Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


5 April 2019

10 Mainan Anak Penunjang Perkembangan Otak

By Cekresi .com


Siapa sih yang gak pengen punya anak yang pinter dan cerdas? Kecerdasan anak bisa dipupuk sejak bayi. Karena pada saat masih bayi, disitulah masa-masa emas bagi anak-anak untuk bisa mengembangkan otaknya.



Dengan menstimulus anak melalui setiap gerakan motorik anak maka kepintaran anak juga mulai terstimulus. Untuk mendatangkan reaksi dari stimulus tersebut maka anak harus dirangsang melalui aktivitas-aktivitas yang produktif, misalnya melalui mainan yang dapat mencerdaskan.

Hah? Mainan Mencerdaskan? Gimana itu?

Yap. Banyak mainan yang dapat menjadi penunjang perkembangan otak anak sehingga kecerdasana anak pun semakin diasah melalui permainan tersebut. Sehingga anak tidak akan merasa tertekan. Justru melalui bermain dengan suasana hati itulah mereka akan lebih bisa menjadi melatih kecerdasannya.

Maka… Anda sebagai orang tua, punya juga kewajiban untuk menyediakan permainan yang sesuai, tepat dan mampu merangsang kecerdasan dan mengasah kemampuan motorik anak Anda.

Gimana sih memilih dan menentukan mainan yang pas untuk menunjang perkembangan otak anak bahkan bisa mengasah kecerdasan otak anak? Yuk simak tips mainan yang menunjang perkembangan dan mengasah kecerdasan otak anak

Pilih Mainan untuk Melatih Otak Kiri Anak

Mainan untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Mainan yang sederhana pun ternyata bisa melatih mereka untuk merangsang daya analisis pada anak-anak Anda. Siapkan kertas bergambar bangunan sederhana untuk dianalisis bagaimana caranya dia membuat bangunan seperti gambar tersebut.

Atau bisa juga dengan menyediakan mainan yang tujuannya mencocokkan antara satu dengan lainnya seperti menempelkan stiker buah ke tulisan buah sesuai nama buahnya, menempelkan stiker hewan ke hewan yang sesuai pula.

Hal ini akan membantu anak untuk mempunyai kemampuan problem solving yang baik.

Mainan untuk Melatih Kemampuan Logika

Anak-anak yang sudah mulai bisa mengenali ruang dan ukuran berarti otaknya sedang bekerja dan masih dalam proses perkembangan. Ini adalah saat-saat yang tepat untuk semakin meningkatkan kemampuan otak anak.



Karena itu diperlukan permainan yang dapat mengasah kemampuan logika pada anak, seperti permainan Puzzle 3D atau Puzzel siluet anak anak bisa memilih bentuk yang pas untuk masuk dan bisa mengisi ruang kosong pada area tertentu yang ada.

Melalui permainan ini anak dilatih untuk berfikir agar bisa mengkombinasikan berbagai bentuk yang berbeda pada Puzzle tersebut, melalui mengenal ruang maka kecerdasan anak akan terlatih dan lama kelamaan akan meningkat dan kemampuannya untuk berfikir logis pun akan meningkat.

Pilih Mainan untuk Melatih Otak Kanan Anak

Mainan untuk Melatih Kemampuan Kreativitas Anak

Kreativitas tidak bisa diperoleh secara instan. Harus dipupuk sejak sedini mungkin. Termasuk sejak masih usia anak-anak.

Seperti melalui permainan balok, permainan ini dapat mengenalkan bentuk dan warna-warni serta melatih kesabaran anak, meminta anak untuk menyusun balok menjadi rumah-rumahan atau menara.

Atau bentuk lainnya sesuai kreativitas mereka masing-masing akan mengembangkan imajinasi anak ketika anak-anak tersebut memainkannya untuk membuat benda, bangunan atau sebagainya.

Bisa juga bermain dokter-dokteran, bermain rumah-rumahan ataupun masak-masakan. Produk mainan ini termasuk simpel dan mekanisme penggunaan yang sederhana, namun tergantung Anda juga bagaimana cara memainkan dan melatih pola pemikiran anak.

Banyak cara yang dapat dilakukan sehingga bisa membuat Anda dan anak Anda menjadi semakin senang memainkannya.

Mainan untuk Melatih Kemampuan Membaca Notasi Anak

Dengan mengenalkan dan memberitahu instrumen musik sederhana pada anak, itu juga akan melatih kemampuan otaknya. Apalagi sejak kehamilan, pada kenyataannya musik bisa memberikan efek yang baik bagi janin di kandungan.



Pada anak-anak musik bisa menjadi media yang baik untuk melatih kreativitas, kemampuan ekspresi, melatih kepercayaan diri, mencerdaskan otak khususnya otak kanan anak. Karena hal tersebut bisa menjadi pembelajaran yang baik pada anak dan mampu melatih kemampuan membaca notasi dalam dirinya.

Berikut ini ada 10 rekomendasi mainan yang bisa menunjang perkembangan dan meningkatkan kecerdasan otak anak.

10. Apple Learning Quran 6 Tombol

Apple_Learning_Quran_6_Tombol

Harga : Rp 24.000

Menanamkan cinta al-qur’an melalui mainan

Mainan adalah sesuatu hal yang sangat disukai oleh anak-anak. Pilihan mainan untuk mengajarkan nilai-nilai islami bisa menjadi salah satu cara untuk dapat menanamkan agama sejak dini.

Mainan islami berbentuk apel yang mengajarkan surat-surat pendek dan doa-doa sehari-hari bisa menjadi pilihan bijak Anda untuk sang buah hati. Seperti mainan Apple learning Quran ini sangat pas untuk Anda jadikan sebagai mainan edukasi. Dilengkapi dengan proyektor bulan bintang unik sebagai lampu tidur untuk menemani buah hati.

Mainan ini sangat tidak merepotkan karena memiliki gantungan yang bisa dikalungkan agar bisa dibawa kemanapun oleh si kecil. Jadi mereka bisa belajar agama dimanapun dan kapanpun.

Mainan apple learning quran memiliki ukuran 12x11x5 cm, dimensi kemasan dengan ukuran 13x12x6 cm. Terdapat banyak pilihan warna seperti merah, kuning, hijau dan pink yang bisa dipilih oleh anak Anda.

Mainan ini memiliki spesifikasi yang sangat bagus dan komplit, terdapat 26 doa harian yang ada didalamnya seperti doa bangun tidur, doa masuk kamar mandi, doa keluar kamar mandi, doa ber wudhu, doa pagi hari, doa makan, doa sholat jenazah, doa memakai baju.



Tidak hanya itu, berisi juga doa keluar rumah, doa masuk masjid, doa keluar masjid, doa naik kendaraan, salam, doa menjenguk orang sakit, doa bersin, doa hujan, doa sakit, doa kubur, doa melihat bencana alam, doa berterima kasih, doa niat puasa, doa buka puasa, doa masuk rumah, doa sore hari, dan doa mau tidur.

Ada pula 26 surat pendek yang bisa didengarkan oleh anak Anda seperti surat At-Tariq, Al-Balad, Ash-Shams, Al-Layl, Ad-Duhaa, Ash-Sharh, At-Tin, Al-Alaq, Al-Qadr, Al-Bayyinah, Az-Zalzalah, Al-‘Adiyat, Al-Qari’ah, At-Takathur, Al-‘Asr, Al-Humazah, Al-Fil, Quraish, Al-Ma’un, Al-Kauthar, Al-Kafirun, An-Nash, Al-Massad, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas.

Lengkap sekali bukan? Hanya dengan mainan seharga Rp 24.000,00/set anak Anda bisa bermain dengan gembira tapi Anda juga tetap bisa menanamkan dasar agama melalui cinta Alquran pula ke mereka.

Jangan ragu untuk memesannya sebagai hadiah dunia akhirat untuk anak Anda. Pemesanan bisa dilakukan melalui Bukalapak atau bisa langsung klik link yang ada di atas.

9. Mobil Truk Sortasi Bentuk Geometri

Mobil_Truk_Sortasi_Bentuk_Geometri

Harga : Rp 73.000

Mainan edukasi mobil truk sortasi

Mainan ini memiliki manfaat agar bisa mengajarkan konsep mekanik pada anak, mampu meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak, mampu menstimulus motorik halus pada anak, mampu mengenalkan berbagai warna dan bentuk geometri pada anak serta mampu melatih logika dan kemampuan berfikir anak.

Mainan edukasi anak dengan bentuk mobil Truk Sortasi masuk dalam kategori Puzzle. Mainan ini memiliki berat 1 kg. Hanya dengan harga Rp 73.000/set tersebut Anda sudah bisa melatih banyak kemampuan dalam diri anak, hal ini juga akan melatih perkembangan otak anak Anda agar bisa tanggap dan cerdas.



Banyak warna yang melengkapi mainan edukasi ini seperti warna biru, kuning, merah, hijau, ungu dan putih. Apabila Anda ingin membelinya, Anda bisa langsung meng-klik pada link di atas.

8. Smartbook Layar Sentuh

Smartbook_Layar_Sentuh

Harga : Rp 85.000

Mainan edukasi anak buku pintar layar sentuh

Smart book Ebook Muslim 3 in 1 ini adalah mainan anak yang mengedukasi untuk belajar Bahasa Indonesia, Inggris, Arab. Buku ini adalah buku belajar zaman now yang sangat modern untuk menemani buah hati Anda agar lebih mudah dan cepat dalam menerima pelajaran.

Banyak sekali fungsi yang tertanam di dalamnya, hanya dengan menekan tombol pada gambar anak Anda bisa belajar banyak hal (baik secara audio dan visual), seperti belajar mengenal Huruf Hijaiyah dan Alfabeth di sertai Bacaan dalam Arab dan
Inggris

Ada pula tombol untuk belajar mengenal nama kendaraan. Belajar mengenal nama buah dan sayur. Belajar mengenal nama hewan. Belajar mengenal angka dan warna. Belajar mengenal nama benda dalam rumah. Belajar cara wudhu dan sholat yang benar.

Ada pula bacaan sholat dari Takbir sampai Salam. Dan bacaan doa sehari hari + Asmaul Husnah Juz amma

Adapula fitur pembelajaran bagi anak dengan didampingi orang tua, seperti fitur iqro belajar cara baca dengan cara mengucapannya, taman Anak, menghitung jumlah buah dan sayur, kebun Binatang, belajar penjumlahan dan pengurangan dan belajar bentuk dan menggambar.

Tidak hanya itu anak Anda juga akan belajar jenis olah raga, belajar bendera dunia, belajar mengenal pelaksanaan haji dan umroh, dan belajar menebak gambar Masjid megah di beberapa negara dari mainan ini.



Buku canggih ini dilengkapi dengan lagu islami, dilengkapi pula dengan quis untuk melatih berfikir anak. Ada juga halaman kiri untuk menulis dan belajar seperti di whiteboard. Ukuran kotak kemasan mainan ini adalah + – 29 x 29 x 3 cm dengan ukuran produk + – 27.5 x 27.5 x 2 cm.

Buku ini menggunakan kertas tebal dilapisi lapisan plastik dengan cover buku hardbook sehingga kualitasnya jangan diragukan lagi. Hanya dengan Rp 85.000,00/set Anda sudah bisa menggunakannya.

Selain itu Anda juga mendapatkan BONUS baterai AA 3 pcs dan packing yang menggunakan buble warp. Jangan disayangkan jika Anda tidak memesan mainan edukasi yang sangat canggih ini. pemesanan bisa dilakukan di Bukalapak atau melalui link di atas.

7. Mainan Edukasi Bunchems

Mainan_Edukasi_Bunchems

Harga : Rp 135.000

Bunchems mainan edukasi kekinian

Wah Apa Itu Bunchems?

Bunchems adalah jenis permainan baru yang mengasah kemampuan, ketangkasan, daya fikir dan kreativitas anak.

Bunchmes magical magic ball ini terdiri dari kurang lebih 370 pcs magic ball dengan warna yang berbeda sehingga hal ini akan mampu melatih kemampuan imajinasi dan kreativitas anak Anda.

Mainan Magic ball Bunchems jenis mega pack ini memungkinkan Anda untuk membangun 36 kreasi 3D yang menakjubkan dan Bunchems dapat di susun, di rangkai, menjadi berbagai macam bentuk seperti: burung hantu, beruang, gurita, mobil, monyet, hewan lainya, rumah, gedung, kendaraan, dll.

Bunchems dibuat dari bahan karet yang berkualitas, Bunchems magic ball mampu menempel tanpa menggunakan lem dan memiliki warna yang menarik warna yang aman sangat cocok untuk anak usia 3 tahun atau lebih.



Terdapat 36 aksesoris seperti payung , kacamata, topi dll, serta 1pcs buku petunjuk pemakaian pada tiap set pembelian permainan Bunchmes Magical Magic Ball ini.

Product berbahan plastik dengan kemasan box yang berukuran 23 x 26 x 7 cm. Mainan ini memiliki berat 350g dengan Volume 1 kg. Apabila Anda penasaran dan ingin membeli mainan ini, silahkan klik link di atas.

6. Mainan Magic Color Beans

Mainan_Magic_Color_Beans

Harga : Rp 75.000

Mainan anak pengasah area holistik

Maianan Magic Color Beans ini mampu merangsang kemampuan kreativitas dan daya imajinasi anak. Sangat baik bagi perkembangan kemampuan motorik anak.

5 area holistik anak yang dapat dirangsang melalui mainan ini seperti 1) tactile peception, 2) creative play interaction, 3) balance coordiation, 4) fine motor skill improvement, dan 5) motor skill development (basic movements)

Mainan ini memiliki papan yang bisa disambung untuk membuat bidang yang lebih luas agar anak dapat membuat berbagai pola. Setiap paket mainan ini akan dilengkapi dengan cermin untuk mengenalkan konsep bidang simetri.

Setiap 1 Set Magic Color Bean terdiri dari 185 beans, 2 papan beans, 1 cermin plastik, 2 mirror holder (bisa digunakan untuk mencopot bean dari papannya) dan 1 buku petunjuk pola kreasi beans.



Dengan harga hanya Rp 75.000,00/set Anda sudah bisa mendapatkan mainan ini dengan Free Bungkus kado dan kartu ucapan. Anda cukup mencantumkan saja di keterangan saat melakukan pembelian permainan ini. Pemesanan dan pembelian dapat dilakukan melalui link di atas.

5. Drawing Board Magnetic Minnie

Drawing_Board_Magnetic_Minnie

Harga : Rp 134.000

Mainan magnetic yang praktis

Anak akan bisa memiliki kebebasan untuk mengasah kreativitasnya dengan cara menggambar. Permainan berupa drawing board magnetic minnie ini sangat cocok menjadi pilihan Anda dalam program mengasah kemampuan otak kanan anak khususnya kemampuan kreativitas anak itu sendiri.

Papan tulis dua fungsi untuk belajar mengenal, membaca dan mengenal huruf. Papan ini bisa ditulis menggunakan spidol, bisa juga di tempel huruf magnet. Sangat praktis sehingga bisa di bawa kemana-mana. Dalam menggunakan papan ini bisa dengan potret (posisi di berdirikan) atau juga bisa landscape (posisi di tidurkan).

Ukuran papan ini hanya 28 x 21 cm, beratnya ringan pula sehingga praktis dan mudah di bawa kemana saja.

Kerennya. Apabila Anda tertarik untuk membeli permainan ini di Bukalapak, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 134.000,00/pcs. Harga tersebut sudah include 26 huruf magnet, marker, penghapus, sticker dan board pula. Semuanya sudah include di situ. Banyak keuntungan kan??? Minat? Silahkan klik pada link di atas.

4. Mainan Household Kitchen

Mainan_Household_Kitchen

Harga : Rp 114.800

Mainan cantik untuk anak cantik

Mainan household kitchen ini sempat booming di kalangan ibu-ibu untuk mereka belikan dan berikan kepada anak-anak perempuannya. Pantas saja booming. Mainan ini tidak hanya tampak cantik dengan warna pink yang mendominasi semua bagian-bagian mainan ini.



Mainan household kitchen set adalah mainan masak-masakan anak yang menyenangkan. Dengan peralatan memasak yang mirip dengan peralatan masak aslinya, membuat mainan ini tidak hanya mampu membuat hati sang kecil gembira namun ternyata juga mampu melatih kemampuan motorik pada diri anak itu sendiri.

Apabila mainan ini dimainkan secara berkelompok atau bersama-sama, hal ini juga melatih anak Anda dalma kemampuan berkomunikasi dan kemampuan kolaborasinya. Apalagi jika mereka diskusi “mau masak apa hari ini?” maka hal ini juga akan melatih kemampuan argumentasi bagi anak.

Mainan household kitchen set dilengkapi dengan sayuran dan buah-buahan sebagai pelengkap masak (seperti pada gambar). Kerennya, juga dilengkapi dengan musik yang dapat mengiringi proses bermain anak, sehingga hal ini juga melatih anak dalam mengasak kemampuan jiwa seni yang ada di daalam dirinya.

Mainan ini memiliki berat 1 kg untuk satu set-nya, tinggi kitchen +- 40 cm, menggunakan batrei AA 2 pcs jika ingin membunyikan suara musiknya. Ukuran kemasan dus sekitar 33x23x7 cm. Hanya dengan harga Rp 114.000,00/set Anda sudah bisa mendapatkan mainan keren ini. apabila Anda ingin membelinya, bisa melalui Bukalapak atau klik saja link di atas.

3. Dream Doctor Bag-Pink

Dream_Doctor_Bag_Pink

Harga : Rp 89.000

Mainan mainstream ternyata juga mencerdaskan otak

Mainan Dream Doctor Bag bisa menjadi pilihan permainan yang pas bagi anak-anak Anda. Karena permainan ini dapat menghilangkan rasa jenuh, sangat menantang, bisa membuat edukasi anak-anak yang sangat mencerdaskan, melatih kesabaran dan ketekunan anak ketika menggunakannya.

Cara bermain pada jenis permainan ini yakni dengan cara menyusun setiap bagian dan belajar menggunakan setiap bagiannya sesuai dengan fungsinya. Dan apabila dimainkan dengan teman-temannya hal ini akan membantu anak Anda untuk melatih kemampuan bersosialisasi.



Kemampuan leadership dan kemampuan memahami struktur dan fungsional juga dilatihkan oleh setiap bagian mainan. Permainan ini cocok untuk anak mulai usia 6 tahun.

Setiap pembelian Anda akan mendapatkan 1 box dimana setiap satu box berisi mainan dokter yang include accessoris seperti stetoskop, suntikan, termometer dll. Semua mainan tersebut dimasukkan dalam bag sehingga lebih rapi dalam penyimpanan. Ukuran permainan ini 22 x 23 x 9 cm.

Rp 89.000,00/set adalah harga yang pas untuk permainan yang sangat istimewa ini. apabila Anda berminat, pemesanan bisa dilakukan melalui link di atas.

2. Block Lego Susun 406pc

Block_Lego_Susun_406pc

Harga : Rp 274.000

Mainan edukasi yang berkelas

Mainan Lego jenis blok ini memiliki banyak manfaat untuk mengasah kreativitas anak. Permainan ini mampu melatih dan meningkatkan imajinasi anak Anda, mampu meningkatkan kegembiraan bagi anak, mampu melatih sosial jika bermain dengan anak lain serta mampu meningkatkan kecerdasan otak anak.

Banyak memang manfaat bermain lego, oleh karena itu tidak heran banyak orang tua yang membeli blok lego untuk menjadikannya sebagai hadiah mainan bagi anak kesayangannya plus sekalian bisa mengedukasi mereka sejak dini.

Mainan ini masuk dalam kategori Bricks dengan berat 7 kg setiap satu set-nya. Harga blok lego kali ini dipatok sangatlah murah karena hanya dengan Rp 247.000,00/set Anda sudah bisa mendapatkannya. Mainan blok lego ini berisi 406 pcs di setiap set-nya.



Layanan penjualnya juga keren karena mereka menjamin bahwa jumlah blok lego akan dihitung kembali sebelum dikirim untuk memastikan jumlah isi blok legonya. Sangat disayangkan jika Anda berminat namun tidak segera membelinya. Karena harga segini murahnya plus layanan yang kayak gini kerennya mumpung masih ada di Bukalapak.

Atau jika memang Anda ingin membelinya Anda bisa memesannya melalui link di atas.

1. Rubik Mainan Edukasi Asah Otak

Rubik_Mainan_Edukasi_Asah_Otak

Harga : Rp 5.500

Mainan murah tapi bisa mencerdaskan otak anak

Permainan rubrik maerupakan permainan yang sudah di kenal di setiap penjuru dunia karena cara permainannya yang unik dan membangun. Mainan ini mampu mengasah kemampuan dan melatihkan kecerdasan otak anak.

Dengan warna warni seperti sisi pertama hijau, sisi keduanya warna orange, sisi ke tiganya warna kuning, warna sisi ke empat yakni bitu, sisi ke lima warna putih dan sisi ke enam warna merah muda. Hal ini mampu mengasah kemampuan kreativitas dan kemampuan motorik.

Mainan ini juga akan melatih kecermatan, kesabaran dan daya ingat. Hanya dengan Rp 5.500,00/pcs Anda sudah bisa mendapatkan permainan rubrik yang tidak hanya melatih kemampuan otak kiri saja melainkan melatih kemampuan otak kanan anak Anda juga. Sudah murah, permainan ini sangat bermanfaat pula.

Permainan rubrik ini berukuran 3x3x3 dengan berat hanya 100 gram sehingga permainan rubrik ini terasa ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Sangat fleksibel apabila mau dimainkan dimana saja. Jika Anda tertarik dengan permainan ini, Anda bisa memesannya melalui link di atas.

Rubrik_Kubus_Yoyo

Harga : Rp 29.200

Ada pula jenis rubrik lainnya adalah Rubrik Kubus Yoyo. Rubrik jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar yakni seukuran 4×4, namun tetap enak digenggaman tangan. Rubrik kubus yoyo etrbuat dari bahan berkualitas tinggi. Rubrik ini sangat enak dimainkan karena licin dan mudah digerakkan.



Selain itu, rubrik ini enak digerakkan karena sedikit elastis. Jika Anda tertarik untuk memesannya, Anda bisa memesan melalui link di atas.

Kesimpulan

  • Dalam membelikan mainan untuk anak, Anda tidak boleh sembarangan. Alangkah lebih baiknya Anda membelikan mainan yang mampu mengedukasi anak, terlebih bisa menunjang perkembangan otak anak sehingga memicu kecerdasan otak anak pula.
  • Ketika Anda ingin membelikan mainan pada anak, Anda harus memilihkan mainan yang dapat melatih otak kanan dan otak kiri anak.
  • Anda bisa memilih mainan Apple Learning Quran 6 Tombol untuk dapat menanamkan agama melalui kecintaan pada al-qur’an dengan media mainan berkualitas tinggi. Dan dapat memberikan edukasi agama pada anak sejak dini.
  • Atau bisa juga Smartbook Layar Sentuh mainan yang bisa mengajarkan anak Anda belajar tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, Inggris dan Arab. Mainan edukasi yang dapat menunjang perkembangan kecerdasan anak.
  • Jika Anda memilih mainan yang kekinian dengan tetap memperhatikan apakah mainan tersebut dapat mengedukasi anak Anda, maka Anda bisa menjadikan Mainan Edukasi Bunchems atau Mainan Magic Color Beans atau juga Mainan Household Kitchen.
  • Tapi apabila Anda menginginkan mainan yang murah tapi tetap bisa menunjang kecerdasan anak. Anda bisa menggunakan mainan Rubrik, hanya dengan Rp 5.000,00/pcs saja Anda sudah bisa melatih kemampuan logika anak Anda.

Referensi:

  • Jessica. Selain Belajar, 10 Permainan ini Bisa Mengasah Kecerdasan Anak . 06 Februari 2018. https://www.educenter.id/mengasah-kecerdasan-anak/
  • Cekreasi Plus. 10 Rekomendasi tas Ransel Laptop untuk Perempuan. 2019. https://cekreasi.com/plus/article/10-rekomendasi-tas-ransel-laptop-untuk-perempuan
  • Mainan Anak. 10 Mainan untuk Anak Laki-Laki Usia 3 Tahun yang Mengasah Kreativitas. 27 April 2018. https://bp-guide.id/AXgog5Ta
  • Mainan Edukasi. 10 Rekomendasi Mainan Edukasi terbaik untuk Anak usia 4,5,6 Tahun. 31 Januari 2019. https://my-best.id/29158/
  • Mainan Edukasi. Mainan Edukasi-Belajar Sambil Bermain. 30 September 2018. https://www.youtube.com/watch?v=ZqB9_tBX104



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Mainan Anak


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Mainan Anak Penunjang Perkembangan Otak", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »