Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


28 April 2019

10 Laptop untuk Pelajar Berprestasi

By Cekresi .com


Untuk meningkatkan prestasi pelajar, tentu fasilitas laptop menjadi salah satu alat pendukung yang sangat penting pada era digital seperti sekarang ini. Dengan laptop, mengerjakan tugas-tugas akan semakin mudah, sistem informasi lebih cepat, dan memudahkan pelajar saat membaca buku-buku digital.



Beberapa pertimbangan penting yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk pelajar, seperti software dasar untuk microsoft office dan adobe, penyimpanan internal, dan tentunya desain ramping atau bobot yang lebih ringan sehingga memudahkan saat dibawa keman-mana.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa laptop untuk pelajar berprestasi berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai macam tentang laptop serta cara merawat laptop.

Pilih laptop berdasarkan prosesornya

Prosesor bisa dikatakan sebagai otak dari perangkat laptop yang berfungsi untuk menjalankan proses serta pengendali kerja laptop yang bekerjasama dengan perangkat lainnya, terutama hard disk drive (HDD) dan memori RAM.

Semakin besar kecepatan prosesor maka semakin cepat pula proses kinerja laptop yang Anda miliki. Adapun satuan kecepatan dalam prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz).

Pada umumnya prosesor akan memproses data yang terima dari input, kemudian akan menghasilkan output, dan perangkat berbentuk chip ini yang menentukan kecepatan performa dari sebuah laptop.

Jadi sangat penting ketika Anda membeli laptop memperhatikan terlebih dahulu jenis prosesornya. Dan, berikut ini beberapa jenis prosesor yang bisa digunakan oleh pelajar agar mendapatkan kemudahan dan kecepatan saat memakai laptop:

  • AMD Athlon X2 QL-60
  • AMD Athlon 64 X2 TK-57
  • AMD Turion 64 X2 RM-72
  • AMD Turion 64 X2 TL-60
  • AMD Turion X2 Ultra ZM-82
  • Intel core 2 Duo P7350
  • Intel Core 2 Duo T5800
  • Intel Core 2 Duo T7300
  • Intel Core Duo T6600
  • Intel Core 2 Duo T8200
  • Intel Pentium Dual Core T3400.

Selain prosesor, yang harus jadi pertimbangan juga adalah kapasiatas RAM-nya. Karena RAM dan prosesor merupakan komponen utama dalam laptop. Laptop tidak akan beroperasi dengan baik tanpa dukungan keduanya.



Mungkin bagi pelajar bisa memilih spesifikasi standar prosesor Intel dengan minimal RAM 2 GB, karena kedua komponen tersebut sudah cukup baik digunakan untuk mendukung kegiatan belajar para pelajar.

Memilih laptop dengan bobot dan layar yang tepat untuk pelajar

Pelajar berprestasi biasanya akan membawa buku-buku dan perlengkapan penunjang lainnya ke sekolah, tentu tambahan laptop akan semakin menambah beban bawaan mereka. Untuk itu sangat penting ketika memilih laptop juga memperhatikan bobotnya.

Bobot laptop sangat bervariasi, biasanya semakin ringan bobot laptop maka harganya pun semakin mahal. Namun yang perlu diketahui bahwa bobot laptop ini biasanya berkaitan dengan ukuran layar, semakin kecil layar maka semakin ringan bobotnya.

Mungkin Anda bisa memilih layar kecil 11 inci jika ingin bawaan Anda lebih ringan, namun untuk ukuran pelajar lebih cocok menggunakan ukuran standar layar sekitar 14 inci, karena layar kecil terkadang akan membuat cepat lelah jika tidak terbiasa menggunakannya.

Pilih jumlah port sesuai dengan kebutuhan

Pada mulanya, port USB dimaksudkan untuk menggantikan banyak konektor di bagian belakang PC, serta untuk menyederhanakan konfigurasi perangkat lunak dari perangkat komunikasi. Namun dalam perkembangannya port USB pada beberapa jenis laptop mengalami pengurangan, dikarenakan perkembangan teknologi nirkabel yang semakin pesat, seperti Bluethooth atau Wi-Fi.

Tentu hal tersebut bisa menguntungkan karena laptop lebih tipis dan ringan, akan tetapi juga bisa merugikan para pengguna dalam beberapa hal seperti, kesulitan saat ingin memindahkan atau mem-backup data di laptop kemudian tidak ada akses internet, atau tidak bisa saat Anda ingin menancapkan dua atau lebih USB flash drive pada laptop Anda.

Tentu pemilihan jumlah port akan menjadi pertimbangan saat membeli laptop, karena fungsinya yang bisa memudahkan Anda saat ingin menggunakan perangkat periferal seperti mouse eksternal, keyboard, printer, atau perangkat lain.



Jadi sebelum membeli laptop, pastikan Anda mengetahui jumlah port yang tersedia, karena jumlah port yang memadai bisa memberikan keuntungan, terutama pada pelajar yang biasanya sering menggunakan untuk memindahkan data atau mem-backup beberapa materi pelajaran atau buku-buku digital.

Pilih sistem operasi original

Ketika Anda membeli laptop, pastikan laptop sudah terpasang sistem operasi, karena harga sistem operasi original biasanya lumayan mahal. Anda bisa menggunakan sistem operasi Windows yang biasanya sudah disertakan oleh para penjual dalam produk laptopnya.

Anda bisa menggunakan Windows 7 atau Windows 8. Mungkin akan lebih baik jika Anda memilih Windows 8 karena sistem operasinya lebih cepat dan efisien, jadi sangat cocok digunakan untuk para pelajar. Selain itu, harga Windows 8 jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Windows 7.

Pilih laptop yang bergaransi

Agar Anda lebih tenang dan nyaman saat menggunakan laptop, pastikan Anda membeli laptop di distributor resmi yang sudah dilengkapi dengan garansi pada produknya. Jangan lupa perhatikan aturan dan juga jangka waktu dari garansinya agar Anda bisa menggukur kapan garansi tersebut bisa digunakan.

Karena jika Anda memiliki garansi, maka Anda cukup membawa laptop ke tempat Anda membeli jika terjadi suatu kerusakan, dan tentunya ini bisa menghemat pengeluaran Anda karena tidak perlu lagi repot membawa ke tempat service laptop.

Cara merawat laptop

Ketika Anda sudah membeli laptop, maka yang perlu diperhatikan adalah cara merawat laptop agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini cara-cara merawat laptop yang bisa Anda lakukan:

  • Pastikan Anda selalu men-shutdown laptop saat tidak digunakan. Karena dengan mematikan laptop bisa mencegah panas berlebih dan bisa menghindarkan dari kerusakan.
  • Hindari membawa laptop dalam keadaan standby, karena bisa merusak hard disk.
  • Hindari membawa laptop dalam tas dengan beban yang berlebih. Karena tas dengan beban berlebih akan berpotensi menekan layar sehingga laptop bisa lebih cepat rusak.
  • Pastikan Anda meng-update BIOS dengan versi terbaru, karena update dapat meningkatkan performa laptop Anda. Jika Anda tidak mengetahui caranya, Anda bisa mendatangi teknisi untuk melakukannya pada laptop Anda.
  • Lindungi laptop Anda dengan antivirus, sehingga laptop Anda terhindar dari ancaman malware, spyware dan ransomware yang bisa saja mengganggu dan merusak sistem pada laptop Anda.
  • Lakukan secara berkala update aplikasi atau software Anda untuk lebih mengoptimalkan kinerja laptop.
  • Cabut peripheral atau aksesoris laptop ketika tidak digunakan. Misalnya ketika baterai sudah penuh, maka segera cabut baterai laptop dari stop kontak.
  • Pastikan membersihkan secara berkala, misalnya sebulan sekali Anda membersihkan laptop dari debu-debu yang menempel.

10 Laptop untuk pelajar berprestasi

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang laptop serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi laptop yang bisa digunakan oleh pelajar untuk meningkatkan prestasinya dari berbagai merek berikut ini:



10. Laptop Lenovo Ideapad 330-QID 14″ HD

Laptop_Lenovo_Ideapad_330_QID_14_HD

Harga : Rp 4.099.000

Memberikan kecepatan, kemudahan sehingga bisa membantu prestasi pelajar

Memilih laptop dari merek Lenovo ini berarti Anda sudah siap untuk menciptakan masa depan penuh dengan prestasi. Karena laptop ini memiliki prosesor Intel Celeron N4000 yang akan memberikan kemudahan performa dan dapat diandalkan.

Selain itu, grafis yang ditampilkan lebih sempurna serta resolusinya yang tinggi sehingga memudahkan belajar dengan menggunakan media audio visual lebih jelas, detail dan jernih. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

9. Laptop Asus E203MAH

Laptop_Asus_E203MAH

Harga : Rp 3.300.000

Desain lebih menarik, dan mendukung mobilitas pelajar

Laptop ini merupakan pengembangan dari generasi sebelumnya yang telah sukses di pasaran, yakni E202 dan E203NAH. Perbedaan mencoloknya adalah adanya Intel Celeron N4000 yang akan membuat Anda semakin produktif.

Selain itu, laptop ini dirancang dengan berbagai kemudahan seperti layarnya yang bisa direntangkan 180 derajat, fitur yang lengkap, serta bobotnya yang lebih ringan sehingga mendukung mobilitas karena mudah dibawa kemana-mana. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

8. Laptop Dell Inspiron 11-3180 11.6″

Laptop_Dell_Inspiron_11_3180_11_6

Harga : Rp 3.999.000



Membantu tugas-tugas berat pelajar menjadi ringan

Tugas sehari-hari yang menumpuk tentu membutuhkan kinerja laptop yang lebih baik. Dell Inspiron 11-3180 11.6″ akan memudahkan pelajar dalam menyelesaikan tugas-tuganya dengan mudah, karena teknologi prosesor AMD A9-9420 mendukung tugas berat seperti database maupun grafis.

Laptop ini memiliki bobot yang lebih ringan sehingga bisa mendukung mobilitas Anda. Selain itu, laptop Dell ini dilengkapi dengan hard disk yang cukup besar 500GB sehingga cocok digunakan untuk pelajar maupun pekerja. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

7. Laptop Samsung NP275E4V-X01ID

Laptop_Samsung_NP275E4V_X01ID

Harga : Rp 5.060.000

Memberikan kecepatan dan grafis yang lebih memukau

Kemampuan teknologi laptop Samsung NP275E4V-X01ID ini sangat mumpuni untuk menunjang prestasi belajar Anda. Karena laptop ini didukung AMD Radeon HD 8570M 1GB GDDR3 yang kinerja grafisnya lebih memukau jika dibandingkan dengan prosessor Intel seri Bay Trail.

Laptop ini juga dilengkapi dengan sistem konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, dan port USB. Kemudian, kapasitas baterai 6 cell-nya mampu digunakan selama 5 sampai 6 jam sehingga cukup aman digunakan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas sekolah. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

6. Laptop Acer Aspire 3 A315-41-R3LC

Laptop_Acer_Aspire_3_A315_41_R3LC

Harga : Rp 5.325.000

Kualitas gambar lebih nyata, kecepatan optimal, dan kemudahan dalam penyimpanan

Laptop Acer ini memiliki prosesor AMD Ryzen 3 yang mampu meningkatkan belajar Anda secara optimal. Selain itu, kecepatan dual core dengan RAM 4 GB dapat membuat komputasi Anda semakin optimal.



Lapop ini juga dilengkapi dengan baterai yang mampu bertahan sampai 6 jam dengan perangkat yang bisa menghemat penggunaan baterai sehingga memberikan ketenangan dan kenyamanan saat mengerjakan tugas-tugas sekolah. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

5. Laptop HP 15-DB0005AU

Laptop_HP_15_DB0005AU

Harga : Rp 3.575.000

Memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk pelajar

Laptop ini memiliki layar berukuran besar 15.6 inci yang akan membuat penggunanya lebih nyaman dan tidak membuat mata cepet lelah. Laptop ini juga memiliki harga yang lebih terjangkau, jadi Anda bisa lebih berhemat.

Selain itu, prosesor AMD E2-9000e dual-core dengan RAM 4GB pada laptop ini cukup aman digunakan oleh putra-putri Anda dalam menyelesaikan berbagai macam tugas sekolah. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

4. Laptop Toshiba Satellite S40DT-AT01M/GR

Laptop_Toshiba_Satellite_S40DT_AT01M_GR

Harga : Rp 4.186.000

Memudahkan para pelajar mengerjakan tugas-tugas sekolah

Laptop berukukan 14 inci ini sangat cocok digunakan oleh pelajar, selain harganya terjangkau juga dilengkapi dengan full touch-screen display yang bisa digunakan secara optimal.

Laptop ini memiliki procesor AMD A4-5000 APU dengan dukungan dari Radeon HD Graphics 1.50 GHz yang akan memberikan kemudahan, kecepatan, dan grafis yang cukup tinggi. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.



3. Laptop Axioo Mybook 10

Laptop_Axioo_Mybook_10

Harga : Rp 2.800.000

Mudah membawanya, lebih ringan, dan lebih stylish

Laptop ini memiliki teknologi Intel terbaru yang dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas-tugas dengan sangat baik. Laptop ini juga memiliki daya tahan baterai dan bisa menghemat hingga 20 persen.

Laptop Axioo ini memiliki desain lebih stylish dengan bobot lebih ringan sehingga memudahkan Anda membawanya kemana-mana. Selain itu, laptop ini dilengkapi juga dengan fitur seperti USB 3.0, slot Micro SD, dan port HDMI. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

2. Laptop Apple Macbook Pro 13″ Retina Display MF839

Laptop_Apple_Macbook_Pro_13_Retina_Display_MF839

Harga : Rp 12.100.000

Lebih canggih dan sangat mendukung prestasi para pelajar

Apple merupakan salah satu merek terkenal dunia yang sukses membangun brand teknologinya. Salah satu produknya Apple Macbook Pro 13″ ini yang bisa Anda beli untuk mendukung prestasi belajar putra-putri Anda di sekolah.

Laptop ini memiliki teknologi yang canggih serta kualitas grafisnya yang sangat baik, sehingga membuat para pelajar lebih mudah meningkatkan kemampuan dan mengembangkan potensinya. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

1. Laptop MSI U250

Laptop_MSI_U250

Harga : Rp 4.000.000

Memberikan kemudahan dengan kecepatan akses yang lebih cepat



Laptop ini sangat cocok digunakan untuk pelajar karena lebih ringan saat mengakses office, browsing, editing video dan program sederhana lainnya. Laptop ini memiliki bobot yang lebih ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Kemudian, laptop MSI ini juga dilengkapi dengan sistem koneksi seperti LAN, WLAN, dan Bluetooth. Selain itu, Anda akan mendapatkan kepuasan dengan fasilitas sistem audionya yang high quality speakers.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli laptop, Anda harus memperhatikan spesifikasinya terutama prosesor dan RAM-nya, selain itu perhatikan bobot, ukuran layar, serta jumlah port USB sehingga memudahkan Anda saat menggunakan dan mengoperasikannya.
  • Anda juga harus memperhatikan cara merawat laptop agar performa tidak melambat, dan Anda bisa menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih laptop Dell Inspiron 11-3180, karena laptop ini memiliki bobot lebih ringan, dan didukung dengan teknologinya yang canggih.
  • Namun jika Anda ingin laptop dengan spesifikasi yang berkualitas dan mampu mendukung secara maksimal prestasi belajar, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke laptop merek Apple.
  • Sedangkan, jika Anda ingin laptop yang tidak membuat mata cepat lelah dengan ukuran layar yang lebih lebar, maka Anda bisa memilih laptop dari Acer Aspire 3 A315-41-R3LC 15.6″.

Referensi

Dell (2019), Guide to Buyying a Laptop Computer (or Notebook PC), http://www.dell.com/content/topics/segtopic.aspx/laptop_notebook_buying_guide?c=us&l=en&cs=19

Acerid (2018), SpAcer, Lakukan 9 Cara Ini Untuk Merawat Laptop Baru, https://www.acerid.com/2018/08/merawat-laptop-baru-supaya-awet/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Laptop untuk Pelajar Berprestasi", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »