya ketahui dahulu makna dan filosofi dari warna tersebut. Karena warna cat yang Anda pilih dapat menentukan suasana yang tercipta dari sebuah bangunan atau ruangan.

Misalnya warna biru dan hijau yang dapat menciptakan suasana tenang dan alami, atau warna ungu dan hitam yang terlihat elegan. Anda bebas menentukan warna cat yang diinginkan. Akan tetapi, tak ada salahnya juga mempertimbangkan suasana yang dihadirkan dari warna cat tersebut.



Cara menyimpan sisa cat tembok yang baik

Agar cat tembok yang tersisa tidak mudah rusak dan bisa digunakan untuk kemudian hari, pastikan Anda menyimpannya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan cat tembok dengan baik:

  • Simpan kaleng cat di tempat yang kering, sejuk, serta terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jangan meletakkannya di tempat bersuhu terlalu panas atau lembap.
  • Pasanglah kembali bagian penutup kaleng cat dengan baik dan benar. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.
  • Hindari membuka tutup kaleng cat dengan obeng. Hal ini bisa membuat bagian tutupnya melengkung dan sulit dipasang kembali.
  • Kalau tutup kaleng cat sulit ditutup kembali, jangan dipaksakan dengan menggunakan palu. Pakailah palu karet yang lembut untuk memukul dan merapatkan bagian tepian dari tutup kaleng cat tersebut.
  • Kalau cat yang tersisa tidak terlalu banyak, disarankan untuk memindahkan isinya ke dalam wadah lain yang lebih kecil. Selain membuatnya lebih segar, hal ini juga bisa menghemat ruang penyimpanannya.
  • Disarankan untuk memberi label bertuliskan nama warna, tempat dan tanggal pemakaiannya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda kalau ingin menggunakannya kembali di kemudian hari.

10 Rekomendasi cat tembok yang bagus dan tahan lama

Setelah Anda mengetahui berbagai informasi tentang cat tembok lengkap dengan cara penyimpanannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi cat tembok yang bagus dan tahan lama dari berbagai merek berikut ini.

10. Avitex Exterior Cat Tembok 5 KG – Fiesta

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-10

Harga : Rp 240.000

Sudah dibekali dengan teknologi UV Shield

Saat memilih cat tembok eksterior, sangat disarankan memilih yang tahan akan segala cuaca, seperti Cat tembok Avitex Exterior ini. Produk ini merupakan inovasi terbaru Avian dalam memberi proteksi maksimal pada dinding luar bangunan secara menyeluruh.

Cat ini dibekali dengan teknologi UV Shield yang dapat melindungi dinding bangunan dari ancaman perubahan suhu dan cuaca. Dengan begitu, dinding tidak akan mudah terkelupas dan keindahannya dapat terjaga lebih lama.

9. Decolith Cat Tembok 5kg

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-09

Harga : Rp 110.000

Aman bagi kesehatan dan lingkungan

Ingin menggunakan cat tembok yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan? Produk Decolith ini adalah jawabannya. Karena cat ini terbuat dari bahan dasar air yang bebas dari merkuri dan timbal.



Selain itu, daya sebar dari cat Decolith pun luas. Dengan begitu, Anda bisa mengecat berbagai ruangan yang luas secara merata. Daya tutupnya yang optimal juga memungkinkan Anda menyimpan cat yang tersisa dengan lebih aman.

8. Kansai Paint Property

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-08

Harga : Rp 115.000

Hadirkan warna yang netral dan soft, sangat cocok untuk bangunan minimalis

Suka dengan model bangunan minimalis? Cat tembok ini bisa jadi pilihan tepat. Ragam warna yang ditawarkan dari produk Kansai Paint ini memiliki sifat netral dan lembut, sangat cocok diterapkan pada bangunan minimalis.

Dengan teknologi Anti Bacteria Pro Health System-nya, cat ini bisa memberikan perlindungan terbaik pada tembok dalam jangka panjang. Ditambah lagi dengan teknologi Bio Pruf buatan perusahaan kimia Amerika, Dow Chemical Company, yang aman bagi lingkungan dan manusia.

7. Dulux Easy Clean

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-07

Harga : Rp 198.000

Mudah dibersihkan dari noda coret-coretan krayon

Mengecat ruangan untuk si kecil tidak bisa sembarangan. Apalagi anak-anak biasanya cenderung sering mencoret-coret tembok dengan krayon atau sebagainya. Kalau tidak dibersihkan dengan hati-hati, catnya bisa menjadi terkelupas dan rusak.

Untungnya Dulux Easy Clean dilengkapi berbagai formula baik, yang tidak hanya aman bagi anak-anak, juga mudah dibersihkan dari noda yang menempel. Ditambah lagi dengan adanya ragam pilihan warna cerah yang memberi kesan ceria pada anak-anak.



6. Nippon Paint Vinilex

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-06

Harga : Rp 120.000

Tidak mudah pudar meski disikat hingga 1200 kali

Produk cat ini menggunakan resin vinyl akrilik kualitas terbaik sebagai bahan dasar untuk pembuatnya. Hal inilah yang membuat cat dapat kering dengan cepat serta tidak akan mudah terciprat.

Keunggulan lain dari produk dari brand asal Jepang ini ialah daya tahannya yang sangat kuat. Bahkan tidak akan pudar meski telah disikat hingga 1200 kali. Cat ini juga anti jamur sehingga dapat diaplikasikan untuk bagian tembok manapun.

5. Puffin Super 2.5

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-05

Harga : Rp 128.000

Mampu menangkal serangga seperti nyamuk dan kecoa

Memiliki ruangan dengan tampilan warna yang menawan adalah impian banyak orang. Produk cat tembok dari brand lokal ini sangat disarankan untuk Anda gunakan. Varian warna yang dihadirkannya sudah menyesuaikan dengan kebutuhan mayoritas konsumen di Indonesia.

Bukan hanya dari sisi warna, secara kualitas pun cat tembok ini juga tidak kalah unggulnya. Bahkan diklaim mampu menangkal serangga, seperti nyamuk dan kecoa yang mengganggu. Meski begitu, cat ini tetap tidak berbau menyengat.

4. Jotun Majestic True Beauty Matt

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-04



Harga : Rp 139.000

Berikan kesan mewah pada tembok ruangan

Kalau Anda ingin menambahkan kesan mewah pada tembok ruangan, cukup gunakan cat matte dari Jotun Majestic ini. Produk cat interior berbahan dasar air ini hadir dengan ragam opsi warna yang dijamin dapat memperindah tampilan ruang pada hunian Anda.

Dibekali dengan formulasi yang unik, membuat cat ini dapat dibersihkan dengan mudah. Selain itu, dengan sifatnya yang anti jamur dan anti bakteri membuatnya memiliki ketahanan yang sangat baik. Cocok untuk penggunaan jangka panjang.

3. TOA Nano Clean Silk Touch

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-03

Harga : Rp 170.000

Perpaduan teknologi Nano untuk hasil yang menawan dan tahan lama

Tidak banyak produk cat tembok yang menerapkan perpaduan formulasi dari Nano Silver Ion serta Nano Fluoro Carbon seperti TOA Nano Clean Silk Touch. Nano Silver Ion memiliki fungsi untuk melindungi lapisan cat dari ancaman bakteri tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Sementara Nano Fluoro Carbon berfungsi untuk menghilangkan noda sehingga tembok menjadi mudah dibersihkan. Hasilnya, lapisan cat dari TOA Nano Clean Silk Touch dapat memberi hasil finishing semi-glossy yang menawan sekaligus tahan lama.

2. Envi Cat Tembok

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-02

Harga : Rp 124.000

Bau tidak menyengat dan mudah diaplikasikan

Cat tembok satu ini disebut-sebut mampu membuat lapisan halus pada semua jenis permukaan tembok, baik beton maupun kayu. Daya tutupnya pun sangat baik, bahkan hingga ke pori-pori kecil sekalipun.



Menariknya lagi, cat ini tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Justru bau yang dihasilkan cukup wangi sehingga nyaman untuk diaplikasikan. Karena permukaannya yang sangat halus, Anda cukup membersihkannya dengan air.

1. No Drop Tinting 20kg

foto-cat-tembok-yang-bagus-dan-tahan-lama-01

Harga : Rp 799.000

Bebas cemas di musim hujan

Musim hujan seringkali membuat cemas. Bagaimana tidak, air hujan yang terus-menerus turun seringkali merusak lapisan cat tembok. Parahnya lagi, airnya bisa merembes masuk melalui retakan kecil yang timbul.

Sekarang tidak perlu bingung lagi. Anda bisa menggunakan cat No Drop Tinting yang memiliki sifat kedap air ini. Produk ini bukan hanya mampu melapisi permukaan tembok dengan mulus, tapi juga melindunginya dari retakan kecil.

Hasil finishing-nya yang agak glossy pun bisa menambah kesan elegan dan mewah pada ruangan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli cat ini di Tokopedia.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli cat tembok, sebaiknya Anda mempertimbangkan lokasi, kualitas, kandungan, serta kesesuaian warna.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannya agar cat tembok yang tersisa bisa lebih awet dan dapat digunakan kembali.
  • Anda bisa memilihTOA Nano Clean Silk Touch, karena dibekali dengan dua formula Nano unggulan.
  • Sedangkan untuk Anda yang memiliki anak-anak, Anda bisa memilih Dullux Easy Clean.
  • Namun, jika Anda ingin melindungi tembok rumah dari rembesan air hujan, maka Anda bisa memilih No Drop Tinting.

Referensi

1. Masterclass (2020), 5 Different Types of Wall Paint and Finishes, https://www.masterclass.com/articles/different-types-of-wall-paint-and-finishes#5-types-of-wall-paints-and-finishes
2. DIY Network (2010), How To Select the Right Paint and Color For Your Home, https://www.diynetwork.com/how-to/skills-and-know-how/painting/how-to-select-the-right-paint-and-color-for-your-home
3. Elle Decor (2020), A Foolproof Guide To Choosing The Right Paint, https://www.elledecor.com/home-remodeling-renovating/home-renovation/advice/a2777/different-types-paint-finishes/
4. This Old House (2021), How to Pick Paint Colors for Interior Rooms, https://www.thisoldhouse.com/painting/21015206/how-to-choose-the-right-colors-for-your-rooms
5. How To Geek (2013), How to Store Leftover Paint the Right Way, https://www.howtogeek.com/319872/how-to-store-leftover-paint-the-right-way/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Cat Tembok


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Cat Tembok yang Bagus dan Tahan Lama", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »