Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 April 2021

10 Rekomendasi Album Foto yang Bagus untuk Hadiah Pernikahan

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Album Foto yang Bagus untuk Hadiah Pernikahan


Album foto merupakan salah satu tempat untuk menyimpan foto yang masih diminati hingga hari ini. Tidak hanya itu, album foto juga kerap dipakai sebagai kado atau hadiah ulang tahun maupun pernikahan.



Seiring perkembangan tren fotografi, kini banyak ditemukan album foto dengan beragam motif, warna, dan bentuknya yang menarik dan kekinian. Belum lagi desainnya lucu, unik, dan dilengkapi dengan berbagai pernak-pernik yang membuat siapa pun akan menyukainya.

Meskipun demikian, saat Anda ingin menjadikan album foto sebagai hadiah pernikahan tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti kualitas bahan yang digunakan, ukuran, kapasitas, hingga harganya.

Selain itu, pastikan cover album foto bagus dan memiliki berbagai motif atau gambar yang sesuai dengan tema pernikahan. Misalnya, cover dengan gambar pasangan pengantin, bunga-bunga yang cantik, atau kata-kata indah tentang cinta.

Karena itu, kami menyajikan 10 rekomendasi album foto yang bagus untuk hadiah pernikahan lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai album foto dan cara memilihnya.

Mengenal jenis-jenis album foto

Memberikan hadiah album foto pada momen spesial seperti pernikahan merupakan sesuatu yang menyenangkan. Selain berguna bagi pasangan pengantin, album foto juga bisa memberikan kesan sentimentil bagi penerimanya.

Tapi tahukah bahwa ada beberapa jenis album foto yang bisa Anda pilih sebagai hadiah pernikahan, yaitu album foto jenis ring binder, memo, dan scrapbook.

Album foto ring binder ini cirinya memiliki pengikat cincin yang memungkinkan penggunanya bisa menambah atau mengatur ulang halaman foto sesuai dengan yang diinginkan.



Namun saat menggunakan album foto ring binder harus hati-hati, karena lubang pada halaman album rentan tersangkut. Selain itu, pada bagian sekrup juga terkadang sulit dibuka, sehingga sering macet saat digunakan.

Karena itu, pastikan Anda memilih yang bagus dan berkualitas, terutama jika Anda ingin menjadikan album ini sebagai hadiah spesial untuk pernikahan kerabat, sahabat ataupun kolega Anda.

Sementara, untuk album foto memoini memiliki tampilan halaman yang terikat dengan punggung buku. Album jenis memobiasanya memiliki tempat seperti kantong yang digunakan untuk memasukkan foto, serta ruang khusus agar pemiliknya bisa menuliskan keterangan pada foto tersebut.

Sedangkan scrapbook biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada album foto memo. Sehingga area halamannya lebih luas dan memungkinkan pemiliknya untuk mendekorasi album foto dengan berbagai ornamen yang cantik dan indah sesuai dengan seleranya.

Perhatikan ukuran dan kapasitasnya

Ukuran dan kapasitas album foto yang ada di pasaran bervariasi, namun umumnya hadir dalam bentuk lanskap dan potret. Beberapa ukuran dikategorikan dalam sentimeter dan mencerminkan ukuran cetakan foto, seperti 2R, 3R, 4R, 5R, dan lain sebagainya.

Untuk hadiah album pernikahan, sebaiknya Anda memilih album foto yang berukuran lebih besar, minimal 4R. Karena dengan ukuran tersebut, Anda bisa lebih mudah saat ingin menyelipkan kartu ucapan selamat untuk pasangan pengantin.

Selain itu, perhatikan juga kapasitas album foto yang akan Anda pilih. Karena hal ini menentukan ketebalan dan jumlah setiap halamannya.

Pada setiap merek album foto bisa saja model dan bentuknya berbeda-beda, namun kapasitas yang besar tentu akan memudahkan penggunanya untuk menyimpan foto pernikahan lebih banyak tanpa harus dipisah-pisah.



Perhatikan bagian perekat atau ikatannya

Beberapa album foto memiliki ikatan seperti lem atau perekat, dan juga ring atau cincin. Untuk album foto yang mengunakan perekat lem, Anda harus memastikan bahwa kualitas perekatnya sangat baik sehingga lebih awet dan tahan lama.

Sedangkan untuk album foto yang menggunakan ring, maka pastikan cincin logam terbuat dari bahan berkualitas dan tidak berkarat. Selain itu, perhatikan apakah ring aman, dan bisa dibuka atau ditutup dengan mudah.

Perhatikan motif, warna, dan gambar covernya

Kini banyak ditemui album foto dengan beragam motif, warna, dan gambar yang menarik. Anda bisa memilih sesuai dengan selera yang Anda inginkan, namun untuk hadiah pernikahan tentu ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan.

Misalnya, untuk memberikan kesan elegan dan mewah, Anda bisa memilih warna hitam, putih, atau warna emas dengan tulisan pada bagian cover seperti the wedding, our memories, dan lain-lain.

Anda juga bisa memilih album foto bergambar pasangan pengantin, atau album foto yang bagian covernya terdapat kantong kosong sehingga nanti pemiliknya sendiri yang akan memasukkan gambar cover sesuai dengan keinginannya.

Apa saja yang perlu Anda hindari saat memilih album foto?

Sebaiknya Anda menghindari memilih album foto yang dilengkapi dengan perekat. Hal ini bisa menyebabkan bagian dasar foto terkena lem yang lama-kelamaan akan menguning dan menjadi rapuh.

Selain itu, bagian tersebut akan sangat sulit dihilangkan. Jika dipaksa akan membuat kertas foto menjadi robek.

Kemudian perhatikan juga bagian halaman atau sampulnya. Beberapa album foto menggunakan lignin, yaitu senyawa kimia yang biasa terdapat pada kayu yang sering digunakan untuk membuat kertas menjadi lebih kuat.



Namun sayang seiring dengan berjalannya waktu, lignin akan melepaskan zat asam yang bisa membuat kertas menjadi kuning, lalu coklat. Hal ini disebabkan karena asam yang bisa membuat kerusakan pada kertas itu sendiri.

Selain itu, hindari juga memilih album foto yang terbuat dari plastik dengan kualitas yang buruk. Karena jenis plastik yang buruk juga bisa mengeluarkan zat asam yang bisa merusak foto sekaligus membuat foto menempel pada plastik sehingga sulit dikeluarkan.

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa album foto yang menggunakan plastik berkualitas dan aman digunakan, antara lain adalah jenis polypropylene, polyethylene, dan Mylar.

10 Rekomendasi album foto yang bagus untuk hadiah pernikahan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang album foto dan cara memilihnya, maka perkenankan kami memberikan10 rekomendasi album foto yang bagus untuk hadiah pernikahan berikut ini.

10. Album Magnetic 40 Pages Seri Wedding

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-10

Harga : Rp55.000

Harga terjangkau dan cocok dijadikan sebagai hadiah pernikahan

Album foto magnetik ini berukuran 24x29cm, berisi 40 lembar, dan cocok digunakan untuk menyimpan kenangan foto-foto momen spesial pernikahan. Cara memasangnya pun mudah, cukup dengan membuka pelapis bagian dalam, lalu masukkan foto yang diinginkan.

Selain itu, motifnya menarik dengan cover gambar wedding yang elegan dan mewah. Sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai hadiah pernikahan buat sahabat, kerabat atau kolega Anda.



Menariknya lagi, album foto ini dibandrol dengan harga terjangkau dan murah. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.

9. Album Foto Scrapbook Paper DIY Craft

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-9

Harga : Rp86.516

Bahan berkualitas dan tidak mudah memudar

Album foto Scrapbook ini terbuat dari bahan kertas kraft berkualitas tinggi dan tidak mudah pudar. Tersedia dua pilihan warna menarik yaitu hitam dan kuning yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera.

Menariknya lagi, produk ini tersedia scrapbooking gambar pernikahan yang pas dijadikan sebagai hadiah untuk sahabat, kolega atau kerabat Anda yang akan melangsungkan acara pernikahan.

Adapun untuk jumlah halaman 30. Sementara dimensi di dalamnya terdapat 30 saham black card dengan ukuran 21.5 cm x 15 cm. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.

8. Album Foto Scrapbook 100 Lembar

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-8

Harga : Rp72.000

Bisa menyimpan foto lebih banyak dan covernya bagus

Album foto selanjutnya ini juga bisa Anda jadikan sebagai hadiah pernikahan. Bagian cover menggunakan teknologi printing dengan kualitas gambar yang lebih jernih, detail, dan menarik.

Adapun untuk bagian dalam terbuat dari bahan plastik PP yang bisa menyimpan foto dalam jangka waktu yang lama, lebih awet, dan mudah memasangnya.

Sedangkan untuk ukuran album foto secara keseluruhan 12.5×16.5×5.5cm, dan untuk ukuran fotonya 10 x 15 cm. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.



7. Album Foto Kotak Handmade DIY

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-7

Harga : Rp75.261

Desain unik, artistik, dan wow

Album foto kotak ini memiliki desain unik, bisa memberikan efek kejutan yang mengesankan, dan mampu memberikan kesan sntimentil bagi penerimanya. Cocok dipakai sebagai kado pernikahan untuk sahabat, kerabat atau kolega Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menjadikan album foto ini sebagai hadiah kejutan yang mengesankan untuk berbagai acara seperti ulang tahun, valentine, pesta teman, dan lain sebagainya.

Adapun untuk ukuran album foto 24 x 22 x 16cm, dilengkapi dengan kotak album, dan memiliki berat 666 gram. Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.

6. Album Foto Pernikahan Scrapbook DIY Vintage

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-6

Harga : Rp381.000

Memberikan kesan estetik, klasik, dan elegan

Album foto bergaya vintage ini terbuat dari bahan terbaik dengan kualitas kertas yang dapat bertahan lama. Desainnya mampu memberikan kesan masa lalu yang estetik dan penuh memori, sehingga sangat pas digunakan sebagai hadiah pernikahan untuk teman spesial Anda.

Adapun ukuran kapasitasnya besar dan memiliki jumlah total 30 halaman. Detailnya meliputi ukuran S 17.5x17cm,ukuran M 23.5x19cm, dan ukuran L 26×21.5cm.



Menariknya lagi, terdapat pernak-pernik menarik seperti bentuk hati berwarna merah di bagian sampul. Lalu juga dilengkapi dengan tali unik yang bisa digunakan untuk mengunci album, sehingga lebih aman sekaligus memberikan kesan estetika yang indah. Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.

5.Album Foto Polaroid 64 Slot

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-5

Harga : Rp47.000

Tersedia dalam berbagai pilihan warna yang menarik

Album foto polaroid ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Terdapat 64 slot yang bisa digunakan dengan mudah, praktis, dan bisa memberikan kesan indah untuk menyimpan berbagai foto kenangan.

Selain itu, tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik seperti pink, orange, biru, dan putih. Cocok dijadikan sebagai kado pernikahan yang spesial untuk sahabat maupun kerabat Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.

4. Album Foto Pernikahan Jumbo Magnetik

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-4

Harga : Rp150.000

Ukuran lebih besar dan bisa memuat berbagai macam ukuran foto

Untuk hadiah spesial pernikahan teman atau saudara Anda, album foto jumbo dengan ukuran 35x35cm ini bisa menjadi opsi terbaik. Selain ukurannya yang besar, motifnya pun menarik dengan berbagai macam model gambar yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda.

Menariknya lagi, pemiliknya tidak perlu repot terkait ukuran cetakan foto,misalnya 12RP, 12R, 10RP, 10R, 8RP, 8R, 5R, 4R semuanya tinggal memasukkan dan menyusunnya saja dalam satu halaman. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli album foto ini di Lazada.



3. Album Foto Pernikahan Scrapbook Retro Kayu

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-3

Harga : Rp85.266

Desain unik, retro, dan mewah

Album foto ini di desain khusus dengan ciri khas cover yang terbuat dari bahan kayu. Modelnya bergaya retro sehingga mampu memberikan kesan unik, keren, dan disukai oleh banyak kalangan.

Adapun untuk ukurannya 6 inci dan dilengkapi dengan ring yang terbuat dari bahan logam, sehingga lebih aman, kuat, dan tahan lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.

2. Album Foto Pernikahan Green Leaves

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-2

Harga : Rp86.403

Tahan lama dan bisa memuat foto lebih banyak

Album foto ini berukuran 6 inci dan berisi 100 lembar halaman. Terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang aman digunakan untuk menyimpan berbagai foto kenangan. Cocok dijadikan sebagai kado pernikahan teman atau saudara Anda.

Adapun untuk ukuran total 18x14x5cm dan ukuran sakunya 16.2×11.0cm. Menariknya lagi, album ini tersedia dalam berbagai warna yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli album foto ini di Shopee.

1. Album Foto Pernikahan 4R Landscape Medium

foto-rekomendasi-album-foto-yang-bagus-untuk-hadiah-pernikahan-1



Harga : Rp98.500

Desain eksklusif dan harga terjangkau

Untuk album foto terakhir ini memiliki ukuran 20 x 25 cm. Bisa digunakan untuk foto dengan ukuran 4R sejumlah 40 lembar. Desain eksklusif dan cover bagian depan bisa diganti sesuai dengan keinginan pemiliknya.

Menariknya lagi, kualitas bahan yang digunakan lebih tebal dengan harganya yang terjangkau. Anda bisa membeli album foto ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli album foto untuk hadiah pernikahan, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti jenis album foto, ukuran, kapasitas, perekat, hingga harga yang ditawarkan.
  • Selain itu, perhatikan juga apa saja yang perlu dihindari saat membeli album foto agar hadiah yang Anda berikan memiliki kualitas yang baik, lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memberikan hadiah album foto pernikahan Scrapbook DIY Vintage, karena terbuat dari bahan berkualitas, modelnya klasik, dan memberikan kesan elegan bagi pemiliknya.
  • Namun, jika Anda ingin memberikan hadiah album foto yang bagus dengan modelnya yang unik dan menarik, maka Anda bisa membeli Album Foto Kotak Handmade DIY.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin memberikan hadiah album foto pernikahan spesial yang bagus dan unik dengan bagian cover terbuat dari bahan kayu, Anda bisa memilih Album Foto Scrapbook Retro Kayu.

Referensi

1. Debbie Wolfe,The Best Photo Albums for Your Collection, https://www.bobvila.com/articles/best-photo-album/
2. Harrison Cameras (2019), Which Photo Album?, https://www.harrisoncameras.co.uk/blog/guides/which-photo-album_whichphotoalbum
3. Home Storage Solutions, 3 Questions To Choose Best Photo Album For Your Family Memories, https://www.home-storage-solutions-101.com/best-photo-album.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Album Foto


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Album Foto yang Bagus untuk Hadiah Pernikahan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »