Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


22 April 2020

10 Mesin Fotokopi yang Bagus dan Berkualitas

By Cekresi .com
10 Mesin Fotokopi yang Bagus dan Berkualitas


Mesin fotokopi merupakan mesin pengganda dokumen yang sering dijumpai di kantor-kantor maupun tempat usaha jasa fotokopi. Mesin ini terbilang lebih cepat dalam mencetak dokumen dari pada printer atau mesin cetak lainnya. Tidak jarang berbagai kegiatan kantor memerlukan mesin ini demi keefisienan waktu.



Memilih mesin fotokopi yang bagus terbilang susah, apalagi bagi yang baru pertama kali ingin membeli dan tidak memiliki pengetahuan sama sekali tentang mesin fotokopi. Belum lagi fitur-fitur canggih yang membuat banyak orang merasa kesulitan memilih mana yang pas dan sesuai dengan kebutuhan.

Karena itu, kami menyajikan beberapa mesin fotokopi yang bagus dan berkualitas berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana memilih mesin fotokopi yang bagus, serta beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mesin fotokopi.

Sesuaikan mesin fotokopi dengan kebutuhan anda

Sebelum membeli mesin fotokopi, Anda perlu mengetahui apakah Anda hanya ingin menggunakan mesin fotokopi untuk keperluan kantor, ataukah Anda ingin membuka usaha jasa fotokopi ataupun perentalan mesin fotokopi. Masing-masing jenis mesin fotokopi akan berbeda sesuai kebutuhannya.

Ada tiga jenis mesin fotokopi berdasarkan ukurannya yang biasanya banyak beredar di pasaran. Pertama mesin fotokopi kecil atau portable, mesin foto kopi sedang, dan mesin fotokopi besar.

Mesin fotokopi kecil atau portable biasanya mudah dibawa atau dipindahkan ke mana-mana. Biasanya jenis mesin ini bisa menyalin lima hingga sepuluh dokumen per menit.

Sedangkan, mesin fotokopi sedang memiliki berat tidak lebih dari 70 kg. Kecepatan menyalin dokumen biasanya mulai lima belas hingga dua puluh lima permenit.

Dan, untuk mesin fotokopi ukuran besar umumnya berat lebih dari 70 kg. Kecepatan menyalin dokumennya lebih dari dua puluh lima permenit.

Untuk keperluan kantor, biasanya model mesin fotokopi berukuran kecil hingga sedang yang berupa dekstop ataupun portable pas untuk dipilih. Sedangkan, untuk usaha jasa fotokopi Anda memerlukan mesin yang lebih besar dan tangguh, serta memiliki kecepatan mencetak yang banyak.



Anda juga perlu menyesuaikan mesin fotokopi yang nanti akan Anda beli dengan ruangan kantor ataupun ruangan usaha Anda. Mesin fotokopi yang bagus untuk keperluan kantor tentu akan berbeda dengan mesin fotokopi yang bagus untuk jenis usaha jasa fotokopi.

Pilih merek yang terkenal dan terbukti kualitasnya di pasaran

Merek mesin fotokopi yang sudah terkenal di pasaran akan mempermudah Anda menemukan sparepatnya jika suatu saat nanti rusak dan Anda perlu menggantinya. Selain itu merek yang terkenal biasanya banyak sekali penggunanya sehingga Anda bisa menilai kualitas mesin tersebut selama beberapa tahun pemakaian.

Beberapa merek yang sudah banyak beredar di pasaran dan teruji kualitasnya di antaranya adalahCanon, Xerox, dan Ricoh. Ketiga merek ini bisa dibilang brand kelas atas untuk mesin fotokopi serta printer. Namun, Anda juga bisa memilih merek sepertiToshiba, Sharp, Konicahingga Panasonic yang bisa menjadi pilihan lain untuk kebutuhan Anda, baik di rumah atau pun di kantor.

Pilih mesin fotokopi yang bergaransi

Baiknya kualitas mesin biasanya terlihat dari keberanian produsennya dalam memberikan jaminan garansi. Untuk tahun pertama penggunaan mesin fotokopi biasanya memang jarang terjadi kerusakan, namun jika sudah beberapa tahun pemakaian kerusakan mesin akan sering terjadi.

Anda juga perlu mempertimbangkan ada tidaknya garansi mesin fotokopi, mengingat biaya perbaikan mesin fotokopi terbilang mahal untuk sekali perbaikan. Kecuali jika Anda memiliki keahlian memperbaiki mesin fotokopi sendiri, itu tidak akan merepotkan Anda.

Usahakan Anda juga membeli mesin fotokopi yang dekat dengan lokasi Anda. Itu akan sangat membantu ketika mesin rusak, Anda tidak perlu menunggu lama kedatangan para teknisi mesin fotokopi. Sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan kantor atau usaha jasa fotokopi Anda

Perhatikan kualitas gambar mesin fotokopi

Kualitas gambar sangat penting untuk diperhatikan sebelum Anda berniat memilih salah satu merek di pasaran. Apakah Anda hanya ingin gambar hitam putih saja ataupun berwarna. Tentu mesin fotokopi berwarna akan lebih mahal harganya daripada hitam putih.



Jika Anda menginginkan kualitas gambar dan teks yang berkualitas tinggi, resolusi yang diperlukan biasanya sekitar 2400 x 2400 dpi untuk setiap gambar yang dicetak. Namun jika Anda hanya ingin mencetak dokumen teks saja, Anda bisa memilih dpi yang lebih rendah karena Anda tidak perlu pencetakan gambar berkualitas tinggi.

Anda juga perlu mengecek keadaan drum dari mesin fotokopi. Drum yang bagus akan menghasilkan cetakan yang pekat dan rata hasilnya. Ini sangat diperlukan jika Anda memang ingin mendapatkan cetakan gambar atau teks yang jelas atau tidak buram.

Perhatikan kecepatan mesin dalam menghasilkan salinan

Jika Anda menggunakan mesin fotokopi kecil atau portable, kecepatan menyalin data tentu juga akan lebih lambat. Sangat tidak cocok bagi Anda yang sering menggunakan mesin fotokopi atau usaha jasa fotokopi.

Untuk keperluan kantor Anda bisa memilih minimum penyalinan 27 halaman per menit. Namun jika Anda memerlukan penyalinan yang lebih cepat demi pelayanan prima untuk para pelanggan jasa fotokopi Anda, penyalinan hingga 52 halaman per menit bisa menjadi pilihan utama. Biasanya jenis mesin fotokopi ukuran besar memiliki kecepatan penyalinan yang pas untuk usaha fotokopi.

Pertimbangkan harga mesin fotokopi

Beberapa orang kadang menginginkan produk yang murah dengan kualitas yang tidak murahan. Tapi terkadang banyak ditemui harga mesin yang murah sering sekali mengalami kerusakan pada awal pembelian mesin. Jika dipikirkan matang-matang tentu itu akan sangat merugikan mengingat servis mesin fotokopi tidaklah murah.

Memilih mesin yang sedikit mahal namun tidak perlu berkali-kali melakukan reparasi mesin atau mengganti sparepartnya akan lebih menguntungkan Anda.Mesin fotokopi dengan berbagai fiturnya yang canggih, misalnya dilengkapi dengan printer, scanner ataupun faks tentu harganya jauh lebih mahal dibanding mesin fotokopi biasa. Namun tak ada salahnya jika Anda ingin membelinya karena memang sangat membutuhkan.

Mesin fotokopi warna dengan hitam putih juga memiliki perbedaan harga. Anda perlu mempertimbangkan baik-baik apakah hanya membutuhkan fotokopi hitam putih atau juga memerlukan fotokopi berwarna. Selain itu setiap jenis mesin fotokopi juga memiliki harga yang jauh berbeda. Misalnya untuk jenis mesin fotokopi kecil atau portable harganya lebih murah dibanding mesin fotokopi besar.



Mesin fotokopi berukuran besar memang pas untuk usaha jasa fotokopi, namun karena harganya yang tak murah Anda juga perlu memilih baik-baik mana merek mesin fotokopi ukuran besar yang bagus kualitasnya dan terjangkau harganya. Hal ini tentu akan menentukan maju tidaknya usaha jasa fotokopi Anda.

10 Mesin Fotokopi yang Bagus dan Berkualitas

Setelah Anda mengetahui beberapa hal mengenai mesin fotocopi, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi beberapa mesin fotokopi yang bagus dan berkualitas dari berbagai merek berikut ini :

10 Canon IR 6075

canon_ir_6075

Harga : Rp 18.000.000

Cocok untuk pengusaha fotokopi

Merek Canon Immage Runner (IR) banyak sekali digunakan para pengusaha fotokopi. Selain mesinnya bandel dan cocok untuk usaha jasa fotokopi, sparepartnya juga mudah didapatkan. Tipe IR 6075 merupakan fotokopi berukuran besar, kurang cocok bagi Anda yang memiliki ruangan kantor yang tidak terlalu luas.

Mesin ini memiliki fasilitas print data dan scanner. Harga mesin yang terjangkau ini akan memangkas anggaran modal usaha yang terlalu besar. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Bukalapak.

9. Fuji Xerox Docu Centre SC2020

fuji_xerox_docucentre_sc2020

Harga : Rp 40.450.000

Fuji Xerox adalah brand gabungan dari Jepang dan Amerika yang telah banyak memproduksi mesin fotokopi ataupun printer yang berkualitas tinggi. Kini dengan tipe DocuCentre SC2020 menawarkan mesin fotokopi warna yang sekaligus bisa dijadikan printer warna dari komputer Anda. Mesin ini juga bisa berfungsi sebagai scanner warna.

Dengan kecepatan cetaknya mencapai 20 kertas permenit cocok untuk menunjang tugas kantor yang berat. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Lazada.



8. Canon Image CLASS MF4890dw

canon_imageclass_mf4890dw

Harga : Rp 6.700.000

Mesin fotokopi yang tidak berisik

Produk ini merupakan mesin fotokopi laser dengan fitur yang lengkap. Selain untuk memfotokopi bisa juga digunakan untuk scanner, printer, dan faks. Sangat cocok untuk segala keperluan tugas kantor Anda. Kecepatan cetaknya hingga 25 per menit. Dilengkapi fitur dupleks ADF yang sesuai untuk tugas kantor yang berat dengan banyak pengguna.

Mesin ini cukup canggih dengan konektivitas nirkabelnya yang membuat Anda bisa menggunakannya di mana saja, di kantor ataupun di rumah. Merek ini memiliki resolusi yang tinggi serta suara mesin yang tidak berisik. Terlihat tangguh dan handal untuk membantu segala aktifitas kantor Anda dalam kurun waktu yang lama. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Bukalapak.

7. Canon Image CLASS D1320

canon_image_class_d1320

Harga : Rp 5.783.000

Mesin fotokopi hemat energi

Mesin fotokopi hitam putih ini harganya terjangkau dan multifungsi. Selain untuk menggandakan dokumen, Anda bisa menggunakannya sebagai scanner atau mesin cetak. Memiliki fasilitas duplex yang bisa memfotokopi dua sisi dokumen. Kecepatan cetaknya 17 halaman permenit untuk dua sisi dokumen.

Merek ini juga terkenal hemat energi dan memiliki konektifitas nirkabel. Kekurangannya hanya ada pada masalah kertas dan tidak adanya fitur faks. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Amazon.

6. Brother DCP-7065DN

brother_dpc_7065dn

Harga : Rp 1.500.000

Memiliki harga yang sangat terjangkau



Mesin ini sangat sesuai untuk setiap kantor. Harganya sangat terjangkau namun memiliki berbagai fitur yang mendukung tugas berat di kantor Anda. Selain untuk penggandaan dokumen mesin ini cocok untuk scanning. Anda dapat mencetak dan menyalin 27 halaman permenit.

Produk ini dilengkapi fitur duplexing otomatis dan bisa menyalin sendiri. Hanya saja brand ini belum menyediakan fitur faks dan konektifitas nirkabel. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Amazon.

5. Xerox WorkCentre 3655 / X

xerox_workcentre_3655_x

Harga : Rp 2.900.000

Mesin fotokopi multi fungsi

Xerox juga memiliki mesin fotokopi yang berkualitas. Tipe workcentre 3655/x ini selain bisa menggandakan dokumen juga bisa sebagai scanner, mengirim faks ataupun email. Mesin ini memiliki resolusi yang tinggi dan pencetakan yang super cepat yaitu 47 kertas per menit.

Xerox dikenal sebagai brand kelas tinggi dalam mesin fotokopi. Tipe workcentre 3655/x ini memiliki memori 2 GB dan 250 GB Hard drive, sangat sesuai bagi tugas kantor Anda yang berat. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Amazon.

4. Brother DCP8155DN

brother_dcp8155dn

Harga : Rp 4.800.000

Memiliki fitur hemat tinta

Mesin ini bisa mencetak dan menyalin 40 halaman per menit. Fiturnya dilengkapi dengan fitur dupleks dan fitur nirkabel. Selain itu juga terdapat fitur hemat tinta.



Brother DCP8155DN terkenal hemat biaya dan energi. Namun ukurannya tergolong lebih besar dari pada mesin lainnya yang sejenis. Anda bisa membeli produk ini di Amazon.

3. HP Color LaserJet 2840

hp_color_laserjet_2840

Harga : Rp 4.000.000

Mesin fotokopi beresolusi tinggi

Brand HP banyak memproduksi barang elektronik maupun mesin-mesin yang bermutu. Salah satunya mesin fotokopi color laser jet 2840 ini. Mesin ini menyatukan berbagai perangkat dalam satu mesin. Produk ini tidak hanya berfungsi sebagai mesin fotokopi melainkan juga bisa sebagai printer, scanner, dan faks.

HP color laserjet 2840 memiliki resolusi yang tinggi dan mode penyalinan yang cepat. Pilihan yang tepat untuk kantor kecil Anda yang memiliki tugas ringan. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Amazon.

2. Canon ImageCLASS MF4770N

canon_imageclass_mf4770n

Harga : Rp 2.400.000

Memiliki fitur yang mudah digunakan

Mesin fotokopi ini termasuk tipe yang populer dari Canon. Dilengkapi dengan fitur mode energy saver yang membuat mesin fotokopi ini hemat energi. Jenis dari brand Canon ini bisa menjadi salah satu opsi termurah untuk penggunaan kantor dan pribadi.

Canon ImageCLASS MF4770N ini mudah dikonfigurasi dengan jaringan maupun PC. Fiturnya tergolong mudah digunakan dan mampu menyalin 24 halaman per menit. Sangatlah pas untuk menunjang tugas-tugas kantor. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Amazon.



1. Canon ImageCLASS D530

canon_imageclass_d530

Harga : Rp 2.100.000

Kompatibel dengan windows dan mac.

Sebagai brand yang banyak digunakan para konsumen, canon menghadirkan berbagai tipe mesin fotokopi yang berkualitas. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Canon imageCLASS D530.

Mesin ini merupakan mesin fotokopi yang memiliki fasilitas yang lengkap. Selain bisa menyalin dokumen, mesin ini bisa digunakan untuk scanner maupun printer. Selain itu, fiturnya mudah diatur dan kompatibel dengan windows dan mac.

Mesin ini juga terkenal hemat energi dan memiliki harga yang terjangkau. Tiap menitnya Anda bisa menghasilkan 20 lembar kertas cetakan. Anda bisa membeli mesin fotokopi ini di Amazon.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli mesin fotokopi Anda perlu memperhatikan brand mesin, harga, kualitas gambar, kecepatan cetak hingga fitur-fitur yang disediakan.
  • Sesuaikan jenis mesin fotokopi dengan kebutuhan Anda, serta pilih mesin fotokopi yang menyediakan masa garansi.
  • Anda bisa memilih Canon IR 6075, karena bisa mendukung usaha jasa fotokopi Anda agar menjadi lebih mudah dan lancar.
  • Namun, jika Anda yang ingin mesin fotokopi untuk kebutuhan pribadi atau kamtor, maka Anda bisa memilih Canon ImageCLASS MF4770N.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin mesin fotokopi bagus dan berkualitas dengan harganya yang lebih terjangkau, Anda bisa memilih Brother DCP-7065DN.

Referensi

  1. Idea Hacks (2019), Top Ten Best Copy Machines Reviewed in 2019,https://www.ideahacks.com/best-copy-machines/
  2. Business Matters (2018), Top 8 Tips for Choosing a photocopier,https://www.bmmagazine.co.uk/business/top-8-tips-for-choosing-a-photocopier/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Mesin Fotokopi yang Bagus dan Berkualitas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »