Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 February 2020

10 Oven Listrik Terbaik Hemat Energi untuk Kebutuhan Rumah

By Cekresi .com


Oven listrik dapat membantu Anda agar lebih mudah dan praktis saat memasak aneka kue kering di rumah. Memasak aneka makanan lainnya juga bisa dengan oven listrik, seperti memanggang roti, pizza, ayam, melelehkan coklat, dan lain sebagainya.



Beberapa produsen perlengkapan rumah tangga terkenal menawarkan berbagai jenis oven listrik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah. Namun yang penting disini adalah, pastikan Anda memilih oven listrik yang memiliki kemampuan lebih hemat energi.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa oven listrik hemat energi untuk kebutuhan rumah dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai oven listrik dan cara perawatanya.

Beberapa keuntungan menggunakan oven listrik di rumah

Oven merupakan peralatan rumah tangga yang berfungsi untuk memanggang, memanaskan atau mengeringkan aneka makanan agar lebih mudah dan praktis. Secara umum, kerja alat ini membuat panas terjebak dalam ruang tertutup sehingga membuat makanan lebih cepat matang.

Banyak jenis oven yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, ada oven dari batu, tanah, logam, dan ada oven modern yang energinya menggunakan energi listrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Oven Listrik.

Prinsip kerja oven listrik pada dasarnya mengubah energi listrik menjadi energi panas dengan menggunakan elemen pemanas. Elemen panas ini nanti yang akan menyebarkan panas ke seluruh ruangan yang ada di dalam oven.

Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan oven listrik adalah sebagai berikut:

  • Memasak makanan akan lebih mudah, cepat, dan praktis.
  • Lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan oven gas.
  • Dilengkapi dengan pengaturan suhu yang bisa memberikan fungsi otomatis saat memasak.
  • Modelnya sangat beragam sehingga lebih mudah memilihnya.
  • Hemat tempat.

Perhatikan daya listriknya

Sangat penting untuk mengetahui daya listrik dari oven listrik yang akan Anda beli. Karena biasanya oven listrik memiliki daya yang cukup besar, yakni minimal 400 watt untuk setiap elemen panasnya.

Oleh karena itu sebelum membeli oven listrik, pastikan Anda melakukan cek ulang berapa kemampuan daya listrik Anda di rumah. Hitung keseluruhan pemakaian daya listrik Anda, seperti lemari es, TV, pompa air, dan lain-lain. Kemudian pastikan bebannya tidak berlebih saat Anda menggunakan oven listrik sehingga aliran listrik di rumah tidak terganggu.



Perhatikan kapasitas oven listrik

Untuk Anda yang terbiasa memanggang makanan dalam jumlah yang banyak, Anda bisa memilih oven listrik dengan kapasitas minimal 18 liter dan memiliki 2 rak sehingga bisa membuat matang lebih merata.

Namun jika hanya untuk memanggang aneka kue, roti atau pizza, Anda bisa memilih oven listrik dengan kapasitas kurang lebih 10 liter. Dengan kapasitas yang lebih kecil, tentu akan membuat masakan Anda lebih cepat matang, lebih hemat, dan efisien.

Perhatikan kualitas bahan yang digunakan

Kualitas bahan bisa menentukan efektifitas serta ketahanan dari oven listrik. Anda bisa memilih oven listrik yang memiliki kualitas terbaik, tahan karat, kuat, dan dapat menghantarkan panas, seperti bahan dari stainless steel.

Kelebihan lain dari bahan stainless steel adalah kemampuannya yang mudah dibersihkan, sehingga oven listrik Anda akan nampak selalu bersih dan tidak merusak kenyamanan pemandangan interior dapur Anda.

Pilih yang memiliki fitur timer

Fitur timer ini berfungsi untuk mengatur waktu oven listrik agar bisa disesuaikan dengan hasil masakan yang akan Anda inginkan. Dengan fitur timer, tentu akan membuat masakan lebih cepat matang dan tepat waktu.

Selain itu, fitur timer juga dapat membantu Anda lebih hemat listrik di rumah, karena fitur ini bisa meminimalisir penggunaan daya listrik dan bisa membuat oven listrik mati dengan sendirinya sesuai dengan pengaturan yang sudah Anda tentukan.

Pilih yang dilengkapi dengan fitur pintar

Saat ini banyak oven listrik yang sudah terintegrasi dengan koneksi smartphone atau yang lebih dikenal dengan oven pintar (smart oven). Oven jenis ini lebih memudahkan Anda saat memasak, karena oven bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui Wi-Fi atau Bluetooth yang sudah terkoneksi dengan aplikasi tertentu.



Kegunaan lain, Anda bisa memadamkan oven, tanpa harus bolak-balik ke dapur saat menggunakan oven pintar. Masakan juga akan matang secara tepat sesuai dengan pengaturan suhu yang sudah Anda tentukan.

Selain itu, hasil panggangan akan menjadi lebih sempurna. Tidak hanya itu, untuk jenis makanan seperti roti, oven pintar ini dapat membuat ragi mengembang sebelum dipanggang.

Cara merawat oven listrik

Ketika Anda sudah membeli oven listrik, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatanya, agar oven listrik Anda lebih bersih dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat oven listrik Anda di rumah:

  • Sebelum membersihkan oven listrik, pastikan oven dalam keadaan off dengan cara melepaskan colokannya terlebih dahulu. Kemudian biarkan beberapa saat, hingga oven tidak panas lagi.
  • Setelah itu, ambil rak atau tatakan yang ada dalam oven. Kemudian bersihkan dengan cairan sabun hingga bersih, lalu keringkan.
  • Untuk bagian dalam oven, Anda dapat membersihkannya dengan lap basah hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan noda yang membandel.
  • Sedangkan untuk bagian luar, Anda bisa menggunakan lap atau spon yang sudah diberi cairan sabun untuk membersihkannya. Kemudian lap kembali dengan lap bersih, dan keringkan.
  • Ketika oven tidak digunakan, Anda bisa melepaskan kabel steker oven dari sumber listrik.
  • Ketika meletakkan oven listrik, pastikan tidak didekatkan dengan sumber panas lainnya, seperti kompor, microwave, dan lain sebagainya.

10 Oven listrik terbaik hemat energi untuk kebutuhan rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang oven listrik serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi oven listrik terbaik hemat energi untuk kebutuhan rumah dari berbagai merek berikut ini:

10. Kirin KBO 190 LW

kirin_kbo_190_lw

Harga : Rp 489.900

Desain lebih mewah dan hemat energi

Oven listrik merek Kirin ini memiliki kapasitas yang cukup besar, yakni 19 liter. Cocok digunakan untuk memanggang ayam atau daging yang bentuknya lebih besar.

Desain yang ditawarkan produk ini dapat memberikan nuansa mewah pada interior dapur Anda. Warnanya terlihat istimewa, lebih modern, dan futuristik dan tentunya akan membuat Anda semakin bersemangat saat memasak.



Oven ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan mudah dibersihkan. Selain itu, lebih hemat penggunaan daya listrik. Anda bisa membeli oven listrik ini di Shopee.

9. Sharp EO-18L (W)

sharp_eo_18l_w

Harga : Rp 500.000

Memberikan pengalaman sensasi memanggang yang berbeda

Produk dari Sharp ini memiliki 3 model heater dengan fitur timer otomatis yang akan membuat kegiatan memasak Anda efisien dan aman. Selain itu, kapasitas oven bisa menampung masakan lebih banyak, yaitu 18 liter.

Oven listrik ini juga dilengkapi dengan turntable glass yang membuat kaca dapat di putar sehingga bisa meningkatkan fleksibelitas saat memanggang. Kemudian, yang menarik lagi dari produk ini adalah garansi 1 tahun. Anda bisa membeli oven listrik ini di Shopee.

8. Cosmos CO9919R

cosmos_co9919r

Harga : Rp 450.000

Memasak lebih mudah, praktis, dan hemat listrik

Oven listrik dari Cosmos ini menggunakan daya listrik berkisar antara 350 -700 watt, dan dilengkapi dengan pengaturan suhu yang memudahkan Anda untuk mengatur hasil masakan secara sempurna.

Oven listrik ini berkapasitas 19 liter yang bisa digunakan untuk memanggang daging ayam. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan oven ini untuk memanaskan aneka makanan dengan lebih cepat dan efisien.



Cosmos CO9919R ini terbuat dari bahan stainless steel yang kuat dan mudah dibersihkan, sehingga membuat oven akan nampak selalu bersih dan baru kembali. Anda bisa membeli oven listrik ini di Shopee.

7. Denpoo DEO 113 Oven

denpoo_deo_113_oven

Harga : Rp 415.000

Membuat memasak lebih mudah dan nyaman

Produk dari Denpoo ini memiliki empat tipe pemanas yang berbeda dalam satu oven, yakni pemanasan nonaktif, pemanasan pada bagian atas, pemanasan pada sisi atas untuk pemanggang, pemanasan sisi atas dan bawah.

Kapasitas oven 9 liter ini sangat efektif untuk menghasilkan masakan agar lebih cepat matang dan merata. Kemudian desainnya elegan yang dapat mempercantik interior dapur di rumah Anda.

Daya listrik oven ini cukup rendah, yakni 240 volt sehingga bisa membuat Anda lebih hemat pemakaian listrik. Dan, kualitas produk ini semakin lengkap dengan adanya timer yang bisa memudahkan Anda memasak secara otomatis.Anda bisa membeli oven listrik ini di Lazada.

6. Oxone OX-898BR

oxone_ox_898br

Harga : Rp 1.098.000

Dilengkapi dengan pemanasan atas dan bawah

Oven yang satu ini memiliki kapasitas 28 liter yang memungkinkan Anda untuk menampung dan memanggang masakan dengan jumlah yang lebih banyak. Oven ini cocok digunakan untuk meningkatkan usaha kuliner Anda di rumah.



Selain itu, dilengkapi dengan fungsi rottisierre yang dapat Anda gunakan untuk memanggang daging ayam secara utuh, dan terdapat fungsi toast dibagian atas yang membuat kegiatan memasak Anda lebih mudah. Anda bisa membeli oven listrik ini di Lazada.

5. Oxone OX-8830

oxone_ox_8830

Harga : Rp 899.000

Membuat masakan lebih cepat matang

Untuk produk Oxone ini memiliki banyak kelebihan dari produk sebelumnya, seperti terdapat tombol pengaturan suhu hingga 230 C yang memungkinkan Anda memasak lebih cepat dan efektif.

Selain itu, terdapat fitur timer yang dapat Anda gunakan supaya lebih hemat pemakaian listrik di rumah. Kemudian juga terdapat fungsi Rotisserie yang bisa Anda gunakan untuk memasak ayam secara utuh dengan cara digantungkan di dalam oven. Anda bisa membeli oven listrik ini di Lazada.

4. Xiaomi Solista Mini

xiaomi_solista_mini

Harga : Rp 825.000

Lebih praktis dan bisa dipakai di mana saja

Xiaomi tidak hanya mengeluarkan produk yang berhubungan dengan smartphone, tetapi juga mulai merambah ke peralatan memasak. Seperti oven listrik Xiaomi Solista Mini ini yang memiliki desain lebih unik dan modern.

Oven listrik ini terbuat dari bahan stainless steel dengan dimensi ukuran 380 x 300 x 275 mm. Dilengkapi dengan 6 tingkat pengaturan suhu yang berbeda sehingga memasak Anda lebih praktis dan cepat.



Kapasitas oven ini 12 liter, dengan menggunakan daya sebesar 800 watt, dan memiliki berat yang ringan, yakni 3.3 kg. Anda bisa membeli oven listrik ini di Shopee .

3. Han River

han_river_oven_listrik

Harga : Rp 250.000

Panas lebih merata dengan kontrol suhu yang lebih luas

Oven listrik Han River ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki hobi memanggang roti dengan jumlah banyak, karena oven listrik ini memiliki 2 rak yang didesain untuk menampung roti-roti Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk mamanggang pizza, ayam panggang, sayap bakar, dan lain sebagainya dengan cara yang mudah dan praktis.

Oven listrik ini dilengkapi dengan pemanasan tabung ganda yang dapat membuat masakan lebih matang secara merata dan tepat waktu. Dan, memiliki radiator pintar yang mampu membuang panas lebih cepat dan efisien. Anda bisa membeli oven listrik ini di Shopee.

2. Mito Neo MO-666


Harga : Rp 425.000

Oven listrik dengan lampu

Oven listrik ini memiliki dua model api yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda saat memasak. Untuk satu model api menggunakan daya 350 watt, sedangkan untuk dua model api menggunakan daya 700 watt.



Lampu dalam rongga pada desain oven listrik ini akan memudahkan Anda saat ingin melihat tingkat kematangan masakan dari luar, sekaligus memberikan kesan unik dan elegan pada oven listrik. Anda bisa membeli oven listrik ini di Shopee

1. Modena 56L

modena_56l

Harga : Rp 6.709.000

Hemat tempat dan berkualitas

Oven listrik dari Modena ini termasuk jenis oven listrik tanam, sehingga lebih hemat pemakaian tempat. Oven listrik berkapasitas sangat besar 56 liter ini akan memberikan Anda kenyamanan maksimal saat memasak masakan dalam jumlah yang besar.

Kelebihan oven ini tidak hanya digunakan untuk memanaskan atau memanggang makanan.Lebih dari itu, oven ini memiliki kemampuan untuk mendinginkan kue dengan menggunakan kipas yang ada di dalam oven. Anda bisa membeli oven listrik ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli oven listrik, pastikan Anda memperhatikan daya listriknya, kapasitas, kualitas bahan, serta fitur tambahan yang bisa membantu Anda lebih mudah saat memasak atau memanggang.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar oven listrik tetap bersih, awet, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih oven listrik dari Denpoo, karena kualitasnya sangat baik, dan memiliki kapasitas 9 liter dengan penggunaan daya rendah yang memungkinkan Anda lebih hemat pemakaian listrik di rumah.
  • Namun, jika Anda ingin membeli oven listrik yang cocok untuk makanan, seperti roti, pizza, ayam bakar, dan dilengkapi dengan fitur yang canggih serta hemat listrik, maka Anda bisa memilih oven listrik dari Han River.
  • Sedangkan,jika Anda menginginkan oven listrik dengan desain unik, modern dan berkualitas, maka Anda bisa memilih oven listrik Xiaomi Solista Mini.

Referensi

  1. Electrolux (2014), How to Care For Your Oven, https://www.electroluxappliances.com/live-love-lux/how-to-care-for-your-oven/
  2. Anne Ellard (2015), Your Guide to Choosing an Electric Oven, https://www.houzz.com.au/magazine/your-guide-to-choosing-an-electric-oven-stsetivw-vs~53547167



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Oven Listrik Terbaik Hemat Energi untuk Kebutuhan Rumah", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »