Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


6 February 2021

10 Rak Buku untuk Rumah Minimalis Modern

By Cekresi .com
10 Rak Buku untuk Rumah Minimalis Modern


Rumah minimalis modern sudah menjadi tren kehidupan masa kini. Kehadirannya diprediksi akan bertahan sangat lama sejalan dengan luas lahan yang semakin sempit dan mahal. Namun Anda jangan khawatir, karena banyak furniture yang juga menyesuaikan diri seperti rak buku ini.



Bagi beberapa kalangan, rak buku merupakan bagian penting dari kebutuhan rumah, terutama untuk menyimpan buku sekaligus sebagai dekorasi agar lebih tertata dan rapi. Selain itu, buku-buku mudah disimpan, tidak mudah rusak, dan bisa menambah minat baca keluarga Anda di rumah.

Untuk itu, kami akan menyajikan beberapa rak buku untuk rumah minimalis modern berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai rak buku dan cara perawatannya.

Mengenal fungsi rak buku

Kebanyakan orang mungkin masih menganggap bahwa rak buku hanya untuk menyimpan buku saja. Namun lebih dari itu, rak buku juga memiliki fungsi-fungsi lain, yang di antaranya adalah:

Pertama, untuk dekorasi ruangan. Pada dasarnya buku-buku merupakan benda yang unik dan akan menjadi artistik saat Anda menatanya secara baik dan tepat sesuai dengan dekorasi ruangan Anda.

Sebagai fungsi dekoratif, tentu Anda harus memilih rak buku yang dibuat dengan penuh kreativitas dan tidak monoton. Yang terpenting saat memilihnya, Anda harus mempertimbangkan dengan konsep ruangan yang sudah Anda bangun sehingga tatanannya lebih match dan menyatu.

Kedua, rumah lebih rapi. Tentu buku yang berserakan akan membuat tidak nyaman dan ruangan terlihat menjadi lebih kotor. Karena itu, rak buku akan membuat buku-buku Anda tertata dengan rapi dan memudahkan Anda saat ingin membacanya kembali.

Ketiga, ruangan terlihat lebih luas. Ini adalah salah satu fungsi penting dari rak buku, terutama untuk rumah dengan gaya minimalis modern. Ruangan Anda akan semakin terlihat lebih luas dengan tatanan buku yang sudah tidak berserakan lagi. Agar lebih maksimal, Anda bisa memilih jenis rak buku yang bisa menempel di dinding sehingga terlihat lebih simple, tertata rapi, dan modern.



Keempat, menambah minat baca. Tentu ini salah satu tujuan penting memiliki rak buku, yakni membuat anak, keluarga, saudara suka membaca buku. Jadi Anda bisa meletakkan rak buku di ruang keluarga, kamar, bahkan di ruang tamu agar membaca menjadi budaya dan kebiasaan keluarga Anda di rumah.

Pilih ukuran yang tepat

Sebelummembeli rak buku, sebaiknya Anda mengetahui luas ruangan terlebih dahulu dan memikirkan di mana tempat yang cocok untuk meletakkannya. Jangan sampai rak buku tersebut membuat ruangan menjadi lebih sempit dan sesak.

Untuk kebutuhan rumah minimalis modern, tentu memilih ukuran yang lebih kecil adalah solusi utama. Tapi, jika buku Anda terlalu banyak maka juga akan menjadi masalah tersendiri saat ingin meletakkannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa fokus pada jumlah ruang yang ada pada rak dan sesuaikan dengan banyaknya jumlah buku yang Anda miliki. Untuk lebih amannya, Anda punya sisa ruang pada rak buku agar buku-buku selanjutnya bisa tersimpan.

Selain itu, Anda juga bisa memilih rak yang bentuknya memanjang ke atas agar ruangan terlihat lebih luas. Atau, Anda bisa memilih jenis rak yang menempel atau menyatu pada dinding yang lebih praktis, efisien dan hemat tempat.

Pilih bahan terbaik dan berkualitas

Rak buku biasanya terbuat dari bahan seperti, kayu, besi atau pun baja. Ketiganya dianggap sebagai bahan yang kuat, kokoh, dan tahan lama.

Meskipun demikian Anda juga perlu memperhatikan bahan pelapisnya, terutama untuk bahan yang terbuat dari jenis kayu. Untuk bahan tersebut, pilih yang sudah dilapisi lapisan anti bakteri atau jamur, kemudian perhatikan sirkulasi udaranya agar tidak mudah lembab. Selain itu, pastikan juga kaki rak buku kuat dan kokoh.



Sedangkan untuk jenis bahan seperti besi, Anda harus memperhatikan jenis cat pelapisnyaagar besi tidak mudah terkelupas atau keropos sehingga warnanya tetap terjaga. Tapi, jika Anda ingin rak buku yang lebih kuat, kokoh, dan anti karat, Anda bisa memilih rak yang terbuat dari bahan stainless steel.

Pilih yang dilengkapi dengan penutup kaca

Agar lebih aman dan terhindar dari debu serta kotoran, Anda bisa memilih rak buku yang sudah dilengkapi dengan penutup kaca. Meskipun agak ribet saat membukanya, tapi penutup kaca sangat membantu menjaga buku agar tetap dalam kondisi baik. Selain itu, penutup kaca juga tetap membuat judul-judul buku terlihat dari luar sehingga Anda lebih mudah saat memilihnya.

Sebaiknya Anda memilih penutup kaca model sliding untuk rak buku, dengan tujuan agar lebih praktis, simple, dan memberikan kesan ruangan lebih luas.Kelebihan lain model slidingini, lebih mudah saat ingin membuka atau menutupnya kembali.

Cara merawat rak buku

Ketika sudah membeli rak buku, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya. Agar rak buku yang Anda miliki lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini cara merawat rak buku Anda di rumah:

  • Hindari meletakkan rak buku di tempat yang lembab, karena bisa mengundang mikrorganisme yang bisa merusak buku Anda.
  • Selain itu, jangan meletakkan rak buku di tempat yang terkena paparan matahari secara langsung, karena bisa membuat warna rak menjadi kusam dan pucat.
  • Bersihkan rak buku secara berkala, minimal terhindar dari debu atau kotoran yang menempel.
  • Jika terdapat noda membandel, Anda dapat membersihkandengan menggunakan lap basah. Kemudian segera mengelapnya kembali dengan lap kering agar tidak mudah lembab. Pastikan sebelum mengelapnya, Anda sudah memindahkan buku-buku di tempat yang aman.

10 Rak buku untuk rumah minimalis modern

Setelah mengetahui berbagai hal tentang rak buku beserta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi rak buku untuk rumah minimalis modern dari berbagai merek berikut ini:

10. Livien Furniture French Series

livien_furniture_french_series

Harga : Rp 781.100

Desain minimalis, kuat dan kokoh

Rak buku 4 tingkat ini sangat cocok digunakan untuk segala model rumah minimalis modern. Memilikifungsilebih hemat tempat, simple, dan membuat ruangan terlihat lebih elegan.Selain untuk menyimpan buku, rak ini juga bisa dipakai untuk meletakkan barang-barang lain seperti foto keluarga, aksesoris, jam, dan lain sebagainya.



Rak ini terbuat dari bahan yang berkualitas, yakni kayu mahoni dan premium fibreboard. Pemilihan cat-nya pun sangat bagus, dengan menggunakan cat yang ramah lingkungan. Sedangkan ukuran rak ini 52x44x140 cm dan bisa ditaruh di mana saja. Anda bisa membeli rak buku ini di Shopee.

9. Funika Rak Buku 7 Kotak

funika_rak_buku_7_kotak

Harga : Rp 250.000

Simple, kompartemen luas, dan serbaguna

Rak buku ini memiliki 7 kotak yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam buku, koran, majalah dan barang-barang koleksi yang Anda miliki. Desain simpel dan cocok untuk rumah minimalis Anda.

Rak ini terbuat dari bahan Engineered E1 Particleboard,dengan pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan interior ruangan Anda. Cocok diletakkan di kamar, ruang keluarga atau ruang tamu Anda

Ukuran rak ini 49x24x106 cm, dilengkapi dengan kompartemen yang luas dan bisa menampung buku-buku yang berukuran lebih besar. Anda bias membeli rak buku ini di Shopee.

8. Bavarian Mantis 120

bavarian_mantis_120

Harga : Rp 1.631.000

Desain modern, keren, dan serbaguna

Rak buku ini tidak hanya untuk penyimpanan buku saja. Lebih dari itu, rak buku ini bisa untuk menyimpan barang-barang koleksi, serta dapat juga digunakan sebagai pembatas ruangan.



Rak buku ini memiliki warna brown walnut yang dapat mempercantik interior ruangan Anda. Dan, terbuat dari material terbaik, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekuatan dan keawetannya. Materialnya tidak mudah keropos atau berjamur.Anda bisa membeli rak buku ini di Lazada.

7. Multica Rak

multica_rak

Harga : Rp 49.999

Rak portable, kuat dan tahan lama

Rak ini sangat cocok bagi yang suka berpindah-pindah tempat. Desain rak dirancang agar mudah dibongkar pasang dan mudah dibawa keman-mana.

Rak ini juga multifungsi, bisa digunakan untuk menyimpan buku anak-anak, koran, majalah dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Terdapat berbagai pilihan warna, seperti grey, pink polkadot, biru polkadot,dan white cow spot.

Rak buku ini terbuat dari bahan non woven, yakni sejenis kain plastic dengan rangka dari bahan plastik. Meskipun demikian, bahan yang dipilih sangat kuat dan kokoh untuk menampung benda berat. Ukuran rak ini 30,5×50,5×144 cm. Anda dapat membeli rak buku ini di Lazada.

6. The Olive House

the_olive_house_rak

Harga : Rp 458.000

Memberikan kesan alami pada interior rumah Anda

Rak yang terbuat dari kayu pinus ini sangat cocok untuk Anda yang suka dengan nuansa natural. Bentuknya minimalis modern dengan finishing yang sempurna, serta pelapis anti air yang mudah dibersihkan.

Rak ini memiliki ukuran 60×35,5×91 cm, berwarna alami, dan kokoh. Cocok digunakan untuk menyimpan buku dan barang-barang lainnya agar nampak lebih tertata dan rapi. Anda bisa membeli rak ini di Shopee.



5. Radysa portable 4 susun

radysa_portable_4_susun

Harga : Rp 57.000

Mudah dibongkar pasang dan harganya lebih terjangkau

Rak portable yang memiliki 5 susun 4 ruang ini cocok digunakan untuk menyimpan buku,koran,majalah atau barang yang lainnya. Rak ini mudah dibongkar pasang dan cocok digunakan untuk anak kos, pelajar, dan mahasisiwa.

Desain rak yang memanjang keatas membuat ruangan nampak lebih luas dan cocok untuk rungan minimalis.

Rak ini terbuat dari bahan non woven dengan rangka bahan plastik yang kuat dan kokoh menopang buku-buku Anda. Kemudian, memiliki ukuran 30,5×50,5x144cm dengan motif polkadot yang indah. Anda bias membeli rak buku ini di Lazada.

4. iFurnholic Rack Holic 5

ifurnholic_rack_holic_5

Harga : Rp 590.000

Desain modern, cantik, dan serbaguna

Untuk desain rumah minimalis modern, rak ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Dirancang dengan desain memanjang ke atas yang membuat ruangan nampak lebih luas dan hemat tempat.

Rak ini terbuat dari bahan kayu mahoni yang kokoh dan kuat, serta MDF yang mampu menahan beban buku-buku Anda dengan sangat baik. Selain itu, finishing dari cat Duco semakin membuat rak ini terlihat lebih cantik dan mewah.

Selain untuk buku, rak ini juga bisa Anda gunakan untuk barang-barang lainnya karena kontruksinya yang kuat dan kokoh, sehingga keamanannya lebih terjamin. Anda bias membeli rak buku ini di Blibli.



3. IKEA Ekby Jarpen

ikea_ekby_jarpen

Harga : Rp 289.000

Lebih praktis dan cocok untuk ruangan minimalis

Jika Anda kesulitan dalam hal menataletak buku diruangan yang terbatas maka Anda bias menyiasati dengan menggunakan rak dinding minimalis ini.Rak ini terbuat dari bahan Particle Board dengan lapisan khusus yang membuat rak lebih awet dan tahan lama.

Rak ini dilengkapi dengan braket yang bisa Anda pasang dengan jarak maksimal 80 cm untuk memastikan agar rak dinding lebih stabil. Braket terbuat dari kayu birch solid dan dipercantik dengan cat akrilik. Anda bisa membeli rak buku ini di Shopee.

2. Jysk Bookcase Corner

jysk_bookcase_corner

Harga : Rp 329.900

Desain unik, simple dan ekonomis

Rak buku ini dirancang khusus agar bisa diletakkan di area pojok ruangan. Bentuknya menyerupai setengah lingkaran dan mudah dipindahkan sesuai dengan tempat yang Anda inginkan.

Selain itu, warna Acacia yang membalut rak buku ini akan membuat ruangan Anda terlihat lebih simple, nyaman, dan asik sebagai tempat untuk membaca. Anda juga bisa meletakkan bingkai foto atau vas bunga agar dekorasi semakin sempurna. Anda bisa membeli rak buku ini di Lazada.

1. Ikea Billy

ikea_billy

Harga : Rp 1.399.900

Kompartemen lebih luas dan nyaman saat dipakai



Rak berukuran ideal untuk rumah minimalis modern ini memiliki ukuran lebar 80 cm, kedalaman 28 cm,dan tinggi 202 cm. Beban maksimum dari rak ini sebesar 30 kg dan kuat menopang buku-buku koleksi Anda yang snagat banyak.

Buku-buku Anda akan terlihat lebih rapi dengan susunan yang bisa Anda tata sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, rak ini mudah perawatannya sehingga lebih nyaman dan aman menjaga buku Anda tetap bersih. Anda bisa membeli rak buku ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Ketika membeli rak buku, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti kualitas bahan, ukuran yang tepat untuk jenis ruangan Anda, braket dan kompartemennya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar rak buku Anda lebih awet dan tahan lama.
  • Anda bisa memilih rak buku Jysk Bookcase Corner, karena desainnya yang unik, simple, dan ekonomis.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih rak buku iFurnholic Rack Holic 5, karena rak ini memanjang ke atas, kuat dan kokoh, sehingga cocok digunakan untuk Anda yang ingin lebih hemat tempat namun bisa menampung buku lebih banyak.
  • Namun, jika Anda menginginkan rak buku yang bisa membuat ruangan Anda terlihat lebih rapi dan bisa menampung banyak buku-buku, maka Anda bisa memilih rak buku Ikea Billy.

Referensi

  1. Livingspace (2019), How to Choose a Bookcase (Bookcase Buying Guide), https://www.livingspaces.com/inspiration/ideas-advice/guides/how-to-choose-a-bookcase
  2. Hale Bookcases (2019), Barrister Bookcase Wood Care Tips, https://www.halebookcasesdirect.com/pages/barrister-bookcase-wood-care-tips



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Furniture Rak Buku


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Rak Buku untuk Rumah Minimalis Modern", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »