Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


1 November 2019

10 Rautan Pensil Unik dan Lucu untuk Anak TK dan SD

By Cekresi .com


Rautan atau serutan pensil merupakan alat bantu untuk membuat runcing ujung pensil. Bagi anak TK dan SD yang senang belajar menulis, rautan ini sangat penting karena bisa memudahkan mereka untuk meruncingkan pensil yang tumpul dengan cara mandiri.



Kini, Anda tidak perlu lagi bingung memilih rautan yang tepat untuk anak Anda. Karena banyak produsen menawarkan berbagai jenis rautan dengan model yang lebih variatif, berkarakter, dan berwarna sehingga anak-anak Anda menyukainya dan pastinya akan membuat mereka lebih semangat dalam belajar.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa rautan pensil unik dan lucu untuk anak TK dan SD berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang rautan dan jenis-jenisnya, berbagai model rautan, serta perawatannya.

Mengenal jenis-jenis rautan pensil

Rautan pensil adalah alat sederhana yang bisa digunakan untuk membuat runcing atau tajam ujung pensil dengan cara mencukur kayu disekitarnya. Secara umum, terdapat dua jenis rautan, yaitu rautan yang dioperasikan dengan menggunakan listrik dan rautan yang dioperasikan dengan tangan.

Rautan pensil listrik di dalamnya memiliki motor yang bisa menggerakkan pisau dengan cara berputar untuk menghaluskan ujung pensil secara otomatis. Penggunaan rautan ini lebih mudah dan lebih cepat dengan hasil rautan yang bisa Anda atur sesuai dengan tingkat keruncingan yang Anda inginkan.

Sedangkan rautan manual masih menggunakan bantuan tangan untuk membuat pensil menjadi lebih runcing. Ada dua jenis rautan manual, pertama rautan yang menggunakan tuas putar untuk mengoperasikannya, dan kedua rautan yang menggunakan benda tajam seperti pisau untuk mencukur bagian ujung pensil.

Untuk anak-anak, sebaiknya Anda memilihkan rautan pensil jenis manual yang memiliki tuas putar karena selain lebih aman. Rautan ini biasanya juga dilengkapi dengan kotak penyimpanan sampah, dan harganya pun lebih terjangkau daripada rautan listrik.

Pilih model rautan berdasarkan gambar atau karakternya

Dalam memilih rautan pensil untuk anak-anak, tentu yang paling utama adalah model. Karena bagi anak-anak model rautan dengan karakter yang lucu dan unik bisa menambah motivasi belajar mereka, terutama dalam menulis atau menggambar.



Pastikan Anda memilih rautan yang memiliki gambar atau karakter yang disukai anak-anak, seperti karakter tokoh-tokoh Disney. Agar lebih mudah dalam memilih rautan pensil, Anda bisa melihat di Google beberapa gambar atau karakter yang lagi hits saat ini.

Pemilihan model karakter rautan yang tepat untuk anak-anak, akan membuat mereka lebih menjaga rautannya, sehingga rautan akan lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Pilih rautan yang dilengkapi dengan tuas putar

Di masa lalu, untuk meruncingkan pensil biasanya orang-orang akan menggunakan pisau. Hal ini bisa berbahaya jika digunakan oleh anak-anak, selain itu ketergantungan anak menjadi lebih tinggi karena harus menggunakan orang lain untuk meruncingkan rautan pensil.

Agar anak lebih mandiri, maka Anda bisa memilihkan rautan pensil yang dilengkapi dengan tuas putar. Fitur ini akan membuat pengerjaan lebih efisien dan praktis dibandingkan dengan cara konvensional.

Selain itu, dengan tuas putar anak-anak akan lebih aman, karena dapat menghindarkan bahaya yang berasal dari benda tajam. Karena tangan anak tidak bersentuhan langsung dengan pisau, silet atau benda tajam lainnya.

Pilih rautan berdasarkan ukuran dan bentuknya

Bentuk dan ukuran rautan pensil untuk anak-anak sangat beragam. Ada yang bentuknya besar menyerupai gambar karakter aslinya, ada yang bentuknya sedang, dan ada pula yang bentuknya mini sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Untuk anak TK, sebaiknya Anda memilih yang berbentuk mini karena harganya lebih terjangkau dan Anda bisa lebih berhemat. Kecenderungan anak TK biasanya alat tulis lebih suka dibuat mainan, jadi Anda tidak khawatir saat rusak.



Sedangkan untuk anak SD, Anda bisa memilihkan yang berukuran sedang. Karena anak SD, cenderung bisa untuk menjaga alat-alat mereka jika dibandingkan dengan anak TK. Rautan dengan ukuran yang lebih besar juga bisa membuat pengerjaan untuk menyerut pensil lebih cepat dan efisien.

Untuk rautan berukuran besar sebaiknya diletakkan di rumah dan bisa digunakan anak-anak di waktu malam hari untuk mempersiapkan atau meruncingkan pensil mereka. Dan, Anda bisa membelikan yang berukuran kecil atau sedang untuk dibawa di dalam tas dan digunakan saat anak Anda pergi ke sekolah.

Memilih rautan pensil otomatis untuk di rumah

Agar pengerjaan meraut pensil lebih mudah, Anda bisa memilihkan jenis rautan otomatis. Karena rautan ini tidak membutuhkan tenaga ekstra saat menggunakannya, cukup masukkan pensil dalam lubang rautan kemudian rautan akan memproses sendiri.

Keuntungan lain dari rautan otomatis ini, pensil akan lebih hemat. Karena rautan otomatis memiliki fungsi pencegahan dalam meraut pensil, sehingga mesin rautan akan berhenti secara otomatis saat selesai. Jadi hasilnya tidak akan berlebihan seperti saat meraut dengan tangan atau manual.

Rautan pensil otomatis juga bisa mencegah anak untuk bermain dengan rautan. Anak yang biasanya bermain pensil dengan meraut pensil secara terus-menerus, maka dengan mesin ini mereka tidak bisa melakukannya lagi.

Cara merawat rautan pensil agar awet dan tahan lama

Meskipun rautan pensil untuk anak-anak ini sering dipakai dan rentan rusak karena dibuat mainan, namun Anda bisa melakukan perawatan berikut ini agar rautan pensil bisa lebih awet dan tahan lama:

  • Buang sampah hasil rautan pensil secara rutin, pastikan membuangnya setelah Anda selesai menyerut pensil, terutama untuk rautan yang didalamnya terdapat tempat penyimpanan kotak sampah.
  • Lap dan bersihkan rautan, sehingga debu dan kotoran yang menempel bisa hilang.
  • Berikan minyak pelumas pada tuas rautan, agar rotasi putaran lancar kembali.
  • Jika pisau terbuat dari bahan yang mudah berkarat seperti besi, maka pastikan membersihkan secara rutin dan hindarkan dari tumpahan air, serta berikan minyak agar rautan tidak berkarat.
  • Simpan rautan di tempat yang terhindar dari debu atau pun kelembaban. Anda bisa menyimpannya di kotak rautan agar lebih awet dan tahan lama.

10 Rautan pensil unik dan lucu untuk anak TK dan SD

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang rautan pensil serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi rautan pensil unik dan lucu untuk anak TK dan SDdari berbagai merek berikut ini:



10 Rautan JOYKO pensil meja A5m

rautan_joyko_pensil_meja_A5m

Harga : Rp 39.000

Lebih simpel, tajam, dan dilengkapi dengan kotak sampah transparan

JOYKO merupakan merek lokal yang memiliki kualitas yang sangat baik. Produk-produk dari JOYKO banyak diimpor ke luar negeri, seperti ke China, Korea, dan banyak negara lainnya. Salah satu produk keluaran JOYKO adalah rautan pensil meja A5m.

Rautan pensil ini sangat aman digunakan untuk putra-putri Anda. Selain itu, rautan ini dilengkapi dengan tempat pembuangan serutan pensil berbentuk transparan, sehingga dapat terlihat jika sudah penuh.

Ditambah lagi dengan tuas putar yang memudahkan saat menggunakannya, dan yang sangat penting adalah ketajaman pisau yang akan membuat hasil serutan pensil lebih sempurna. Anda bisa membeli rautan pensil ini di Lazada.

9. Rautan duduk Kenko Captain America

rautan_duduk_kenko_captain_america

Harga : Rp 37.000

Cocok untuk anak laki-laki Anda agar lebih bersemangat dalam belajar

Rautan duduk dari Kenko ini terbuat dari bahan plastik berkualitas dengan model karakter tokoh Captain Amerika yang kuat dan tangguh. Rautan ini dilengkapi dengan mata rautan yang tajam, sehingga membuat pensil lebih runcing dan nyaman digunakan.

Selain itu, motifnya yang lucu juga bisa difungsikan sebagai mainan untuk putra Anda, dan rautan dari Kenko ini memiliki tiga pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan warna kesukaan anak-anak Anda. Anda bisa membeli rautan ini di Bukalapak.



8. Rautan pensil xzante TENWIN elektrik

rautan_pensil_xzante_tenwin_elektrik

Harga : Rp 82.000

Rautan pensil otomatis, model transparan, dan berkarakter

Rautan merek xzante ini menggunakan baterai sebagai sumber energi utama untuk meraut pensil dengan sempurna. Rautan ini memiliki model karakter yang lucu dan cocok digunakan untuk putra-putri Anda.

Untuk menghindarkan korosi pada mata pisau rautan, sebaiknya hindarkan rautan dari tumpahan air. Selain itu, pasang baterai dengan tepat agar rautan tidak mudah rusak. Anda bisa membeli rautan ini di Bukalapak.

7. Rautan pensil super hero

rautan_pensil_super_hero

Harga : Rp 28.000

Karakter super hero yang keren-keren

Rautan pensil super hero ini memiliki beberapa karakter tokoh pahlawan super, seperti Captain America, Spiderman, Batman, dan Iron Man. Selain itu, warna-warna yang ditawarkan beragam dan pastinya akan membuat putra Anda senang.

Cara pengoperasian rautan ini cukup mudah, yakni diputar hingga hasil rautan runcing kembali. Rautan pensil ini juga dilengkapi dengan kotak penyimpanan yang bisa menampung sampah rautan agar tidak berserakan. Anda bisa membeli rautan pensil ini di Bukalapak.

6. Rautan pensil buah

rautan_pensil_buah

Harga : Rp 2.500

Aneka macam rautan model buah-buahan



Anak-anak terkadang sukar untuk diajak makan buah-buahan, padahal buah-buahan sangat penting bagi kesehatan anak-anak. Karena itu, rautan model buah-buahan ini bisa dibuat untuk menstimulus anak agar suka makan buah-buahan.

Rautan ini juga bisa berfungsi untuk mengenalkan kepada anak Anda tentang jenis buah-buahan, kerena modelnya yang beragam. Ada model buah semangka, buah jeruk, buah naga, dan lain-lain.

Selain itu, keuntungan yang bisa anak Anda dapatkan saat membeli rautan ini adalah bentuknya yang mini sehingga memudahkan anak untuk membawanya ke sekolah, dan harganya sangat terjangkau. Anda bisa membeli rautan pensil model buah-buahan ini di Bukalapak.

5. Rautan pensil model truk

rautan_pensil_model_truk

Harga : Rp 74.500

Rautan kokoh truk Optimus Prime

Rautan pensil merek Tengo ini sungguh unik, karena memiliki desain seperti mobil tokoh Optimus Prime di film Tranformer. Rautan pensil ini termasuk jenis rautan putar yang mudah saat digunakan.

Selain bentuknya kokoh, rautan ini juga memiliki dua jenis varian warna, yakni merah dan kuning. Pisau pada rautan ini terbuat dari besi sehingga lebih awet dan proses meruncingkan pensil lebih mudah. Anda bisa mendapatkan rautan ini di Bukalapak.

4. Rautan pensil model pesawat

rautan_pensil_model_pesawat

Harga : Rp 39.000

Model pesawat mini, unik, dan lucu



Untuk Anda yang menginginkan rautan pensil untuk anak dengan bentuk mini dan unik, Anda bisa memilih rautan model pesawat ini. Rautan ini di desain simpel namun aman saat dibuat mainan oleh anak, karena rautan terletak di dalam badan pesawat.

Model pesawat pada rautan ini bisa dibuka dan ditutup. Selain itu, bentuknya yang mini akan memudahkan saat menyimpannya di dalam tas anak-anak Anda saat sekolah. Anda bisa membeli rautan pensil ini di JD.ID.

3. Rautan pensil model karakter Train

rautan_pensil_model_karakter_train

Harga : Rp 110.000

Rautan putar yang unik dan lucu

Rautan pensil ini sangat cocok untuk anak-anak Anda, karena bentuknya yang lucu dan unik. Karakter Train Thomas yang dimunculkan pada desain rautan pensil ini sungguh menggemaskan dan pastinya anak-anak Anda akan menyukainya.

Ratan ini terbuat dari plastik yang tebal dan kuat, sehingga Anda tidak perlu khawatir rusak saat dibuat mainan oleh anak-anak Anda. Selain itu, rautan ini termasuk jenis rautan duduk dengan dilengkapi fitur tuas putar sehingga tangan tidak perlu memutar pensil saat meraut. Anda bisa membeli rautan pensil ini di Bukalapak.

2. Rautan pensil model botol

rautan_pensil_model_botol

Harga : Rp 12.000

Model botol yang penuh dengan warna dan gambar yang unik

Rautan pensil unik bentuk botol berukuran diameter 2.5 cm x tinggi 6.5 cm. Desain rautan ini mirip produk-produk minuman kemasan terkenal yang penuh dengan warna. Botol ini tidak berisi air, melainkan rautan yang diletakkan menempel pada alas botol.



Rautan ini bisa digunakan untuk memperuncing pensil dengan cara memutar dengan tangan, dan yang menarik rautan botol ini bisa difungsikan menjadi hiasan yang keren di meja belajar putra-putri Anda. Anda bisa membeli rautanpensil ini di Bukalapak.

1. Rautan pensil 807 Mushroom Combo

rautan_pensil_807_mushroom_combo

Harga : Rp 16.000

Jamur yang cocok untuk pensil anda

Sharpener 807 Mushroom merek Combo ini bentuknya lucu dan unik. Pisau rautan ini sangat tajam sehingga mempermudah saat meruncingkan pensil. Rautan ini juga memiliki pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan keinginan anak-anak Anda, seperti biru, merah muda, dan hijau.

Selain itu, rautan ini juga dilengkapi dengan tempat penampungan sampah hasil rautan, sehingga sampah yang dihasilkan saat meraut tidak berserakan. Anda bisa membeli rautan pensil ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli rautan pensil untuk anak, pastikan Anda menyesuaikan dengan keinginan anak. Selain itu, jangan lupa perhatikan model, warna, dan jenisnya.
  • Anda juga harus memperhatikan perawatannya, seperti memastikan pisau rautan tidak berkarat atau mengosongkan sampah rautan pensil pada kotak sampah.
  • Anda bisa memilih rautan pensil Train Thomas, karena rautan ini terbuat dari bahan yang kuat serta dilengkapi tuas rautan yang bisa memudahkan Anda saat meraut pensil.
  • Namun jika Anda menginginkan rautan yang bisa menstimulus putra-putri Anda senang untuk memakan buah-buahan, Anda bisa memilih rautan model buah.
  • Sedangkan, jika Anda ingin rautan pensil produk lokal berkualitas yang dilengkapi dengan tuas serta kotak penyimpanan sampah hasil rautan pensil, maka Anda bisa memilih rautan pensil merek JOYKO.

Referensi

  1. Wonkee Donkee (2019), What are the different types of sharpener?, https://www.wonkeedonkeetools.co.uk/pencils-sharpeners-crayons-and-markers/what-are-the-different-types-of-sharpener/
  2. Force & Simple Machines (2019), What is a Pencil Sharpener?, http://met510.weebly.com/pencil-sharpener.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rautan Pensil Unik dan Lucu untuk Anak TK dan SD", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »