Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


27 October 2021

10 Modem Wi-Fi Terbaik Agar Koneksi Internet Super Cepat

By Cekresi .com
10 Modem Wi-Fi Terbaik Agar Koneksi Internet Super Cepat


Memilih modem Wi-Fi terbaik yang super cepat memang tidak mudah. Banyak pilihan produk dari berbagai merek di pasaran malah terkadang membuat bingung untuk menentukan mana yang cocok dan tepat digunakan.



Apalagi setiap jenis atau merek, pasti mempunyai spesifikasi yang berbeda. Kekuatan menerima sinyal dan memancarkannya pun tidak akan sama. Untuk itu, jangan sampai Anda salah dalam memilihnya.

Mengenal modem Wi-Fi dan fungsinya

Modem Wi-Fi sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan MiFi. Sebenarnya tidak ada kepanjangan resmi dari nama tersebut. Mungkin saja, karena lebih mudah dan simpel dalam mengucapkannya.

Modem biasanya terdapat 2 komponen utama, yaitu modem dan router Wi-Fi. Router sebagai koneksi yang ada di alat tersebut. Sedangkan, untuk modemnya sebagai penghubung ke berbagai jaringan seluler, seperti 3G atau 4G.

Modem memiliki ukuran yang kecil dan bisa Anda pakai dimana pun. Jaringan internet yang dipakai, umumnya dari operator seluler, misalnya, Smartfren, XL Axiata, dan Telkomsel. Dengan bentuknya yang mungil, sehingga dapat dibawa kemana-mana.

Modem dengan komponen router bisa digunakan bukan hanya pada satu orang, tetapi dapat untuk beberapa pengguna. Jadinya, semua yang ada di rumah Anda, juga bisa memakainya secara bersamaan.

Pilih operator yang tepat

Jenis modem dibagi menjadi 2, yaitu SIM lock dan unlock all operator. Kategori pertama tersebut, hanya dapat Anda pakai dengan kartu tertentu, misalnya cuma menggunakan kartu Telkomsel saja.

Sedangkan, untuk unlock all operator, Anda dapat memasukkan berbagai jenis kartu sebagai pengisinya. Jenis modem ini sangat direkomendasikan, karena akan berguna jika terjadi situasi sulit.



Misalnya saja ketika Anda bepergian ke tempat jauh. Ternyata kartu yang awal digunakan tidak dapat mengakses sinyal dengan baik di tempat tersebut, maka Anda dapat menggantinya dengan kartu lain.

Pilih modem yang mendukung banyak OS

Anda disarankan untuk membeli modem Wi-Fi yang men-support banyak OS, seperti Windows, Linux, Mac OS, dan Android. Dengan begitu, akan mempermudah untuk menghubungkannya ke berbagai perangkat dengan OS berbeda.

Jika hanya memiliki modem yang hanya terakses pada OS tertentu. Misalnya, ada kendala pada perangkat tersebut, maka modem sudah tidak dapat digunakan ke lainnya, kecuali memiliki OS yang sama.

Pilih modem yang tidak cepat panas

Modem yang mudah panas, tentunya juga akan menurunkan koneksi jaringannya. Sehingga penggunaannya akan lambat, meskipun data yang dimiliki masih banyak. Pada akhirnya, terpaksa harus mematikannya dulu untuk menormalkannya kembali.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih modem yang tidak cepat panas. Meskipun memakainya berjam-jam, kondisinya tetap stabil. Jadi, akan tetap memancarkan koneksi internet yang stabil.

Anda dapat mencari informasi ke beberapa teman yang memiliki modem. Dengan review dari pengguna langsung, tentunya bisa mendapatkan pandangan yang lebih terarah. Jika hanya berpatokan dengan spesifikasi, terkadang tidak sesuai ekspektasi.

Perhatikan jumlah perangkat yang dapat terhubung

Setiap jenis modem Wi-Fi memiliki keunggulan berbeda-beda, memilih dengan koneksi ke banyak perangkat tentu lebih baik. Jumlah perangkat yang dapat terhubung juga tidak sama. Ada yang bisa terkoneksi ke 5, 15, atau 23 perangkat.



Anda bisa menyesuaikan dengan siapa saja yang ingin menggunakannya. Tetapi, lebih banyak jumlah yang dapat dihubungkan, hal tersebut lebih baik. Jadi semisal ada yang membutuhkannya juga, Anda dapat membantu dengan memberinya koneksi dari modem.

Pilih Modem Wi-Fi yang memiliki fitur bypass

Jenis baterai modem terbagi menjadi 3, yaitu ada yang pakai baterai, adapter, atau keduanya. Modem dengan baterai hanya bisa dipakai ketika dayanya penuh atau masih kuat. Namun, ketika dayanya habis, maka Anda harus menchargernya dan koneksi otomatis terputus.

Sebenarnya bisa saja dipakai pada waktu charge, tetapi hal itu sangat tidak dianjurkan. Karena dapat membuat modem Anda menjadi sangat panas, sehingga akan menimbulkan kerusakan pada komponennya.

Sedangkan, modem Wi-Fi yang memakai adapter termasuk jenis standar. Dayanya dapat terisi dari power bank, Android, atau IOS. Dengan begitu, Anda tetap dapat terhubung ke internet meskipun listrik sedang mati.

Jenis yang paling bagus adalah yang memiliki komponen keduanya (bypass). Karena selain bisa menggunakan adapter, Anda juga dapat memakai baterai yang telah tersedia. Jadi, jika daya habis, tidak perlu bingung mencari powerbank atau membagi daya baterai ponsel.

Modem mendukung jaringan paling tinggi

Saat ini yang paling banyak digunakan adalah jaringan 4G, tidak dapat dipungkiri jika sewaktu-waktu pemakaian 5G juga akan semakin banyak. Memilih koneksi Wi-Fi modem dengan jaringan paling tinggi sangat dianjurkan.

Dengan begitu, Anda tidak kesulitan mendapatkan akses internet. Modem 4G otomatis bisa terhubung dengan jaringan di bawahnya, seperti 2G atau 3G. Namun, jika hanya memiliki dengan koneksi 3G, maka tidak akan menjangkau jaringan 4G.



Untuk saat ini, pemilihan dengan koneksi 4G masih sangat bagus, dan harga modem Wi-Fi 4G all operator juga cukup terjangkau. Jadi, Anda tetap bisa terhubung ke internet di mana saja, sehingga tidak kesulitan meskipun pada suatu daerah memiliki akses jaringan berbeda.

Pilih modem dengan kecepatan tinggi

Untuk lebih mempercepat koneksi jaringan, maka Anda dapat membeli modem Wi-Fi dengan kecepatan tinggi. Biasanya di spesifikasinya sudah tertulis tingkat kecepatannya, meskipun tidak bisa dijadikan patokan utama.

Pada umumnya, kecepatan modem antara 300 sampai 500 Mbps. Anda dapat memilih yang paling tinggi. Tetapi jika ingin mengetahui kondisi aslinya, maka dapat bertanya kepada teman atau mencari review dari orang yang pernah menggunakannya.

Pilih modem dengan fitur plug and play

Dengan adanya fitur plug and play, Anda tidak perlu lagi menginstal driver. Jadi, pemasangannya lebih mudah, tinggal langsung dicolokkan, perangkat sudah langsung terkoneksi dengan jaringan internet.

Penginstalan dan cara pakainya mudah

Memilih modem dengan penginstalan cukup mudah akan membantu Anda untuk bisa memakainya dengan cepat. Selain itu, pilih juga modem dengan cara menggunakan modem Wi-Fi yang tidak ribet.

Jadi, jika ingin menggunakannya di luar rumah atau dalam keadaan darurat, maka bisa langsung cepat terkoneksi. Sehingga tidak membutuhkan waktu lama dan dapat menghemat waktu yang ada.

Perhatikan paket yang ditawarkan

Biasanya paket yang ditawarkan oleh operator seluler, ada yang paket bundling dan tidak. Paket bundling ini ialah perangkat modem dengan kartu perdana. Anggaran yang dikeluarkan juga relatif lebih murah.



Dengan paket bundling, Anda akan mendapatkan bonus paket internet dengan kuota besar. Pengisian ulangnya juga lebih mudah, bisa langsung dari perangkat modem Wi-Fi. Meskipun, tidak bisa menggantinya dengan kartu lain.

Pilihan ada di tangan Anda, ingin menggunakannya yang mana. Hal itu hanya perbandingan cara yang lebih praktis. MiFi Unlocked juga bagus digunakan, karena bisa menyesuaikan dengan daerah yang ditempati.

Sesuaikan dengan anggaran

Membeli modem juga harus menyesuaikan dengan anggaran yang bisa dikeluarkan. Jika tidak bisa banyak, maka jangan membeli yang terlalu mahal. Karena bisa memberatkan nantinya dan mengorbankan kebutuhan lain.

Ada berbagai harga yang ditawarkan. Mulai yang paling murah sampai harga tertinggi. Modem Wi-Fi murah atau dengan harga standar juga mempunyai kualitas yang bagus. Asalkan Anda dapat memilih dan memilahnya dengan baik.

10 Rekomendasi modem Wi-Fi terbaik agar koneksi internet super cepat

Koneksi internet yang super cepat membutuhkan modem terbaik. Dari sekian banyak jenisnya, jangan sampai salah dalam memilih. Untuk itu, silahkan perhatikan rekomendasi dan penjelasan berikut ini.

10. MiFi M3S Andromax Smartfren Modem Wi-Fi

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-10

Harga : Rp 385.000

Dapat terkoneksi ke banyak perangkat



Modem Smartfren ini dapat terkoneksi ke 23 perangkat secara bersamaan. Jadi, jika Anda ingin memakainya beramai-ramai dengan kecepatan yang tetap maksimal, produk ini cocok sekali untuk dimiliki.

Perangkat ini juga bisa dikoneksikan dengan USB 2.0 ke laptop atau notebook. Selain itu, perangkat yang disambungkan dapat berubah menjadi hotspot. Jaringannya meliputi 2G, 3G, dan 4G. Produk ini ada di Shopee.

9. Andromax – Super Modem Wi-Fi S1

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-9

Harga : Rp 1.300.000

Modem dengan teknologi CAT7

Modem Wi-Fi ini memakai teknologi CAT7, yang mana Anda bisa memperoleh downstream hingga 301Mbps. Sedangkan, upstreamnya dapat mencapai hingga 102 Mbps. Teknologi ini biasanya ditandai dengan simbol 4G+ jika di HP.

Kapasitas baterainya cukup besar, yaitu 3250 mAh. Dengan daya sebesar itu, Anda dapat menggunakannya kurang lebih selama 20 jam. Modem ini memiliki pilihan Wi-Fi 5Ghz dan 2.4 Ghz.

Dengan pilihan 5Ghz tersebut, Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya gangguan. Karena modem ini dapat tetap stabil dari pengaruh peralatan teknologi lain. Jadi, jaringan yang didapatkan bisa super cepat. Anda bisa membelinya di Shopee.



8. Modem 4G TP Link M7350

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-8

Harga : Rp 1.235.000

Modem dengan dual band

Modem Wi-Fiini termasuk salah satu MiFi yang memiliki dual band, yaitu 2.4 Ghz dan 5Ghz. Dengan adanya dual band tersebut, perangkat Anda akan bisa mendapatkan bandwith yang cukup besar.

Bandwith ini sangat berpengaruh dengan kecepatan data transfer. Jadi, jika bandwith-nya besar, maka koneksi jaringan yang dihasilkan juga ikut besar, sehingga internet berjalan dengan cepat. Anda bisa membeli modem ini di Shopee.

7. Huawei E5573 MiFi Modem 4G

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-7

Harga : Rp 749.000

Dilengkapi dengan double eksternal antenna

Modem Wi-Fi ini tersedia double eksternal antena. Jadi, jika Anda ingin memperkuat sinyal dari MiFi ini, maka bisa menambahkan antena eksternal. Dengan penambahan tersebut, koneksi yang didapatkan lebih cepat 2 kali lipat.



Modem ini dapat terhubung ke 10 perangkat dalam waktu bersamaan. Kecepatan downloadnya juga cukup tinggi, yaitu sampai 150Mbps atau mendukung 4G LTE. Sehingga Anda dapat mengunduh beberapa video dengan mudah. Anda bisa membelinya di Shopee.

6. MiFi 4G LTE HKM G008

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-6

Harga : Rp 649.000

Tampilan unik dan memiliki daya baterai yang tinggi

Modem 4Gini memiliki tampilan yang unik dengan bentuk salah satu sudut memanjang. Desainnya ini membuatnya berbeda dengan jenis MiFi lainnya, seperti memiliki ciri khas yang menonjol.

Modem Wi-Fi ini hanya bisa mencakup ke 5 perangkat saja, tetapi kapasitas baterainya cukup tinggi, yaitu sebesar 3.500 mAh. Dengan begitu, Anda bisa awet menggunakannya. Sehingga cocok dibawa bepergian jauh. Produk ini ada di Shopee.

5. Prolink PRT7011L Portable Smart Wi-Fi

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-5

Harga : Rp 599.000

Transfer data dengan kecepatan tinggi



Produk ini dikategorikan sebagai smart MiFi dengan transfer data berkecepatan tinggi. Mampu memberikan transfer data sebesar 3000 Mbps. Dengan ukuran tersebut, perjalanan internet Anda akan super cepat.

Beratnya ringan dan memiliki desain yang menarik. Modem Wi-Fiportable ini dapat terkoneksi ke 11 perangkat.

Jadi, bisa dipakai bersama tanpa takut jaringan tidak maksimal. Karena kecepatan transfer data yang dimiliki sangat tinggi. Anda bisa membelinya di Shopee.

4. Modem Wi-Fi XL Go HKM001

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-4

Harga : Rp 545.000

Support ke semua operator

Modem ini tidak hanya menggunakan satu jenis kartu, tetapi juga dipakai menggunakan kartu lainnya. Seperti Telkomsel, Indosat, Three, Axis, dan Smartfren. Jadi, Anda dapat menyesuaikan dengan area setempat.

Ketika bepergian ke tempat lain, modem Wi-Fi 4G all operator ini juga bisa Anda bawa dan menggunakannya.

Meskipun satu kartu tidak support, bisa mengganti sementara dengan kartu lain. Sehingga bisa mendapatkan akses internet lancar dimana pun. Anda bisa membelinya di Shopee.

3. MiFi Router Alcatel MW40 4G LTE

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-3

Harga : Rp 598.000



Memiliki fitur bypass

Modem Wi-Fiini mempunyai fitur bypass. Jadi, dapat Anda gunakan tanpa baterai. Jika ingin melepas baterai, maka bisa menyambungkannya ke listrik atau power bank. Dengan begitu, Wi-Fi akan terhubung langsung dengan perangkat.

Disebabkan pemakaiannya bisa tanpa baterai, maka modem 4G LTE tidak akan cepat panas. Sehingga bisa lebih awet dan Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu lama. Ukurannya juga mungil, bisa disimpan di saku baju atau celana. Produk ini ada di Shopee.

2. MiFi Modem Huawei E5577

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-2

Harga : Rp 799.000

Memiliki slot kartu micro SD

Pada modem Huawei ini tersedia slot kartu micro SD. Jadi, bukan hanya digunakan sebagai konektivitas jaringan, tetapi bisa juga untuk menyimpan data. Ukurannya cukup besar, yaitu 32 GB.

Dengan ukuran tersebut, Anda dapat menyimpan beberapa data dengan aman. Desain modem ini cukup tipis, sehingga akan mudah diselipkan dimana saja. Di bagian depan terdapat layar dan Anda dapat memantau kondisi sinyal dari sana. Anda bisa membelinya di Shopee.



1. Movimax Mobile Wi-Fi MV007

Modem-WiFi-terbaik-agar-internet-super-cepat-1

Harga : Rp 589.000

Desain lingkaran dengan tampilan LED

Jika Anda sudah terbiasa dengan modem berbentuk persegi atau segi panjang, maka bisa beralih ke produk ini. Desain berbentuk lingkaran menampilkan kesan elegan, sehingga membuatnya lebih menarik.

Kualitas dari modem ini tidak kalah dengan yang lainnya, dayanya sangat kuat. Kapasitas baterai yang dimiliki sebesar 3000 mAh, tentu saja bisa awet penggunaannya. Selain itu, bisa terkoneksi hingga ke 31 perangkat.

Dengan tampilan yang tidak biasa dan kualitas bagus, tentunya Anda akan tertarik untuk memiliki modem Wi-Fi ini. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Jadi, tidak akan menguras kantong. Produknya ada di Shopee.

Kesimpulan

  • Modem Wi-Fi atau MiFi termasuk hal yang dibutuhkan dalam keseharian. Dengan merek dan spesifikasi bermacam-macam, jangan sampai salah memilih jika menginginkan koneksi super cepat.
  • Sebaiknya, pilih modem yang memiliki kapasitas baterai besar atau fitur bypass, dan dapat dihubungkan ke banyak perangkat. Sehingga bisa digunakan bersama-sama dan tidak akan cepat panas.
  • Jika menginginkan modem dengan daya kuat dan koneksi banyak, maka bisa memilih Smartfren Modem Wi-Fi Andromax M3S.
  • Jika ingin modem dengan fitur bypass, sehingga dapat digunakan dalam keadaan memakai baterai atau tidak, maka dapat memilih MiFi Router Alcatel MW40 4G LTE.
  • Atau menginginkan modem Wi-Fi dengan tampilan unik, tetapi kualitasnya tetap bagus, maka HKM G008 dan Movimax Mobile Wi-Fi MV007 cocok untuk dimiliki.

Referensi

  1. Jatimtech (2021), 12 Rekomendasi Modem Wi-Fi (MiFi) Terbaik dan Harga Terbaru, https://www.jatimtech.com/modem-wifi-terbaik-56413
  2. SaifullahTV (2019, 8 Cara Memilih Modem MiFi yang Bagus untuk Jangka Panjang, https://www.saifullah.id/2019/02/cara-memilih-modem-mifi-yang-bagus.html?m=1
  3. Yoga Hastyadi Widiartanto, 12 Rekomendasi Modem 4G Terbaik untuk Internet Ngebut, https://m.bukalapak.com/amp/review/gadget/modem-4g-terbaik-99892



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Modem


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Modem Wi-Fi Terbaik Agar Koneksi Internet Super Cepat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »