Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 May 2021

10 Rekomendasi Blu-ray Player Terbaik untuk Pengalaman Menonton Maksimal

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Blu-ray Player Terbaik untuk Pengalaman Menonton Maksimal


Beberapa orang mungkin masih merasa asing dengan Blu-ray player, karena perangkat ini belum begitu populer di Indonesia. Meskipun demikian, sudah banyak masyarakat yang beralih menggunakan Blu-ray player untuk mendapatkan pengalaman menonton film yang memuaskan dan maksimal.



Hal ini dikarenakan Blu-ray player memiliki kapasitas yang besar sehingga mampu menampilkan berbagai konten dalam resolusi tinggi. Belum lagi kemampuan lain yang jauh lebih baik dan canggih jika dibandingkan dengan menggunakan DVD player.

Karena itu, kami menyajikan rekomendasi Blu-ray player terbaik untuk pengalaman menonton maksimal lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi terkait Blu-ray player dan cara merawatnya.

Mengenal perbedaan antara Blu-ray player dan DVD player

Banyak orang yang kesulitan dalam membedakan Blu-ray player dan DVD player. Hal ini karena ukuran dan bentuknya yang terlihat begitu mirip.Meski begitu, keduanya tetap memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pertama adalah penggunaan laser optiknya. Di mana Blu-ray player menggunakan laser optik biru, sedangkan DVD player memakai laser optik merah. Panjang gelombang dari laser biru lebih kecil dibanding yang merah. Inilah yang membuat fokus membaca datanya jadi lebih baik.

Perbedaan kedua terdapat pada kapasitas penyimpanannya. DVD player dapat menampung hingga 4.7 GB data. Jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan Blu-ray player yang kapasitas penyimpanannya bisa mencapai 25 GB (lapis tunggal) dan 50 GB (lapis ganda).

Ketiga adalah resolusi visual yang ditampilkan. Resolusi tertinggi dari sebuah DVD player biasanya hanya mencapai 480 SD saja. Sementara pada pemutar Blu-ray player, resolusi visual tertingginya bisa mencapai 1080 HD.

Terakhir adalah format videonya. DVD player tersedia dalam format MPEG-2. Sementara perangkat Blu-ray player sudah mendukung format video yang lebih banyak, antara lain MPEG-2, MPEG-4 serta SMPTE VC-1. Dengan begitu, Anda bisa menikmati konten multimedia yang lebih bervariasi.



Berdasarkan ketiga perbedaan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Blu-ray player memiliki keunggulan yang lebih baik dan canggih bila dibandingkan dengan DVD player. Bila Anda ingin menikmati film dalam tampilan visual dan audio yang menakjubkan, sebaiknya pilih pemutar Blu-ray player.

Pilih sesuai kualitas visualnya

Blu-ray player dikenal akan tampilan kontennya yang sangat bagus. Meski begitu, tidak semua monitor televisi bisa mendukung kualitas visual yang ditampilkan. Karena itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa produk yang kompatibel.

Kalau televisi di rumah Anda masih belum mendukung kualitas 4K, disarankan untuk menggunakan Blu-ray player Full HD. Namun, Anda memiliki monitor yang support 4K, sebaiknya gunakan Ultra HD Blu-ray player untuk menikmati visual yang lebih detail dan hidup.

Periksa dukungan formatnya

Perangkat Blu-ray player di pasaran memiliki format dukungan yang berbeda-beda. Beberapa format Blu-ray player yang biasa dijadikan acuan antara lain BD-R, BD-R DL, BD-RE, BD-RE DL.

Seperti halnya pada DVD, disc Blu-ray player tidak akan bisa memutar bila format yang ditampilkan tidak support.

Karena itu, sebaiknya Anda periksa baik-baik format yang telah didukung oleh perangkat Blu-ray player tersebut. Anda bisa mencari informasinya pada buku manual, situs resmi, atau bertanya langsung kepada penjualnya.

Perhatikan fitur di dalamnya

Beberapa produk Blu-ray player sekarang ini mulai dilengkapi dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah fitur 3D. Dengan fitur ini, Anda bisa menonton tayangan dalam tampilan visual 3D untuk mendapat pengalaman lebih maksimal.

Selain itu, ada juga fitur mode fast boost. Fungsinya untuk mempersingkat waktu saat menyalakan perangkat Blu-ray player. Namun, sayangnya fitur ini juga membuat konsumsi daya yang dibutuhkan jadi lebih tinggi.



Pertimbangkan teknologi internetnya

Seiring perkembangan zaman, banyak produsen yang menyematkan teknologi yang makin canggih. Yang terbaru adalah menyematkan teknologi internet pada beberapa model Blu-ray player di pasaran.

Dengan fitur ini, Anda bukan hanya bisa menonton melalui disc Blu-ray player, melainkan juga dari streaming online. Untuk mengaksesnya, Anda bisa meletakkan router WiFi berdekatan dengan perangkat Blu-ray player supaya bisa mendapat koneksi internet yang maksimal.

Cek ketersediaan ruangnya

Blu-ray player hadir dalam ukuran panjang dan ketebalan yang berbeda.Anda memang bebas memilih produk yang diinginkan, tapi sebaiknya pertimbangkan dahulu ketersediaan ruang kosong di sekitar tempat meletakkannya.

Pemberian space kosong bertujuan untuk mempermudah keluarnya hawa panas dari dalam mesin. Selain itu, juga untuk mempermudah Anda ketika ingin membersihkan perangkat dari kotoran dan debu yang menempel.

Cara merawat Blu-ray player agar lebih awet

Agar Blu-ray player tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat Blu-ray player:

  • Bersihkan bagian ventilasinya setidaknya sebulan sekali. Karena bagian tersebut paling sering dihinggapi debu dan kotoran.
  • Apabila bagian casing luarnya tidak sengaja terkena kotoran, bersihkan dengan kain lembut yang dibasahi sedikit air.
  • Untuk membersihkan port di bagian belakangnya, usap lembut bagian tersebut dengan kain kering.
  • Pastikan bagian lensanya tidak kotor dengan membersihkannya secara teratur. Lensa yang kotor akan membuat disc-nya jadi bermasalah seperti terdistorsi, atau freeze.
  • Jangan gunakan sikat untuk membersihaknnya. Itu akan membuat lensanya jadi tergores. Sebaiknya gunakan cairan pembersih khusus untuk pemutar Blu-ray player. Anda bisa menemukan produk tersebut di pasaran.
  • Jangan letakkan perangkat Blu-ray player di tempat bersuhu terlalu panas atau lembap. Simpanlah di tempat yang tertutup agar terhindar dari kotoran dan debu.
  • Beri sedikit ruang di bagian belakang perangkat Blu-ray player supaya aliran udara panasnya bisa keluar dengan baik.
  • Jauhkan Blu-ray player dari perangkat elektronik lain yang berisiko menghantarkan panas. Hawa panas yang dihasilkan perangkat tersebut dapat merusak bagian mesin Blu-ray player Anda.
  • Sebaiknya Anda tidak menyetel banyak konten dengan pemutar Blu-ray player secara terus-menerus dalam satu waktu. Hal tersebut akan emmbuat bagain mata optiknya menjadi rusak. Berikan sedikit waktu jeda agar mesin perangkat dapat berisitrahat.
  • Bagi Anda yang masih menggunakan disc Blu-ray player, disarankan untuk tidak menumpuk kaset tersebut di bagian atas perangkat Blu-ray player. Gelombang magnet yang dihasilkan bisa memberi pengaruh buruk pada keduanya.

10 Rekomendasi Blu-ray player terbaik untuk pengalaman menonton maksimal

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang Blu-ray player lengkap dengan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi Blu-ray player terbaik untuk pengalaman menonton maksimal dari berbagai merek berikut ini.

10. Philips BDP2510B

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-10



Harga : Rp 1.430.000

Tingkatkan kualitas visual hingga 1080p

Jangan remehkan ukurannya yang kecil. Pemutar Blu-ray player ini ternyata juga dilengkapi ragam fitur menarik yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah dukungan koneksi WiFi yang memudahkan Anda untuk streaming video.

Terdapat pula fitur ups calling untuk meningkatkan kualitas tampilan video Anda hingga resolusi 1080p. Dengan tampilan visual yang amat detail dan hidup, pastinya Anda akan mendapat pengalaman menonton yang memuaskan.

9. Sony BDP-S1500

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-09

Harga : Rp1. 250.000

Menyalakan perangkatnya sangat cepat, tidak sampai satu detik

Bagi Anda yang ingin menonton banyak film secara bersamaan, pemutar Blu-ray player ini adalah pilihan terbaik. Dibekali fast boost mode, Anda bisa menyalakan perangkat ini dalam waktu sangat singkat, tidak sampai satu detik.

Pengalaman menonton Anda akan semakin lengkap dengan keberadaan palet warna TRILUMINOS™. Reproduksi warna yang ditampilkan jadi lebih indah. Hasilnya, visual yang diberikan pun akan tampak makin realistis.

8. Pioneer UDP-LX500

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-08

Harga : Rp 17.900.000

Resolusi gambar Ultra HD yang memanjakan mata

Bukan hanya memiliki bentukan yang kukuh, perangkat Blu-ray player ini juga dibekali dengan fitur DAC. Fungsi fitur ini adalah untuk mengurangi getaran serta bising yang dihasilkan saat mesinnya dinyalakan.



Soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi. Terutama soal tampilan visual yang diberikan. Resolusi gambar Ultra HD yang dihasilkan sangat memanjakan mata. Belum lagi keberadaan Zero Signal Terminal yang membuat suaranya lebih menggelegar.

7. Samsung BD-J5500 3D Blu-ray Player

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-07

Harga : Rp 1.300.000

Dengan visual tiga dimensi yang unik

Ingin mendapat pengalaman lebih saat menonton konten? Pemutar Blu-ray player ini bisa jadi solusinya. Dengan teknologi 3D-nya, mata Anda akan dimanjakan dengan visual gambar berlapis dan berbayang ala tiga dimensi.

Desain perangkat ini juga dibuat melengkung dan simpel sehingga praktis untuk ditempatkan di mana saja. Untuk tampilan yang lebih berkesan elegan, disarankan untuk memadukannya dengan produk Samsung lain yakni Samsung Curved TV.

6. Sony BDP-S6700 with 4K Upscaling

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-06

Harga : Rp 1.799.000

Lakukan upscalling 4K secara otomatis

Perangkat ini dibekali dengan fitur Digital Music Enhancer yang bisa mengonversi audionya hingga mendekati versi aslinya. Selain itu, bila ada frekuensi tinggi dari audio dengan format ATRAC dan MP3, juga akan terkompensasi dengan sangat baik.

Produk ini juga bisa melakukan upscalling 4K secara otomatis. Bukan hanya dari disc Blu-ray player atau DVD saja, tetapi juga dari streaming online seperti di YouTube. Menariknya lagi, Anda pun dapat menikmati ragam konten lain dalam resolusi yang tinggi dari perangkat nirkabel.



5. Samsung Blu-ray Player H4500

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-05

Harga : Rp 890.000

Dapat menghasilkan suara yang halus dan lembut

Samsung memang terkenal dengan ragam produk elektroniknya. Di antaranya ialah pemutar Blu-ray player ini. Produk ini dibekali kemampuan visual yang detail dan jelas sehingga Anda mendapat pengalaman menonton yang sangat baik.

Selain itu, produk ini juga sudah support Dolby Digital Plus serta True HD yang menghasilkan suara yang halus dan lembut. Jadi, Anda bisa menikmati konten dalam berbagai format audio, seperti OGG, MP3, WMA, dan lain-lain.

4. Philips BDP2590B/98

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-04

Harga : Rp 1.162.000

Hasilkan suara super jernih dan jelas seperti di bioskop

Produk Philips ini hadir dengan deretan fitur terbaik yang bisa jadi andalan. Sebut saja fitur Subtitle Shift yang membuat tampilan subtitle pada konten tidak akan terpotong. Anda bahkan bisa mengatur posisi subtitle tersebut sesuai keinginan.

Tidak hanya itu, ada juga fitur DivX Plus HD untuk melakukan kompresi berbasis MPEG-4 sehingga dapat memberikan kualitas visual terbaik. Dengan fitur Dolby Digital Plus/True HD di dalamnya, Anda bisa mendapat suara yang super jernih dan jelas layaknya sedang menonton di bioskop.

3. Vernia Blu-ray Player2D 3D

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-03



Harga : Rp 1.799.000

Bisa memainkan cakram dari berbagai region

Tidak semua produk Blu-ray player bisa memainkan cakram yang tersedia di pasaran. Namun, berbeda dengan produk Vernia satu ini. Perangkat Blu-ray player ini dapat membaca cakram dari berbagai kode region, baik bajakan maupun original.

Format video yang dapat dimainkan oleh produk Blu-ray player ini pun beragam, antara lain MPEG-1, MPEG-2, MPEG-4, H.264, dan RMVB. Sementara untuk audionya, perangkat ini sudah support format Dolby True HD, Dolby Digital, Dolby Digital Plus, serta DTS-HD/DTS Decorder.

2. Pioneer BDP-100 Blu-ray Player

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-02

Harga : Rp 3.500.000

Hadirkan fungsi short skip & replay untuk memajukan dan mengulang adegan

Produk ini bisa jadi andalan bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk bersantai. Pemutar Blu-ray player ini dapat memutar disk dalam berbagai format dan kondisi. Format audio yang dapat dimainkan pun juga memiliki resolusi tinggi, seperti FLAC dan WAV.

Selain itu, perangkat ini juga menawarkan fungsi short skip & replay yang memungkinkan Anda mengulang atau memajukan adegan pada video. Anda cukup menekan tombol yang terdapat di remote control-nya saja.

1. Samsung BD-H6500

foto-blu-ray-player-terbaik-untuk-pengalaman-menonton-maksimal-01

Harga : Rp 1.950.000

Memberikan tampilan visual yang menakjubkan

Sepertinya Samsung tidak main-main dalam menghadirkan produk Blu-ray playernya. Buktinya terlihat pada Samsung UBD-M8500 yang memiliki ragam fitur menarik. Untuk sisi visualnya, ada fitur 4K Ultra HD Blu-ray player dan HDR yang memberi tampilan yang menakjubkan.



Ada juga fitur built in WiFi yang memungkinkan Anda menikmati konten melalui tayangan internet. Selain itu, fitur intuitive SmartHub user yang disematkannya semakin memudahkan Anda untuk mengoperasikan perangkat Blu-ray player ini.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli Blu-ray player, sebaiknya Anda mempertimbangkan kualitas visual, dukungan format, fitur, serta teknologi internetnya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan caramerawatnyaagar Blu-ray player bisa lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilihPhilips BDP2590B/98,karena dapat menghadirkan pengalaman menonton di bioskop.
  • Sedangkanuntuk Anda yang tidak ingin terganggu dengan getaran mesin yang bising, Anda bisa memilih Pioneer UDP-LX500.
  • Namun, jika Anda yang ingin memainkan cakram dari berbagai region, maka Anda bisa memilih Vernia Blu-ray Player2D 3D.

Referensi

1. GeeksforGeeks (2020), Difference Between Blu-ray player and DVD, https://www.geeksforgeeks.org/difference-between-Blu-ray player-and-dvd/
2. Record Head (2020), What Is the Difference Between Blu-ray player and DVD?, http://recordhead.biz/difference-Blu-ray player-dvd/
3. Explora (2011), How to Pick a Blu-ray player Disc Player, https://www.bhphotovideo.com/explora/home-entertainment/buying-guide/how-pick-Blu-ray player-disc-player
4. Disney Studio Help (2018), How should I care for my DVDs and Blu-ray player discs?
https://www.disneystudioshelp.com/detail_CaringForDVDs__BDDVDHelp.html#:~:text=%2D%20Handle%20only%20at%20the%20hub,or%20in%20the%20player%20tray
5. ao.com (2020), How to clean your DVD or Blu-ray player player, https://ao.com/help-and-advice/guides-and-advice/product-support/tv/clean-dvd-or-bluray-player



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Film Nonton Player


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Blu-ray Player Terbaik untuk Pengalaman Menonton Maksimal", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »