Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


25 April 2021

10 Rekomendasi Ban Motor Terbaik yang Bagus dan Anti Licin

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Ban Motor Terbaik yang Bagus dan Anti Licin


Ban motor merupakan salah satu komponen penting kendaraan bermotor yang dapat mendukung kenyamanan saat berkendara. Modelnya pun bervariasi dengan kualitas yang bisa saja berbeda antara satu merek dengan merek lainnya.



Karena itu pemilihan ban motor yang tepat penting Anda lakukan, agar Anda tidak hanya mendapatkan kenyamanan saja, namun juga keamanan saat berkendara. Terutama saat musim hujan tiba, ban motor yang bagus dan anti licin bisa menjadi opsi terbaik.

Kini ban tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran. Harganya pun beragam tergantung pada merek dan kualitasnya. Sebelum membelinya, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal seperti ukuran, motif atau ulir, hingga mereknya.

Berikut ini kami sajikan 10 rekomendasi ban motor terbaik yang bagus dan anti licin lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai cara memilih ban dan merawatnya.

Perhatikan ukuran ban motor

Setiap tipe motor memiliki ukuran ban berbeda-beda, tergantung pada jenis motornya. Misalnya ban matic, motor bebek, dan motor sport memiliki ukuran yang berbeda. Pastikan Anda memilih ukuran sesuai dengan jenis motor Anda.

Jika hanya dipakai untuk aktivitas sehari-hari, maka pilihlah ukuran standar pabrik karena sudah sesuai dengan jenis motor dan kegunaannya.

Namun, jika pemakaian motor untuk mengangkut beban yang berat, maka Anda bisa memilih ukuran yang sedikit lebih besar agar ketahanannya kuat, lebih awet dan tidak mudah bocor atau sobek.

Perhatikan mereknya

Tidak hanya ukuran, untuk memilih ban terbaik Anda juga harus mempertimbangkan mereknya. Memang banyak merek ban yang beredar di pasaran, tapi merek terkenal biasanya memiliki standar kualitas yang bagus.

Meskipun begitu, Anda tidak bisa menjadikannya patokan, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan mekanik andalan Anda mengenai merek ban motor yang cocok dan sesuai dengan motor yang Anda miliki.



Pilih jenis ban sesuai kebutuhan

Umumnya terdapat dua jenis ban motor yang di pasaran, yaitu ban tubetype dan tubeless. Ban tubetype adalah ban motor yang menggunakan ban dalam dan bisa digunakan untuk jenis velg apapun. Sedangkan, ban jenis tubeless adalah ban motor yang tidak menggunakan ban dalam.

Jika motor Anda menggunakan velg jari-jari atau Spoke Wheel (SW), maka Anda bisa menggunakan ban tubetype, namun jika velg motor Anda menggunakan casting wheels atau pelek palang, maka sebaiknya Anda menggunakan ban tubeless.

Perhatikan alur atau corak ban

Alur atau corak pada ban biasanya sering disepelekan oleh banyak pengguna kendaraan. Padahal, alur atau corak ini memiliki fungsi yang sangat penting bagi keselamatan pengendara.

Alur pada ban depan berfungsi sebagai pencengkram serta membelah genangan air. Sedangkan fungsi alur pada ban belakang itu sendiri sebagai penstabil dari ban depan sekaligus menjaga traksi atau cengkeraman ban ke aspal.

Tips merawat ban motor agar lebih awet dan tahan lama

Agar kondisi ban tetap optimal, nyaman, dan aman saat digunakan, maka perhatikan tips merawat ban berikut ini.

  • Membersihkan ban secara rutin

Bukan hanya bodi motor saja yang perlu dibersihkan, Ada kalanya ban motor juga perlu dibersihkan serta dirawat juga. Pembersihan ban motor ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada ban.

Kerusakan yang umumnya terjadi yaitu ban mudah bocor, retak-retak, serta ban menjadi tipis karena digunakan pada medan yang tidak sesuai. Oleh karena itu perawatan pada ban perlu dilakukan secara berkala.



  • Rutin cek tekanan angin ban

Tekanan angin pada ban motor sangat berperan penting pada kondisi ban. Ketika tekanan angin pada ban motor berkurang, ban motor akan kempes dan motor akan terasa berat untuk berjalan dan juga akan lebih rawan ketika velg terkena batuan yang tajam.

Oleh karena itu tekanan angin pada ban juga perlu di cek kondisinya. Pada kendaraan sudah tertera ukuran tekanan angin yang sesuai dengan standart pabrik. Jika ingin ban terasa lebih nyaman, gunakanlah nitrogen untuk mengisi tekanan angin ban motor Anda.

  • Pastikan muatan pada motor tidak berlebihan

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa mengangkut muatan melebihi kapasitas bisa menyebabkan ban cepat botak, retak, hingga kemudian pecah.

Karena itu hindari mengangkut beban melebihi kapasitas angkut motor Anda, karena bukan hanya ban yang rusak, namun mesin dan komponen lain juga bisa rusak.

  • Gunakan nitrogen untuk mengisi tekanan ban

Dianjurkan bagi Anda dalam pengisian angin ban tubeless dantubetype ini menggunakan gas nitrogen.

Kenapa gas nitrogen? Karena gas nitrogen yang diisikan di dalam ban tubeless dan tubetype akan mengurangi panas yang dihasilkan saat ban digunakan dalam durasi yang panjang dan kecepatan yang tinggi.

Meskipun begitu, gunakan ukuran yang tepat sesuai dengan standar pabrik. Jika Anda tidak mengetahui standar pengisiannya, maka serahkanlah pengisian pada petugas penyedia jasa nitrogen yang Anda datangi.



  • Cek seal pada ban dengan tipe tubeless

Berbeda dengan ban dengan tubetype, ban tipe tubeless tidak memakai ban dalam dan biasanya ban ini dipasang pada velg yang bertipe cast wheel. Kelebihan ban tubeless ini memiliki bahan yang lebih kuat dibandingkan dengan ban biasa.

Jadi pada ban tubeless dilengkapi seal pada tempat pengisian tekanan. Sering terjadi pada ban tubeless yang tiba-tiba berkurang tekanan anginnya, dan ketika dicek ternyata tidak ada kebocoran?

Jika terjadi seperti itu, maka penyebabnya bisa dari seal. Untuk itu sebaiknya seal segera diganti karena jika tidak diganti maka tekanan angin pada ban biasanya akan berkurang sendiri secara perlahan.

  • Hindari parkir motor di ruang terbuka

Ketika ingin memarkirkan kendaraan dengan jangka waktu yang lama, Anda harus menghindari tempat parkir dengan atap terbuka. Ketika kendaraan diparkirakan di lahan parkir yang terbuka, maka kendaraan akan terkena sinar matahari bahkan hujan secara langsung.

Sinar matahari dan air hujan ini juga dalam jangka waktu lama dapat merusak konstruksi dari ban motor. Ban motor akan cepat retak-retak ketika terkena panas dan lama kelamaan akan cepat pecah.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda memarkirkan kendaraan pada lahan dengan kondisi atap tertutup sehingga kendaraan aman dari panas matahari maupun hujan.

10 Rekomendasi ban motor terbaik yang bagus dan anti licin

Setelah Anda mengetahui berbagai macam tips merawat serta memilih ban motor, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi 10 ban motor terbaik yang bagus dan anti licin dari berbagai merek berikut ini.



10. Corsa Tipe S-22

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-10

Harga : Rp 169.900

Di desain dengan velg lebih besar dan lebar

Ban Tubeless Belakang Merk CORSA Tipe S-22 lebih awet ukuran 90.90-14 untuk matic beat-vari- Scoppy series kualitas sudah dijaminan oleh PT. Multi Strada Arah Sarana Tbk.

Ban merek ini sangat cocok digunakan untuk motor matic dengan ukuran velg lebih besar dan lebar jadi sangat pas digunakan untuk motor model ini.

Kelebihan ban ini mempunyai bahan dan kualitas produk yang terjamin. Bahan dari karet yang soft tetapi sangat kuat untuk mengatasi berbagai medan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

9. IRC NF66 90/80

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-9

Harga : Rp 224.000

Memberikan kenyaman dan daya cengkrap yang maksimum di segala medan

IRC NF66 merupakan ban orisinal motor Honda Vario, namun cocok juga digunakan untuk jenis motor lain seperti Honda Revo, Honda Supra, Honda Blade, Yamaha Jupiter, Yamaha Vega R, dan Suzuki Satria.

Ukuran yang ditawarkan adalah 90/80 – 17 dengan motif kembang NF66. Motif dan alurnya bisa digunakan pada jalanan dan area dengan kondisi kering ataupun basah.

Untuk kondisi jalanan perkotaan yang seringkali banjir, mampu dilewati dengan baik tanpa kendala dengan menggunakan ban ini. Untuk aktivitas pengeraman yang tinggi, ban ini bisa mendukung aktivitas tersebut. Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.



8. FDR Genzi 90/80-17

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-8

Harga : Rp 208.000

Awet dan terjaga keamanannnya

Ban luar merek FDR Genzi sudah terkenal sangat luas di Indonesia karena kualitas dan keawetannya. Selain itu, tidak licin di aspal kering atau basah sehingga memberikan rasa aman saat berkendara. cocok untuk keperluan harian, touring, maupun untuk kontes.

Kelebihan lain, bagian bead area luas sehingga dapat melindungi velg dari benturan aspal maupun dari batu batu yaang ada dijalan. Kemudian rasio 80 memberikan tampilan ban ceper dan stabilitas yang lebih baik. Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

7. Aspira Premio 80/90-17

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-7

Harga : Rp 160.000

Menjaga performa, kenyamanan, dan keamanan berkendara

Ban Aspira Premio tipe Sportivo ini termasuk jenis ban motor tubeless yang memiliki pattern design yang disesuaikan dengan fungsi ban depan dan belakang yang berbeda. Produk ini didesain sporty sesuai dan cocok dipakai di area perkotaan.

Anda bisa menggunakan ban ini untuk berbagai aktivitas harian Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

6. Zeneos ZN62 90/80-17

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-6

Harga : Rp 213.800

Desain stylish dan cocok digunakan untuk aktivitas harian Anda

Zeneos adalah merek ban asal Indonesia yang terkenal dengan kualitasnya dan telah tersertifikasi lengkap, mulai dari SNI, ISO, DOT, hingga NAO (Non Aromatic Oil) untuk sertifikasi E-Mark. Selain itu pola ulir-nya menarik, termasuk pada Zeneos tipe ban ZN62 ini.



Zeneso ZN62 ini bisa digunakan untuk berbagai motor matic dan motor sport. Desainnya memadukan antara penampilan dan kenyamanan berkendara untuk mendapatkan akselerasi serta kecepatan seperti yang Anda inginkan.

Selain itu, Zeneos ZN62 memiliki temperatur ban yang stabil, sehingga sangat cocok digunakan untuk Anda yang sering melakukan perjalanan panjang seperti touring. Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

5. Swallow Sea Hawk 50/90-R17

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-5

Harga : Rp 99.000

Harga ekonomis dan berkualitas

Ban motor tubeless ini didesain untuk memaksimalkan daya cengkeram baik di jalan lurus maupun berbelok. Selain itu, mampu memberikan ketahanan terhadap keausan dan potongan benda tajam serta menambah kestabilan.

Motif dan alur yang ditawarkan juga mampu memecah air dan bebas dari tergelincir (anti slip), sehingga membuat keseimbangan saat berkendara bisa terjaga dengan baik. Untuk kondisi jalanan yang seringkali banjir, ban motor jenis ini support terhadap kondisi tersebut. Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

4. Maxxis MA-R1 100/90-10

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-4

Harga : Rp 319.000

Desain sporty dan trendy

Ban motor ini mempunyai tampilan sporty dan trendy. Disarankan digunakan pada motor Yamaha NMAX.

Untuk ukurannya cukup besar sehingga bisa membuat tampilan motor menjadi semakin gagah. Selain itu, ban ini juga mampu menjaga keseimbangan dengan baik saat digunakan berkendara.



Adapun kelebihan lain dari ban ini, dapat membantu proses pengereman dengan baik sehingga bisa mengurangi kecepatan secara maksimal. Penggunaan ban ini bisa dalam jangka waktu panjang.

Menariknya lagi, kondisi jalanan yang banjir bisa Anda dilewati dengan mudah tanpa kendala saat menggunakan ban ini. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

3. Federal 80/90-17

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-3

Harga : Rp 149.000

Desain original Honda dengan kualitas terbaik

Ban luar Federal ini merupakan ban keluaran original Honda yang cocok dengan motor matic, motor bebek, hingga motor sport.

Selain itu, coraknya sangat bagus dengan fungsinya yang mampu memberikan performa, kenyamanan, dan keamanan para pengendara.

Menariknya lagi, ban menjadi lebih grip ke aspal dan tidak licin saat jalanan kering maupun jalanan yang basah.Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

2. Primax SK-01

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-2

Harga : Rp 230.000

Didesain dengan pattern trendy

Primax Racing SK 01 Merupakan ban motor yang didesain dengan pattern trendy serta menggunakan medium soft compound, dan telah melalui proses curing, sehingga dapat memberikan stabilitas, handling, cornering, serta grip yang mantap saat berkendara.

Ban ini dibanderol dengan harga yang terjangkau mengingat kualitas yang diberikan sangat baik. Kenyamanan dan keamanan ban ini sangat tinggi karena telah melewati proses uji kualitas. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.



1. Michellin pilot street

foto-ban-motor-terbaik-yang-bagus-dan-anti-licin-1

Harga : Rp 415.000

Desain awet, daya tahan lama, dan memiliki banyak varian jenis ban

Michelin dikenal sebagai salah satu merk ban motor terbaik di dunia. Ban motor ini termasuk yang paling populer dengan standar internasional. Ban Michelin kerap digunakan dalam ajang balap dunia seperti Moto GP dan F1.

Selain itu, kelebihan utama dari Michelin adalah daya tahan lama, awet hingga banyak varian jenis ban dalam berbagai medan jalanan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli ban motor ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli ban motor,sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal seperti ukuran, corak atau ulir, merek dan juga harganya.
  • Anda juga harus memperhatikan penggunaan ban serta merawat ban dengan baik agar lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih ban motor Maxxis MA-R1, karena memiliki kualitas serta desain yang sporty dan trendy.
  • Namun, jika Anda ingin memiliki ban motor yang ringan dan stylish, maka Anda bisa menjatuhkan pilihan ke Zeneos ZN62.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin ban motor dengan kualitas terbaik, Anda bisa memilih ban dari brand Michellin.

Referensi

1. Moto-D (2015), Avoid Motorcycle Tire “Flat Spots” During Winter Storage,https://www.motodracing.com/blog/avoid-motorcycle-tire-flat-spots-during-winter-storage-e52986/
2. Cortez, Aaron (2013), How to Choose Motorcycle Tires, https://www.bikebandit.com/blog/how-to-choose-motorcycle-tires



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kendaraan Motor


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Ban Motor Terbaik yang Bagus dan Anti Licin", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »