Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


4 August 2020

10 Merek Minyak Zaitun yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

By Cekresi .com
10 Merek Minyak Zaitun yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh


Minyak zaitun banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk berbagai kebutuhan. Pada umumnya orang-orang menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan, kesehatan tubuh, hingga sebagai minyak untuk memasak sehari-hari agar makanan lebih sehat dan bergizi.



Berbagai manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun semakin mendorong banyak produsen mengeluarkan berbagai jenis minyak zaitun yang beragam pula kualitasnya. Hal tersebut akan merepotkan Anda untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada artikel kali ini, kami akan menyajikan 10 merek minyak zaitun yang bagus untuk kesehatan tubuh lengkap beserta harga dan ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi pengetahuan tentang minyak zaitun serta cara menyimpan minyak zaitun yang tepat.

Mengenal jenis dan manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki beberapa macam jenis, diantaranya minyak zaitun extra virgin, minyak zaitun klasik, dan minyak zaitun extra light.

Minyak zaitun extra virgin merupakan minyak zaitun kualitas tinggi. Minyak ini diperoleh dari perasan pertama buah zaitun yang sudah masak. Perasan pertama ini melewati proses penyaringan agar minyak jernih dan bersih, namun tidak melewati proses pemanasan atau penambahan campuran bahan lainnya.

Sedangkan, minyak zaitun klasik diperoleh dari penyulingan minyak zaitun extra virgin. Penyulingan ini untuk mengurangi asam lemak. Warna minyak zaitun klasik juga lebih kuning dan memiliki tekstur serta rasa yang lebih ringan.

Biasanya minyak zaitun yang tidak memenuhi standar minyak zaitun extra virgin akan dilakukan proses filterisasi paling akhir. Proses inilah yang akan menghasilkan minyak zaitun extra light. Warna minyak zaitun extra light lebih jernih dan teksturnya sangat lembut, rasanyapun paling ringan diantara jenis minyak zaitun lainnya.

Minyak zaitun dikenal memiliki banyak manfaat baik bagi kecantikan maupun kesehatan. Manfaat untuk kecantikan seperti dapat menghaluskan kulit, membantu mengatasi kulit kering, mengencangkan kulit hingga merawat kesehatan rambut.



Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak, omega 3 dan omega 6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan minyak zaitun juga mampu mengurangi obesitas dan baik untuk pencegahan kanker. Campuran antioksidan dalam minyak zaitun juga mampu menurunkan kolesterol jahat dan mempertahankan kolesterol baik dalam tubuh.

Sedangkan manfaat minyak zaitun lainnya yaitu mampu menurunkan tekanan darah. Zat polifenol pada minyak zaitun juga mampu menghindari resiko penyakit jantung. Selain itu asam oleat dalam minyak zaitun juga terbukti mampu mengurangi peradangan pada tubuh.

Perhatikan rasa minyak zaitun

Minyak zaitun yang bagus biasanya adalah minyak zaitun perasan pertama atau disebut dengan extra virgin olive oil. Selain itu minyak zaitun yang bagus juga memiliki rasa yang khas. Aroma dan rasanya lebih menyengat, sedikit pahit atau pedas dimulut maupun tenggorokan.

Umumnya rasa tersebut, karena minyak zaitun mengandung polifenol yang bagus untuk mengobati peradangan dan pencegahan penyakit jantung. Semakin pahit atau pedas semakin tinggi kandungan polifenolnya.

Jika Anda menemui minyak zaitun berubah rasa dan memiliki bau yang tidak sedap, kemungkinan besar minyak zaitun telah terkontaminasi baik cahaya, sumber panas maupun terpapar udara terbuka di sekitarnya.

Perhatiakn kemasan minyak zaitun

Sebaiknya Anda menghindari membeli minyak zaitun dalam botol plastik. Hal itu disebabkan botol plastik mudah ditembus panas dan cahaya. Minyak zaitun yang terkena suhu panas terus-menerus akan berkurang kualitasnya.

Karena itu, Anda bisa memilih minyak zaitun dalam kemasan botol kaca yang gelap. Hal ini akan semakin menjaga kualitas dari minyak zaitun dan aman dari kebocoran minyak.



Sebaiknya Anda juga membeli minyak zaitun dari toko yang memiliki suhu ruangan dingin dan tidak panas. Suhu ruangan yang terlalu panas dapat merusak kualitas minyak zaitun. Anda sebaiknya juga tidak langsung membelinya dalam jumlah banyak. Usahakan membeli pada botol yang sedang ataupun sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa merek minyak zaitun yang bagus biasanya memakai botol kaca yang gelap. Jika menggunakan botol kaca bening biasanya dilengkapi dengan kardus yang membungkus botol kaca bening tersebut. Menyimpan minyak zaitun pada botol kaca yang gelap dan tertutup rapat juga dapat menghindari minyak berbau tengik.

Perhatikan kapan minyak zaitun diproduksi

Minyak zaitun yang baik adalah minyak zaitun yang segar atau baru diproduksi. Anda perlu melihat tanggal produksi dan tanggal kedaluarsa yang tertera pada label kemasan minyak zaitun.

Merek yang terkenal dan terpercaya biasanya mencantumkan tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa tersebut. Selain itu biasanya juga disertai label sertifikat standar kualitas yang sudah diakui di negaranya. Untuk di Indonesia seperti standar departemen kesehatan maupun BPOM.

Merek minyak zaitun yang baik biasanya juga akan mencantumkan lokasi minyak zaitun tersebut dibudidayakan. Terlebih lagi jika minyak tersebut telah memiliki berbagai penghargaan di negaranya, Anda patut untuk membelinya.

Pilih jenis minyak zaitun sesuai kebutuhan

Anda perlu memilih jenis minyak zaitun yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk pengobatan atau untuk memasak. Memilih minyak zaitun yang sesuai kebutuhan akan memaksimalkan khasiat dari minyak zaitun tersebut.

Pada setiap kemasan minyak zaitun biasanya terdapat informasi jenis minyak zaitun tersebut, extra virgin ataupun extra light olive oil. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.



Minyak zaitun extra virgin biasanya sangat tepat untuk dikonsumsi langsung dengan tujuan pengobatan maupun menjaga kesehatan. Sedangkan minyak zaitun extra light biasanya digunakan untuk memasak atau campuran makanan lainnya.

Menggunakan minyak zaitun extra virgin untuk memasak kemungkinan besar akan merusak zat-zat penting yang baik digunakan untuk pengobatan. Oleh karena itu agar khasiat extra virgin olive oil tersebut tidak berkurang sebaiknya Anda langsung mengonsumsinya. Selain itu Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan lainnya yang tidak memerlukan proses pemanasan.

Cara menyimpan minyak zaitun yang tepat

Memperhatikan cara penyimpanan minyak zaitun yang baik dan benar akan mempengaruhi aroma, rasa dan kualitas minyak zaitun. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyimpan minyak zaitun antara lain :

  • Anda bisa menyimpan minyak zaitun pada botol kaca yang gelap, dan hindari menyimpan minyak zaitun pada botol plastik seperti minyak goreng pada umumnya.
  • Kemudian, hindari juga terkena dari paparan sinar matahari langsung.
  • Usahakan tidak menyimpan minyak zaitun di kulkas.
  • Simpanlah minyak zaitun pada suhu ruangan.

10 Merek minyak zaitun yang bagus untuk kesehatan tubuh

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang minyak zaitun hingga cara menyimpan minyak zaitun yang tepat, sekarang mari kita simak 10 minyak zaitun yang bagus untuk kesehatan tubuh dari berbagai merek berikut ini :

10. Minyak Zaitun Yummy Bites Kiddy

minyak_zaitun_yummy_bites_kiddy

Harga : Rp 59.800

Extra virgin olive oil untuk anak-anak

Minyak zaitun ini cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Produk asli dari Spanyol ini telah memiliki nomer BPOM. Mengonsumsi minyak ini mampu membantu menjaga kesehatan anak-anak Anda.

Produk yang terbuat dari buah zaitun arbequina pilihan ini memiliki tingkat keasaman yang rendah. Omega 3 dan omega 6 dalam minyak ini bagus untuk perkembangan otak anak-anak. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



9. Minyak Zaitun Al Amir

minyak_zaitun_al_amir

Harga : Rp 41.500

Minyak zaitun yang bagus untuk mengurangi rasa nyeri

Minyak ini terbuat dari 100 % extra virgin olive oil. Dengan warna minyak yang hijau agak pekat dan rasa sedikit pahit sangat baik untuk mengobati tekanan darah tinggi dan mengurangi rasa nyeri. Minyak ini juga bagus untuk menjaga kesehatan kulit.

Produk ini telah tercatat di BPOM sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Dengan kualitasnya yang bagus menjadikan merek ini pantas untuk dipilih. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

8. Minyak Zaitun Extra Virgin Al Ghuroba

minyak_zaitun_extra_virgin_al_ghuroba

Harga : Rp 52.000

Sesuai dengan standar departemen kesehatan RI

Minyak zaitun extra virgin al ghuroba dikemas menggunakan botol kaca yang higienis. Herbal berkualitas tinggi ini terbuat dari perasan pertama buah zaitun pilihan. Minyak ini bisa dioleskan untuk menghilangkan penyakit kulit, menghilangkan flek hitam dan kerutan di kulit.

Minyak ini bisa diminum tiga kali sehari untuk menjaga kesehatan tubuh. Merek ini juga mampu menurunkan kolesterol, kadar gula darah, dan asam lambung. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

7. Deep Olive HPAI

deep_olive_hpai

Harga : Rp 85.000



Aman untuk ibu hamil

HPAI HNI (Halal Network International) telah banyak memproduksi berbagai macam herbal yang berkualitas. Salah satunya Deep Olive extra virgin minyak zaitun ini. Dengan harga terjangkau merek ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Produk ini sangat baik bila dikonsumsi untuk ibu hamil. Selain itu Anda juga bisa menggunakannya untuk memijat tubuh agar kulit lebih sehat dan kencang serta terbebas dari gangguan wasir. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

6. Minyak Zaitun Casa Di Oliva

minyak_zaitun_casa_di_oliva

Harga : Rp 57.000

Cocok digunakan untuk balita

Merek Casa di Oliva merupakan minyak zaitun extra virgin yang baik kualitasnya. Minyak ini cocok untuk makanan pendamping ASI buah hati Anda. Cara mengonsumsinya cukup tambahkan minyak ini ke dalam bubur si kecil, sup, nasi tim dan lain sebagainya. Jika digunakan untuk memasak khasiat minyak ini bisa berkurang.

Minyak zaitun Casa di Oliva ini merupakan sumber nutrisi kesehatan anak. Selain itu, minyak ini efektif sebagai pencahar ketika si kecil mengalami sembelit. Memilih produk dari Turki ini akan membantu sistem pencernaan anak lebih aman dan terjaga. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

5. Bertolli Extra Virgin Olive Oil

bertolli_extra_virgin_olive_oil

Harga : Rp 78.000

Extra virgin olive oil dari Italia

Bertolli merupakan minyak zaitun extra virgin yang sudah terbukti bagus kualitasnya. Produk dari Italia ini telah terdaftar secara resmi di BPOM. Anda bisa langsung mengonsumsi minyak ini ataupun menggunakannya sebagai masker wajah, ataupun pelembab bibir dan kulit tubuh.



Produk ini tersedia dalam beberapa ukuran dari 250ml hingga 1000ml. Terdapat juga varian Bertolli Extra Light dan Classico yang digunakan khusus untuk memasak. Mengonsumsi Bertolli extra virgin secara rutin akan membantu menjaga kesehatan tubuh. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

4. Borges Extra Virgin Olive Oil

borges_extra_virgin_olive_oi

Harga : Rp 45.000

Bermanfaat untuk kulit dan rambut

Minyak zaitun 100 % extra virgin ini diimpor langsung dari Spanyol. Anda dapat mengonsumsinya langsung untuk membantu menjaga kesehatan Anda. Minyak ini juga tersedia dalam beberapa ukuran kemasan.

Produk ini telah memiliki ijin resmi dari BPOM dan dipercaya oleh para konsumennya. Selain bermanfaat untuk kesehatan, Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk perawatan rambut dan kulit. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Minyak Zaitun Ariha

minyak_zaitun_ariha

Harga : Rp 302.000

Mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh

Minyak zaitun Ariha berasal dari Palestina. Minyak ini diproduksi dari perkebunan organik terbaik di negaranya dan telah memiliki ijin edar. Selain itu juga telah memiliki sertifikat produk organik yang telah terstandar di Eropa.

Minyak zaitun ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh maupun perawatan kecantikan tubuh. Extra virgin olive oil ini dikenal mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



2. Gallo My First Olive Oil

gallo_my_first_olive_oil

Harga : Rp 46.000

Aman tanpa pengawet dan pewarna

Minyak zaitun ini cocok untuk ditambahkan ke dalam makanan bayi di atas enam bulan sebagai makanan pendamping ASI. Anda bisa menambahkan minyak ini ke dalam bubur bayi, sup maupun nasi tim bayi. Dibuat dari extra virgin olive oil sehingga aman, tanpa pengawet, pewarna maupun penambah rasa kimia lainnya.

Produk dari portugal ini sudah memiliki sertifikat keamanan pangan. Selain itu kemasan botol kacanya yang gelap, membuat minyak ini tetap terjaga kualitasnya dan terhindar dari cahaya matahari. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

1. Minyak Zaitun Le Riche

minyak_zaitun_le_riche

Harga : Rp 28.000

Extra virgin olive oil yang populer di dunia

Minyak Le Riche terbuat dari 100 % extra virgin olive oil. Produk ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan juga merawat kecantikan Anda. Mengonsumsinya sesuai aturan pemakaian dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker, jantung dan berbagai penyakit lainnya.

Produk ini bebas dari bahan-bahan kimia sehingga aman untuk dikonsumsi. Produk ini juga sudah dikenal di seluruh dunia. Dengan kemasan botol kacanya membuat minyak ini semakin terjaga kualitasnya. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli minyak zaitun, sebaiknya Anda memperhatikan jenisnya, kemasan produk minyak zaitun, memperhatikan rasa dan aromanya, serta memeriksa tanggal produksi dan tanggal kedaluarsanya.
  • Cara menyimpan minyak zaitun yang tepat diantaranya adalah, menyimpan pada suhu ruangan, menghindari sinar matahari langsung, menyimpan minyak zaitun di botol kaca, dan tidak menyimpan minyak zaitun di kulkas.
  • Jika Anda ingin membeli extra virgin olive oil lokal yang cocok untuk ibu hamil, Anda bisa memilih Deep Olive HPAI.
  • Namun, jika Anda ingin minyak zaitun impor yang cocok untuk balita, maka Anda bisa memilih Gallo My First Olive Oil.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin minyak zaitun berkualitas dan populer di dunia, Anda bisa memilih minyak zaitun Le Riche.

Referensi

  1. Mercey Livingstone (2018), 5 FoolProof Tips for Buying Good Quality Olive Oil, https://www.wellandgood.com/good-food/how-to-buy-good-quality-olive-oil/
  2. Joe Leech, MS (2018), 11 Profen Benefits of Olive Oil, https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-olive-oil#section5





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Merek Minyak Zaitun yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »