Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 April 2021

10 Rekomendasi Board Book Anak Terbaik Untuk Balita

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Board Book Anak Terbaik Untuk Balita


Board book adalah salah satu jenis picture book yang bahan utamanya terbuat dari kertas tebal seperti karton. Buku ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki anak di bawah lima tahun (balita).



Board book anak umumnya disajikan dalam ilustrasi berwarna yang sedap dipandang. Bukan tanpa alasan, ilustrasi dengan berbagai macam karakter lucu pada board book, sengaja dirancang untuk mengembangkan daya imajinasi si kecil ketika membacanya.

Maka tidak heran, jika sebagian besar balita langsung tertarik melihat isi dalam board book. Mereka bahkan betah berlama-lama membaca atau sekadar membolak-balikkan setiap lembar board book.

Untuk itu, kami menyajikan 10 rekomendasi board book anak terbaik untuk balita lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai board book dan cara memilihnya.

Mengenal berbagai manfaat board book untuk balita

Board book anak memiliki banyak manfaat, salah satunya sebagai solusi agar anak tidak kecanduan bermain ponsel. Lebih jelasnya, berikut manfaat board book anak untuk balita, antara lain:

  • Merangsang respon si kecil

Desain board book yang lucu dengan berbagai karakter menarik dapat menjadi media untuk merangsang respon si kecil. Cara ini dapat menstimulasi lima panca indera dan memberikan pengetahuan baru pada kemampuan berpikir si kecil.

Agar lebih optimal, Anda juga harus mengajak si kecil berbicara dan bermain sembari membacakan cerita pada board book anak. Ilustrasi pada board book dapat Anda jadikan media untuk bercerita, untuk mengundang respon si kecil ketika mendengarkan cerita Anda.

  • Mengenalkan hal baru pada si kecil

Board book anak yang berisi berbagai cerita menarik, menjadi cara terbaik bagi Anda untuk mengenalkan hal baru pada si kecil. Misalnya, kosakata baru, jalan cerita baru, hingga mengenalkan si kecil pada setiap karakter baru pada board book.



Jika Anda membacanya sambil mengajak bicara sang anak, mereka cenderung akan mengulangi perkataan yang Anda ucapkan. Lewat cara ini, si kecil akan belajar mengenal berbagai hal baru, seperti perbendaharaan kata yang Anda ucapkan.

Anda juga bisa mengilustrasikan setiap karakter dengan berbagai intonasi suara, atau menyerupai suara asli pada karakter yang disajikan board book. Misalnya suara bebek untuk menirukan karakter bebek, suara angin atau hujan untuk menggambarkan situasi pada cerita, dan lain sebagainya.

  • Membiasakan si kecil membaca buku

Buku adalah jendela dunia, pepatah klasik ini mengajarkan betapa pentingnya fungsi buku untuk membuka wawasan. Dengan mengenalkan si kecil pada board book, mereka akan terbiasa pada berbagai jenis bacaan. Kebiasaan ini tentu akan membekas hingga mereka dewasa kelak.

Setidaknya, dengan memberikan si kecil board book anak yang menarik, si kecil akan terbiasa berimajinasi. Sehingga, rasa penasaran mereka pun muncul.Ketika penasaran, si kecil cenderung memiliki kreativitas yang tinggi.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari board book anak untuk balita. Lantas, bagaimana cara memilih board book yang tepat untuk balita? Ikuti ulasan berikut:

Perhatikan bahan board book

Sesuai namanya, board book merupakan buku yang dibuat menyerupai papan. Board book anak umumnya dibuat dari kertas tebal yang tidak mudah sobek. Hal ini bertujuan agar board book tidak mudah rusak ketika digenggam oleh si kecil.

Selain itu, bahan kertas yang tebal juga tidak mudah terkoyak dan tidak bisa terlipat hingga kusut, sehingga board book dapat digunakan dalam waktu yang lama.



Beberapa board book bahkan dilapisi plastik khusus atau bahan yang kedap air. Sehingga, ilustrasi pada board book tetap terlindungi dan tidak mudah pudar, walau terkena tetesan air dari botol minuman atau liur si kecil.

Selain itu, beberapa produsen board book juga merancang produknya sesuai dengan usia si kecil. Untuk balita, Anda bisa memilih board book berjenis flip-flap, yang bisa dibolak-balik, atau pop-up yang dirancang dengan ilustrasi yang bisa muncul dari buku.

Perhatikan cerita yang disajikan

Sebelum memilih board book untuk si kecil, pastikan Anda memperhatikan betul cerita dan tema yang disajikan. Anda juga bisa memilih jenis cerita sesuai dengan kebutuhan si kecil, misalnya cerita dongeng, cerita fabel atau dunia hewan, hingga cerita bernuansa Islami.

Perhatikan gaya bahasa yang digunakan

Poin yang satu ini sangat penting untuk Anda perhatikan, mengingat banyak board book anak yang disadur dari bahasa asing. Selain kalimatnya kurang natural, jalan ceritanya juga terkadang tidak relevan dengan keaadaan di Indonesia.

Agar proses pembelajaran lebih maksimal, pilihlah board book yang diasajikan dalam bahasa aslinya, misalnya buatan Indonesia atau dalam bahasa Inggris yang asli buatan negara berbahasa Inggris.

Perhatikan desainnya

Seperti yang dijelaskan di awal tadi, board book tentu dirancang dengan desain yang menarik. Agar si kecil lebih tertarik, pilihlah desain yang kaya warna, lengkap dengan berbagai grafik lucu dan sedap dipandang.

Desain board book anak yang menarik, membuat si kecil betah berlama-lama membacanya. Hal ini tentu membantu Anda untuk mengurangi kecanduan si kecil pada smartphone.



Perhatikan penerbit dan penulisnya

Yang terakhir, Anda juga harus memperhatikan siapa penulis dan penerbit board book anak yang akan Anda pilih. Cara ini berguna untuk menjamin mutu dan kualitas board book untuk si kecil.

Di Indonesia sendiri, banyak penulis cerita anak yang profesional. Maka dari itu, cobalah untuk mencari tahu profil si penulis beserta penerbitnya guna memastikan kualitas board book yang akan Anda beli.

Cara merawat board book dengan benar

Setelah mengetahui cara memilihnya, Anda juga harus mengetahui cara merawat board book dengan benar, yaitu :

  • Simpan board book di tempat yang bersih. Jika memungkinkan, tempatkanlah board book pada lemari atau kotak khusus agar lebih awet.
  • Hindari board book anak dari air, tempat lembab dan bahan kimia berbahaya. Jika terkena air, segera keringkan board book dengan alat pengering atau diangin-anginkan menggunakan kipas angin.
  • Bersihkan board book secara rutin menggunakan tisu basah, atau pembersih anti bakteri. Jangan sampai board book kesukaan si kecil, menjadi sarang bakteri, kuman dan virus berbahaya.
  • Gunakan silica gel saat menyimpan board book. Silica gel membuat board book terbebas dari udara lembab yang berpotensi merusak kertas.
  • Hindari menumpuk board book anak di bawah benda berat, mainan atau benda-benda yang memiliki permukaan kasar dan tajam.

10 Rekomendasi board book anak terbaik untuk balita

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang board book, maka berikut ini adalah 10 rekomendasi board book anak terbaik untuk balita yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memutuskan untuk membelinya.

10. Koleksi Cerita Rabbit Hole

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-10

Harga mulai dari : Rp 45.450

Board book interaktif, melancarkan komunikasi si kecil

Kumpulan cerita dari Rabbit Hole bisa menjadi koleksi board book yang menarik untuk si kecil. Koleksi cerita ini cocok untuk bayi berusia 6 bulan hingga memasuki usia balita. Dengan desain visual yang menarik dan interaktif, board book Rabbit Hole dapat merangsang komunikasi Anda dengan si kecil.

Koleksi board book ini dikemas dalam beberapa seri, antara lain, seri Cilukba, Buku Emosi, Asal Mula Namaku, Suara Apa Itu, Liburan Terbaik, Buku Hop, Bella dan Balon Merah juga bonus Kisah Pedagang dan Tabi.



Dibuat oleh psikolog anak, koleksi board book Rabbit Hole tersedia dalam bentuk kotak hamper yang menarik, lengkap dengan kartu pos, buklet permainan dan karakter wayang. Koleksi cerita Rabbit Hole ini bisa Anda dapatkan di Shopee.

9. Yuk Mengenal Huruf Bersama Goyi Pipi

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-9

Harga: Rp 35.000

Mengajak si kecil belajar mengenal huruf

Board book anak yang satu ini, sangat cocok bagi Anda yang ingin mengenalkan berbagai karakter huruf kepada si kecil. Ceritanya dirancang untuk menggugah rasa penasaran anak, karena berisi berbagai pertanyaan menarik dan lembar menulis huruf.

Buku yang mengusung cerita tokoh Goyi dan Pipi ini, mengisahkan perjalanan mereka ke dunia fantasi setelah memakan apel ajaib.

Di dalam cerita, buku ini juga mengajak si kecil untuk menemukan berbagai huruf untuk membantu tokoh Goyi dan Pipi kembali dari dunia fantasi.Cerita yang diusung dapat membantu meningkatkan kecerdasan visual spasial bagi si kecil, sekaligus melatih daya imajinasi mereka.

Desainnya yang lucu dan menarik, dikemas dalam kertas tebal full color berukuran 17,5 x 17,5 cm, sehingga lebih awet dan tidak mudah sobek. Anda bisa membeli board book ini di Shopee.

8. Tammy Truck Shaped Vehicle Board book

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-8

Harga: Rp 36.000

Buku berbahasa Inggris dengan bentuk unik

Sesuai namanya, board book anak yang satu ini memiliki desain yang unik. Berbentuk seperti kendaraan truk, board book terbitan North Parade Publishing Inggris ini cocok untuk anak usia 8 bulan hingga 1,5 tahun.



Tammy’s Truck Shaped Vehicle Board book menceritakan tentang aktivitas pengendara truk. Dengan desain yang kaya warna, buku ini memperlihatkan bagaimana pengendara truk bertugas memindahkan hewan ternak dengan latar cerita yang menarik. Anda bisa membeli board book ini di Shopee.

7. Cerita Si Koksi

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-7

Harga: Rp 129.000

Board book yang kaya pesan moral

Berkisah tentang petualangan seekor kumbang bernama Si Koksi, board book anak ini mengajarkan si kecil tentang kebaikan, persahabatan dan pentingnya menjaga alam. Disajikan dalam 3 seri, kisah Si Koksi terdiri dari beberapa judul antara lain, Aku Kakak Yang Baik, Aku Teman Yang Baik, dan Aku Penjaga Lingkungan.

Buku ini dirancang dengan pinggiran yang melengkung atau rounded, sehingga lebih aman dan tidak melukai anak-anak. Board book Si Koksi ini memiliki 16 halaman pada setiap serinya. Anda bisa membeli Cerita Si Koksi di Shopee.

6. 50 Kisah Pengantar Anak Tidur

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-6

Harga: Rp 105.000

Kumpulan cerita bertema Islami

Seperti judulnya, board book ini menyajikan beragam kisah bernuansa Islami yang cocok dijadikan dongeng pengantar tidur. Board book anak terbitan Gema Insani ini ditulis oleh Muhammad Abduh, dan menjadi satu di antara buku cerita Islami terlaris.

Dirancang dengan desain berwarna yang sedap dipandang, 50 Kisah Pengantar Tidur ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengenalkan si kecil tentang pengetahuan Islam. Anda bisa membeli board book ini di Shopee.



5. Siang Malam Pop Up Book

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-5

Harga: Rp 134.300

Cerita bergambar tiga dimensi

Board book yang satu ini sangat cocok untuk merangsang daya imajinasi dan kreativitas si kecil. Siang Malam Pop Up Book dirancang dengan desain yang menarik, yaitu rangkaian kartu tiga dimensi yang bisa muncul ketika dibuka. Berkat disainnya yang kreatif, setiap anak pasti langsung tertarik ketika membaca board book ini.

Gambar yang bisa muncul menjadikan cerita yang disajikan pada Siang Malam Pop Up Book terasa lebih hidup. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memberikan buku ini kepada si kecil, karena kertas yang digunakan relatif tipis, sehingga mudah sobek jika dibuka secara kasar. Anda bisa membeli board book ini di Shopee.

4. Seri Anak Hebat: Aku Sayang Ayahku

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-4

Harga: Rp 45.900

Teman bermain bersama ayah

Jika biasanya si kecil dibacakan cerita oleh ibu, board book ini dapat menjadi media berkomunikasi si kecil dengan sang ayah.

Buku ini direkomendasikan kepada para ayah, agar si kecil mengenal lebih jauh sosok ayah mereka. Anda bisa membeli board book Seri Anak Hebat ini di Shopee.

3. Good Night Amelia

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-3



Harga: Rp 391.000

Jadikan si kecil sebagai tokoh utama

Board book yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari cerita baru buat si kecil. Good Night Amelia adalah salah satu board book berjenis personalized terlaris di kelasnya. Karena, karakter pada board book anak ini dapat dipersonalisasi sesuai keinginan pembelinya.

Anda bisa memesan buku cerita ini secara custom dengan mencantumkan identitas si kecil. Sehingga, karakter yang ada pada buku ini berganti nama menjadi anak Anda.

Menariknya, buku yang menyajikan gambar hewan-hewan yang hendak tidur ini, dilengkapi fitur flip-flap pada bagian wajahnya. Fitur ini bisa mengubah ekspresi wajah para karakternya menjadi seperti mengantuk. Anda bisa membeli board book ini di Shopee.

2. Dongeng Halo Balita: Putri Dari Timur

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-2

Harga: Rp 39.000

Dongeng bertema nusantara

Bagi Anda yang ingin mencari board book anak yang mengusung cerita dalam negeri, seri Dongeng Halo Balita ini dapat menjadi pilihan terbaik. Board book produksi Mizan ini mengisahkan tentang petualangan seorang putri di sebuah pulau yang indah.

Karakter putri pada cerita Putri Dari Timur ini mengangkat tentang sosok anak dari Indonesia bagian Timur. Lengkap dengan pemandangan bukit karang dan hewan-hewan yang menemani si putri, seperti ikan, kura-kura hingga burung camar. Anda dapat membeli board book ini di Shopee.

1. Seri Anak Hebat: Aku Belajar ABC

foto-rekomendasi-board-book-anak-untuk-balita-1



Harga: Rp 48.000

Dilengkapi e-pen yang bisa bersuara

Board book Seri Anak Hebat: Aku Belajar ABC ini menjadi satu di antara buku cerita terbaik di kelasnya. Mengusung cerita edukasi dari karakter Nabil dan Naura, buku ini dapat mengenalkan si kecil pada berbagai macam huruf.

Menariknya, board book anak ini dilengkapi e-pen yang bisa bersuara ketika menyentuh lembaran ceritanya. Ada juga berbagai permainan lucu yang bisa diikuti oleh si kecil saat membaca buku ini.

Soal kualitas, jangan ditanya, Seri Anak Hebat: Aku Belajar ABC ditulis oleh Noor H. Dee, penulis cerita anak kawakan yang beberapa karyanya pernah diterbitkan di London, Inggris. Anda bisa membeli board book ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli board book anak, sebaiknya perhatikan bahan yang digunakan, bahasa hingga tema ceritanya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawat board book agar awet dan tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilih Koleksi Cerita Rabbit Hole dan Cerita Si Koksi, jika menginginkan board book berseri yang berisi kumpulan cerita menarik.
  • Sedangkan untuk Anda menginginkan board book dengan desain yang unik dan interaktif, Anda bisa memilih Tammy’s Truck Shaped Vehicle Board book dan Siang Malam Pop Up Book.
  • Namun, jika Anda ingin mulai mengenalkan huruf kepada si kecil, maka Anda bisa memilih Yuk Belajar Mengenal Huruf Bersama Goyi Pipi dan Seri Anak Hebat: Aku Belajar ABC.

Referensi

1. Kids Health (2019), Reading Books To Baby (For Parents),https://kidshealth.org/en/parents/reading-babies.html#:~:text=It%20encourages%20your%20baby%20to,recognizing%20pictures%2C%20and%20learning%20words
2. Jody Rodriuez (2020), 4 Types of Essential Board books for Your Baby’s Library,https://www.scholastic.com/parents/books-and-reading/raise-a-reader-blog/essential-board-books-your-babys-library.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Anak-Anak Balita Buku


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Board Book Anak Terbaik Untuk Balita", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »