Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


10 February 2021

10 Laptop Terbaik untuk Para Insinyur Teknik dan Pertambangan

By Cekresi .com
10 Laptop Terbaik untuk Para Insinyur Teknik dan Pertambangan


Laptop saat ini adalah perangkat yang paling banyak digunakan untuk mengolah data. Tidak hanya untuk pekerjaan administrasi, tetapi juga untuk bidang lapangan. Dalam dunia pertambangan, seorang insinyur sering kali harus melakukan pengecekan dan maintainance di lapangan.



Namun, perangkat digital seperti laptop sangat rentan terhadap kondisi lingkungan di areal pertambangan. Kerusakan perangkat kerja dilapangan tentu menjadi problem yang harus diantisipasi. Oleh karena itu, seorang insinyur teknik dan pertambangan harus cermat memilih laptop yang akan dipakai untuk bekerja.

Pemilihan tersebut tidak hanya soal spesifikasi laptop. Tetapi juga ketahanan dan kecocokan terhadap software serta alat yang akan dianalisis menggunakan laptop. Dalam artikel ini, akan disajikan bagaimana tips dan trik memilih laptop untuk insinyur pertambangan, termasuk rekomendasi produk terbaik yang dapat dijadikan acuan.

Perhatikan kesesuaian spesifikasi terhadap software

Sama seperti software untuk kegiatan desain dan konstruksi pada umumnya. Penggunaan software untuk industri pertambangan membutuhkan spesifikasi yang mumpuni dari laptop. Sebab, data yang diolah pun membutuhkan ruang yang sangat besar dengan kecepatan pemrosesan yang tinggi.

Dalam dunia pertambangan, pada umumnya jenis data yang diolah adalah sata geospasial, hingga pemrosesan data langsung ke satelit. Dan beberapa pekerjaan adalah kegiatan maintainance alat-alat berat di lapangan. Alat yang memiliki teknologi tinggi biasanya juga akan memiliki software atau driver khusus yang sangat berat.

Beberapa software pertambangan regular yang biasa digunakan adalah GPlates, GEOMS2, hingga Remote Sensing. Anda akan membutuhkan laptop dengan kapasitas sangat besar dengan operating system terbaru untuk dapat menggunakan software tersebut dengan lancar. Oleh sebab itu, penting kiranya untuk memperhatikan spesifikasi laptop dengan cermat.

Pilih laptop yang memiliki ketahanan lingkungan

Lingkungan di areal pertambangan sebetulnya sangat tidak sesuai untuk perangkat digital. Sebab, beberapa komponen tidak akan tahan dengan kondisi alam, seperti suhu udara dan kelembaban. Tentu Anda akan sangat membutuhkan laptop dengan komponen yang resisten terhadap kondisi tersebut.

Saat ini sangat mudah menemukan laptop dengan teknologi tinggi. Namun, semakin tinggi teknologi yang digunkan oleh perangkat tersebut membuatnya semakin rentan pada banyak hal. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada produk laptop yang bisa digunakan di lingkungan yang tidak kondusif.



Anda bisa memilih laptop jenis Toughbook dari Panasonic, Rugged Book dari Dell, ProBook dari HP, hingga produk dari Getac. Kesemua produk ini telah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan pertambangan di seluruh dunia.

Perhatikan kompatibilitas perangkat

Sebelum membeli laptop untuk kebutuhan pekerjaan Anda. Pastikan terlebih dahulu, kegiatan jenis apa yang akan Anda lakukan. Bila pekerjaan tersebut adalah surveying lokasi dan pengumpulan data spasial, tentu spesifikasi laptop yang dibutuhkan akan berbeda untuk kegiatan lainnya.

Beberapa kegiatan mungkin perawatan atau maintainance alat proyek. Untuk instalasi software atau driver pada alat-alat tertentu mungkin akan membutuhkan fitur dan spesifikasi yang berbeda. Tidak hanya software, Anda mungkin harus mengoneksikan laptop pada alat. Sehingga perlu connector atau port khusus yang hanya dimiliki oleh laptop jenis tertentu saja.

10 Laptop terbaik untuk para insinyur teknik dan pertambangan

Setelah mencermati hal-hal diatas, Anda bisa langsung mencari laptop yang sesuai dengan kebutuhan. Saat ini sudah banyak jenis laptop khusus untuk kegiatan teknik dan pertambangan di marketplace Indonesia. Dan berikut, beberapa rekomendasi laptop terbaik yang bisa Anda jadikan pertimbangan :

10. Dell Latitude 5424 Rugged

dell_latitude_5424_rugged

Harga : Rp 46.000.000

Salah satu persembahan terbaik Dell, laptop rugged dengan multiple fungsi

Produk Dell Latitude 5424 Rugged merupakan laptop berspesifikasi tinggi dengan MIL-STD-810G. Yang mana, laptop ini bahkan cocok untuk kebutuhan operasi militer yang berat. Sama halnya dengan produk latitude lain, Latitude 5424 dapat digunakan di segala macam lingkungan, bahkan yang terburuk sekali pun.

Laptop ini juga menggunakan prosesor generasi ke-8, dan memiliki memori hingga 32 GB. Selain itu latitude 5424 memiliki 8 jenis port yang dapat dihubungkan pada banyak perangkat untuk kebutuhan maintainance dan instalasi. Harddisk laptop ini juga cukup besar, yakni 1 TB.



Dell Latitude 5424 Rugged didesain untuk segala kebutuhan. Anda tidak akan kesulitan menginstal software jenis apa pun dengan resolusi layar 1920 x 1080 (16:9) yang didukung dengan direct view outdoor readable display.

Walaupun memiliki ketahanan yang tinggi, bahkan dari suhu tinggi, debu, air, hingga benturan, Latitude 5424 hanya memiliki berat 2,5 kg. Anda bisa membeli laptop ini di belanjakomputer.com.

9. Panasonic ToughBook 31

panasonic_toughbook_31

Harga : Rp 64.999.999

Olah data spasial dari satelit non-stop lebih dari 28 hours dengan Panasonic ToughBook 31

Panasonic ToughBook 31 mungkin merupakan laptop terkuat di dunia yang bisa Anda temukan di pasaran. Dengan daya tahan battery lebih dari 28 jam dan case berbahan full magnesium, Anda bisa menggunakan laptop ini di segala situasi dan lingkungan. Bahkan yang paling ekstrem sekalipun.

Selain itu, material yang digunakan untuk layar adalah sunlight viewable 1200 nit touchscreen. Jadi, Anda tidak perlu khawatir layar tidak terlihat jelas saat digunakan di luar ruangan. ToughBook 31 juga menggunakan jaringan 4G-LTE yang langsung terhubung pada GPS satelit.

Produk ini tersertifikasi MIL-STD-810G dan MIL-STD-461F.Sehingga kekuatan, ketahanan, dan teknologinya memang telah teruji dengan valid. ToughBook 31 sangatlah sesuai untuk para insinyur di bidang pertambangan yang bekerja dilingkungan keras dan tidak kondusif. Anda bisa membeli laptop ini di Tokopedia.

8. Dell Latitude 14 7404 Rugged Extreme

dell_latitude_14_7404_rugged_extreme

Harga : Rp 44.250.000

Laptop rugged 14” dengan vPro Technology dari Intel SSD 128 GB
Teknologi vPro yang diterapkan pada Latitude 7404 Extreme merupakan teknologi terbaru dari Intel. Laptop ini juga dilengkapi dengan kartu grafis Nvidia GeForce N14M-GE 2GB yang membuat rendering yang Anda inginkan akan menjadi sangat cepat.



Laptop Latitude 7404 sangat sesuai untuk Anda yang bekerja di lingkungan bersuhu sangat rendah maupun tinggi. Sebab produk ini mampu beroperasi hingga pada suhu -23℃ hingga 63℃ pada keadaan normal. Jadi Anda bisa tetap bekerja bahkan di musim dingin antartika atau di daerah pertambangan yang sangat panas.

Laptop ini juga menggunakan WLED 14” dengan resolusi maksimum 1366 x 768 pixel. Dengan kata lain, Latitude 14 7404 adalah laptop yang sangat hemat energi dan dapat memuat tampilan layar atau gambar secara instan dengan kualitas HD.

Bagian terbaik dari Latitude 7404 adalah, laptop ini tersertifikasi oleh airborne contaminant level G1 atau ISA-71. Yang artinya, produk ini tahan oleh debu, tekanan, hingga kelemababan pada level yang ekstrem. Anda bisa membeli laptop ini di Bukalapak.

7. Dell Latitude 14 7414 Rugged

dell_latitude_14_7414_rugged

Harga : Rp 59.999.000

Laptop standard militer IP 65 tahan banting yang dilengkapi broadband 4G 32GB Memori

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan potensi kerusakan laptop ketika dipakai bekerja di lingkungan yang keras. Latitude 7414 tersetifikasi dengan IP 65, yang artinya laptop ini memiliki ketahanan terhadap debu yang solid dan bahkan semprotan air dari segala angle.

Seperti halnya laptop MIL-STD lainnya, Latitude 7414 memiliki case yang terbuat dari bahan logam magnesium. Sehingga, bahkan jika terjadi benturan atau tekanan pada level tertentu, tidak akan terjadi kerusakan di bagian mesin atau layar laptop.

Tidak hanya ketahanan pada komponennya saja. Performa dari Latitude 7414 termasuk ke dalam kelas premium. Laptop ini menggunakan thermal management generasi ke-4 Quad Cool, sehingga Anda bisa bekerja dalam waktu yang lama sekaligus.



Pada kemampuan penangkapan jaringan internet pun, Latitude 7414 juga tidak kalah hebat. Anda bisa menikmati jaringan 802.11ac Wi-Fi dan 4G/LTE broadband yang terintegerasi dengan GPS Satelit. Tidak sampai disitu saja, laptop ini memiliki graphics power dengan kecepatan hingga 32 GB Memory. Anda bisa membeli laptop ini di Tokopedia.

6. Panasonic ToughBook 33

panasonic_toughbook_33

Harga : Rp 99.799.000

Super rugged 2-in-1 Laptop and Tablet, hybrid laptop dengan spesifikasi terbaik!

Fleksibilitas selalu berbanding lurus dengan produktivitas.Inilah keunggulan dari Panasonic ToughBook 33. Laptop ini memiliki fungsi tablet yang bisa digunakan kapan pun Anda inginkan. Dengan ukuran layar 12” 3:2 display, tentu akan sangat nyaman saat digunakan bekerja.

Produk ToughBook 33 tidak diragukan lagi menjadi laptop berteknologi tinggi dengan daya tahan terkuat yang bisa ditemukan dipasaran. Laptop ini telah tersertifikasi MIL-STD-810G, MIL-STD-461F, IP65, dan telah teruji aman digunakan pada lingkungan super ekstrem.

Walaupun memiliki desain hybrid yang umumnya rapuh, namun faktanya ToughBook 33 adalah laptop berjenis full rugged. Daya tahan battery yang dimiliki laptop ini dapat mencapai 20h (optional). Pada mode tablet, ToughBook 33 memiliki port-nya tersendiri. Sehingga Anda tetap dapat mengoneksikan pada perangkat lain untuk kebutuhan instalasi atau maintainance. Anda bisa membeli laptop ini di Tokopedia.

5. Dell Latitude 7212 Rugged Extreme

dell_latitude_7212_rugged_extreme

Harga : Rp 27.000.000

Super rugged tablet dengan fungsi setara laptop military standard!

Anda mungkin akan terkesan dengan kemampuan dari tablet Latitude 7212 ini! Memiliki layar 12”, tablet ini juga bisa berfungsi sama dengan laptop. Sebab produk ini didukung dengan keyboard eksternal yang juga tersertifikasi IP65 dan tablet dock yang didesain khusus.



Latitude 7212 juga memiliki 8 jenis port dan slot, yang memungkinkan Anda untuk dapat mengoneksikan tablet dengan perangkat lain. Dan keunggulan lain dari tablet ini adalah, konektivitas yang memiliki kecepatan dua kali lebih cepat dari laptop rugged biasa.

Sama seperti produk rugged dari Dell, Latitude 7212 juga tersertifikasi oleh MIL-STD-810G. Tidak hanya kekuatan dan ketahanannya saja, tablet ini juga memiliki dual prosesor generasi ke-6 dan ke-7. Selain itu, layar yang digunakan juga tahan berbagai cuaca ekstrem, seperti badai salju. Anda bisa membeli laptop ini di Tokopedia.

4. Panasonic ToughBook 20

panasonic_toughbook_20

Harga : Rp 64.999.999

Ultra lightweight full rugged 10.1” hybrid 2-in-1 standar militer

Bila Anda telah mengenal ToughBook 33, maka Panasonic ToughBook 20 merupakan versi compact-nya. Walaupun memiliki sasis yang terbuat dari logam magnesium, laptop ini hanya memiliki berat 1,7 Kg. Produk ini didesain khusus untuk Anda yang menginginkan fleksibilitas dan efisiensi dalam bekerja.

Bila Anda menduga ToughBook 20 memiliki layar yang lemah, maka itu adalah sebuah kekeliruan besar. Laptop ini memiliki resolusi 1920 x 1200 dengan teknologi WUXGA walaupun layarnya hanya berukuran 10.1”.

ToughBook 20 juga mempunyai memori yang sangat mumpuni, yakni 8GB SDRAM 1600Hz dan SSD hingga 512 GB.Sedangkan prosesor yang digunakan adalah Intel Core m5-6Y57 vPro dengan turbo boost hingga 2.8Ghz. Tentu dengan spesifikasi ini, Anda tidak akan memiliki masalah dalam pemrosesan data dan rendering.

Bagian menarik lain dari ToughBook 20 adalah rain mode dan water proof pada laptop ini. Sehingga Anda akan bisa bekerja kapan pun dan dalam kondisi bagaimana pun di lapangan. Anda bisa membeli laptop ini di Tokopedia.



3. Getac B300

getac_b300

Harga : Rp 75.000.000

Produk Getac paling banyak mendapat opini “rugged laptop” terbaik di Marketplace

Getac B300 menggunakan teknologi paling update diantara rugged laptoplain di marketplace Indonesia. Prosesor yang diterapkan pada produk ini adalah Intel Core vPro i7 1.9GHz dengan turbo boost hingga 4.2Ghz.

Layar atau display B300 juga tidak kalah mengesankan. Produk ini menggunakan 1400 nit QuadraClear plus Sunlight Readable Display, yang mana pada rata-rata rugged laptop hanya menggunakan 800 nit saja.

Bila Anda terbiasa bekerja dalam waktu yang panjang, maka Getac B300 akan menjadi pilihan terbaik. Produk ini memiliki fitur dual battery configuration yang dapat bertahan hingga 30h untuk penggunaan normal.

Selain itu, Anda tidak akan lagi kesulitan untuk menemukan koneksi internet. Getac B300 menggunakan multi-carrier 4G LTE serta generasi terbaru dari teknologi wireless, yakni 802.11ac Wi-Fi.

Laptop Getac B300 juga memiliki ketahanan terhadap benturan, goncangan, getaran, debu, bahkan mampu bertahan saat hujan deras sekalipun. Dan yang paling penting, produk ini telah tersertifikasi oleh MIL-STD-810G, MIL-STD-461G, serta IP65. Anda bisa membeli laptop ini di Bukalapak.

2. Getac X500 Ultra Rugged

getac_x500_ultra_rugged

Harga : Rp 99.990.000

Anda dapat bekerja di lingkungan paling ekstrem sekalipun dengan Getac X500



Getac tidak pernah selesai mengembankan produk rugged laptopnya. Kali ini hadir Getac X500 yang memiliki ketahanan yang luar biasa. Laptop ini bahkan bisa tetap beroperasi ditengah blazer di Antartika pada suhu -20℃ hingga di gurun pasir yang panas di suhu 60℃.

Getac X500 menerapkan teknologi terbaik untuk menunjang semua kebutuhan Anda. Prosesor vPro i7-7820HQ serta 500GB SSD pada X500 akan menjamin semua jenis pekerjaan analitic Anda akan berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu, produk ini juga menggunakan kartu grafis GTX950M 4GB.

Untuk konektivitas, Getac X500 menerapkan teknologi terbaru dual wireless technology yakni AC 8265 dan 802.11ac. Pada fitur display, X500 menggunakan teknologi QuadraClear Sunlight Readable 15.6” TFT LCD PHD 1920 x 1080.

Dan Anda tidak perlu khawatir mengenai ketahanan X500 dalam menerima benturan, getaran, dan goncangan. Sebab produk ini telah tersertifikasi MIL-STD-810G, MIL-STD-461F, dan IP65. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kemampuan interpace X500, sebab produk ini menerapkan double RS-232 dan RJ45. Anda bisa membeli laptop ini di Tokopedia.

1. Dell Latitude 7424 Rugged Extreme

dell_latitude_7424_rugged_extreme

Harga : Rp 122.400.000

Laptop rugged dari Dell dengan spesifikasi paling ekstrem di marketplace Indonesia

Latitude 7424 merupakan laptop rugged dengan spesifikasi diatas rata-rata produk Dell lainnya. Produk laptop ini menggunakan 14” (1920 x 1080) with direct sunlight restitive outdoor viewable hingga 1000 nit FHD display. Layar laptop juga telah support dengan glove touch dan passive pen.

Laptop Latitude 7424 juga menggunakan teknologi FirstNet Ready untuk menjamin kecepatan dan keamanan data saat terhubung dengan jaringan LTE. Sedangkan untuk kapasitas memorinya, laptop ini memiliki memori hingga 32GB 2.4GHz DDR4 dan storage hingga 4TB.



Seperti seri Latitude lainnya, laptop ini memiliki ketahanan lingkungan yang sangat tinggi. Untuk pengoperasian, Latitude 7424 mampu digunakan bekerja pada suhu -29℃ hingga 60℃ dalam kondisi normal.

Produk ini telah teruji dan tersertifikasi oleh MIL-STD-810G dan IP65, dan telah terbukti tahan terhadap benturan, getaran, goncangan, kelembaban, kabut asam, hempasan dari ledakan, hingga radiasi sinar matahari dan suhu ekstrem. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli laptop untuk bekerja di lingkungan yang keras seperti pertambangan, pastikan untuk memahami risiko-risiko yang akan Anda hadapi di lapangan. Seperti halnya risiko benturan, goncangan, getaran, hingga ledakan.
  • Untuk mengantisipasi kerusakan perangkat laptop pada saat digunakan bekerja di pertambangan. Anda bisa memilih laptop dengan sertifikasi dan standar serta resistensi tinggi, seperti Ingress Protection (IP) dan Mil-Std.
  • Anda bisa memilih Dell Latitude 7424 Rugged Extreme, karena laptop ini telah teruji dan telah terbukti tahan terhadap benturan, getaran, goncangan, kelembaban, kabut asam, hempasan dari ledakan, hingga radiasi sinar matahari dan suhu ekstrem.
  • Namun, jika Anda menginginkan hybrid laptop dengan spesifikasi terbaik yang berteknologi tinggi dengan daya tahan yang sangat kuat, maka Anda bisa memilih Panasonic ToughBook 33.
  • Sedangkan, untuk Anda yang ingin laptop terbaik dan telah tersertifikasi oleh MIL-STD-810G, MIL-STD-461G, serta IP65, Anda bisa memilih Getac B300.

Referensi

  1. PCMag (2019), The Best Rugged Laptops for 2019, https://sea.pcmag.com/guide/34010/the-best-rugged-laptops-for-2019
  2. Techradar (2019), Best Rugged Laptops of 2020: We Test Drop-Proof Laptops for Working Outside, https://www.techradar.com/news/best-rugged-laptops
  3. Gearpatrol, The Best Rugged Laptops That Can Survive the Worst Kinds of Abuse, https://gearpatrol.com/2019/04/15/best-rugged-laptops/
  4. Store HP, Buying Guide Military Specs, https://store.hp.com/id-id/default/buying-guide-military-specs



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja DELL Latitude Laptop Notebook


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Laptop Terbaik untuk Para Insinyur Teknik dan Pertambangan", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »