Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 February 2020

10 Papan Setrika Terbaik untuk Kebutuhan Rumah Anda

By Cekresi .com


Papan setrika tidak hanya sekadar meja untuk menyetrika saja. Lebih dari itu, papan setrika akan membantu Anda menyempurnakan hasil setrikaan menjadi lebih baik. Menyetrika juga akan semakin lebih mudah, praktis dan cepat dengan papan setrika terbaik.



Banyak jenis papan setrika yang ditawarkan oleh produsen terkenal dengan spesifikasinya yang dapat mempermudah aktivitas menyetrika lebih cepat dan rapi. Namun, saat memilihnya Anda harus memperhatikan beberapa hal penting, seperti ukuran, jenis bahan, model, serta harganya.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa papan setrika terbaik untuk kebutuhan rumah Anda dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai papan setrika beserta cara perawatannya.

Mengenal jenis-jenis papan setrika

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli papan setrika terbaik, sebaiknya Anda mengetahui beberapa jenis papan setrika yang biasa digunakan oleh masyarakat:

Pertama, papan setrika konvensional. Jenis papan setrika ini biasanya berbentuk lipat dengan ujungnya yang bulat. Papan setrika ini cocok digunakan untuk segala jenis pakaian, dan tidak membutuhkan tempat khusus untuk menyimpannya.

Kedua, papan setrika multifungsi. Jenis papan ini banyak disukai oleh masyarakat modern karena memiliki laci penyimpanan pakaian, sehingga membuat aktivitas menyetrika lebih praktis dan hemat tempat.

Ketiga, papan setrika jumbo. Untuk jenis papan yang satu ini lebih cocok digunakan oleh para pengusaha loundry. Karena bentuknya yang besar sehingga sangat efektif untuk menyetrika berbagai macam pakaian, terutama yang memiliki ukuran besar, seperti seprai, selimut, gorden, dan lain-lain.

Keempat, papan setrika portable. Papan setrika ini sifatnya lebih praktis, dan mudah dibawa kemana-mana. Anda akan lebih mudah dalam mengatur ketinggian dan kenyamanan sesuai dengan yang Anda inginkan ketika menggunakan papan setrika portable. Selain itu, hemat tempat karena lebih mudah menyimpannya.



Kelima, papan setrika lipat tempel dinding. Sesuai namanya jenis papan ini menempel di dinding dan bisa dilipat sehingga lebih mudah saat menggunakannya. Jadi Anda tidak perlu angkat-angkat lagi saat ingin menyetrika.

Perhatikan kualitas bahannya

Secara umum ada dua bagian penting dari papan setrika, yakni bagian papan atau meja yang langsung bersentuhan dengan pakaian saat menyetrika, dan bagian kerangka yang berfungsi untuk menopang papan agar tidak mudah jatuh.

Pastikan kedua bagian tersebut terbuat dari bahan terbaik dan berkualitas. Untuk bagian papan Anda bisa memilih bahan terbaik yang dilapisi dengan material halus, tidak licin, dan tidak mudah bergeser. Sedangkan untuk bagian kerangka, pilih bahan yang kuat dengan sistem kontruksinya yang tidak mudah goyang.

Jangan tergiur memilih papan yang ringan, karena menyetrika membutuhkan tekanan, terutama pada pakaian tertentu yang membutuhkan tenaga ekstra. Karena itu, kerangka yang kuat dan kokoh akan membuat aktivitas menyetrika menjadi lebih aman dan nyaman.

Perhatikan ukuran luasnya

Salah satu kenyamanan yang bisa Anda dapatkan saat menyetrika pakaian adalah menggunakan papan setrika yang luas. Mungkin Anda bisa memilih yang berukuran lebih lebar daripada panjangnya, karena dapat membuat menyetrika lebih mudah.

Dengan papan yang lebih luas, kinerja Anda akan lebih efektif dan memungkinkan kemudahan saat menyetrika untuk setiap situasi. Gerakan Anda pun akan menjadi lebih lancar dan menyetrika lebih cepat.

Pilih yang memiliki pengaturan ketinggian

Menyetrika dengan berdiri tentu akan melelahkan, apalagi jika Anda menyetrika pakaian dalam jumlah yang banyak. Sedangkan, dengan duduk saja pun akan terasa membosankan dan bisa membuat pinggang Anda terasa sakit.



Karena itu, sistem pengaturan ketinggian perlu Anda perhatikan saat membeli papan setrika. Terdapat beberapa ukuran ketinggian yang biasanya terdapat pada produk papan setrika, dan Anda bisa memilihnya dengan mencoba secara langsung saat membelinya di toko.

Pilih yang dilengkapi dengan fitur tambahan

Saat ini sangat mudah menemukan papan setrika dengan bentuk yang lebih bervariasi dan dilengkapi dengan fitur tambahan yang semakin memudahkan saat menyetrika. Seperti fitur tambahan laci yang akan membuat kegiatan menyetrika lebih praktis dan efisien.

Selain itu, ada juga fitur tambahan gantungan, terutama pada jenis setrika portable atau minimalis. Gantungan ini biasanya terletak di ujung papan sehingga Anda cukup menggantungkannya saat ingin menyimpannya.

Cara merawat papan setrika

Ketika Anda sudah membeli papan setrika, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar papan setrika lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat papan setrika Anda di rumah:

  • Bersihkan papan dan penyangga secara rutin, minimal terhindar dari debu yang menempel.
  • Ketika Anda ingin mencucinya, pastikan melepaskan penutup atau pembungkus papan terlebih dahulu. Anda bisa mencuci penutupnya dengan detergen secara lembut agar tidak merusak tekstur. Hindari menggosok dengan sikat.
  • Untuk penutup yang tidak bisa dilepas, Anda bisa mencari bagian tertentu yang terkena noda, kemudian berikan cairan khusus, diamkan beberapa menit lalu lap dengan kain lembab.
  • Hindari mengeringkan papan setrika yang habis dicuci dengan menaruhnya dibawah sinar matahari langsung.
  • Untuk membersihkan bagian penyangga atau kerangka. Anda bisa melepaskan skrup dan papan terlebih dahulu. Kemudian bersihkan dengan lap basah hingga bagian tersulit dari kerangka papan setrika.
  • Setelah itu, biarkan kerangka setrika kering sendiri, lalu pasang kembali sekrup dan papannya.

10 Papan setrika terbaik untuk kebutuhan rumah Anda

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang papan setrika serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi papan setrika terbaik untuk kebutuhan rumah Anda dari berbagai merek berikut ini:

10. Kris Ironing Board

kris_ironing_board

Harga : Rp 304.000

Desain praktis dan mudah menyimpannya

Papan setrika merek Kris ini adalah salah satu papan setrika terbaik dan banyak digemari oleh masyarakat. Desain lebih praktis yang akan memudahkan Anda untuk menyimpannya. Papan ini mempunyai dimensi panjang 128 cm, lebar 30.5 cm, dan tinggi 81 cm.



Selain itu Anda dapat mengatur ketinggian papan ini sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan yang Anda inginkan. Papan ini dilengkapi dengan fitur utama, yakni kaki papan dapat dilipat, serta pada bagian sisi meja terdapat tempat untuk meletakkan setrika.

Bagian meja berlapis material katun 100% dan menggunakan bahan multi plek dengan balutan busa yang lembut sehingga memudahkan Anda dalam menyetrika pakaian. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.

9. Papan setrika Dazzl

papan_setrika_dazzl

Harga : Rp 299.000

Menyetrika dengan cepat dan praktis

Papan setrika merek Dazzl ini memiliki beberapa kelebihan yang cocok bagi Anda yang tidak ingin menghabiskan banyak waktu ketika menyetrika pakaian. Ukuran lebih luas dan memiliki 2 sisi papan yang besar dan lebar.

Papan ini dapat diputar 360°, sehingga Anda tak perlu lagi membalikkan dan membentangkan pakaian Anda. Dengan begitu, menyetrika lebih cepat, praktis, dan efisien.

Kelebihan lainnya, papan ini dilapisi dua bantalan spons khusus yang terletak dibagian penutup. Sehingga menyetrika akan lebih mudah, tanpa harus menekan setrika dengan keras. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.

8. Papan setrika Ikea

papan_setrika_ikea

Harga : Rp 93.000

Terbuat dari bahan berkualitas dan tahan lama



Papan setrika ini cocok bagi Anda yang menginginkan papan setrika yang praktis dan simple. Karena mempunyai ukuran tanggung, yakni hanya 73 cm x 32 cm x 13 cm. Selain itu papan setrika ini mudah ketika digunakan dan mudah untuk disimpan.

Selain itu, papan setrika ini mengunakan bahan berkualitas tinggi yakni bahan steel yang dilapisi dengan serbuk epoksi. Sehingga menjadikan papan setrika ini lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.

7. Papan setrika Infirma Lareia

papan_setrika_informa_lareia

Harga : Rp 230.850

Mempunyai lapisan luar yang tahan panas dan tidak mudah terbakar

Papan setrika ini sengaja didesain agar penggunanya merasa aman dan nyaman ketika menyetrika pakaian. Terbuat dari bahan yang berkualitas terbaik, dengan busa yang tebal sehingga tidak mudah panas dan terbakar.

Selain itu, kerangka papan setrika ini menggunakan bahan besi yang aman dan kuat. Kemudian bisa dilipat sehingga bisa digunakan pada posisi duduk maupun berdiri. Anda bisa membeli papan setrika ini di Lazada.

6. Papan Setrika Kayu Jati

papan_setrika_kayu_jati

Harga : Rp 220.000

Lebih unik, kuat, dan tahan lama

Dari sekian banyak jenis papan setrika yang tersedia dipasaran Indonesia. Ada salah satu papan setrika yang didesain menggunakan bahan yang unik dan berbeda dari yang lainnya, yakni menggunakan bahan dasar kayu solid jati Belanda.



Selain unik, papan setrika ini dijamin akan awet dan tahan lama, serta kuat karena menggunakan bahan berkualitas tinggi. Selain itu, ukuran papan ini minimalis yang memungkinkan Anda mudah untuk memindahkan dan menyimpannya. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.

5. Papan setrika mini Ikea

papan_setrika_mini_ikea

Harga : Rp 105.000

Bentuk praktis dan hemat tempat

Papan setrika Ikea ini memiliki ukuran minimalis yang memudahkan Anda saat menggunakannya maupun menyimpannya. Anda dapat menyimpan papan setrika ini dengan cara menggantungnya dibelakang pintu atau dilemari pakaian.

Anda tak perlu khawatir karena produk ini tetap menggunakan bahan yang berkualitas tinggi. Selain itu, papan setrika ini lebih stabil dan tahan lama karena bingkai dan bagian dasarnya terbuat dari baja. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.

4. Papan setrika Danka

papan_setrika_danka

Harga : Rp 489.900

Mempunyai fitur ketinggian yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Papan setrika Danka didesain dengan fitur utama yakni penyesuaian ketinggian yang berbeda. Sehingga Anda dapat mengatur ketinggian papan setrika Anda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kelebihan lainnya, memungkinkan uap mengalir melalui besi, sehingga mencegah pembentukan uap. Disamping itu, gagang memiliki alas dari silikon yang tahan panas sehingga dapat mencegah goresan pada permukaan besi. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.



3. Papan setrika compact Creova

papan_setrika_compact_creova

Harga : Rp 168.000

Berkualitas dan multifungsi

Creova mendesain produk papan setrikanya secara detail yang memungkinkan penggunaannya lebih mudah saat menyetrika. Dilengkapi dengan rak disebelah kanan papan setrika yang memudahkan untuk menyimpan pakaian yang telah disetrika.

Selain itu, papan setrika ini mempunyai cover dengan motif yang lucu dan menarik. Dan, papan setrika ini dilapisi dengan busa yang halus sehingga dapat mempercepat proses menyetrika. Jadi, jangan khawatir lagi pakaian kusut dan membandel saat menggunakan papan setrika dari Creova ini.

Kelebihan lainnya, Cover alas papan setrika dapat dilepas sehingga lebih mudah untuk mencucinya. Papan ini juga termasuk jenis papan setrika yang mudah disimpan ketika tidak digunakan. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.

2. Papan setrika desain baru Creova

papan_setrika_desain_baru_creova

Harga : Rp 773.500

Dilengkapi dengan lemari mini yang menyatu dengan papan setrika

Papan setrika yang satu ini merupakan salah satu produk Creova dengan desain terbaru yang lebih modern dan trendy. Papan setrika ini banyak digemari oleh masyarakat karena fungsinya yang lebih praktis. Dilengkapi dengan lemari mini yang dapat memudahkan Anda dalam menyimpan pakaian yang sudah rapi.

Selain dari desainnya yang menarik dan unik. Kerangka papan setrika terbuat dari bahan berkualitas sehingga lebih kuat, kokoh, dan tahan lama. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.



1. Papan setrika kayu ramin

meja_setrika_kayu_ramin

Harga : Rp 124.000

Mempunyai rangka yang kuat dan kokoh

Kayu ramin merupakan jenis kayu yang memiliki tekstur lebih rata dan halus pada bagian permukaannya, sehingga sangat cocok digunakan untuk papan setrika. Selain itu, papan setrika dari kayu ramin lebih kuat, kokoh dan awet.

Kerangka papan setrika memiliki desain yang mudah dilipat, sehingga bisa menghemat tempat, dan mudah disimpan di manapun. Adapun lapisan penutup papannya terbuat dari busa yang halus yang dapat memudahkan Anda saat menyetrika. Anda bisa membeli papan setrika ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli papan setrika, pastikan Anda memperhatikan kualitas dan bahannya, pilih ukuran yang tepat, serta pilih desain kerangka yang kuat dan kokoh.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar papan setrika lebih awet, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih papan setrika dari Creova, karena papan setrika ini lebih modern, praktis, dan mudah menyimpannya.
  • Namun, jika Anda ingin membeli papan setrika terbaik yang ketinggiannya bisa diatur dengan mudah, dengan gagang alas dari silikon yang tahan panas sehingga dapat mencegah goresan pada permukaan besi, maka Anda bisa memilih produk dari Danka.
  • Sedangkan,jika Anda menginginkan papan setrika terbaik yang banyak diminati oleh masyarakat, dengan desain yang lebih praktis dan hemat tempat, maka Anda bisa memilih merek dari Kris.

Referensi

  1. Maids by Trade(2018), How to Clean an Ironing Board, https://maidsbytrade.com/clean-ironing-board/
  2. Alfred Obrien (2017), How To Choose An Ironing Board, https://www.ironsexpert.com/how-to-choose-an-ironing-board/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Papan Setrika Terbaik untuk Kebutuhan Rumah Anda", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »