Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


2 August 2021

10 Produk Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar dan Bagus Warnanya

By Cekresi .com
10 Produk Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar dan Bagus Warnanya


Umumnya, produk makanan ikan cupang terdiri dari dua jenis, yaitu makanan alami dan makanan sintetis/pelet. Agar ikan cupang cepat besar, berikanlah makanan yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang. Sementara untuk warna, Anda bisa memberikan pakan konsentrat yang mengandung fosfor.



Karena itu, kami menyajikan 10 produk makanan ikan cupang lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai ikan cupang, hingga cara memberikan makanan dengan tepat agar ikan cupang tetap sehat dan bagus warnanya.

Ikan cupang dengan corak terbaik dan termahal di dunia

Ikan cupang menjadi salah satu primadona di kalangan penggemar ikan hias. Bentuknya yang unik dengan corak dan warna yang menarik menjadi daya tarik tersendiri dari ikan agresif ini.

Warna dan corak pada ikan ini juga sangat berpengaruh pada makanan yang diberikan. Maka dari itu, makanan ikan cupang menjadi hal yang harus diperhatikan bagi Anda penghobi, maupun pembudidaya ikan hias ini.

Semakin unik dan beragam coraknya, maka semakin tinggi pula harga jual ikan cupang. Hal ini terbukti, ikan yang awalnya dikenal sebagai ikan aduan ini memiliki nilai jual yang semakin fantastis.

Ikan cupang Kachen Worachai misalnya, cupang asal negeri Gajah Putih Thailand ini dihargai sekitar Rp 22 juta per ekornya. Ikan ini coraknya menarik, dengan warna dominan biru yang cantik serta terdapat aksen berwarna merah dan putih yang menawan.

Berkat keunikan corak dan warnanya lah ikan cupang Kachen Worachai dijuluki sebagai ikan cupang termahal di dunia.

Cara memilih makanan ikan cupang

Saat ini, tidak sulit menemukan makanan ikan cupang di pasaran. Ada banyak produk pakan ikan cupang, baik dari lokal maupun import. Maka dari itu, untuk menemukan makanan ikan cupang yang terbaik, ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan, antara lain:

  • Perhatikan kandungan nutrisinya

Poin pertama yang harus Anda perhatikan ketika membeli makanan ikan cupang adalah, mengetahui kandungan nutrisinya.



Seperti yang dikutip dari Bettafish.org, beberapa nutrisi yang harus ada pada makanan ikan cupang antara lain, protein, lemak, serat, karbohidrat, fosfor dan kalsium.

Akan lebih baik lagi jika makanan ikan cupang yang Anda pilih, mengandung vitamin yang lengkap seperti Vitamin A, C, D, E, K hingga Vitamin B kompleks.

  • Perhatikan kemasannya

Setelah mengetahui kandungan nutrisinya, selanjutnya Anda juga harus mempertimbangkan kemasan yang digunakan untuk mengemas makanan ikan cupang.

Hal tersebut sangat penting bagi Anda yang memilih makanan berbentuk pelet. Agar kualitasnya terjaga sempurna, pilihlah produk makanan ikan cupang yang dikemas dalam wadah kedap udara.

Dalam botol misalnya, pilihlah botol kemasan yang tertutup rapat dan tersegel rapi. Selain itu, perhatikan juga keterangan yang tertera pada kemasan tersebut untuk mengetahui siapa produsennya? Kapan produk tersebut dibuat? Hingga kapan tanggal kadaluarsanya.

Lebih baik lagi jika Anda memilih kemasan bening, agar isi yang ada di dalamnya terlihat.

  • Perhatikan ukuran atau bentuk makanan ikan cupang

Setelah menemukan produk yang menurut Anda terbaik, Anda juga harus menyesuaikan makanan ikan cupang tersebut dengan kebutuhan ikan cupang yang Anda pelihara.

Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah memilih ukuran makanan yang tidak lebih besar dari bola mata ikan cupang.

Para pembudidaya ikan cupang profesional menilai ukuran bola mata ikan cupang tidak jauh beda dengan kapasitas perutnya. Dari cara ini, Anda dapat mengetahui ukuran pakan yang tepat untuk cupang kesayangan.



  • Ketahui dosis dan kapasitas pemberian makannya

Saat memilih jenis makanan ikan cupang yang tepat, Anda juga harus memperhatikan serving suggestion atau dosis yang disarankan untuk pemberian pakan.

Umumnya, ikan cupang dapat diberi makanan minimal satu kali sehari. Namun, pada ikan cupang yang masih anakan, dosis pemberian makannya bisa sampai dua kali sehari.

Dosis dan kapasitas pemberian makan cupang, akan sangat berpengaruh pada pola makannya. Pelajarilah pemberian makan yang pas, tidak kurang dan tidak lebih. Tetapkan juga jam makan yang ideal untuk mendukung pertumbuhan ikan cupangkesayangan Anda.

  • Cari tahu ulasan pelanggannya

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan saat memilih makanan ikan cupang adalah, mencari tahu ulasan pelanggannya. Karena banyak produk makanan ikan cupang yang beredar di pasaran, mencari tahu ulasan pelanggan terhadap produk yang akan Anda pilih, dapat membantu untuk memperkaya referensi Anda.

Tidak sulit menemukan ulasan pelanggan untuk produk makanan ikan cupang. Anda bisa menemukannya di berbagai forum penggemar cupangdi media sosial, atau membaca literatur dan artikel review produk seperti yang Anda baca sekarang ini.

Cara pemberian pakan ikan cupang dengan tepat

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat memilih produk makanan ikan cupang. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui cara pemberian makan, agar ikan cupang kesayangan Anda tumbuh sehat dan bagus warnanya, antara lain:

  • Jangan memberi makan berlebihan. Kebiasaan makan yang berlebih, dapat membuat ikan cupang menderita gangguan pencernaan. Jika dibiarkan lama, ikan cupang akan mengalami stress sehingga warnanya tidak cerah.
  • Berikan ikan cupang makanan yang bervariasi. Anda bisa memberi makanan alami dan pelet secara bergantian. Hal ini berpengaruh pada selera makan dan daya tahan tubuh ikan cupang.
  • Siapkan makanan darurat ketika stok pakan ikan cupang habis. Anda bisa memberinya kuning telur yang telah direbus, udang ebi kecil atau kacang yang dipotong kecil-kecil.
  • Sesekali biarkan ikan cupang Anda berpuasa. Perlu diketahui, ikan cupang juga perlu berpuasa selama sehari atau dua hari untuk menjaga kesehatan pencernaannya.

10 Produk makanan ikan cupang agar cepat besar dan bagus warnanya

Setelah Anda mengetahui berbagai hal terkait ikan cupang, maka perkenankan kami memberikan 10 rekomendasi produk makanan ikan cupang terbaik berikut ini.



10. Polar Red – Artemia Instant Shell Free

gambar-makanan-ikan-cupang-10

Harga: Rp 27.000

Mendukung pertumbuhan anakan ikan cupang

Sesuai namanya, Original Polar Red – Artemia Instant Shell Free terbuat dari Artemia, sejenis udang kecil yang bernutrisi tinggi. Makanan ikan cupang yang satu ini sangat cocok digunakan sebagai pakan larva ikan atau burayak cupang.

Anda bisa memberikan produk ini pada anakan ikan berumur 4 hari agar lebih cepat besar dan terjaga kesehatannya.

Makanan ikan cupang jenis ini cocok untuk Anda, para pembudidaya atau pebisnis ikan cupang. Kandungan protein dan lemak Artemia membuat pertumbuhan burayak lebih merata, sehingga lebih cepat dipanen dan dijual ke pasaran. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

9. Cacing Sutra Merah

gambar-makanan-ikan-cupang-9

Harga: Rp 10.000

Sumber protein dan lemak terbaik

Bagi penghobi ikan cupang, Cacing Sutra Merah menjadi salah satu pakan andalan yang paling banyak dicari. Sebagai pakan alami, Cacing Sutra Merah merupakan sumber protein dan lemak terbaik untuk menunjang pertumbuhan ikan cupang kesayangan.

Cacing Sutra Merah diklaim memiliki kandungan protein sebanyak 48 persen, lemak sebanyak 15 persen dan gilikogen sebanyak 7 persen. Selain tiga kandungan nutrisi tadi,

Cacing Sutra Merah juga memiliki kandungan asam lemak organik dan asam nucleic. Anda bisa membeli Cacing Sutra Merah ini di Shopee.

8. Frozen Daphnia M27

gambar-makanan-ikan-cupang-8



Harga: Rp 6.000

Menjaga daya tahan tubuh ikan cupang

Selain Cacing Sutra Merah, kutu air menjadi sumber pakan alami yang baik bagi pertumbuhan ikan cupang. Agar lebih praktis, Anda bisa memilih produk Frozen Daphnia M27 ini.

Dikemas dalam keadaan beku, kutu air atau Daphnia dapat bertahan dalam waktu yang lama. Anda bisa menyimpan Frozen Daphnia M27 di dalam freezer agar dapat digunakan sampai tiga bulan ke depan.

Kutu air memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anakan ikan. Selain itu, kutu air juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan cupang. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Thai Super

gambar-makanan-ikan-cupang-7

Harga: Rp 40.000

Memunculkan dan mencerahkan warna

Jika diperhatikan, ikan cupang asal Thailand dikenal sebagai varietas terbaik di kelasnya. Kelebihan ikan cupang asal negara Gajah Putih adalah corak dan warnanya yang menarik.

Salah satu rahasia memunculkan corak dan warna yang cerah terletak pada pakannya. Maka dari itu, produk Pelet Super Thai ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk warna ikan cupang yang lebih cerah.

Produk asal Thailand ini dibuat dari berbagai bahan berkualitas, antara lain spirulina, udang, kepiting dan masih banyak lagi. Anda bisa mulai memberikan pelet ini pada ikan cupang berusia 2 bulan sampai tumbuh dewasa. Dapatkan Pelet Super Thai ini di Shopee.



6. Jentik Nyamuk

gambar-makanan-ikan-cupang-6

Harga: Rp 4.500

Murah dan bernutrisi tinggi

Satu lagi pilihan pakan alami terbaik untuk pertumbuhan ikan cupang. Jentik Nyamuk atau yang sering disebut ncuk mengandung protein yang cukup tinggi, yaitu sebanyak 15,58 persen. Kandungan protein tersebut sangat baik untuk menunjang pertumbuhan ikan cupang kesayangan.

Selain protein, Jentik Nyamuk juga mengandung lemak sebanyak 7,8 persen dan serat sebanyak 3,46 persen, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan ikan cupang. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Aqualife Betta S2

gambar-makanan-ikan-cupang-5

Harga: Rp 39.000

Mengandung multivitamin yang menyehatkan

Selain pakan organik, ikan cupang juga memerlukan asupan nutrisi sintetis yang bisa didapat dari pelet. Dengan kandungan multivitamin, pelet Aqualife Betta S2 menjadi salah satu pilihan bagi penghobi ikan cupang.

Diformulasikan untuk meningkatkan imunitas ikan cupang, pelet yang satu ini membuat ikan cupang kesayangan lebih kuat dan tidak mudah sakit. Anda bisa membeli Aqualife Betta S2 ini di Shopee.

4. Suplemen Organik Cair GDM

gambar-makanan-ikan-cupang-4



Harga: Rp 47.500

Nutrisi komplit untuk pertumbuhan dan kecerahan warna

Bagi Anda yang membutuhkan nutrisi lengkap untuk ikan cupang, Suplemen Organik Cair GDM ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Diproduksi oleh pakar perikanan di Indonesia, suplemen ini mengandung multivitamin, mineral dan micro organisme yang dapat meningkatkan pertumbuhan ikan cupang.

Beberapa nutrisi yang terkandung pada Suplemen Organik Cair GDM di antaranya, mineral essensial, asam lemak, bakteri Pseudomonas alcaligenes, Bacillus brevis, Bacillus pumillus, Bacillus mycoides, dan Micrococcus roseus.

Bakteri tersebut bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan anakan ikan cupang, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kecerahan warna, menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga mencegah stress pada ikan cupang.

Khusus untuk ikan cupang jantan, suplemen ini juga dapat meningkatkan kualitas sistem reproduksi dan menyuburkan spermanya. Pada ikan cupang betina, suplemen ini dapat mempercepat proses pengisian telur.

Anda bisa mengaplikasikan suplemen ini pada segala jenis pakan ikan, baik pakan organik maupun pelet. Suplemen ini juga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas air. Caranya, cukup teteskan 1 ml suplemen pada permukaan air di aquarium selama satu minggu sekali. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Haifeng Alife Fast-I Color Flakes

gambar-makanan-ikan-cupang-3

Harga: Rp 40.000

Dilengkapi astaxanthin untuk corak dan warna yang bagus

Pakan ikan hias asal Taiwan ini telah dikenal sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik untuk ikan cupang. Haifeng Alife Fast-I Color Flakes merupakan pakan bertipe floating atau mengambang yang cocok untuk ikan hias air tawar.



Dengan kandungan 43 persen protein dan 4 persen lemak, pakan ini juga diformulasikan dengan Astaxanthin yang dapat meningkatkan kualitas warna dan corak ikan cupang. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

2. Otohime

gambar-makanan-ikan-cupang-2

Harga: Rp 24.000

Cocok untuk penggemar kontes

Bagi Anda para penggemar kontes, tentu sudah tidak asing dengan pakan ikan cupang yang satu ini. Pelet import asal Jepang ini mengandung gizi yang seimbang yang baik untuk pertumbuhan ikan dan mencerahkan warnanya.

Otohime dibuat dari saripati bahan organik yang dicampur dengan vitamin dan mineral. Seperti udang kriil, Phospolidipids, dan HUFAs. Dilengkapi beta-glucans, pelet ini juga dirancang untuk menstimulasi daya tahan tubuh ikan cupang kesayangan Anda. Pelet Otohime ini dapat dibeli di Shopee.

1. Indobetta Pellet Monster 03

gambar-makanan-ikan-cupang-1

Harga: Rp 45.000

Meningkatkan kesuburan ikan cupang

Indobetta Pellet Monster 03 adalah pelet khusus ikan cupang buatan dalam negeri. Pelet ini dapat dimanfaatkan sebagai makanan alternatif pengganti pakan organik yang bernutisi tinggi.

Produk ini juga cocok untuk para breeder, karena dapat meningkatkan kesuburan ikan cupang, mematangkan telur dan memperbanyak anakan ikan. Anda dapat membeli Pellet Monster 03 ini di Shopee.



Kesimpulan

  • Sebelum membeli makanan ikan cupang, sebaiknya perhatikan kandungan nutrisi, kemasan hingga dosis yang dianjurkan.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara pemberian makanan ikan cupang agar ikan lebih sehat.
  • Anda bisa memilih Cacing Sutra Merah, Frozen Daphnia M27, dan Jentik Nyamuk untuk makanan ikan cupang organik bernutrisi tinggi.
  • Sedangkan bagi Anda yang ingin meningkatkan pertumbuhan, sekaligus memelihara corak dan warna ikan cupang, Anda bisa memilih Thai Super, Haifeng Alife Fast-I Color Flakes, Suplemen Organik Cair GDM.
  • Khusus bagi Anda, para breeder yang ingin meningkatkan produksi ikan cupang, sekaligus menyuburkan kualitas sistem reproduksi ikan cupang, Anda bisa memilih Polar Red – Artemia Instant Shell Free dan Indobetta Pellet Monster 03.

Referensi

1. Ir. Tri Juni Sasongko (2021), GDM Organic, Makanan Ikan Cupang: Jenis, Kandungan Nutrisi Hingga Waktu Pemberian Vitamin Ikan, https://gdmorganic.com/pakan-ikan-cupang/
2. Mari (2020), Aquariadise, Betta Food & Feeding – The Do’s and Don’ts, https://www.aquariadise.com/betta-food-feeding/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Hobi Pelet Ternak


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Produk Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar dan Bagus Warnanya", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »