Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 July 2021

10 Obat Seriawan Dewasa dan Anak-anak yang Efektif Percepat Penyembuhan

By Cekresi .com
10 Obat Seriawan Dewasa dan Anak-anak yang Efektif Percepat Penyembuhan


Seriawan menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang, baik dewasa maupun anak-anak. Biasanya seriawan muncul di area mulut, seperti bibir, langit-langit mulut, gusi, hingga dekat tenggorokan. Salah satu solusi efektif untuk percepat penyembuhannya adalah menggunakan obat seriawan.



Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi obat seriawan dewasa dan anak-anak yang efektif percepat penyembuhan lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan mengenai obat seriawan dan cara penggunaannya.

Jenis-jenis obat seriawan

Luka pada seriawan biasanya diawali dari goresan gigitan atau benjolan kecil. Umumnya seriawan memiliki warna putih atau kuning dengan warna merah di pinggirannya.

Seriawan juga bisa disebabkan oleh masalah imun dan stres. Pada beberapa kasus seriawan bisa muncul secara berulang dalam intensitas berbeda.

Sebenarnya seriawan tidak begitu berbahaya dan bisa sembuh dalam beberapa hari saja. Namun rasa sakit dan perih yang ditimbulkannya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari seperti minum dan makan. Oleh sebab itu, penggunaan obat seriawan disarankan agar luka tersebut bisa sembuh lebih cepat.

Ada banyak obat seriawan yang dijual di apotek atau toko obat. Namun, perlu diperhatikan kalau tiap jenis obat memiliki cara penggunaan yang berbeda. Agar tidak salah memilih, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis obat seriawan yang ada di pasaran berikut ini.

  • Obat seriawan cair

Jenis ini cukup mudah ditemui di pasaran. Bentukannya yang cair membuat obat ini sangat mudah digunakan.

Bahkan, obat seriawan cair bisa juga untuk menjangkau area dalam mulut yang sulit di jangkau, misalnya di dekat tenggorokan. Obat seriawan cair ini tersedia dalam bentuk sirup atau spray.

  • Obat seriawan salep

Seperti obat seriawan cair, jenis salep juga mudah ditemukan di beberapa toko obat atau apotek. Jenis obat ini biasanya memiliki kandungan minyak yang mampu menghalau air sekaligus melindungi sekitar area seriawan.



Penggunaannya sangat mudah. Tinggal dioleskan ke seriawan secara merata. Namun, bagi yang belum terbiasa mungkin akan merasa aneh dan mengganjal ketika menggunakan obat ini.

  • Obat seriawan tablet

Rasa perih sering timbul ketika menggunakan obat seriawan cair dan salep. Karena kedua jenis obat tersebut akan bersinggungan langsung dengan luka seriawan.

Kalau Anda tidak ingin merasakan perih dan sakit, obat seriawan berbentuk tablet ini bisa jadi solusi terbaik. Jenis obat ini juga dianjurkan apabila Anda sering mengalami seriawan dan sulit sembuh.

  • Obat seriawan plester

Ini merupakan jenis obat seriawan terbaru yang wajib dipertimbangkan. Cara kerjanya mirip seperti stiker. Anda hanya perlu menempelkan plester ini pada luka seriawan.

Dengan menggunakan obat ini, Anda bisa makan dan minum tanpa harus merasa perih. Namun, pada area mulut yang kurang rata, obat plester ini bisa terlepas dengan mudah. Selain itu, tidak semua jenis seriawan cocok untuk menggunakan obat ini.

Perhatikan komposisi obat seriawan yang akan Anda beli

Umumnya, ada dua jenis komposisi pada obat seriawan yakni steroid dan non-steroid. Komposisi steroid sangat disarankan untuk mengatasi peradangan parah saat seriawan.

Akan tetapi, zat tersebut tidak direkomendasikan untuk pemakaian jangka panjang. Karena bisa menipiskan kulit rongga mulut.

Sementara komposisi non-steroid direkomendasikan untuk pengobatan seriawan jangka panjang. Tepatnya ketika peradangan yang dialami mereda. Anda bisa melihat komposisi dari obat seriawan di bagian kemasannya.



Kalau masih ragu, Anda bisa bertanya pada dokter atau apoteker terdekat mengenai kandungan komposisinya.

Cek dosis dan aturan pakai obat seriawan

Dalam mengonsumsi obat-obatan, sangat penting untuk mengecek aturan pakai dan dosisnya. Karena tiap obat memiliki dosis pakai yang berbeda-beda. Biasanya menyesuaikan dengan usia dari penggunanya.

Tiap produsen biasa menuliskan dosis dan aturan pakai pada kemasan obat seriawannya. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapat informasi yang lebih jelas.

Pertimbangkan manfaat pada masalah mulut lain

Mulut merupakan salah satu bagian yang rentan akan penyakit. Selain seriawan, ada juga masalah mulut lain, seperti bau mulut, sakit tenggorokan, gusi bengkak, bibir kering hingga sakit gigi.

Beberapa di antaranya bisa terjadi berbarengan dengan seriawan. Supaya tidak perlu membeli banyak produk, sebaiknya Anda memilih satu obat seriawan yang dapat mengatasi berbagai masalah tersebut.

Periksa masa kedaluwarsa obat seriawan

Seperti jenis obat-obatan lain, obat seriawan juga memiliki masa kedaluwarsa. Sebelum memilih salah satu produknya, perhatikan dahulu masa kedaluwarsanya. Pastikan tanggalnya masih lama agar bisa digunakan di kemudian hari.

Cara menyimpan obat seriawan yang baik

Obat seriawan yang tidak habis dipakai biasanya akan disimpan agar bisa digunakan kemudian hari.

Untuk menjaga agar obat yang disimpan tidak mudah rusak, ada beberapa cara yang harus diperhatikan seperti:

  • Apabila Anda membeli obat seriawan jenis cair, simpanlah di wadah yang tertutup dan aman. Tujuannya agar isi di dalamnya tidak terkontaminasi oleh zat-zat lain dari luar.
  • Tiap jenis obat seriawan memiliki cara penyimpanan yang berbeda. Anda bisa melihatnya pada kemasannya.
  • Setelah menggunakan obat seriawan, jangan lupa menutupnya serapat mungkin. Dengan begitu, isinya tidak akan tumpah dan terkontaminasi.
  • Perhatikan masa kedaluwarsa dari obat seriawan. Namun, sebaiknya gunakan tidak lebih dari satu bulan setelah kemasan dibuka.

10 Obat seriawan dewasa dan anak-anak yang efektif percepat penyembuhan

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang obat seriawan dengan cara penggunaannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi obat seriawan dari berbagai merek berikut ini.



10. Hau Fung San Spray Cap Kupu

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-10

Harga : Rp 30.000

Sembuhkan masalah seriawan dan tenggorokan

Terkadang, seriawan bisa terjadi bersamaan dengan masalah panas dalam atau tenggorokan kering.

Untuk mengatasi segala permasalahan tersebut, Hau Fung San Spray Cap Kupu bisa jadi pilihan tepat. Komposisi terbaik di dalamnya dapat efektif menumpas bakteri dan kuman penyebab seriawan.

Cara pemakaiannya cukup disemprotkan secukupnya di bagian yang mengalami sakit. Produk ini mampu meningkatkan cairan selaput lender di bagian tenggorokan yang mengalami iritasi. Dengan begitu, rasa kering dan sakit pada tenggorokan bisa mereda.

Selain itu, sensasi segar dari kandungan menthol dan camphor-nya dapat mencegah bau tidak sedap dari mulut. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

9. Tablet Herbal Kuldon

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-09

Harga : Rp 22.000

Redakan seriawan dengan bebas rasa perih

Baik anak-anak maupun orang dewasa, sering kali merasa takut-takutan untuk menggunakan obat seriawan. Alasannya karena rasa perih yang timbul ketika mengoleskan obat ke seriawan.

Kalau Anda juga merasa demikian, coba beralih ke obat seriawan berbentuk tablet ini. Tidak perlu dioleskan pada seriawan. Cukup minum tabletnya sesuai dosis yang dianjurkan.



Produk ini mengandung berbagai ekstrak tumbuhan herbal yang kaya manfaat, seperti daun saga, alang-alang, akar manis, serta bunga seruni.

Bukan hanya mengobati seriawan, obat ini juga bisa dipakai untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, serta melancarkan BAB. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

8. Efisol Liquid

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-08

Harga : Rp26.500

Bisa dijadikan obat kumur

Selanjutnya ada Efisol Liquid. Sesuai namanya, obat seriawan ini memiliki tekstur cair. Penggunaannya bisa dilakukan dengan mengoleskan langsung pada luka atau dijadikan sebagai obat kumur.

Caranya campurkan sebanyak 10 – 20 tetes obat dalam segelas air, lalu kumur-kumur menggunakan air tersebut.

Obat ini mengandung thymol dan dequalinium. Hasilnya, masalah seriawan bisa disembuhkan dengan cepat. Manfaat lain yang bisa didapat adalah meredakan gusi bengkak, mengatasi bibir pecah-pecah, hingga mencegah bau mulut akibat seriawan. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

7. Ciubros Farma Gentian Violet

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-07

Harga : Rp 3.500

Menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut

Produk obat kumur ini memiliki kandungan Kristal violet yang berfungsi sebagai antiseptik. Fungsinya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Bisa juga untuk mengobati seriawan serta mengatasi bau mulut.

Ada dua cara yang bisa Anda pilih untuk menggunakan obat ini. Pertama adalah dengan menjadikannya sebagai obat kumur. Tinggal larutkan 1 – 2 tetes obat ke dalam satu gelas air.



Cara lain adalah dengan memakainya sebagai obat oles. Teteskan obat pada cotton bud lalu oles di bagian mulut yang terkena seriawan. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

6. Enkasari

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-06

Harga : Rp 11.000

Aman dikonsumsi ibu hamil

Memberikan obat seriawan pada ibu hamil perlu perhatian lebih. Pasalnya ada beberapa kandungan obat yang dapat mengganggu kondisi janin yang sedang dikandungnya. Untungnya sekarang ada produk obat seriawan yang aman untuk ibu hamil, seperti Enkasari.

Produk ini mengandung ekstrak daun saga, akar kayu manis, daun sirih dan menthol yang dapat mengurangi rasa sakit dari seriawan. Membuatnya tetap aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain itu, obat sirup ini juga cocok untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

5. Mix Saga Obat Herbal

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-05

Harga : Rp 17.000

Dengan rasa manis madu yang disukai anak-anak

Memberikan obat pada anak-anak perlu effort yang lebih. Bahkan, tidak jarang harus sampai kejar-kejaran hanya untuk memaksa mereka meminum obatnya. Untungnya kini sudah banyak obat yang ramah bagi anak-anak. Salah satunya adalah obat seriawan dan batuk Mix Saga.



Produk berbentuk cairan ini terbuat dari kombinasi bahan-bahan alami, di antaranya daun saga kayu manis, pegagan, sirih, serta madu. Kandungan madu tersebut akan memberikan rasa manis yang disukai oleh anak-anak. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

4. Taisho Patch

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-04

Harga : Rp138.500

Menutupi luka seriawan tanpa sakit

Obat seriawan ini bisa dibilang sangat unik. Bentuknya mirip seperti stiker atau patch. Cara menggunakannya cukup menempelkan stiker tersebut pada luka seriawannya.

Selagi seriawannya diobati, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan atau minuman tanpa harus mengalami rasa perih dan sakit.

Menariknya, stiker ini nantinya akan larut dengan sendirinya. Luka seriawan pun kemudian akan mengecil hingga sembuh. Obat seriawan ini cocok digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak berusia di atas 5 tahun.

Sementara anak-anak berusia di bawah lima tahun tidak dianjurkan menggunakan obat ini karena khawatir tertelan. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

3. Kenalog In Orabase

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-03

Harga : Rp 75.000

Redakan seriawan dengan cepat

Rasa sakit dan perih ketika seriawan seringkali membuat anak-anak menjadi pendiam dan murung. Untuk mengembalikan keceriaan si buah hati, produk Kenalog ini bisa jadi solusi terbaik. Kemasan tube-nya yang praktis membuat obat seriawan ini bisa digunakan di mana saja.



Cara pemakaiannya sangat mudah.Anda hanya perlu mengoleskan obat berbentuk seperti pasta gigi ini ke bagian luka seriawan. Sebaiknya gunakan perantara cotton bud agar lebih higienis.

Waktu pengolesan terbaik bisa dilakukan setelah makan dan sebelum tidur. Dalam waktu singkat, seriawan akan mereda dan anak-anak bisa ceria kembali. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

2. Betadine Mouthwash & Gargle

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-02

Harga : Rp 25.000

Atasi berbagai masalah dalam mulut

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami masalah. Beberapa masalah mulut yang populer ialah seriawan, gusi bengkak, bau mulut, sakit gigi, serta sakit tenggorokan. Untuk mengatasi masalah tersebut, produk obat kumur Betadine ini bisa jadi solusi terbaik.

Betadine Mouthwash & Gargle memiliki kandungan povidone-iodine sebanyak 1% yang mampu menghilangkan bakteri dan kuman pada mulut Anda.

Cara menggunakannya sangat mudah. Tuang sebanyak 10 – 15 ml pada bagian tutupnya atau wadah tertentu, lalu berkumur menggunakan cairan tersebut. Tunggu selama 30 – 60 detik lalu muntahkan.

Produk ini sangat dianjurkan bagi orang dewasa serta anak-anak berusia di atas 6 tahun. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee.

1. Albothyl

foto-obat-seriawan-dewasa-dan-anak-anak-yang-efektis-percepat-penyembuhan-01

Harga : Rp 50.000

Obat seriawan andalan masyarakat

Produk ini selalu jadi andalan banyak orang ketika sedang mengalami masalah seriawan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Albothyl mampu mengobati seriawan dengan efektif dan cepat tanpa menimbulkan rasa perih.



Anda bisa menggunakan obat seriawan ini dengan dua cara. Pertama dengan dijadikan sebagai obat kumur. Tuangkan 1 – 2 tetes Albothyl ke dalam segelas air lalu berkumur dengan air tersebut.

Cara lainnya adalah dioleskan langsung ke seriawan dengan menggunakan cotton bud. Anda bisa membeli produk obat seriawan ini di Shopee

Kesimpulan

  • Sebelum membeli obat seriawan, sebaiknya Anda mempertimbangkan dosis dan aturan pakai, masa kedaluwarsa, serta manfaat lain yang bisa didapat.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan cara penyimpanannya agar obat seriawan tidak mudah rusak dan tetap bisa digunakan kemudian hari.
  • Anda bisa memilih Mix Saga Obat Herbal, karena memiliki rasa manis madu yang disukai anak-anak.
  • Sedangkan untuk Anda yang mencari obat seriawan untuk ibu hamil, Anda bisa memilih Enkasari.
  • Namun, jika Anda yang menginginkan obat seriawan untuk mengatasi berbagai masalah pada mulut, maka Anda bisa memilih BETADINE Mouthwash & Gargle.

Referensi

1. Halodoc (2019), Sariawan, https://www.halodoc.com/kesehatan/sariawan
2. Medscape (2020), Tropical Sprue Medication, https://emedicine.medscape.com/article/182986-medication
3. Health Detik (2019), Cara Menyimpan Obat yang Sudah Dibuka, Penting Buat yang Sering Sakit!, https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4689604/cara-menyimpan-obat-yang-sudah-dibuka-penting-buat-yang-sering-sakit



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Anak-Anak Kesehatan Obat


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Obat Seriawan Dewasa dan Anak-anak yang Efektif Percepat Penyembuhan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »