Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 November 2020

10 Rekomendasi Cairan Pembersih Kamar Mandi dan Toilet yang Bagus

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Cairan Pembersih Kamar Mandi dan Toilet yang Bagus


Banyak orang merasa malas membersihkan kamar mandinya sendiri di rumah. Selain kerak yang sulit dibersihkan, bau yang menyengat juga menjadi penyebabnya.



Namun kini Anda tidak perlu khawatir, karena tersedia berbagai merek cairan pembersih yang ampuh membersihkan noda membandel, sekaligus memberikan aroma segar untuk kamar mandi dan toilet Anda.

Ketika memilih cairan pembersih yang bagus, usahakan Anda mengetahui jenis bahan dari permukaan kamar mandi dan toilet Anda. Sehingga efektif jika diterapkan dan tidak membuat permukaan lantai atau dinding menjadi rusak.

Selain itu, perhatikan frekuensi pembersihan yang ingin Anda lakukan, apakah pembersihan dilakukan secara rutin atau tidak. Lalu, ketahuilah apakah cairan pembersih tersebut aman dan ramah lingkungan.

Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi cairan pembersih kamar mandi dan toilet yang bagus lengkap dengan harga serta ulasannya.

Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai cara memilih cairan pembersih yang bagus hingga cara menggunakannya.

Kenali jenis bahan permukaan kamar mandi atau toilet

Sebelum membeli cairan pembersih kamar mandi, sebaiknya Anda memperhatikan jenis permukaan bahan dari kamar mandi dan toilet Anda di rumah, seperti lantai, dinding, kloset dan lain-lain.

Untuk lantai dan dinding kamar mandi, umumnya terbuat dari bahan seperti keramik, ubin batu, vinil, ubin mosaik, hingga semen. Sedangkan untuk kloset, biasanya terbuat dari bahan porselen, keramik, dan juga ada yang terbuat dari bahan stainless steel.

Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus kloset, terutama untuk menggosok bagian dalamnya. Sedangkan untuk menggosok lantai atau tembok keramik kamar mandi, Anda bisa menggunakan cairan pembersih porselen anti gores.

Usahakan untuk tidak mencampur satu produk cairan pembersih dengan yang lain agar permukaan lantai atau kloset Anda tidak mudah rusak.

Pilih berdasarkan frekuensi pembersihan

Secara umum ada dua jenis cairan pembersih yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan kamar mandi dan toilet. Pertama, cairan pembersih netral yang efektif digunakan untuk membersihkan secara rutin, misalnya setiap dua hari sekali.



Kedua, cairan pembersih yang bersifat asam. Cairan ini efektif untuk membersihkan noda membandel pada kamar mandi dan toilet.

Biasanya cairan bersifat asam digunakan secara tidak rutin, dalam artian hanya digunakan untuk membersihkan noda membandel atau yang berkerak saja.

Pilih cairan pembersih yang ramah lingkungan

Banyak produk cairan pembersih kamar mandi dan toilet yang beredar di pasaran. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Untuk kebutuhan penggunaan sehari-hari, sebaiknya Anda memilih merek cairan pembersih yang sudah terbukti dan ampuh mengatasi noda ataupun kerak. Untuk memastikan penggunaan secara tepat, Anda bisa membaca panduannya terlebih dahulu.

Namun, jika untuk menjaga keamanan keluarga, ada baiknya Anda memilih produk cairan pembersih yang ramah lingkungan, di mana produk ini biasanya aman dari iritasi gangguan pernapasan dan juga risiko kanker.

Pilih yang beraroma segar

Memilih cairan pembersih dengan aroma segar tentu bisa menambah kenyamanan kamar mandi dan toilet Anda. Setiap merek biasanya sudah melengkapi produknya dengan berbagai varian wangi yang khas.

Usahakan sebelum membelinya, Anda sudah memastikan bahwa aroma yang diplih sesuai dengan aroma favorit keluarga, sehingga tidak menjadi masalah dan tetap membuat kamar mandi dan toilet Anda lebih segar.

Berhati-hatilah saat menyimpan cairan pembersih

Ketika Anda ingin kamar mandi atau toilet Anda bersih dalam waktu singkat, maka buatlah pekerjaan rumah Anda semudah mungkin.



Anda bisa menyimpan beberapa produk pembersih seperti cairan pembersih, sikat, kain lap, sarung tangan di dalam keranjang. Kemudian Anda bisa meletakkan di bawah wastafel kamar mandi.

Tapi ingat, jika Anda memiliki anak kecil di rumah, sebaiknya hal itu tidak dilakukan. Karena cairan pembersih mengandung bahan kimia keras yang dapat membahayakan ketika disentuh maupun dihirup. Jadi, berhati-hatilah saat menyimpannya.

Cara membersihkan kerak lantai pada kamar mandi

Berikut ini adalah cara membersihkan kerak lantai kamar mandi dengan menggunakan cairan pembersih lantai, yaitu :

  • Untuk keamanan, gunakan sarung tangan dan masker terlebih dahulu. Tujuannya agar tangan Anda tidak terkena cairan pembersih dan aroma menyengat tidak masuk ke saluran pernapasan Anda.
  • Buka cairan pembersih dan tuangkan secukupnya ke dalam wadah khusus. Jika bentuknya spray, Anda tinggal mengaplikasikan langsung.
  • Masukkan bulu sikat ke dalam cairan pembersih, kemudian gosok pada bagian yang berkerak.
  • Selanjutnya, Anda tinggal menunggu sekitar 10 hingga 15 menit. Lalu sikat kembali bagian berkerak tersebut, terus bilas dengan air hingga bersih.

Cara membersihkan dan merawat kloset Anda di rumah

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan dan merawat kloset agar lebih bersih, mengkilap dan terhindar dari kuman pembawa penyakit :

  • Tuangkan cairan pembersih ke sisi-sisi permukaan bagian dalam kloset.
  • Biarkan 5 hingga 10 menit. Lamanya waktu tergantung pada jenis atau merak cairan pembersih yang Anda gunakan.
  • Basahi sikat dengan air hangat, lalu gosok permukaan dengan menggunakan tekanan yang cukup untuk menghilangkan kotoran atau noda (jika ada). Anda bisa memulai menyikatnya dari sisi tepi hingga ke bawah.
  • Selanjutnya, Anda tinggal membilasnya dengan air hingga bersih, atau juga bisa menarik/menekan flush untuk menyelesaikan pembersihan toilet.
  • Langkah terakhir adalah, lakukan pembilasan dengan air bersih pada bagian dudukan dan penutupnya jika memungkinkan untuk hasil yang sempurna.
  • Untuk menjaga dari kuman, bakteri dan virus, Anda bisa menyemprotkan cairan disenfektan ke dudukan dan penutup kloset setiap dua hari sekali dan bilas setelah beberapa menit. Kemudian biarkan dudukan mengering sebelum digunakan kembali.
  • Usahakan ketika membersihkan kloset ini, Anda juga menggunakan sarung tangan dan masker untuk menghindari kandungan zat yang berbahaya dari cairan pembersih.

10 Rekomendasi cairan pembersih kamar mandi dan toilet yang bagus

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang cairan pembersih dan cara menggunakannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi cairan pembersih kamar mandi dan toilet yang bagus berbagai merek berikut ini:

10. Vixal Ekstra Kuat

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-10

Harga : Rp 13.650

Membuat lantai kamar mandi dan toilet harum sepanjang hari

Cairan pembersih dari Vixal ini diformulasikan untuk membersihkan berbagai noda yang menempel di kamar mandi dan toilet. Bisa diterapkan pada berbagai permukaan, seperti keramik, porselen, maupun mosaik.



Selain ampuh menghilangkan noda membandel, cairan pembersih ini juga dapat membuat permukaan kamar mandi Anda menjadi lebih mengkilap dan harum. Aroma tidak sedap akan hilang dan berganti wangi sepanjang hari.

Adapun untuk ukurannya, cairan pembersih ini tersedia dalam berbagai ukuran seperti 200mL, 470mL, dan 800mL. Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

9. Harpic Citrus

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-9

Harga : Rp 16.500

Efektif untuk menghancurkan kerak

Produk dari Harpic memiliki beberapa varian. Seperti, Harpic Power Plus untuk membersihkan kamar mandi dengan kekuatan 5 kali lebih bersih, Harpic Fresh dengan tambahan aroma yang menyegarkan, lalu Harpic Citrus ini untuk menghancurkan kerak.

Harpic Citrus ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan toilet duduk, toilet jongkok, hingga permukaan lain yang berbahan dasar porselen, seperti lantai, dinding maupun bak kamar mandi.

Dengan menggunakan Harpic Citrus ukuran 405 mL, Anda tidak perlu khawatir tentang noda yang membandel, karena semua akan teratasi dan bersih kembali. Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

8. Wipol Karbol Cemara

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-8

Harga : Rp 22.000



Ampuh membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap pada kamar mandi

Wipol Karbol Cemara ini memiliki kandungan bahan aktif Ultra Protection, di mana kemampuannya ampuh membunuh kuman pembawa penyakit. Bisa diaplikasikan ke lantai rumah, sekaligus juga efektif untuk membersihkan kamar mandi.

Produk dari Wipol ini juga dapat membuat lantai menjadi lebih kesat dan mampu mengeluarkan aroma kesegaran yang lebih lama. Selain itu, terpercaya dan sudah terbukti di masyarakat sebagai cairan pembersih lantai sejak lama.

Wipol ini juga tersedia dalam berbagai varian aroma kesegaran yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli cairan pembersih Wipol ini di Shopee.

7. Astonish Premium Bathroom Cleaner

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-7

Harga : Rp 69.050

Lebih efektif, praktis, dan ramah lingkungan

Cairan pembersih dari Astonish ini bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang menginginkan kemudahan saat membersihkan kamar mandi dan toilet. Anda cukup menyemprotkan ke area yang diinginkan, tunggu sekitar 2 menit, gosok lalu bilas dengan air.

Selain efektif membersihkan noda dari kandungan air mineral yang menempel di keran, shower ataupun bak kamar mandi. Cairan pembersih ini juga terkenal ramah lingkungan, sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan rumah Anda.

Adapun isi cairan Astonish dalam kemasan spray ini adalah 750 mL. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

6. Yuri Porstex

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-6

Harga : Rp 60.000



Lebih bersih dan mengkilap dalam sekejap

Yuri Porstex ini tidak hanya digunakan untuk membersihkan kamar mandi saja, namun juga bisa untuk ruang dapur dan WC Anda di rumah. Permukaan porselen dan keramik akan lebih cepat bersih dan mengkilap dalam waktu sekejap.

Selain bersih, cairan pembersih ini juga dapat membasmi kuman, bakteri, dan virus pembawa penyakit. Adapun isi dari satu botol Yuri Porstex ini adalah 3.7 liter. Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

5. Wings Porcelain Cleaner

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-5

Harga : Rp 12.500

Efektif membersihkan kloset dan bau pada toilet

Produk dari Wings isi 800 mL per botol ini sangat cocok diaplikasikan untuk toilet Anda di rumah. Mengandung bahan bermutu tinggi, cairan pembersih ini ampuh menghilangkan noda membandel pada kloset.

Kelebihan lain dari Wings Porcelain Cleaner ini adalah, toilet Anda akan terhindar dari bau tidak sedap dan juga bebas dari kuman pembawa penyakit.

Selain itu, cairan pembersih ini dapat menghilangkan kerak pada berbagai ruangan seperti di dapur dan kamar mandi yang biasanya banyak menggunakan bahan dasar keramik. Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

4. Mill 22 Bowl Cleaner

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-4

Harga : Rp 35.000



Efektif membasmi kuman tanpa merusak keramik kamar mandi Anda

Untuk kesegaran sepanjang hari, Anda bisa menggunakan Mill 22 Bowl Cleaner ketika membersihkan kamar mandi dan toilet di rumah.

Produk ini cocok diaplikasikan secara rutin karena ampuh membunuh kuman tanpa merusak lantai atau dinding keramik. Selain itu, jumlah isi dalam satu botolnya cukup banyak, yakni 4 liter. Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

3. Mr. Muscle Toilet Cleaning Gel

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-3

Harga : Rp 24.000

Cairan aktif pembersih yang mengandung bahan bermutu tinggi

Mr. Muscle Toilet Cleaning Gel sangat cocok diaplikasikan untuk menghilangkan noda pada kloset. Kerak membandel akan hilang dengan cepat saat Anda menggunakan cairan pembersih ini.

Selain itu, Mr. Muscle Toilet Cleaning Gel juga ampuh membasmi kuman yang dapat membawa penyakit, serta aman dan dapat menjaga warna asli porselen.

Adapun isi dari cairan pembersih ini dalam setiap kotaknya adalah 36 mL. Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

2. Domestos Fresh Power

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-2

Harga : Rp 15.600

Efektif membersihkan noda pada bahan porselen

Cairan pembersih isi 2x 450 mL dari Domestos ini memiliki kandungan Aktive Green Formula yang ampuh membunuh kuman pembawa penyakit, bahkan yang disisakan pembersih lain.

Domestos Fresh Power ini idealnya dipakai untuk toilet duduk, toilet jongkok, dan permukaan lain yang terbuat dari bahan porselen seperti lantai, dinding dan juga bak kamar mandi.



Selain itu, cairan pembersih ini juga dapat menjaga kesegaran kamar mandi lebih lama. Sehingga membuat Anda dan keluarga merasa lebih nyaman dan segar. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli cairan pembersih ini di Shopee.

1. Bebek Porselen Extra Kuat

foto-rekomendasi-cairan-pembersih-kamar-mandi-dan-toilet-yang-bagus-1

Harga : Rp 16.800

Mampu menghilangkan berbagai kuman pembawa penyakit

Cairan pembersih merek Bebek ini diformulasikan untuk menghilangkan noda membandel pada bahan seperti porselen. Cocok digunakan untuk toilet dan kamar mandi Anda di rumah.

Keunggulan lain dari produk ini adalah, dapat membuat aroma kamar mandi Anda menjadi lebih segar dan bau tidak menyengat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli cairan pembersih kemasan 750 mL ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli cairan pembersih kamar mandi dan toilet, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting, seperti jenis bahan permukaan yang akan dibersihkan, tingkat frekuensi pembersihan, aroma, dan juga pilih yang ramah lingkungan.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara menggunakannya agar keramik atau porselen Anda tidak mudah rusak, lebih bersih, dan kuman pembawa penyakit hilang.
  • Anda bisa memilih Yuri Porstex, karena cairan pembersih ini ampuh menghilangkan noda membandel pada kamar mandi dan toilet, serta dapat membunuh kuman penyebab penyakit.
  • Namun, jika Anda ingin cairan pembersih yang lebih praktis dan efektif digunakan untuk membersihkan kerak yang membandel, maka Anda bisa memilih Astonish Premium.
  • Sedangkan, untuk Anda yang rutin membersihkan kamar mandi dan toilet, Anda bisa memilih Mill 22 Bowl Cleaner, karena isinya lebih banyak dan bisa menjaga kesegaran lebih lama.

Referensi

  1. Karen Saunders (2018),Step-by-Step Guide: How to Clean Your Toilet (Inside and Outside!),https://simplymaid.com.au/blog/step-by-step-guide-how-to-clean-your-toilet-inside-and-outside/#:~:text=Tips%20to%20Keep%20Your%20Toilet%20Clean%20and%20Sanitary%3A&text=Splash%20the%20exteriors%20with%20warm,off%20after%20a%20few%20minutes
  2. Andréana Lefton, The Best Toilet Bowl Cleaners for the Bathroom, https://www.bobvila.com/articles/best-toilet-bowl-cleaner/
  3. Natalie Kilgore, How to Clean Toilet Stains, https://home.howstuffworks.com/home-improvement/household-hints-tips/cleaning-organizing/how-to-clean-toilet-stains.htm



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Cairan Pembersih Kamar Mandi dan Toilet yang Bagus", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »