Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


18 April 2021

10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik untuk MPASI

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik untuk MPASI


Saat memasuki usia 6 bulan, umumnya bayi sudah mulai membutuhkan asupan nutrisi selain air susu ibu (ASI). Memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) adalah cara terbaik agar si kecil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Namun, menyiapkan MPASI tidaklah semudah yang dibayangkan.



Itulah mengapa banyak ibu yang membutuhkan alat untuk mempermudah pembuatan MPASI. Satu di antara alat terbaik yang bisa diandalkan adalah blender tangan (hand blender).

Blender tangan dirancang khusus untuk mengolah makanan padat menjadi halus. Fungsinya cukup efektif membantu para ibu dalam menyajikan MPASI yang sehat setiap hari.

Selain lebih cepat, menggunakan blender tangan juga berguna untuk mencampur berbagai bahan makanan secara baik, sehingga nutrisi yang terkandung pada bahan makanan tetap terjaga kualitasya.

Berikut kami sajikan blender tangan terbaik untuk MPASI lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi terkait blender tangan dan cara memilihnya.

Bahan makanan apa saja yang bisa diolah menggunakan blender tangan

Berikut beberapa bahan makanan yang bisa diolah menggunakan blender tangan, antara lain adalah :

  • Aneka sayuran dan buah

Berbagai macam sayuran yang sehat untuk MPASI, bisa diolah menggunakan blender tangan. Caranya, Anda tinggal memasukkan berbagai sayuran tersebut ke dalam sebuah wadah, kemudian gunakan hand blender untuk melumatkannya.

Anda juga bisa membuatkan jus buah segar untuk si kecil menggunakan blender tangan. Seperti jus tomat, pepaya, apel, kiwi, pisang dan berbagai buah lezat lainnya.



  • Rempah dan bumbu

Tidak hanya untuk mengolah sayuran dan buah, blender tangan juga dapat Anda gunakan untuk mengolah aneka rempah sebagai bumbu MPASI. Sehingga rasanya lebih nikmat dan membuat si kecil lebih lahap saat mengkonsumsi MPASI buatan Anda.

Berbagai rempah dan bumbu yang bisa diolah menggunakan hand blender di antaranya, bawang merah, bawang putih, bawang bombay, kacang merah, kacang hijau hingga keju dan cokelat.

  • Daging dan Ikan

Selain mineral dan vitamin yang terkandung pada buah dan sayur, bayi usia 6 bulan ke atas juga sangat membutuhkan asupan protein hewani dan zat besi. Sumber protein terbaik tentu ada pada daging-dagingan, seperti daging ayam, daging sapi dan ikan.

Beberapa produk hand blender memiliki chopper atau pemotong yang dapat Anda manfaatkan untuk mencincang daging menjadi sangat halus. Anda bisa mencampurkan daging ayam, sapi atau ikan yang sudah dicincang ke dalam menu MPASI untuk si kecil.

  • Telur dan bahan kue

Bagi Anda yang gemar membuat kue, Anda juga bisa menggunakan blender tangan untuk mengolah adonan. Fungsi whisker atau pengocok pada blender tangan, mampu mencampur berbagai bahan kue mulai dari telur, mentega, mayones hingga tepung.

Anda bisa membuatkan si kecil kue sehat dengan mencampurkan bahan-bahan tadi dengan berbagai sayuran, seperti brokoli, wortel dan kentang.

Pilih blender tangan sesuai kebutuhan

Poin pertama yang harus Anda perhatikan saat memilih blender tangan adalah, pilihlah blender tangan yang sesuai dengan kebutuhan.

Caranya dengan memperhatikan food processor yang sudah Anda miliki di rumah untuk menyesuaikan fitur blender tangan yang akan Anda beli.

Misalnya, jika Anda sudah memiliki chopper atau pemotong daging, Anda bisa memilih hand blender yang memiliki fitur mesin pencampur dan pengocok saja.



Perhatikan desainnya

Berbeda dari blender biasa, hand blender umumnya memiliki bentuk yang compact, dengan gagang yang panjang dan mata pisau kecil diujungnya.

Agar lebih nyaman digunakan, sebaiknya pilihlah blender tangan yang memiliki desain ramping dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Desain semacam ini tentu akan lebih praktis saat digunakan.

Ketahui cara penggunaannya

Masing-masing hand blender bisa saja memiliki fitur yang berbeda-beda. Karena itu penting Anda mempelajari cara penggunaannya. Misalnya, bagaimana cara menghidupkan blender, berapa jumlah tombol dan fungsi pada blender tangan tersebut.

Jika Anda menginginkan blender tangan yang lebih praktis, maka pilihlah yang memiliki mode one hand push. Mode ini memungkinkan Anda mengolah bahan MPASI hanya dengan satu kali tekan. Saat menekan tombol power, blender otomatis menyala dan akan berhenti ketika tombol kembali dilepaskan.

Perhatikan kelengkapannya

Jika sudah menguasai cara penggunaannya, selanjutnya Anda juga harus memperhatikan kelengkapan blender tangan yang akan Anda beli. Dengan begitu, Anda akan mengetahui berbagai bagian yang ada pada hand blender tersebut.

Misalnya,ada berapa jumlah mata pisaunya, apa bahan pembuatnya, hingga berapa besaran watt yang dikeluarkan saat penggunaan blender tangan tersebut.

Cari tahu ulasannya

Produk yang bagus tentu akan sering mendapatkan review atau ulasan yang positif. Maka dari itu, agar lebih yakin pada produk blender tangan yang akan Anda beli, sangat disarankan untuk mencari tahu ulasannya terlebih dahulu.



Saat ini, tidak sulit menemukan ulasan tentang sebuah produk. Anda bisa menemukan berbagai review tentang produk blender tangan yang akan Anda beli di internet, misalnya di forum media sosial, hingga artikel ulasan produk seperti yang Anda baca ini.

Dengan cara ini, Anda bisa mengukur sejauh mana kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk, sehingga Anda lebih yakin saat mengeluarkan uang untuk membeli hand blender yang diinginkan.

Cara merawat blender tangan agar lebih awet dan tahan lama

Setelah mengetahui cara memilih blender tangan, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara merawat produk tersebut agar lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Berikut cara merawat blender tangan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  • Bersihkan blender tangan sebelum dan sesudah digunakan, agar bahan MPASI lebih higienis.
  • Lepaskan bagian-bagian blender tangan saat akan dibersihkan. Anda bisa mencelupkan bagian mata pisau ke dalam air hangat yang berisi cairan pembersih.
  • Gunakan lap halus atau spons yang lembut untuk membersihkan setiap bagian hand blender.
  • Pasang kembali bagian-bagian blender, siapkan wadah air hangat dan cuka, lalu celupkan mata pisau pada air tersebut sambil dinyalakan. Cara ini dapat menghilangkan bekas makanan yang sudah kering, atau mengerak pada mata pisau hand blender.
  • Simpan blender tangan pada kardusnya, atau pada tempat khusus yang bersih, kering dan tidak lembab.

10 Rekomendasi blender tangan terbaik untuk MPASI

Setelah Anda mengetahui cara memilih hingga merawat blender tangan. Maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 blender tangan terbaik untuk MPASI dari berbagai merek berikut ini.

10. Blender Tangan Little Giant

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-10

Harga : Rp 172.000

Praktis dan harga ekonomis

Bagi Anda yang gemar memasak, tentu tidak asing dengan merek yang satu ini. Little Giant mengeluarkan produk blender tangan yang cukup favorit di kelasnya.

Desainnya praktis dan sangat cocok bagi Anda yang ingin menyiapkan MPASI dalam waktu cepat. Selain itu, produk ini terbuat dari bahan berkualitas yang sudah BPA free, sehingga aman digunakan untuk mengolah berbagai bahan makanan untuk MPASI.



Menariknya lagi, blender tangan ini memiliki konsumsi daya listrik 150 watt yang cukup hemat. Anda bisa membeli blender tangan ini di Shopee.

9. Blender Tangan Syntox

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-9

Harga: Rp 150.000

Getaran mesin halus dan tidak bising

Blender tangan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang sering membuat MPASI di malam hari. Dirancang dengan peredam suara, blender tangan Syntox ini menghasilkan getaran mesin halus dan anti bising. Sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau si kecil terbangun saat mendengar suara blender yang kasar.

Selain itu, produk ini juga memiliki mata pisau stainless steel berkualitas, kuat, dan tidak mudah rusak. Menariknya, terdapat dua mode kecepatan yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa mendapatkan blender tangan ini di Shopee.

8. Blender Tangan Heles HL 718

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-8

Harga: Rp 158.000

Ringkas dan nyaman digenggam

Bagi Anda yang menginginkan blender tangan berkualitas dengan desain yang simple, Heles HL 718 dapat menjadi pilihan yang tepat. Dirancang dengan bentuk yang cukup ringkas, blender tangan ini sangat nyaman saat digenggam.

Selain itu pengoperasiannya mudah, cukup menggunakan satu tombol. Belum lagi didukung rangka yang cukup kokoh dengan mata pisau stainless steel berkualitas. Anda bisa membeli hand blender berdaya listrik 180 watt ini di Shopee.

7. Blender Tangan Sayona

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-7



Harga: Rp 190.000

Menghasilkan putaran yang kuat

Jika Anda menginginkan blender tangan yang ampuh untuk menghaluskan daging, blender tangan Sayona bisa menjadi pilihan terbaik. Terkenal dengan kualitas motor yang bagus, blender tangan buatan Sayona ini mampu menghasilkan putaran yang kuat. Apalagi, hand blender ini juga didukung oleh mata pisau anti karat yang berkualitas.

Dari segi desain, blender tangan Sayona ini terbilang ringkas dan mudah saat digunakan. Anda bisa membeli hand blender bertenaga listrik 300 watt ini di Shopee.

6. Blender Tangan Oxone OX-141 Eco

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-6

Harga : Rp 281.000

Berkualitas dan hemat listrik

Sesuai namanya, Oxone OX-141 Eco dirancang dengan teknologi yang lebih hemat listrik, di mana konsumsi daya yang dibutuhkan hanya sebesar 170 watt.

Selain itu, produk ini memiliki mata pisau stainless steel berkualitas, mesin 1 kecepatan, dan material plastik BPA Free. Anda bisa membeli blender tangan ini di Shopee.

5. Blender Tangan Cosmos CB 522 Personal

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-5

Harga: Rp 261.500

Desain praktis dan sporty

Blender buatan Cosmos ini dirancang dengan desain yang praktis dan sporty, cocok digunakan di mana saja. Selain itu, dilengkapi dua botol anti tumpah 400 ml dan 570 ml yang bisa digunakan untuk menampung smoothies atau jus buah favorit si kecil.



Soal kualitas jangan ditanya, Cosmos CB 522 ini dilengkapi 3 mata pisau anti karat yang terbuat dari bahan food grade. Dengan daya listrik 300 watt, blender tangan ini mampu menghaluskan bahan makanan dalam waktu yang cukup singkat. Anda bisa membeli hand blender ini di Shopee.

4. Blender Tangan Philips HR 1603

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-4

Harga: Rp 559.000

Dilengkapi whisker dan chopper

Philips HR 1603 ini dikenal sebagai satu di antara blender tangan terfavorit di kelasnya. Dibuat dari bahan berkualitas, blender tangan ini mengusung desain ramping yang ergonomis dan mudah digunakan.

Blender tangan ini juga menggunakan tiga mata pisau triangular yang dapat mengolah bahan makanan menjadi ekstra lembut.

Menariknya lagi, Philips HR 1603 disajikan lengkap dalam satu set yang terdiri dari satu unit hand blender, satu unit chopper dan satu unit whisker. Anda bisa membeli blender tangan berdaya listrik 530 watt ini di Shopee.

3. Blender Tangan Tokebi V9000

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-3

Harga: Rp 1.480.000

Mata pisau titanium, kuat dan tahan lama

Blender tangan buatan Tokebi ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mengutamakan kualitas. Dirancang dengan desain yang praktis dan ringkas, blender ini mampu menghasilkan putaran sebesar 23 ribu rpm. Hal ini karena Tokebi V9000, memiliki tiga mata pisau berlapis titanium yang terhubung dengan motor canggih anti bising.

Menariknya lagi, fitur yang ditawarkan pun lengkap, ada smart stand, gelas ukur, hingga bonus mata pisau. Agar lebih kokoh, Tokebi V9000 ini dibuat dengan rangka berbahan stainless steel yang kuat dan tahan lama. Anda bisa membeli hand blender ini di Shopee.



2. Blender Tangan Janoseno

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-2

Harga: Rp 145.000

Mudah dibawa kemana-mana dan harga terjangkau

Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk mendapatkan sebuah blender tangan. Dengan kisaran harga Rp 150 ribuan, Anda sudah bisa mendapatkan blender tangan dari Jonoseno.

Meskipun murah meriah, blender tangan ini dapat diandalkan untuk menghaluskan bahan MPASI. Bentuknya yang menyerupai kapsul berbahan plastik BPA free, membuat blender tangan ini cukup mudah digunakan dan dibawa ke mana saja. Anda bisa membeli hand blender ini di Shopee.

1. Blender Tangan Bamix Deluxe Food Processor M160

foto-blender-tangan-terbaik-untuk-mpasi-1

Harga: Rp 2.899.900

Blender tangan multifungsi untuk segala kebutuhan

Bamix Deluxe Food Processor M160 dirancang sebagai blender tangan multi fungsi yang bisa digunakan untuk mengolah berbagai bahan makanan.

Produknya dilengkapi dengan tiga jenis mata pisau yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti flat blade untuk merajang sayuran, blending blade untuk menghaluskan biji-bijian dan buah-buahan, serta multipurpose blade yang bisa digunakan untuk mencincang daging bahkan menggerus es.

Selain itu, menggunakan mesin bermotor alternating current (AC) yang tetap stabil ketika dioperasikan dalam waktu lama. Tidak hanya itu, produk ini juga cukup hemat energi, karena menggunakan daya listrik sebesar 160 watt. Anda bisa membeli hand blender ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli blender tangan, sebaiknya perhatikan desain, cara penggunaan, kelengkapan produk, hingga ulasan pelanggan yang pernah membeli produk tersebut.Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara merawat hand blender agar tetap awet digunakan dalam jangka panjang.
  • Anda bisa memilih Blender Tangan Tokebi V9000, karena terbuat dari bahan berkualitas dan memiliki fitur yang lengkap.
  • Sedangkan untuk Andayang ingin blender tangan terbaik yang dilengkapi dengan fiturwhisker dan chopper, Anda bisa memilih blender tangan dari Philips.
  • Namun, jika Anda ingin blender dengan kualitas terbaik dan multifungsi, Anda bisa memilih Bamix Deluxe Food Processor M160.

Referensi

1. Aoibheann and Paul (2020), 7 Vital Things To Know When Buying a Hand Blender, https://www.fromcooktochef.com/equipment/hand-blenders/detailed-guide-on-which-hand-blender-to-buy/
2. Ranjeet Sharma (2020), How to Select a Hand Blender Full Buying Guide, https://mixerjuicer.com/how-to-select-a-hand-blender/





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Anak-Anak Blender Elektronik


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Blender Tangan Terbaik untuk MPASI", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »