Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


24 June 2021

10 Rekomendasi Air Purifier Berkualitas untuk Udara Bersih di Dalam Mobil

By Cekresi .com
10 Rekomendasi Air Purifier Berkualitas untuk Udara Bersih di Dalam Mobil


Air purifier merupakan salah satu alat elektronik yang dirancang khusus untuk menjaga udara tetap bersih dan segar. Dengan berbagai filter di dalamnya, air purifier bisa menghilangkan debu dan polutan, serta menjaga kelembapan udara ruangan, termasuk di dalam mobil.



Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi air purifier berkualitas untuk udara bersih di dalam mobil lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai air purifier dan cara merawatnya.

Manfaat menggunakan air purifier di dalam mobil

Mungkin di antara Anda ada yang bertanya-tanya, mengapa harus menggunakan air purifier di dalam mobil? Apa saja manfaatnya dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan? Simak penjelasannya dibawah ini.

  • Menghilangkan zat kimia berbahaya dari dalam mobil

Bukan hanya di jalanan, di dalam mobil pun bisa ditemukan zat kimia berbahaya. Biasanya zat-zat tersebut berasal dari orang-orang yang ada di dalam mobil yang sudah menempel di badan mereka sejak dari luar.

Paparan yang berlangsung secara rutin bisa memicu penyakit-penyakit berbahaya, seperti kanker dan tumor. Air purifier memiliki kemampuan untuk menyaring zat kimia berbahaya tersebut untuk kemudian didaur ulang menjadi udara segar di dalam mobil.

  • Menetralkan bebauan tidak sedap

Mobil merupakan ruang yang cukup tertutup. Jadi tidak heran kalau kadang bisa timbul bebauan tidak sedap di dalamnya.

Bau tersebut bisa muncul karena makanan dan minuman, atau bau dari luar yang masuk ke dalam mobil. Sehingga sangat tepat jika Anda memiliki air purifier, karena di dalamnya terdapat filter karbon dan HEPA yang dapat menyerap seluruh bau pada mobil dan menggantinya dengan udara bersih nan segar.

  • Meredakan gejala asma

Apabila Anda atau keluarga merupakan pengidap penyakit asma, menggunakan air purifier di dalam mobil wajib dipertimbangkan. Kualitas udara buruk yang terkurung dalam mobil bisa memicu gejala asma secara terus-menerus.



Untungnya sebagian besar air purifier kini sudah dibekali dengan teknologi HEPA yang bisa menyaring seluruh polutan yang bersarang di bagian dalam mobil. Dengan begitu, risiko sulit bernapas akibat asma bisa dikurangi.

Perhatikan cara pemasangannya

Tiap produk memiliki lokasi pemasangan yang berbeda. Sesuai dengan kondisi interior pada mobil.

Ada yang bisa dipasangkan langsung ke soket AC atau rokok. Model ini biasanya lebih kompak dan tidak terlalu makan banyak tempat. Selain itu, ada juga yang diletakkan dalam cup holder dan ditempelkan di bagian headrest mobil

Pertimbangkan pengisian dayanya

Berbeda dengan air purifier dalam rumah, air purifier mobil memiliki metode pengisian daya yang lebih praktis. Ada tiga macam cara yang bisa digunakan, yakni dengan menggunakan soket rokok, solar cell, serta port micro USB.

Penggunaan air purifier dengan pengisian daya soket rokok dan port micro USB menjadi yang paling fleksibel dan mudah. Sementara produk dengan solar cell memiliki ketahanan daya yang baik, namun masih tergolong langka di Indonesia.

Pilih yang tidak bising

Layaknya  perangkat elektronik lain, beberapa produk air purifier bisa jadi cukup bising dan mengganggu kenyamanan berkendara Anda.

Mungkin bukan masalah bila Anda tidak terlalu peduli dengan suara bisingnya. Namun, bagi Anda yang merasa terganggu, sebaiknya perhatikan decibel suara yang dikeluarkan dari mesin air purifier. Pilihlah yang suaranya tenang dan bebas bising.



Cek tipenya

Umumnya, air purifier memiliki dua jenis, yakni tipe ion dan filter. Masing-masing tipe menghadirkan karakteristik dan keunggulan yang berbeda.

Tipe ion biasa dipakai untuk membasmi kuman dan bebauan tidak sedap dari dalam mobil. Sementara tipe filter lebih ampuh untuk membasmi dan menahan partikel polutan yang ada di udara.

Cara merawat air purifier agar lebih awet

Agar air purifier tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka pastikan Anda merawatnya dengan baik. Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat air purifier:

  • Begitu Anda mencium bebauan tak sedap atau melihat banyak debu dan kotoran yang menempel pada alat ini, segera bersihkan bagian filternya.
  • Sebelum membersihkan alat ini, Anda harus mematikan aliran listriknya terlebih dahulu. Sebaiknya bersihkan di luar mobil Anda.
  • Untuk membersihkan bagian luar alat ini, gunakanlah kain lembut atau microfiber yang telah dibasahi dengan air.
  • Gunakan kuas halus yang telah dibasahi untuk membersihkan bagian pre-filternya.
  • Setelah filter selesai dibersihkan, jemur di bawah sinar matahari untuk mengeringkannya. Bisa juga diangin-anginkan agar bisa kering secara menyeluruh.
  • Kalau dirasa sudah kering, Anda bisa memasang kembali filter yang telah dicuci ke dalam unit perangkat.
  • Jangan lupa untuk membersihkan air tangki pada air purifier. Anda bisa membilas air yang sudah kotor dengan air hangat. Untuk membersihkan bagian yang sulit, gunakanlah alat bantu seperti sikat gigi.
  • Kalau air pada tangki tersebut mengeluarkan bau tidak sedap, Anda bisa menggunakan campuran air jeruk nipis di dalamnya. Tunggu sekitar 30 menit, lalu bilas dan pasangkan kembali ke tempatnya.
  • Bagian luar air purifier pun tidak boleh urung dibersihkan. Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih.
  • Hindari penggunaan vacuum cleaner untuk membersihkan debu yang terdapat di filter. Hal ini dapat merusak kinerja dari air purifier.

10 Rekomendasi air purifier berkualitas untuk udara bersih di dalam mobil

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang air purifier, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi air purifier berkualitas untuk udara bersih di dalam mobil dari berbagai merek berikut ini.

10.ROIDMI Car Air Purifier

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-10

Harga: Rp 885.000

Basmi partikel asing hanya dalam tiga menit

Mobil bisa menyimpan bakteri, debu dan jamur karena selau tertutup rapat dan jaranag terjadi sirkulasi udara dari dalam ke luar mobil.

Dengan motor DC brushless dan desain berupa kipas cermin dua roda untuk keluar masuk udara lebih efisien dan lebih kuat. Sayangnya, perangkat ini tidak bisa dikoneksikan ke Mi Home (aplikasi Internet of Things milik Xiaomi).

ROIDMI P6 ini sudah memiliki nilai CADR 50 m3 per jam untuk partikel-partikel besar seperti rambut, bulu hewan dan debu, lalu nilai 25 m3 per jam untuk partikel bahan kimia seperti formaldehida. Range waktu RODIMI P6 bekerja menghilangkan partikel asing di udara mobil kita adalah 3,5 menit saja!



Selain itu, desain sabuk inovatif sehingga Anda tidak perlu takut perangkat akan tergeser dan terjatuh. Menariknya lagi tanpa bising, karena suara mesinnya hanya sekitar < 55 dB.

9.LEKA AP7706 Car Air Purifier

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-9

Harga: Rp 369.900

Filter berteknologi sinar UV-C dan HEPA sekaligus

Untuk Anda yang beraktivitas di luar ruangan dan bermobilitas tinggi, tentu akan banyak membawa partikel asing ke dalam kabin mobil.

Bila hal itu dibiarkan terus-menerus akan menumpuk dan mengontaminasi mobil. Apalagi udara di mobil jarang bertukar dengan udara luar. Mini portable air purifier dari LEKA bisa jadi solusi masalah ini.

Dengan desain mini, kapabilitasnya menyaring udara double dengan HEPA 11 filter dan sinar UV-C yang dapat menyaring partikel asing mulai dari rambut, debu, kotoran hingga membunuh bakteri dan virus yang berukuran sangat kecil.

Pengoperasian juga sangat mudah, hanya dengan stau tombol. LEKA AP7706 memiliki lima tahapan penyaringan partikel udara secara berurutan, yaitu: Pre-filter – HEPA11 – Karbon aktif – sinar UV-C – Ion negatif (Anion). Sayangnya perangkat ini harus selalu dicolok karena bukan baterai rechargeable.

8. Bowin Car Air Purifier HEPA ANION Oxy Mini 658

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-8

Harga: Rp 389.000

Bebas dari suara mesin yang bising

Tinggal di kota besar memang berisiko terkontaminasi polusi yang berbahaya bagi Kesehatan tubuh, Tapi bukan berarti tidak bisa dicegah.

BOWIN Oxy Air Purifier hadir dengan teknologi HEPA Anion untuk menyaring berbagai partikel udara seperti debu dan bakteri hingga 99%. Plus, perangkat ini tidak menimbulkan suara bising mesin sehingga tidak mengganggu aktivitas Anda saat beroperasi.



HEPA Anion sendiri adalah teknologi yang menggunakan karbon aktif PM2.5 sebagai penyaring partikel polutan dan allergen. Bekerja Bersama dengan generator ion negatif yang dapat mengeliminasi kotoran dan bau hingga 99%.

Proses tersebut bekerja dalam sunyi, alias hanya menimbulkan suara sebesar 30Db saja! Sementara area jangkauan bisa mencapai 6m2, yang tentunya dapat menjangkau seluruh area mobil Anda.

7.PHILIPS Go Pure GP7101 Car Air Purifier

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-7

Harga: Rp 2.900.000

Menyaring partikel asing hingga yang berukuran mikro

Rambut dan partikel dari hewan seperti bulu dan odor bisa berdampak buruk bagi kesehatan saluran pernapasan bila tidak rutin dibersihkan. Apalagi untuk anak atau anggota keluarga yang mengidap alergi.

Meski mobil tampak bersih, ternyata mobil bisa menyimpan bakteri dan polutan juga, karena mobil jarang bertukar dengan udara luar atau sering tertutup. Philips Go Pure ini bisa menjadi solusi terbaik.

Produk ini menghadirkan teknologi air purifier untuk mobil yang terdiri dari tiga lapisan yang bekerja secara combo menyaring hingga 125 partikel asing di udara dan membunuh bakteri di seluruh kabin mobil hanya dalam 6 menit!

Pre filter untuk menangkap partikel besar seperti rambut, HEPA Filter untuk menyaring partikel mikro seperti debu, dan HESA filter untuk membersihkan udara mobil dari bahan kimia seperti asap rokok dan formaldehida.



6. Panasonic Air Purifier F-GMG01AKN Air Purifier Nanoe Car

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-6

Harga: Rp 960.000

Udara mobil bersih, kesegaran kulit tetap terjaga

Banyak produk air purifier berlomba menawarkan kemampuan penyaringan udara produk mereka yang dapat menyaring apapun zat asing di mobil yang tidak diperlukan tubuh.

Tapi, apakah produk-produk tersebut aman bagi kesehatan kita? Apa dampaknya mengaktifkan air purifier terus-menerus?

Produk air purifier Panasonic ini telah dilengkapi teknologi nanoe yang menghilangkan berbagai bakteri, virus, bau dan alergen dengan radikal OH. Radikal OH ini akan melekat pada sebum kulit setelah 30 menit dan membentuk lapisan pada kulit yang dapat mencegah lepasnya kadar air dari kulit. Tetap nyaman, deh, di mobil!

Air purifier ini juga dapat mengurangi bau rokok hingga 90% dalam waktu 2 jam. Aman untuk kulit, dan teruji membunuh virus H1N1, H5N1 dan E. coli!

5.TRACES Car Air Purifier with UV LED

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-5

Harga: Rp 709.000

Pembersih dan pengharum udara mobil dalam satu alat

Tingkatkan kualitas udara di dalam mobil Anda agar perjalanan Anda selalu terlindungi dari efek jahat debu, polutan dan bakteri pada udara.

Mobil bisa sekilas terlihat bersih dan nyaman, padahal sebenarnya banyak kuman dan bakteri terperangkap di kabin mobil yang selalu tertutup. Kami rangkumkan produk air purifier mobil dari TRACES yang berharga terjangkau

Dengan teknologi HEPA filter, produk ini mampu menyaring partikel asing dan bau di udara, serta Ultraviolet LED yang berfungsi membunuh partikel asing berbahaya seperti bakteri dan virus di udara. Double attack untuk perlindungan maksimal Anda selama beraktivitas di dalam mobil.



Selain itu, ada fitur untuk menambah penggunaan aromatherapy, lho. Sehingga mobil jadi lebih nyaman dan wangi.

4.MINISO Air Humidifier Car Air Purifier

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-4

Harga: Rp 256.000

Dapatkan kualitas udara terbaik real-time dalam mobil

Kualitas udara di sebuah tempat bisa diukur. Begitu pula kualitas udara di dalam mobil Anda. Bagaimana caranya? Anda bisa ukur kualitas udara sekaligus juga mendapatkan kualitas udara sehat pada mobil dengan membeli Miniso Air purifie.

Miniso memang dikenal karena berbagai barang kualitas yang lumayan dengan harga yang sangat terjangkau.

Miniso Car Purifier ini sudah dilengkapi sensor otomatis yang dapat mengukur kualitas udara di mobil. Car purifier ini menggunakan teknologi HEPA filter yang dapat menyaring debu, polen, asap hingga PM2.5 dan menghilangkan bau tidak sedap.

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kunci pengaman yang akan otomatis menonaktifkan perangkat jika penutup dilepas.

3.EasyCare EC-2 Pro Wireless Ionic Air Purifier

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-3

Harga: Rp 793.000

Bersihkan total udara mobil tanpa residu

Untuk mengeliminasi polutan aktif di mobil seperti bakteri, diperlukan juga zat aktif yang dapat mematikan bakteri tersebut.Tapi, jangan sampai zat aktif itu meninggalkan residu yang malah berbahaya bagi Kesehatan.

Untuk itu, EasyCare EC-2 Pro dengan teknologi UV-C LED ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk mobil Anda. Memiliki kandungan bebas merkuri dan ozone, serta efektif membunuh hingga 99.9% bakteri, virus, jamur dan allergen lainnya.

Selain itu, perangkat ini dapat diisi ulang dan digunakan secara portabel. Belum lagi ada pengukur PM2.5 untuk mobil yang dapat mengukur secara real-time dengan skala 4 lampu.



Menariknya lagi, ada satu buah car stand yang disediakan untuk meletakkan purifier dengan aman di dashboard mobil.

2.Trapo Oxtra Motion-Sensing Car Air Purifier

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-2

Harga: Rp 938.000

Hasilkan udara yang lebih segar dan sehat

Oxtra Motion-Sensing Car Air Purifier mampu menyaring hingga 99.5% polutan pada udara. Produk ini bekerja dengan empat langkah penyaringan ketat, yaitu Primary Filter – HEPA 13 – Activated Carbon – Negative Anion 5000000/cm3.

Adapun fungsinya untuk menghasilkan udara yang lebih sehat dan segar. Perangkat ini juga bekerja secara 360 derajat untuk seluruh area kabin mobil dan dapat dioperasikan dengan gesture control.

1. Osram Car Purifier

foto-rekomendasi-air-purifier-berkualitas-untuk-udara-bersih-di-dalam-mobil-1

Harga: Rp 690.000

Tidak perlu ganti filter terus-menerus

Biasanya orang-orang merasa malas membeli dan mengganti filter pada air purifier mereka secara berkala. Ini berbahaya karena tumpukan kotoran yang tersaring di dalam filternya akan membuat kinerja air purifier tidak maksimal.

Car purifier dari OSRAM bisa jadi pilihan Anda yang ingin berhemat. Karena alat ini tidak mengharuskan Anda untuk mengganti filter terus-menerus.

Filternya terbuat dari plat Titanium Dioksida (Nickel dengan Nano Coating TiO2) yang bisa dibersihkan sendiri dan digunakan Kembali.

Selain itu, teknologi penyaringan udara pada perangkat ini menggunakan sinar UV-A yang berkoordinasi dengan Titanium dioksida tersebut untuk membunuh virus dan bakteri di mobil hingga 99.9%.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli air purifier sebaiknya Anda mempertimbangkan cara pemasangan, metode pengisian dayanya, kebisingan, serta tipenya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan jenis-jenisnya agar bisa menemukan air purifier yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Anda bisa memilih PHILIPS Go Pure GP7101 Car Air Purifier, karena dapat menyaring partikel asing berukuran mikro.
  • Sedangkan untuk Anda yang menginginkan pembersih dan pengharum mobil sekaligus, Anda bisa memilih TRACES Car Air Purifier with UV LED.
  • Namun, jika Anda yang tidak ingin mengganti filter terus-menerus, maka Anda bisa memilih Osram Car Purifier.

Referensi

1. Oransi,How to Choose a Car Air Purifier. Do They Work?, https://oransi.com/blogs/blog/how-choose-car-air-purifier
2. The Drive (2019), Best Car Air Purifiers: Your Guide to Finding the Right Purifier for Your Vehicle, https://www.thedrive.com/reviews/27241/best-car-air-purifiers



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kendaraan Kesehatan


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rekomendasi Air Purifier Berkualitas untuk Udara Bersih di Dalam Mobil", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »