Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


8 August 2020

10 Rekomendasi Bumbu Instan untuk Variasi Masakan Lezat

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Bumbu Instan untuk Variasi Masakan Lezat


Memasak adalah salah satu cara meningkatkan kualitas hidup yang paling sederhana. Selain menyenangkan, kegiatan memasak juga diklaim dapat meningkatkan rasa percaya diri serta kemampuan sosial seseorang.



Namun, dengan semakin sibuknya seseorang akan pekerjaan atau keseharian, banyak yang merasa sulit menyiapkan waktu untuk memasak. Untungnya, saat ini sudah banyak bumbu instan yang dibuat untuk mempersingkat waktu memasak bagi mereka yang sibuk.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi bumbu instan yang lezat dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai bumbu instan serta cara penyimpanannya.

Mengenal jenis dan karakteristik bumbu instan

Secara umum, bumbu instan memiliki tiga jenis. Pertama, bumbu nusantara yang kaya akan rempah-rempah pilihan. Kedua, bumbu sayur dan gorengan yang praktis dan lengkap. Ketiga, bumbu nasi goreng yang gurih dan nikmat.

Selain digunakan untuk mempermudah proses memasak, bumbu instan juga dapat digunakan untuk membuat masakan terasa lebih lezat. Hal ini tidak lepas dari karakter bumbu instan sebagai bumbu yang praktis dan lengkap sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Anda bisa memilih bumbu nasi goreng.Karena jenis ini memiliki rasa gurih yang lezat dan biasanya dilengkapi dengan ekstrak daging tertentu. namun, jika Anda ingin membuat masakan nusantara yang khas, maka bumbu nusantara bisa menjadi pilihan Anda.

Oleh karena itu, saat Anda memilih bumbu instan perhatikan peruntukan dan tujuan Anda menggunakannya. Apakah bumbu instan hanya akan digunakan untuk mempermudah proses memasak atau sebagai penambah rasa.

Perhatikan batas kedaluwarsanya

Layaknya makanan instan seperti mi instan dan sebagainya, bumbu instan pun tidak luput dari masa kedaluwarsa. Menyantap bumbu yang sudah kedaluwarsa tentu akan berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain itu, bukan tidak mungkin juga akan mempengaruhi rasanya.



Jadi sebelum membeli, jangan lupa untuk memperhatikan tanggal pembuatan serta tanggal kedaluwarsanya. Sebaiknya Anda memilih yang tanggal kedaluwarsanya masih jauh. Untuk berjaga-jaga bila seandainya Anda lupa telah membeli bumbu tersebut.

Perhatikan penggunaan bahan pengawet

Kira-kira apa yang membuat sebuah bumbu instan bisa bertahan lebih lama dibanding dengan bumbu asli pada umumnya? Jawabannya adalah penggunaan bahan pengawet pada bumbu instan tersebut.

Memang bumbu instan sendiri biasanya sudah mengandung rempah yang menjadi pengawet alami. Namun masih ada yang menggunakan bahan pengawet buatan agar lebih tahan lama. Karenanya, sebaiknya Anda memilih produk yang tidak menggunakan bahan pengawet agar lebih sehat.

Pilih yang bebas MSG

Panganan instan seperti bumbu instan biasanya tidak bisa terlepas dari penggunaan monosodium glutamate atau biasa disingkat MSG. Penggunaan MSG ini diperuntukkan agar dapat memperkaya rasa pada bumbu.

Sayangnya pengonsumsian MSG ini sebenarnya memiliki risiko bagi kesehatan. Apalagi ada sebagian orang yang memiliki alergi pada kandungan MSG. Karenanya, pilihlah bumbu instan yang bebas MSG agar lebih aman dan sehat dikonsumsi.

Pilih merek terpercaya

Saat ini, bumbu instan bukanlah produk yang terbilang sulit dicari. Kemajuan teknologi yang mendorong terciptanya inovasi akan cita rasa dari bumbu instan ini. Tidak heran kalau Anda bisa menemukan bumbu intan dengan mudah di manapun.

Meski begitu, ada baiknya Anda tidak asal memilih merek dari bumbu instan. Karena kualitas dari produk bumbu tetaplah yang utama. Sebaiknya, pilihlah merek terpercaya yang tidak menggunakan pengawet dan bebas MSG.



Cara menyimpan bumbu instan agar lebih awet

Agar bumbu instan Anda tidak mudah rusak dan bisa dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda menyimpannya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk menyimpan bumbu instan:

  • Hindari peletakkan bumbu instan pada tempat bersuhu tinggi, seperti paparan sinar matahari langsung atau panas kompor. Karena hal itu dapat merusak kualitas dari bumbu instan.
  • Sebaiknya letakkan bumbu instan pada wadah tertentu yang tertutup rapat. Terutama bila bumbu instan tersebut berbentuk bubuk. Ini dilakukan untuk menghindari masuknya serangga-serangga tertentu ke dalam bumbu. Selain itu, juga untuk menghindari penggumpalan pada bumbu tersebut.
  • Beri penamaan pada tiap bumbu instan yang telah dimasukkan ke dalam wadah, seperti toples. Tidak semua orang bisa mengetahui apa jenis dan peruntukkan bumbu instan tersebut, karena sudah berbentuk bubuk. Agar tidak salah memasukkan bumbu pada masakan, sebaiknya Anda memberikan label nama pada setiap masing-masing wadah bumbu.
  • Bumbu instan sendiri memiliki banyak jenis dan bentuk. Untuk mempermudah Anda dalam mencari dan meletakkannya, sebaiknya Anda menyimpan bumbu tersebut di tempat yang ringkas dan praktis. Misalnya, pada sela-sela cabinet dapur atau bisa juga membeli rak khusus untuk meletakkan bumbu.

10 Rekomendasi bumbu instan untuk variasi masakan lezat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang bumbu instan lengkap dengan cara penyimpanannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi bumbu instan untuk variasi masakan lezat berikut ini:

10. Pronas – Bumbu Pasta Ayam Goreng

pronas_bumbu_pasta_ayam_goreng

Harga : Rp 5.000

Untuk cita rasa ayam goreng terbaik

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak disukai. Hampir semua kalangan masyarakat menggemari olahan yang terbuat dari daging ayam. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Salah satu yang paling sering dibuat adalah menu ayam goreng. Seperti namanya, ayam ini diolah dengan cara digoreng. Agar memiliki rasa yang gurih dan nikmat, biasanya ayam direndam dengan bumbu tertentu. seperti Pronas – Bumbu Pasta Ayam Goreng ini.

Bumbu ayam goreng berbentuk pasta ini terbuat dari campuran bumbu dan rempah-rempah khas. Selain itu, bumbu ini sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna. Sehingga aman bagi kesehatan. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

9. Indofood – Bumbu Instan Rendang

indofood_bumbu_instan_rendang

Harga : Rp 5.500

Menghasilkan rendang dengan rasa yang khas



Rendang merupakan masakan asal Minangkabau yang sangat popular di Indonesia. Kepopulerannya bahkan telah mencapai taraf internasional. Di mana rending menduduki peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia versi CNN.

Pembuatan rendang sendiri terbilang gampang-gampang susah. Perlu proses yang agak lama agar cita rasa rempah-rempahnya bisa meresap ke dalam daging dengan sempurna. Kini, Anda tidak perlu repot-repot lagi menyediakan rempah sebagai bahan pembuat rendang.

Perkenalkan, Indofood – Bumbu Instan Rendang. Seperti namanya, bumbu ini dapat digunakan untuk membuat rendang dengan cita rasa rempah-rempahnya yang khas. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

8. Indofood – Bumbu Instan Kare

indofood_bumbu_instan_kare

Harga : Rp 5.500

Perpaduan bumbu dan rempah-rempah kare yang khas

Kare atau terkadang disebut juga kari merupakan sebuah hidangan berkuah yang dibuat dengan campuran rempah-rempah pilihan. Sehingga cita rasa yang dihasilkan menjadi agak pedas dan tajam.

Masakan ini berasal dari wilayah Asia Selatan, seperti India.Kemudian pesebarannya meluas hingga ke berbagai Negara lainnya. Termasuk Indonesia. Melihat popularitas kare yang terus meningkat di Indonesia, Indofood menjadikan kare sebagai salah satu varian produknya.

Produk dari Indofood ini terbuat dari bumbu dan rempah-rempah pilihan untuk membuat kare dengan praktis, sehingga Anda tidak perlu mengulek bumbunya lagi. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.



7. Bamboe – Balado Bumbu Instan

bamboe_balado_bumbu_instan

Harga : Rp 6.000

Menghasilkan rasa pedas alami yang lezat

Mayoritas masyarakat Indonesia merupakan penggemar panganan pedas. Maka tidak heran kalau bahan yang memiliki rasa pedas seperti cabai sangat umum digunakan pada berbagai hidangan kuliner di Indonesia.

Para pengusaha kuliner pun mulai memasukkan level pedas tertentu pada menu yang disajikannya. Kepopuleran ini pula yang mendorong produsen untuk membuat produk bercita rasa pedas. Salah satunya produk dari brand Bamboe ini.

Bumbu ini terbuat dari berbagai bahan pilihan untuk pembuatan balado. Seperti cabai. Produk ini dijamin aman karena tidak menggunakan tambahan extract, essence, ataupun pewarna buatan. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

6. Bango – Tongseng Bumbu Masak Instan

bango_tongseng_bumbu_masak_instan

Harga : Rp 6.500

Pilihan terbaik untuk sajian tongseng lezat

Ingin menyantap menu daging yang nikmat dengan berbagai sayur yang menyegarkan?Kalau begitu tongseng bisa menjadi menu pilihan Anda. Tongseng terbuat dari daging kambing yang dipadukan dengan sayuran seperti tomat, kol dan bawang putih.

Seluruh bahan tersebut kemudian disatukan dalam kuah kecap kental yang memiliki cita rasa gurih dan menyegarkan. Selain kambing, Anda juga bisa menggunakan sapi, ayam, hingga kerbau sebagai pilihan dagingnya.



Kini memasak tongseng akan terasa mudah dengan Bango – Tongseng Bumbu Masak Instan ini. Cukup masukkan bumbu instan ini ke dalam kuahnya, dan tongseng dengan rasa gurih dan nikmat dapat segera disajikan. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

5. Bamboe – Nasi Kuning Bumbu instan

bamboe_nasi_kuning_bumbu_instan

Harga : Rp 4.700

Rayakan momen sakral dengan gurihnya nasi kuning

Bosan dengan nasi putih yang rasanya itu-itu saja? Bagaimana kalau membuat variasi menu nasi lainnya. Misalnya saja nasi kuning. Ya, seperti namanya, nasi dengan rasa gurih ini memiliki warna kuning yang dihasilkan oleh perpaduan kunyit, santan, dan rempah-rempah.

Menu ini sangat popular di Indonesia. Biasanya nasi kuning disajikan untuk merayakan momen-momen tertentu, seperti hari ulang tahun, selametan, bahkan hingga upacara sakral tertentu.

Membuat nasi kuning kini menjadi semakin mudah dengan produk dari brand Bamboe ini. Bumbu ini terbuat dari berbagai bahan alami yang sudah pasti aman untuk dikonsumsi. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

4. Indofood – Bumbu Instan Opor Ayam

indofood_bumbu_instan_opor_ayam

Harga : Rp 5.500

Cita rasa opor ayam khas nusantara

Keluarga mau kumpul di rumah, tapi belum tahu harus menghidangkan apa? Daripada bingung, bagaimana kalau coba membuat opor ayam. Hidangan ayam berkuah santan ini bisa dibilang mirip dengan kari.



Opor ayam sendiri merupakan masakan ayam rebus yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari perpaduan santan serta berbagai bumbu seperti kencur, serai, dan sebagainya. Maka tidak heran kalau opor memiliki cita rasa khas yang cukup khas.

Untuk mempermudah proses memasak opor, Anda bisa menggunakan produk dari brand Indofood ini. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot lagi menghaluskan bahan dan bumbunya. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

3. Lobo Tomyum Paste Bumbu Tomyum Asli Thailand

lobo_tomyum_paste_bumbu_tomyum_asli_thailand

Harga : Rp 10.000

Sensasi kenikmatan khas masakan Thailand

Apakah Anda termasuk penggemar hidangan bercita rasa asam dan segar? atau pecinta hidangan laut? Atau mungkin keduanya? Kalau begitu, tom yum bisa menjadi hidangan yang bisa Anda pilih.

Tom Yum sendiri merupakan hidangan sup yang berasa dari Thailand. Selain di Thailand, sup ini juga popular di Indonesia. Hal ini karena perpaduan rasa pedas dan asam pada kuahnya serta bahan laut yang lezat.

Anda bisa membuat sendiri hidangan tom yum ini di rumah. Tinggal gunakan Lobo Tomyum Paste Bumbu Tomyum Asli Thailand pada kuahnya dan tambahkan bahan pelengkap, lalu masak hingga matang. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

2. Bamboe – Bumbu Racik Nasi Goreng Pedas

bamboe_bumbu_racik_nasi_goreng_pedas

Harga : Rp 5.200

Hasilkan nasi goreng special dengan cara sederhana



Siapa yang tidak tahu nasi goreng? Hidangan satu ini memang sangat popular di Indonesia. Bahkan hingga seluruh dunia. Wajar saja bila Anda bisa menemukan penjual nasi goreng dengan mudah di sekitar Anda.

Proses memasak nasi goreng sangat mudah. Begitu pula bahan-bahannya. Bahkan kini sudah ada bumbu instan yang semakin mempermudah proses memasak nasi goring, yaitu Bamboe -Bumbu Racik Nasi Goreng Pedas.

Bumbu ini terbuat dari racikan rempah-rempah pilihan yang memberikan rasa lezat dan special pada nasi goreng yang Anda buat. Rasanya pun dijamin tidak kalah dengan nasi goreng lainnya. Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.

1. Mama Suka – Bumbu Kuah Bakso

mama_suka_bumbu_kuah_bakso

Harga : Rp 1.000

Lebih praktis, mudah, dan lezat

Di saat merasa lapar tapi tidak ingin menyantap makanan berat seperti nasi, kira-kira enaknya makan apa ya? Bagaimana kalau bakso. Bakso atau disebut juga baso merupakan bola daging yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia.

Umumnya, bakso terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioca. Bentuk penyajiannya bisa bervariasi. Biasanya disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu tulang sapi yang direbus lama.

Kini tidak perlu berlama-lama lagi merebus tulang sapi untuk menghasilkan kuah kaldu yang lezat. Karena produk dari Mama Suka ini akan memberikan kemudahan, sekaligus lebih praktis dan cepat saat menghidangkan bakso di tengah keluarga Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli bumbu instan ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli bumbu instan sebaiknya Anda mempertimbangkan tanggal kedaluwarsa, merek, kandungan MSG, serta penggunaan bahan pengawetnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannya agar bumbu instan Anda lebih awet dan dapat dikonsumsi dalam jangka waktu lama.
  • Anda bisa memilih Lobo Tomyum Paste Bumbu Tomyum ASLI Thailand, karena dapat memberikan cita rasa asam dan pedas pada kuah.
  • Sedangkan,untuk Anda yang ingin membuat hidangan opor untuk acara kumpul keluarga, Anda bisa memilih Indofood – Bumbu Instan Opor Ayam.
  • Namun, untuk Anda yang ingin membuat nasi goreng spesial, maka Anda bisa memilih Bamboe – Bumbu Racik Nasi Goreng Pedas.

Referensi

  1. Dapur Umami (2017), Sajiku Bumbu Praktis Siap Pakai, https://www.dapurumami.com/produk/sajiku-bumbu-praktis-siap-pakai-HLY3I
  2. Bumbu Dapurku (2019), Tips Memilih Bumbu Instan Yang Sehat dan Aman, https://bumbudapurku.id/tips-memilih-bumbu-instan-yang-sehat-dan-aman/
  3. Kompas (2009), Tips Memilih dan Menyimpan Bumbu, https://ekonomi.kompas.com/read/2009/08/20/17075172/tips.memilih.dan.menyimpan.bumbu



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Bumbu Instan untuk Variasi Masakan Lezat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »