Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 December 2020

10 Rekomendasi Bread Machine Terbaik untuk Membuat Roti Homemade

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Bread Machine Terbaik untuk Membuat Roti Homemade


Bread machine atau mesin pembuat roti memang banyak digunakan oleh masyarakat. Alat ini hadir untuk memudahkan masyarakat dalam membuat roti. Sehingga tidak harus melulu membelinya, tapi bisa juga membuatnya sendiri di rumah.



Meskipun demikian, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika akan membeli bread machine, seperti kapasitas, daya listrik, desain, beragam fitur, dan yang tidak kalah penting adalah Anda juga harus memperhatikan mereknya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa bread machine terbaik berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai bread machine dan cara membersihkannya.

Cara memilih bread machine untuk kebutuhan membuat roti di rumah

Pada umumnya mesin pembuat roti digunakan untuk menghasilkan berbagai jenis roti, seperti roti gandum, roti gluten free, roti hitam, membuat adonan pizza, pasta, selai, hingga beberapa adonan hidangan lainnya.

Salah satu alasan mengapa bread machine banyak dipilih adalah lebih menghemat pengeluaran, terutama untuk Anda dan keluarga yang suka mengkonsumsi roti setiap hari. Karena itu, gunakan bread machine dan Anda akan mendapatkan banyak manfaatnya.

Namun, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membelinya. Berikut ini beberapa tips cara memilih bread machine untuk kebutuhan membuat roti di rumah :

  • Perhatikan daya listriknya

Memperhitungkan daya listrik mesin pembuat roti menjadi salah satu yang penting untuk dipertimbangkan. Jangan sampai Anda memilih bread machine dengan daya yang terlalu besar, karena nantinya akan berpengaruh terhadap beban daya listrik di rumah Anda.

  • Perhatikan ukuran dan bentuknya

Terdapat banyak bread machine yang dijual di pasaran. Saat Anda akan membelinya, perhatikanukuran dan bentuknya agar mudah saat menyimpannya. Pastikan juga Anda mengukur ruang atau meja, di mana bread machine akan diletakkan sehingga membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya.



  • Pilih yang memiliki banyak fitur

Anda hanya perlu menyiapkan bahan adonan dan mesin pun akan dengan mudah menghasilkan adonan yang sesuai dan bebas gagal. Karena itu, pilih bread machineyang dilengkapi dengan banyak fitur yang memudahkan Anda saat membuat roti.

Cara membersihkan bread machine dengan benar

Ketika Anda sudah membeli bread machine, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara membersihkannya dengan benar, agar mesin lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara membersihkan bread machine dengan benar :

  • Hal pertama yang harus diingat adalah, Anda tidak boleh membersihkan mesin roti saat sedang panas. Selalu bersihkan mesin yang telah dipakai ketika sudah benar-benar dingin. Selain itu, jangan lupa untuk mencabut steker alat berat karena alasan keamanan.
  • Bersihkan sisa remah-remah yang mungkin berasal dari tepung juga. Anda bisa membersihkannya menggunakan kuas kecil yang bersih dan menyapunya secara perlahan.
  • Jangan menggunakan air dalam membersihkan komponen mesin pembuat roti. Jika ada beberapa adonan yang masih lembab, sebaiknya jangan langsung membersihkannya. Biarkan terlebih dahulu hingga kering karena beberapa komponen bersifat sensitif, sehingga bisa menyebabkan konslet jika terkena air.
  • Bersihkan loyang roti yang sudah dipakai. Anda bisa menggunakan lap hangat yang disemprotkan sabun, bilaslah loyang tersebut dan biarkan hingga kering.
  • Pada akhirnya setiap mesin roti memiliki teknik yang berbeda-beda untuk membersihkannya. Oleh karena itu, Anda bisa membaca buku manual yang sudah tersedia di dalam box mesin pembuat roti yang Anda beli.

10 Rekomendasi bread machine terbaik untuk membuat roti homemade

Setelah Anda mengetahui beberapa hal tentang bread machine serta cara membersihkannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi bread machine dari berbagai merek berikut ini:

10. Zojirushi BB-HAC10 Home Bakery

zojirushi_bb_hac10_home_bakery

Harga : Rp 5.630.000

Mesin pembuat roti portabel terbaik

Apabila Anda mencari bread machine portabel, maka Zojirushi BB-HAC10 Home Bakery ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Desainnya yang simpel dan ramping membuat mesin pembuat roti yang satu ini banyak digunakan oleh orang. Anda bisa membuat roti dengan mesin dalam waktu dua jam saja, sebab mesin ini memiliki mode pemanggangan yang cepat.

Dengan dimensi 8x11x12 cm, mesin pembuat roti ini dapat disimpan di atas meja dan tidak akan memakan banyak tempat ketika Anda menggunakannya. Selain itu, Zojirushi Mini ini juga memiliki pengaturan untuk campuran kue dan adonan pasta. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

9. Lock & Lock Bread Maker

lock_n_lock_bread_maker

Harga : Rp 1.542.000



Mesin pembuat roti waterproof

Lock & Lock Bread Master merupakanbread machine yang kedap udara dan mudah ditutup. Mesin pembuat roti ini memiliki kapasitas yang besar. Jadi, jika Anda ingin membuat roti dalam jumlah yang banyak, alat ini tetap bisa memadai untuk digunakan.

Keunggulan lainnya, mesim pembuat roti dari Lock & Lock ini juga waterproof. Sehingga lebih aman digunakan. Selain itu, Lock & Lock Bread Maker juga bisa digunakan untuk membuat sesuatu yang cair seperti sup atau krim. Hal ini jadi keunggulan dari bread machine merek Lock & Lock. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

8. Panasonic SD-P104WSR Bread Maker

panasonic_sd_p104wsr_bread_maker

Harga : Rp 2.419.000

Bisa digunakan untuk membuat pasta

Dengan Panasonic SD-P104WSR Bread Maker proses menguleni roti bisa dilakukan dengan baik oleh mesin pembuat roti ini. Anda bisa menggunakannya untuk membuat adonan roti, kue kering, hingga adonan pasta sekalipun.

Mesinnya pun terlihat sangat kokoh, dan tidak ada bagian yang longgar.Bobot pada gagangnya juga mudah digerakkan dan ringan.Sementra bagian karetnya juga cukup kuat dan seimbang.

Anda bisa membuat adonan roti yang setidaknya memiliki berat 450 sampai 600 gram. Dengan ukuran panci 13×13,7×11,5 cm, alat ini bisa memproses adonan dengan sangat baik. Kabel yang dimilikinya pun tidak terlalu panjang. Jadi Anda tidak akan terbelit saat menggunakannya. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

7. Hamilton Beach Bread and Dough Maker

hamilton_beach_bread_and_dough_maker

Harga : Rp 2.499.000



Hamilton Beach Bread Machines termasuk salah satu bread machine yang cukup mudah digunakan. Didesain dengan tampilan yang menarik, bentuknya juga tidak terlalu besar jadi tidak akan membutuhkan banyak tempat khusus.

Mesin pembuat roti yang satu ini biasanya identik mampu membuat roti-roti berukuran vertikal yang mana dapat memanggang roti dalam kapasitas yang variatif.

Selain itu, mesin pembuat roti juga mudah dibersihkan dengan cara yang sederhana. Setidaknya Anda bisa memanggang 12 jenis roti menggunakan Hamilton Beach Bread Maker, seperti Basic Bread, French Bread, Quick Mode, Gluten Free Bread, Whole Grain Bread, 1.5 lbs Express Baking, 2 lbs Express Baking, Sweet Bread, dan Dough. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

6. Impressa Bread Maker

impressa_bread_maker

Harga : Rp 1.499.000

Tidak berisik dan multifungsi

Membuat roti dengan Impressa Bread Maker bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Alat ini bisa dipakai untuk membuat roti dengan kapasitas 1 kg. Selain membuat roti, dengan Impressa Bread Maker, Anda juga bisa membuat dessert, pasta, selai, hingga yoghurt. Untuk mengadon, alat ini akan membutuhkan sekitar 800 watt listrik, sedangkan untuk memanggang, ia membutuhkan aliran listik sebanyak 500 watt.

Keuntungan dari Impressa Bread Maker adalah mesinnya tidak terdengar berisik. Lalu, aroma yang dihadirkan ketika Anda mengadon dan memanggang roti juga lebih wangi dan terasa.

Selain itu, mesin pembuat roti ini juga bisa difungsikan sebagai oven. Ketika membeli produk ini, Anda sudah bisa mendapatkan gelas ukur, sendok ukur, wadah yoghurt, kneading paddle, pengait untuk mengangkat wadah, manual book dan buku resep. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.



5. Re Bread E10 Automatic Instant Bread Maker Machine

re_bread_e10_automatic_instant_bread_maker_machine

Harga : Rp 2.976.000

Tersedia buku resep berbahasa Indonesia

Re Bread E10 Automatic Instant Bread Maker Machine merupakan mesin pembuat roti yang tahan banting dan tahan dipakai dalam jangka waktu yang lama. Ketika membelinya Anda sudah bisa mendapatkan buku resep yang tebal dengan berbagai resep yang bisa Anda tiru. Keunggulannya adalah buku resepnya tersedia dalam bahasa Indonesia.

Produk ini bisa Anda gunakan untuk membuat bermacam-macam roti, seperti roti tawar, roti susu, roti oatmeal dan sebagainya. Adapun keunggulan lainnya adalah alat ini memiliki fitur fermentasi untuk proofing adonan.

Selanjutnya, Anda bisa memanggang adonan secara langsung, jadi tidak perlu memanggangnya di oven.Selain roti, Anda bisa membuat yang lainnya yaitu selai nanas dan krim. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

4. Bread Master Healthy Bread Maker

bread_master_bread_maker

Harga : Rp 1.615.000

Memiliki fitur homemade button

Bread Master adalah produk mesin pembuat roti yang memiliki keunggulan all in one baking solution. Tersedianya LCD display membuat Anda tidak membutuhkan lagi mixer, oven dan peralatan lainnya ketika membuat roti di rumah. Jadi, hanya dengan menyentuh LCDnya Anda sudah bisa membuat roti dengan mudah tanpa harus ribet.

Tombol di LCD panel yang terdapat di LCD pun mudah untuk dimengerti dan tidak akan membuat Anda kesulitan saat menggunakannya, bahkan orang awam sekalipun.



Bread Master Healthy Bread Maker memiliki tiga fitur yang bisa digunakan yaitu Light, Medium dan Dark.Fitur tersebut berfungsi untuk mengatur tingkat kematangan dan warna kulit dari roti yang Anda buat.

Selanjutnya terdapat pula fitur homemade button yang nantinya akan memudahkan Anda untuk mengatur waktu proses fermentasi, kneading dan baking secara leluasa saat sedang membuat roti. Keunggulan lainnya adalah terdapat otomatis baking yang akan membuat roti Anda tetap hangat dalam jangka waktu satu jam setelah selesai dibuat. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

3. Oxone-1200NM Automatic Bread Maker

oxone_1200nm_automatic_bread_maker

Harga : Rp 1.795.000

Tersedia dalam dua pilihan warna

Dibandingkan harus membuat roti dengan metode manual, produk Oxone-1200N Automatic Bread Maker bisa jadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan dalam membuat roti. Harganya pun tidak terlalu mahal, malah tergolong cukup murah.

Mesin pembuat roti ini memiliki 12 fungsi program, produk ini dapat membuat roti dalam jumlah banyak sekaligus, jadi akan lebih efisien dan praktis untuk Anda gunakan.

Selain itu, Oxone-1200N Bread Maker ini juga sangat multifungsi, sebab tidak hanya bisa untuk membuat roti saja, akan tetapi juga bisa untuk menghangatkannya. Tampilan desainnya yang menarik dan elegan bisa Anda dapatkan dalam dua warna yang elegan.

Pada bagian mesin pembuat roti ini terdapat kaca transparan yang akan memudahkan Anda untuk mengamati proses roti saat dipanggang. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.



2. Kenwood BM250 Bread Maker

kenwood_bm250_bread_maker

Harga : Rp 2.100.800

Memanggang lebih cepat dan berkualitas

Kenwood BM250 merupakan mesin pembuat roti terbaik yang berasal dari Inggris. Meskipun termasuk produk mesin roti yang sudah tua, tepatnya dirilis pada tahun 2006 tapi banyak orang masih menggunakan produk yang satu ini karena kualitasnya.

Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas tapi ingin memiliki mesin pembuat roti yang bagus, produk ini bisa jadi pilihan alternatif. Produk berukuran 31 cm x 25 cm x 25 cm, BM250 dapat membuat roti mulai dari ukuran 500g, 750g dan 1kg.

Kenwood BM250 juga memiliki fungsi pemanggangan yang cepat, sehingga Anda bisa membuat roti dalam waktu kurang dari satu jam. Ada berbagai pilihan warna juga yang bisa didapatkan mulai dari warna gelap hingga terang.

Roti yang bisa Anda buat dengan mesin ini di antaranya basic, French, whole wheat, sweet, gluten free, packet mix, cake, dough, pasta dough, jam, bake dan rapid bake. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

1. Philips HD9045 Bread Maker

philips_hd9045_bread_maker

Harga : Rp 2.149.900

Mesinnya mudah digunakan oleh pemula

Philips HD9045 Bread Maker bisa dibilang merupakan produk yang ramah digunakan oleh pengguna yang awam alias baru. Ketika mesinnya ditempatkan di counter top, maka panel control akan berada pada posisi yang nyaman untuk diatur.



Panel control yang terdapat di layar LCDnya juga cukup intuitif, terdapat pula mode dengan ikon book yang akan memudahkan Anda dalam melihat setiap proses ketika sedang membuat roti.

Dengan alat ini Anda bisa membuat roti dalam ukuran berbeda yakni 750 gram dan 1 kg dengan tiga warna kulit yang berbeda yang mana dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Selain itu, terdapat jendela penglihatan plastik bening di bagian atasnya.

Terdapat 14 program preset yang bisa digunakan dengan mudah pada mesin pembuat roti ini. Selain itu terdapat pula fitur Preset Timer yang mana bisa memungkinkan Anda untuk menunda pembuatan kue hingga 13 jam. Anda bisa membeli bread machine ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli bread machine, Anda harus memperhatikan daya listriknya, kapasitas, merek, harga, dan fitur-fitur tambahan yang lebih memudahkan saat Anda memakainya nanti.
  • Anda juga harus memperhatikan cara membersihkannya. Hal ini dilakukan agar performa mesin tetap terjaga, dan Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Panasonic SD-P104WSR Bread Maker, karena dengan mesin ini proses menguleni roti bisa dilakukan dengan baik. Anda juga bisa menggunakannya untuk membuat adonan roti, kue kering, hingga adonan pasta sekalipun.
  • Namun, jika Anda ingin membeli mesin cuci dengan kapasitas yang lebih canggih, dan harganya yang lebih terjangkau, Anda bisa memilih bread machine Oxone-1200N Automatic Bread Maker.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin bread machinedengan desain yang lebih simple dan ramping serta berkualitas, Anda dapat memilih Zojirushi BB-HAC10 Home Bakery.

Referensi

  1. Make The Bread (2019), Top 10 Best Bread Makers Review (2020) – Ultimate Buying Guide, https://makethebread.com/best-bread-makers/
  2. Resep Koki (2018), 5 Rekomendasi Bread Maker Terbaik dan Kelebihannya dalam Membuat Roti Handmade, https://resepkoki.id/5-rekomendasi-bread-maker-terbaik/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Bread Machine Terbaik untuk Membuat Roti Homemade", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »