Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


4 June 2021

10 Oli Motor Terbaik dan Berkualitas

By Cekresi .com
10 Oli Motor Terbaik dan Berkualitas


Mengganti oli motor secara rutin tentu sangat dianjurkan. Karena selain bisa menjaga kualitas mesin, juga bermanfaat untuk memperpanjang usia mesin motor. Apalagi jika oli yang Anda pilih adalah oli terbaik dari merek yang terjamin kualitasnya.



Karena itu, kami menyajikan beberapa jenis oli motor terbaik lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi mengenai oli motor dan cara menggantinya.

Mengenal jenis-jenis oli

Berikut jenis-jenis oli yang perlu Anda ketahui, antara lain adalah:

  • Oli mineral

Oli dengan bahan dasar mineral adalah oli yang diproduksi dari hasil penyulingan mineral bumi yang pada dasarnya teknologi penyulingannya masih sederhana. Sehingga pada oli jenis ini masih terdapat banyak kekurangan.

Tetapi oli ini juga tetap banyak penggunanya dikarenakan oli jenis ini terkadang hanya dapat dipakai di beberapa mesin saja dan sifatnya khusus menggunakan oli mineral. Walaupun oli mineral masih banyak kekurangan, oli ini sudah bersertifikasi API dan JASO

  • Oli sintestik

Jenis oli ini merupakan hasil dari pengembangan teknologi yang semakin canggih. Ketika mineral dari bumi sudah mulai habis, maka produsen-produsen mulai mengakali bahan dasar oli sehingga terciptalah oli sintetik.

Oli sintetik sendiri terbuat dari Ettyline yang sifatnya dapat melumasi permukaan yang terkena bahan tersebut. Oli sintetik juga sudah teruji secara kualitas dan hasilnya sangat bagus untuk kendaraan bermotor.

  • Perpaduan oli mineral dan sintetik

Oli mineral dan sintetik atau oli semi-sintetik ini berasal dari bahan-bahan campuran, yakni sintetik yang dikombinasikan dengan mineral minyak bumi.



Jika dibandingkan dengan harganya, maka oli jenis ini juga terbilang ekonomis, karena tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal.

Perhatikan kekentalan oli

Oli yang dibutuhkan sepeda motor satu pasti berbeda dengan sepeda motor yang lain. Jika Anda akan memilih oli mesin, maka Anda perlu menyesuaikan dengan tingkat kekentalan standar API (American Petroleum Institute).

Pilih oli sesuai dengan kebutuhan medan

Menyesuaikan jenis oli dengan medan yang ditempuh sehari-hari sangat penting, karena hal ini dapat mempengaruhi performa dan ketahanan mesin saat digunakan. Jika digunakan pada jalan dengan lalu lintas yang padat, maka perlu oli dengan bahan tambahan zat aditif.

Motor yang sering berhenti ini akan membuat mesin cepat panas, dan zat aditif ini mampu mengurangi panas mesin sepeda motor. Sehingga mesin pada kendaraan Anda bisa bekerja secara optimal.

Pilih oli yang sudah bersertifikat

Dalam pemilihan oli sangat dianjurkan memilih oli yang sudah teruji dan juga sudah terbukti berkualitas.

Hal tersebut sangat penting, karena jika salah pilih maka taruhannya adalah mesin motor Anda, dan Anda juga akan keluar biaya banyak ketika mesin rusak. Jadi sebaiknya pilih oli yang sudah bersertifikasi API dan JASO

Cara mengganti dan menggunakan oli dengan tepat

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ingin mengganti oli motor, yaitu:

  • Atur jadwal ganti oli

Anda sebaiknya menjadwal untuk penggantian oli motor kesayangan anda, karena oli memiliki rentan umur yang panjang jika kualitas dan pemakaian produk oli tersebut sesuai dengan standar. Jangan menunda untuk mengganti karena akan berakibat fatal pada mesin .



  • Sering mengecek oli

Anda harus sering mengecek kapasitas oli mesin, minimal seminggu sekali. Pengecekan yang rutin menghindarkan dari kehabisan oli mesin, sehingga performa dan kualitas mesin tetap terjaga.

  • Catat interval penggantian oli

Interval penggantian oli dapat mempermudah Anda untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti oli lama dengan yang baru. Biasanya interval penggantian oli yaitu sekitar 5000 km dengan pemakaian harian dan tidak di medan yang ekstrem.

  • Pilih oli yang tepat

Oli yang tepat, akan sangat mempengaruhi kinerja dari mesin itu sendiri, mesin akan terasa ringan dan halus. Jika sampai salah memilih oli yang digunakan, maka mesin akan menjadi berat dan malah cepat panas.

Misalkan untuk motor bebek dengan kebutuhan kekentalan SAE 10w-40 diberi oli dengan tingkat kekentalan lebih dari itu, maka mesin akan bekerja lebih berat karena oli terlalu kental dan gesekan akan lebih banyak jadi mesin akan lebih panas.

  • Jangan gunakan lagi oli bekas

Anda jangan sekali sekali mencoba untuk menggunakan oli yang sudah bekas. Karena hal tersebut akan berdampak buruk sekali bagi kualitas dan kondisi komponen mesin Anda. Jadi jangan sampai itu terjadi.

Usahakan pasti menggunakan oli yang baru, karena menggunakan oli yang lama akan membuat mesin menjadi cepat panas dan tidak bisa terlumasi dengan sempurna, serta performa juga pasti akan menurun.

  • Jangan menyemprot mesin

Ketika Anda mengganti oli mesin, hindari penyemprotan pada bak mesin dengan angin dari kompresor. Hal ini dihindari karena ketika penyemprotan angin ke bak kopling maka otomatis angin akan mendorong oli keluar ke lubang pembuangan dan sisa-sisa dari udara.



Ditakutkan mengandung air dari tangki kompresor dan juga oli yang tersisa kurang untuk melumasi mesin ketika pertama dihidupkan setelah mengganti oli.

  • Jangan membuang limbah sembarangan

Buanglah oli bekas yang tidak digunakan ke tempat sampah yang sesuai dan usahakan ketika mengganti oli, oli bekas pakai ditaruh diwadah oli yang lama agar tidak tumpah ketika dibuang.

  • Jangan mencampur oli

Hindari mencampur jenis oli satu dengan oli yang lainnya. Hal ini dihindari karena jika oli yang berbeda merk dan spesifikasi dapat menyebabkan ketidaksesuaian material dan kurangnya efektivitas kerja oli ini.

  • Tidak perlu mengganti saringan atau filter setiap kali mengganti oli

Saringan oli tidak perlu diganti, penggantian hanya dilakukan saat saringan oli ini benar-benar sudah tidak layak pakai atau telah rusak.

10 Oli motor terbaik dan berkualitas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang oli dan cara menggantinya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi oli terbaik dengan harga terjangkau dari berbagai merek berikut ini.

10. Motul 5100

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-10

Harga: Rp120.000

Oli Motul oli berbahan synthetic murni



Oli Motul ini memiliki tingkat SAE 10w40 dan untuk ester racing 15w50. Kemampuannya dapat melumasi seluruh komponen mesin hingga ke sela sela terkecil, sehingga seluruh komponen mesin akan terlumasi dengan baik.

Hasilnya, motor akan lebih nyaman saat digunakan serta tidak mudah panas dan umur oli semakin panjang. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membeli oli Motul di Shopee.

9. Deltalube Daily 757 Premium Sport Bebek SAE 10W40

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-9

Harga: Rp58.000

Mengandung pendingin dan melumasi diseluruh komponen mesin

Daily 757 Premium 10W40 memberikan kebebasan berkendara bagi motor dalam semua kondisi jalanan. Diformulasikan untuk mendukung kinerja mesin yang dinamis serta efisien bagi pengendara dengan aktivitas yang tinggi sehari- hari.

Oli Deltalube memiliki kekentalan standart sampai dengan suhu – 10° dalam kondisi dingin dan pada kondisi panas, Oli ini akan bertahan dengan tingkat kekentalan yang standar sampai dengan suhu 40°. Anda dapat membeli Oli Deltalube di Shopee.

8.Idemitsu SL MA 10W40 Semi Synthetic

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-8

Harga: Rp43.300



Oli hemat bahan bakar dan anti korosi

Oli Idemitsu adalah oli semi synthetic yang sangat cocok bagi pengguna motor dari motor bebek hingga motor sport. Oli ini di formulasikan dengan tingkat kekentalan yang sudah sesuai dengan SAE.

Oli Idemitsu memiliki tingkat kekentalan yaitu 10W-40 yang pada keadaan dingin atau suhu rendah oli ini tetap encer yang akan mempermudah ketika menghidupkan mesin kendaraan Anda.

Oli ini memiliki kelebihan yaitu daya tahan terbaik dari temperatur yang tinggi, hemat bahan bakar, dan melindungi mesin dari keausan serta memperpanjang umur mesin. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membeli produk Idemitsu di Shopee.

7. Yamalube Gold 10W40

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-7

Harga: Rp41.500

Oli universal cocok disegala medan

Yamalube Gold Motor Oil adalah oli motor yang diproduksi khusus bagi motor moped (Underbound) 4T untuk performa dan akselerasi yang lebih baik.



Dengan kode SAE 10W40, oli Yamalube ini cocok untuk digunakan di semua kondisi seperti dingin, panas, maupun kondisi ekstrim seperti saat hujan.

Kelebihan dari oli ini yaitu dapat melindungi setiap komponen yang terlumasi oli seta dapat menjaga dari kotoran-kotoran dari gram mesin yang dapat mengurangi efektifitas kerja mesin motor.

Oli ini merupakan pilihan yang tepat untuk anda, karena oli ini dapat dipakai untuk harian, perjalanan jauh serta bisa digunakan untuk racing atau balap. Untuk mendapatkannya, Anda dapat membeli produk Yamalube di Shopee.

6. AHM SPX 1 Full Oil Synthetic

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-6

Harga: Rp 49.000

Oli murah kualitas teruji

AHM SPX 1 Full Oil Synthetic merupakan oli canggih dengan bahan dasar yaitu bahan Synthetic yang diproduksi khusus oleh Honda R&D Japan. Oli ini dapat menjaga kestabilan mesin ketika digunakan secara normal maupun penggunaan di keadaan ekstrem.

Tingkat kemurnian pada oli ini sangat baik, sehingga pada suhu yang tinggi, gesekan (friksi) pada mesin lebih kecil. Memberikan proteksi yang sangat baik pada performa dan akselerasi mesin yang lebih tinggi.



Oli AHM SX1 memiliki harga yang sangat terjangkau, dengan harga yang sangat terjangkau, tidak heran jika banyak yang memilih oli ini. Anda dapat membeli produk AHM SPX1 ini di Shopee.

5. Shell Advance Ax7 10W40

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-5

Harga: Rp48.500

Shell advance sendiri diformulasikan untuk mengatasi berbagai medan

Shell advance merupakan oli produk luar negeri yang sangat bagus kualitasnya. Oli ini sudah banyak dipakai untuk semua jenis kondisi dan semua jenis kendaraan. Mulai dari kendaraan motor bebek, matic, hingga motor sport.

Oli Shell advance memiliki tingkat kekentalan yang mumpuni dengan kualitas bahan yang baik, sehingga umur dari pemakaian oli juga akan lebih lama. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli produk oli Shell advance ini di Shopee.

4. AHM MPX3 Oil 4T

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-4

Harga: Rp34.000

MPX 3 mengandung bahan-bahan cleansing agent



AHM Oil MPX 3 hadir untuk para pengguna sepeda motor yang membutuhkan tingkat kekentalan oli yang cukup tinggi. Pada oli jenis ini memiliki tingkat kekentalan yaitu sebesar 20W-40.

Semakin kental suatu oli maka daya tahan panasnya juga semakin baik, namun tetap harus disesuaikan dengan standart dari kendaraan yang anda gunakan agar tidak terjadi penurunan performa dan akselerasi pada mesin anda.

MPX 3 oil mengandung Honda Smartfim, Honda Visco Improver, Honda Anti Oxidant, dan Honda Cleansing Agent. Produk ini dapat membersihkan mesin dari kerak-kerak yang menempel pada bagian mesin serta melumasi seluruh permukaan mesin. Anda dapat membeli produk MPX3 ini di Shopee.

3. Kawasaki Genuine Oil KGO Semi Synthetic

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-3

Harga: Rp83.860

Oli kental pengurang suara kasar motor

Oli besutan dari merk Kawasaki ini juga tidak kalah dengan yang lain kualitasnya. Hadir dengan kemasan yang sangat bagus dan menarik. Oli ini mempunyai banyak sekali manfaat yang akan didapat ketika diaplikasikan pada motor.

Produk ini memiliki tingkat kekentalan 10W40 yang artinya cocok untuk berbagai kondisi. Oli ini dapat mengurangi gesekan pada mesin, dapat mengurangi suara kasar pada mesin serta dapat memberikan efek lebih dingin pada saat digunakan untuk perjalanan jauh.



Anda dapat mengaplikasikan oli ini pada semua motor dari mulai motor bebek hingga sport. Sehingga sangat cocok sekali untuk seluruh konsumen. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli produk Oli Kawasaki ini di Shopee.

2. Prima XP Oil

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-2

Harga: Rp45.000

Melindungi dan menjaga kondisi mesin agar optimal

Prima XP sae 20W50 adalah minyak pelumas bensin yang diformulasikan dengan base oil dan aditif berkualitas tinggi. Prima xp merupakan oli dengan bahan aktif yang berguna untuk membersihkan serta merawat komponen mesin.

Prima xp memiliki kelebihan yaitu tetap bisa melindungi dan menjaga kondisi mesin agar selalu optimal. Prima XP sae 20W50 direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan terbaru dengan bahan bakar bensin. Anda dapat membeli produk Prima xp di Shopee.

1. Federal Oil Ultratech

foto-oli-motor-terbaik-dan-berkualitas-1

Harga: Rp31.000

Dilengkapi dengan Wear protection technology



Federal Oil Ultratec adalah pelumas yang diformulasikan khusus untuk mesin motor bebek dan sport 4T transmisi manual dengan beban kerja berat. Dengan spesifikasi SAE 20W – 50 JASO MA.

Wear protection technology pada Federal Oil Ultratec mampu memberikan perlindungan maksimal terhadap keausan sehingga mesin lebih awet dan mesin motor pun menjadi halus tanpa ada suara yang kasar.

Federal Ultratech sangat cocok digunakan untuk kegiatan harian, perjalanan jauh, maupun dalam kondisi yang berat. Anda dapat membeli produk Federal Ultratech di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli Oli untuk motor, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal penting seperti tingkat kekentalan, jenis bahan, kualitas, dan harganya.
  • Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara penggantian oli yang benar.
  • Anda bisa memilih oli Motul, karena memiliki kualitas yang sangat baikdan tahan lama.
  • Namun, jika Anda yang ingin membeli oli berkualitas dengan harga terjangkau,maka Anda bisa memilih oli Prima XP.
  • Sedangkan, khusus untukmesin motor bebekdan sport 4T tranmisi manual denganbebankerjaberat, Anda bisa memilih oli dari Federal Ultratech.

Referensi

1. Collin, Dane (2018), 10 Step To Change Your Engine Oil,https://www.carbibles.com/diy-oil-change/
2. Rossi, Jasson (2021),How to Change Motorcycle Oil,How to Change Motorcycle Oil |Beginners Guide| Sporty Journal



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Kendaraan Motor


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Oli Motor Terbaik dan Berkualitas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »