Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


25 November 2020

10 Rekomendasi Cat Lantai Terbaik dan Tahan Lama

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Cat Lantai Terbaik dan Tahan Lama


Memilih cat lantai memang tidak semudah yang dibayangkan. Selain berbeda dengan cat dinding, pengaplikasiannya juga perlu beberapa kali lapisan untuk hasil terbaik dan tahan lama.



Cat lantai ini tidak hanya untuk di dalam ruangan saja, namun juga luar ruangan seperti helipad, marka jalan hingga lapangan. Karena itu, cat lantai lebih kuat, tahan gesekan dan beban, serta tahan terhadap cuaca.

Beragam produsen menawarkan produknya dengan berbagai keunggulannya masing-masing. Salah satunya adalah jenis epoxy lantai, di mana jenis cat ini mampu menutup pori-pori secara merata sehingga lebih halus dan mengkilap.

Meskipun demikian, Anda juga perlu memperhatikan panduan untuk mengaplikasikannya. Karena setiap merek dan jenis bisa berbeda cara serta teknik mengecat ke lantai untuk hasil terbaik.

Untuk itu, kami menyajikan 10 rekomendasi cat lantai terbaik dan tahan lama lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai cat lantai hingga cara memilihnya.

Pilih cat lantai yang sesuai dengan kebutuhan bangunan

Memilih cat lantai yang tepat sesuai dengan kebutuhan bangunan adalah pertimbangan utama untuk hasil yang bagus dan maksimal. Berikut ini beberapa jenis cat lantai untuk berbagai kebutuhan bangunan, seperti :

  • Cat untuk lantai rumah

Salah satu tujuan mengecat lantai rumah adalah nilai estetika ruangan. Sehingga sangat tepat jika Anda menggunakan cat lantai keramik.

Jenis cat lantai keramik banyak disukai karena dapat memberikan kesan mewah dan elegan untuk interior ruangan. Selain rumah, cat lantai keramik juga cocok diaplikasikan untuk berbagai bangunan seperti hotel maupun perkantoran.



Memang cat lantai keramik harganya mahal, namun ada juga beberapa cat lantai keramik yang harganya terjangkau dengan kualitas yang dapat membuat lantai mengkilap dan tahan lama.

Selain cat lantai keramik, Anda juga bisa menggunakan pilihan lain seperti cat lantai motif dan polos untuk kebutuhan rumah. Namun yang perlu diperhatikan dalam pemilihan cat lantai untuk rumah ini adalah kesesuaian dengan konsep interior ruangan Anda.

  • Cat untuk lantai pabrik

Untuk menghemat anggaran, cat lantai bisa Anda jadikan solusi untuk mempercantik pabrik, terutama pada bangunan seperti gudang. Karena dengan mengecat bagian lantainya, pabrik Anda akan terlihat lebih bersih dan menarik.

Yang perlu Anda perhatikan adalah memilih jenis cat dengan ketahanan yang sangat baik. Seperti tahan gesekan, tahan terhadap beban berat, dan juga tahan terhadap bahan-bahan kimia yang bisa merusak lantai.

  • Cat untuk lantai lapangan

Cat lantai tidak hanya untuk kebutuhan di dalam ruangan saja, namun juga untuk luar ruangan. Seperti untuk berbagai jenis lapangan olahraga, misalnya lapangan tenis, basket, volly, badminton, dan lain-lain.

Biasanya jenis cat lantai untuk lapangan ini memiliki formula khusus dengan karakter seperti anti selip, tahan terhadap cuaca, dan warna yang mencolok sesuai dengan bidang lapangan yang akan diwarnai.

Pilih cat lantai epoxy

Secara umum, cat lantai epoxy terdiri dari 2 (dua) komponen bahan yaitu cat epoxy (resin) dan hardener. Komponen tersebut kemudian dicampur dengan perbandingan tertentu, lalu di aduk hingga merata, dan baru diaplikasikan ke lantai.



Cat lantai dengan material epoxy memiliki kemampuan daya tutup terhadap celah-celah atau pori-pori lantai yang terbuka. Sehingga membuat retakan rambut akan hilang dan lantai terlihat lebih halus dan mengkilap.

Selain itu, cat epoxy yang berkualitas dapat memberikan perlindungan lebih terhadap lantai, tahan terhadap gesekan dan juga tahan terhadap bahan-bahan kimia, terutama bahan kimia rumah tangga seperti minyak, garam, oli, dan lain sebagainya.

Perhatikan kandungan bahan cat lantai yang digunakan

Untuk keamanan dan kesehatan lingkungan, ada baiknya Anda memperhatikan kualitas kandungan bahan yang digunakan. Hal ini tidak lepas dari kandungan zat timbal yang biasanya terdapat pada komponen dasar cat lantai.

Seperti yang disebutkan WHO atau Badan Kesehatan Dunia, bahwa tubuh manusia sering terpapar zat timbal sehingga terjadi banyak gangguan kesehatan seperti gangguan saraf, gangguan pernapasan, hingga kanker.

Untuk itu, hindari menggunakan cat lantai dengan kadar VOC (Volatile Organic Compound) yang tinggi, di mana cat tersebut akan menghasilkan bau yang menyengat saat pengecatan selesai dilakukan.

Jadi sangat penting untuk menggunakan cat lantai dengan kadar VOC yang rendah. Sehingga Anda dan keluarga tidak terpapar zat kimia yang bisa merugikan kesehatan tubuh.

10 Rekomendasi cat lantai terbaik dan tahan lama

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cat lantai hingga cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 cat lantai terbaik dan tahan lama dari berbagai merek berikut ini:



10. Cat Lantai Epoxy Upox Dana Paint

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-10-300x300

Harga : Rp 85.000

Daya lekat sangat baik dan membuat tampilan akhir mengkilap

Dalam satu paket cat lantai Upox Dana Paint ini memiliki dua komponen, yaitu cat dan pengering. Cat lantai ini sangat cocok diaplikasikan untuk berbagai jenis bahan bangunan, seperti beton, baja maupun kayu.

Hasil akhir dari cat ini dapat membuat lantai menjadi mengkilap serta tahan terhadap zat kimia rumah tangga. Selain itu, cat yang terbuat dari bahan epoxy ini memiliki daya lekat yang sangat baik.

Secara teknis, Upox memiliki daya sebar 10 – 20 m dengan kering sentuh 2 jam dan kering keras 24 jam. Sementara untuk campuran 8 jam, yang berarti cat yang sudah di campur harus sudah digunakan sebelum 8 jam. Disarankan untuk campuran menggunakan thiner High gloss.

Keunggulan lain dari Upox Dana Paint ini adalah mampu menutupi pori-pori semen, retak rambut, dan menghilangkan bau semen. Anda bisa membeli cat lantai ini di Shopee.

9. Cat Lantai Puffin Epoxy Multi-Layer

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-9-281x300

Harga : Rp 95.000

Cocok diaplikasikan untuk kebutuhan lantai di rumah

Cat lantai Puffin satu set ini berisi cat, hardener, dan juga thinner. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda tinggal mencampurkan semuanya, aduk hingga rata, lalu aplikasikan langsung ke lantai.



Untuk daya sebar Puffin Epoxy Multi-Layer dalam 1 kg adalah 2 m2 dengan ketebalan 300 mikron. Tersedia beragam warna yang bisa Anda pilih sesuai dengan warna lantai yang Anda inginkan.

Cat lantai ini bisa digunakan untuk lantai garasi, dapur, WC, dan lain-lain. Dan, untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa menggunakan cat dasar terlebih dahulu, primer epoxy Puffin. Anda bisa membeli cat lantai ini di Shopee.

8. Cat Lantai Propan Multipox MX-99

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-8-300x206

Harga : Rp 100.000

Daya rekat bagus dan tahan terhadap bahan kimia rumah tangga

Cat lantai epoxy dua (2) komponen dari Propan ini memiliki daya rekat yang bagus untuk berbagai macam substrat, seperti beton, gipsum, besi, GRC, kayu, dan lain-lain. Mudah diaplikasikan ke lantai, bisa menggunakan kuas ataupun roll.

Produk dari Propan ini juga memiliki daya tahan terhadap berbagai kimia rumah tangga seperti, minyak goreng, saos, garam, kecap, dan lain-lain. Selain itu, juga tahan terhadap bahan kimia ringan, seperti oli, solar, hingga bahan-bahan yang bersifat asam.

Adapun untuk ukuran dimensi produk19 x 16 x 14 cm dengan berat2 kg. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli cat lantai ini di Shopee.

7. Cat Lantai Lapangan Propan Teknokote

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-7-300x300

Harga : Rp 215.000

Berbahan dasar air, tidak berbau dan anti selip

Cat lantai dari Propan ini cocok diaplikasikan untuk lapangan indoor maupun outdoor, seperti lapangan tenis, badminton, maupun basket. Tersedia beberapa warna yang di antaranya hijau, putih, abu, biru, dan kuning.



Propan Teknokote terbuat dari bahan dispersi polymer, filler dan pigmen dalam air. Memiliki kemampuan membentuk lapisan film yang fleksibel dan daya rekat yang kuat pada lantai yang terbuat dari beton ataupun aspal.

Yang menarik lagi adalah, cat lantai ini tidak berbau, tahan terhadap sinar UV, anti selip, cepat kering dan mudah diaplikasikan. Anda bisa membeli cat lantai ini di Shopee.

6. Cat Lantai Lapangan Nippon Paint SportsKote

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-6-279x300

Harga : Rp 330.000

Tahan sinar matahari, tahan gesekan dan anti jamur

Nippon Paint SportsKote ini terbuat dari bahan emulsi sintetis yang bisa diaplikasikan untuk di dalam maupun luar ruangan, malah untuk lapangan olahraga sangat direkomendasikan menggunakan cat lantai ini.

Hal itu tidak lepas dari kemampuan SportsKote yang tahan terhadap sinar matahari, kuat dan fleksibel, serta tahan terhadap gesekan. Selain itu, cat ini juga cepat kering dan anti jamur sehingga lebih awet dan tahan lama.

Untuk pengerjaan, Anda bisa menggunakan kuas atau roll, dengan waktu pengeringan 30 menit untuk kering sentuh dan 2 jam untuk kering tekan. Sementara untuk interval pengecatan selanjutnya adalah 2 jam. Anda bisa membeli cat lantai ini di Shopee.

5. Cat Lantai Polyfloor Epoxy

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-5-300x264

Harga : Rp 554.000



Tahan terhadap abrasi, daya tekan kuat dan tanpa sambungan

Polyfloor Epoxy ini adalah cat akhir dua komponen yang berbasis solvent, di mana bahan baku yang digunakan telah diseleksi sehingga menghasilkan kualitas cat lantai yang sangat baik dengan ketahanan abrasi yang tinggi.

Keunggulan lain cat lantai ini adalah tidak licin sehingga aman bagi anak-anak, penampilan dekoratif dan juga mengkilap. Selain itu, daya tekan kuat, mudah dibersihkan dan tahan terhadap bahan kimia.

Untuk hasil terbaik Anda bisa mengkombinasikan antara Polyfloor Epoxy PFT-253-2K SB dengan Polyfloor Primer PFP-241-2K SB. Sementara untuk lapisan dasar menggunakan epoxy top coat Polyfloor PFT-253-2K SB. Anda bisa membeli cat lantai ini di Shopee.

4. Cat Lantai Propan Decofloor 5Kg

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-4-300x205

Harga : Rp 490.000

Cocok difungsikan sebagai dekoratif

Untuk keindahan lantai ataupun dinding, Anda bisa menggunakan Decofloor Color dari brand Propan. Karena cat satu (1) komponen yang berbahan acrylic water based ini bisa membuat hasil akhir dekoratif lebih indah dan unik.

Kemampuan cat Decofloor ini memiliki penetrasi hingga ke retakan yang halus pada substrat seperti beton. Selain itu, tahan terhadap bahan kimia rumah tangga, kotoran, minyak dan lain sebagainya.

Yang menarik adalah, cat ini tahan terhadap cuaca, tahan gesekan dan juga ramah lingkungan. Anda bisa membeli cat lantai ini di Shopee.

3. Cat Lantai Epogreen EPG-233-2K WB

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-3-300x236

Harga : Rp 1.632.800

Bisa diaplikasikan untuk indoor maupun outdoor



Cat lantai generasi terbaru dari Epogreen ini menggabungkan bahan dasar resin epoxy, acrylic dan juga water based. Hasilnya sangat berbeda dengan cat lantai lainnya, di mana lebih fleksibel dibandingkan dengan epoxy solvent based yang sudah ada.

Sangat cocok digunakan untuk kebutuhan lantai pabrik maupun rumah yang terbuat dari beton. Selain itu, bisa juga diaplikasikan untuk dinding dengan ketebalan yang lebih tipis daripada ke lantai.

Keunggulan lain dari cat lantai ini adalah, tidak berbau dan ramah lingkungan, serta tahan terhadap sinar matahari. Anda bisa membeli cat lantai ini di Tokopedia.

2. Cat Lantai Epotone Pro – Cat Epoxy

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-2-300x244

Harga : Rp 81.000

Cocok untuk melindungi permukaan beton/semen, logam dan kayu

Cat lantai EpoTone Pro ini mudah diaplikasikan ke lantai. Anda bisa menggunakan roller, kuas, maupun air spray. Bahan yang digunakan terdiri dari dua komponen, yaitu resin epoxy dan harderner polyamida.

Keunggulan cat lantai ini antara lain adalah memiliki kemampuan untuk membentuk lapisan yang mengkilap, keras sehingga tahan lama, fleksibel, dan juga memiliki daya lekat yang prima. Selain itu, tahan terhadap berbagai zat kimia rumah tangga.

Cat lantai ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik, seperti red, bright blue, canary yellow, dark green, black, white, tern grey, dan cloud grey. Anda bisa membeli cat ini di Shopee.



1. Cat Lantai Bitafloor 5kg

foto-rekomendasi-cat-lantai-terbaik-dan-tahan-lama-1-253x300

Harga : Rp 212.000

Daya rekat kuat dan tahan terhadap sinar matahari

Cat lantai Bitafloor acrylic polymer ini cocok digunakan untuk berbagai jenis lantai, seperti marka jalan, helipad, taman bermain, hingga lapangan olahraga. Kemampuannya tahan lama, daya rekat kuat, tahan sinar matahari, dan ramah lingkungan.

Cara menggunakan, usahakan lantai bersih dan kering terlebih dahulu. Kemudian campur silika ke dalam cat, lalu tambahkan air 10% dan aduk hingga rata. Setelah itu, Anda bisa bisa mengaplikasikan ke lantai dengan menggunakan semprotan, kuas, ataupun roller.

Untuk hasil terbaik, dibutuhkan 2 hingga 3 kali pelapisan. Anda bisa mendapatkan cat lantai ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli cat lantai, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan bangunan, seperti untuk rumah, pabrik, gudang yang kebanyakan di dalam ruangan, atau untuk luar ruangan seperti lapangan olahraga, jalan, helipad dan lain sebagainya.
  • Untuk hasil terbaik, Anda bisa menggunakan jenis cat lantai epoxy, di mana cat ini memiliki kemampuan menutup pori-pori sangat baik sehingga lantai menjadi lebih halus, mudah dibersihkan, dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih cat lantai Polyfloor Epoxy, karena hasil akhir berkualitas, mengkilap, ketahanan abrasi tinggi, dan aman bagi anak-anak.
  • Namun untuk kebutuhan lapangan, Anda bisa memilih Propan Teknokote. Karena cat lantai ini tidak berbau, tahan terhadap sinar UV, anti selip, cepat kering dan mudah diaplikasikan.
  • Sedangkan, untuk kebutuhan rumah dan pabrik yang terbuat dari bahan beton, Anda bisa menggunakan cat lantai Epogreen. Karena cat ini lebih fleksibel dibandingkan dengan epoxy solvent based yang sudah ada.

Referensi

  1. Pronto Paints(2019),Which floor paint to choose? A guide to selecting the right paint for your flooring,https://prontopaints.co.uk/2019/11/21/which-floor-paint-to-choose-a-guide-to-selecting-the-right-paint-for-your-flooring/
  2. Kleenit,How to choose the right floor coating type for you?,https://www.kleenit.com.au/blog/floor-coating-types/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Cat Lantai Terbaik dan Tahan Lama", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »