Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 January 2020

10 Lampu Sorot Sepeda Motor terbaik yang Membuat Tampilan Berkendara Anda Lebih Wow

By Cekresi .com


Saat berkendara di jalan raya, mungkin Anda akan menemukan motor-motor dengan nyala lampu yang berbeda dengan motor lainnya. Kebanyakan lampu yang digunakan tersebut adalah aksesoris tambahan berupa lampu sorot dengan beragam variasi dan pencahayaannya.



Pada dasarnya lampu sorot berfungsi sebagai penerangan untuk pengendara agar lebih mudah melintasi jalanan yang minim cahaya. Selain itu, lampu sorot juga bisa dijadikan penanda, sekaligus dapat membuat tampilan motor Anda nampak lebih wow.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa lampu sorot sepeda motor terbaik yang membuat tampilan berkendara Anda lebih wow berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang berbagai macam lampu sorot motor beserta spesifikasinya.

Mengenal lampu sorot sepeda motor dan fungsinya

Lampu sorot atau yang biasa disebut dengan lampu tembak atau kabut ini sangat berguna untuk Anda yang suka berpertualang (touring) melintasi jalanan yang ekstrim. Untuk jalanan umum yang cukup cahaya, sebaiknya hindari menyalakan lampu ini, karena bisa mengganggu pengguna jalan lainnya.

Secara umum, arah pencahayaan lampu sorot ada dua, yakni untuk jarak dekat atau jarak jauh. Untuk jarak dekat, Anda bisa mengarahkan ke bagian bawah bagian depan jalanan. Sedangkan untuk jarak jauh, Anda bisa meletakkan sejajar dengan posisi lampu sehingga menghasilkan pencahayaan ke arah tengah.

Lampu sorot jarak dekat ini pada prinsipnya berfungsi untuk membantu penerangan saat Anda berkendara, terutama pada kondisi minim cahaya. Selain itu, dapat membantu pandangan Anda di saat hujan deras mengguyur jalanan yang Anda lalui.

Untuk lampu sorot jarak jauh, bisa difungsikan penanda sekaligus mengatasi kondisi lintasan yang ekstrim, seperti jalanan yang sepi di tengah hutan atau pun tikungan tajam yang membuat Anda harus tetap waspada saat melintasinya.

Pilih warna yang tepat

Ketika Anda ingin memastikan lampu sorot yang akan Anda beli berfungsi dengan baik,terutama untuk menembus kabut atau mengatasi kondisi yang ekstrim. Maka salah satunya adalah, perhatikan pemilihan warna cahaya secara tepat.



Pastikan Anda bisa memilih warna cahaya putih atau kuning, jika ingin mengatasi masalah tersebut. Karena kedua warna itu sangat efektif dan mampu menembus partikel air di saat hujan atau kabut.

Hindari menggunakan warna biru, merah atau yang lainnya, karena warna-warna itu tidak akan membantu Anda mengatasi cuaca atau kabut. Kedua warna tersebut lebih cocok digunakan sebagai aksesoris tambahan yang bisa mempercantik motor Anda.

Perhatikan bentuk, ukuran, dan model lampu

Agar sepeda motor Anda terlihat lebih wow, maka saat akan membeli perhatikan bentuk, ukuran, dan model lampu sorot. Ukuran dan bentuk yang tepat akan memudahkan Anda saat meletakkan atau memasangnya pada bagian tertentu yang Anda inginkan.

Sedangkan untuk model lampu sorot sangat beragam, ada yang modelnya standar atau biasa. Namun ada pula yang unik, seperti model transformer atau owl yang futuristik dan dapat membuat tampilan motor Anda semakin keren.

Perhatikan pola cahaya hybrid saat ingin mengganti lampu sorot

Secara umum, lampu depan sepeda motor menghasilkan cahaya yang cukup lebar sehingga dalam situasi tertentu pengendara akan kesulitan mendapatkan jarak pandang yang tepat saat melintasi medan yang berat.

Karena itu, beberapa LED menggunakan pola hybrid yang diatur dengan kombinasi lensa spot dan flood untuk menghasilkan fokus antara jarak dengan lebar jalanan yang akan Anda lalui.

Anda mungkin perlu mengganti lensa atau memilih lensa yang dapat menghasilkan pola hybrid sehingga kenyamanan Anda saat berkendara tetap terjaga.



Perhatikan kelistrikan lampu sorot

Penting untuk memperhatikan arus kelistrikan motor sebelum memasang lampu sorot. Hal ini penting, karena beberapa lampu sorot menggunakan jenis lampu LED sehingga membutuhkan arus listrik yang lebih stabil.

Jika motor Anda masih menggunakan kelistrikan arus AC seperti pada motor-motor keluaran lama, maka kemungkinan besar tidak efektif.Sebab lampu LED yang ada pada lampu sorot bisa kedap-kedip dan kemudian akan mati.

Mengganti lampu sorot LED tanpa diikuti perubahan pada bagian lainnya tentu akan membuat penggunanya merugi. Jadi, pastikan merubah kelistrikan motor Anda terlebih dahulu dari arus AC ke arus DC.

Jika motor Anda keluaran terbaru yang mekanisme kelistrikannya sudah menggunakan arus DC, tentu akan lebih mudah memasangnya. Tapi perhatikan petunjuk atau panduan pada lampu sorot yang akan Anda pasang, karena beberapa lampu sorot memerlukan teknik khusus saat memasangnya, seperti hindari mengambil arus dari spull motor karena bisa mengakibatkan tegangan tidak stabil dan membuat lampu putus atau mati.

Cara merawat lampu sorot motor Anda

Ketika Anda sudah membeli lampu sorot, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar lampu sorot motor lebih awet dan tahan lama. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti :

  • Saat akan memasangnya, pastikan letak titik lampu lampu sorot aman dan tempatnya sesuai dengan pencahayaan yang akan Anda inginkan. Pastikan Anda memasangnya lebih rendah agar tidak mengganggu pengendara lain saat dinyalakan.
  • Pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala pada lampu, dudukan atau breket, dan sekrupnya.
  • Bersihkan bagian penampang secara rutin agar cahaya terangnya keluar lebih maksimal.
  • Jangan sembarangan mengotak-atik kelistrikan motor saat Anda akan memasang lampu sorot LED. Karena bisa membuat putus saat arus listrik yang masuk berlebihan.
  • Sebaiknya Anda menyerahkan pada ahlinya atau pada mekanik yang sudah berpengalaman saat ingin memasangnya.

10 Lampu sorot sepeda motor terbaik yang membuat tampilan berkendara Anda lebih wow

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang lampu sorot lengkap dengan cara perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi lampu sorot sepeda motor terbaik yang membuat tampilan berkendara Anda lebih wow dari berbagai merek berikut ini:

10. RTD E03C

rtd_e03c

Harga : Rp 164.500

Memudahkan Anda saat melintasi jalanan ekstrim yang berkabut



RTD E03C merupakan salah satu lampu sorot terbaik untuk Anda yang sering melakukan touring melintasi medan yang berat. Karena cahayanya lebih terang dan mampu menembus kabut dengan sangat baik.

Lampu ini dilengkapi dengan braket stang yang memudahkan Anda saat memasangnya. Selain itu, terdapat karet yang dapat menghindarkan risiko baret di tempat lampu ini di pasang.

Saat memasangnya, pastikan lampu sudah diubah ke arus DC, dan hindari mengambil arus dari spull motor karena bisa mengakibatkan tegangan tidak stabil dan lampu bisa putus/mati. Anda bisa membeli lampu ini di Lazada.

9. ONS U-18 2805 White

ons_u_18_2805_white

Harga : Rp 180.000

Membuat tampilan sepeda motor lebih trendi

Lampu sorot LED ini memiliki 3 mode lampu yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan fokus, kedip atau pun redup. Dilengkapi dengan lampu projector LED yang terang sehingga membuat motor Anda kelihatan lebih keren dan trendi.

Kelebihan dari ONS U-18 2805 White ini bisa digunakan untuk segala jenis kendaraan bermotor, dan produknya sudah dilengkapi dengan breket dan sekrup sehingga mudah untuk memasangnya.Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

8. Cree Sorot LED 6 Mata

cree_sorot_led6_mata

Harga : Rp 63.000



Lebih fokus dan lebih terang di medan yang gelap

Lampu Cree LED ini menggunakan 6 mata berwarna putih. Sorotnya sangat terang dan fokus sehingga lebih nyaman saat digunakan di malam hari.

Lampu ini dilengkapi dengan breket atau dudukan yang memudahkan Anda saat memasangnya. Selain itu, sekrup akan mengunci lampu sorot lebih lengket sehingga tidak mudah jatuh dan aman saat melintasi jalan yang terjal. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

7. ONS U-18 2852 T Angle Eyes

ons_u_18_2852_t_angle_eyes

Harga : Rp 210.000

Membuat sepeda motor Anda lebih keren dan elegan

Ciri khas lampu Angle Eyes ini berbentuk sebuah cincin yang di dalamnya memiliki banyak warna, sehingga membuat cahaya lampu yang keluar lebih indah dari lampu biasanya.

Lampu berbentuk lingkaran ini bisa dipasang di sekitar lampu sebagai pengganti lampu senja. Selain itu, tipe universal lampu ini berarti bisa dipasang di segala jenis motor.

Lampu sorot LED ini memiliki 3 mode lampu yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan fokus, kedip atau pun redup. Dilengkapi dengan lampu projector LED yang terang sehingga membuat motor Anda kelihatan lebih keren dan elegan.

Kelebihan dari ONS U-18 2852 White ini bisa digunakan untuk segala jenis kendaraan bermotor, dan produknya sudah dilengkapi dengan breket dan baut sehingga mudah memasangnya. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

6. Cree Mini Owl Ultrafire 3

cree_mini_owl_ultrafire_3

Harga : Rp 69.000

Membuat tampilan motor Anda lebih unik dan keren



3 lampu LED model Owl ini termasuk lampu sorot yang unik. Mudah untuk memasangnya, Anda tinggal menjepitnya di area tertentu pada motor, bisa di stang atau di tempat lain sesuai keinginan Anda.

Lampu ini memiliki daya 30 watt dengan cahaya putihnya yang terang 6000k. Lampu ini cocok digunakan saat berkendara di malam hari. Agar lebih maksimal, Anda harus mengubah tegangan ke arus DC terlebih dahulu sebelum memasangnya. Anda bisa membeli lampu ini di Lazada.

5. Cree 20 Mata

cree_20_mata

Harga : Rp 77.500

Nyala lebih terang dan cocok digunakan saat kondisi ekstrim

Lampu sorot LED ini mengeluarkan cahaya putih dan sangat terang. Jalanan yang Anda lalui saat touring bersama teman-teman akan jauh lebih mudah. Lampu dengan daya 30 watt ini sangat cocok digunakan saat Anda melintasi hutan atau jalanan yang ekstrim.

Fitur yang ditawarkan pun sangat menarik, waterproof yang aman saat hujan, mode nyala dengan satu diam, serta 20 mata LED 3 susun. Untuk ukuran dimensi, lebar 9.5 cm x tinggi cm x tebal 6.5cm. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

4. Cree Work 6 Led 18 Watt Waterproof

cree_work_6_led_18_watt_waterproof

Harga : Rp 94.000

Nyala terang, berkualitas, dan sorot lebih maksimal

Lampu ini memiliki kualitas nyala yang lebih terang dan cerah saat digunakan di siang hari. Fokus yang dihasilkan lampu sorot ini 30 derajat sehingga Anda lebih mudah menjangkau pandangan jarah jauh pada saat kondisi minim cahaya.



Breket bisa Anda sesuaikan dengan mudah dan kualitasnya yang andal, tahan air, anti karat, dan mudah dibersihkan. Selain itu, lebih hemat penggunaan karena daya LED lebih kecil daripada lampu biasanya.

Namun, untuk menggunakan lampu ini, Anda harus memastikan lampu berada pada kondisi tegangan DC 12 volt. Karena tegangan yang tidak stabil bisa membuat aliran listrik pada headlamp putus atau mati. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee

3. RTD 3 Mata Motor Waterproof

rtd_3_mata_motor_waterproof

Harga : Rp 42.000

Waterproof dan efektif menembus jalanan yang ekstrim

RTD ini memiliki 3 mata LED yang khusus di desain untuk kebutuhan berkendara Anda saat melintasi jalanan yang basah atau berkabut. Lampu ini juga sangat baik digunakan untuk kondisi jalanan yang minim cahaya.

Lampu tipe universal ini bisa digunakan untuk berbagai jenis motor. Dan, harga yang ditawarkannya lebih murah dari lampu sorot biasanya. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

2. Spot Lamp 16 LED

spot_lamp_16_led

Harga : Rp 114.000

Tipe universal, waterproof, dan cocok untuk segala jenis kendaraan

Lampu sorot dengan 16 LED ini bisa digunakan untuk segala jenis kendaraan, seperti mobil, kapal, truk, atau pun motor. Intensitas cahaya yang keluar sangat tinggi sehingga lebih terang dan fokus untuk dipakai saat Anda berkendara di medan yang berat atau ekstrim.



Bahan yang digunakan lampu sorot ini terbuat dari housing aluminium yang kuat dan anti karat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan breket lengkap dengan sekrup sehingga lebih mudah saat memasangnya. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

1. Cree LED Bulat 2 Mata 20 Watt

ree_led_bulat_2_mata_20_watt

Harga : Rp 49.000

Nyala terang dan membuat tampilan motor Anda lebih wow

Lampu LED model bulat yang bentuknya menyerupai burung hantu ini akan membuat motor Anda tampil lebih unik dan wow. Lampu sorot ini dilengkapi dengan breket yang terbuat dari bahan baja yang kuat dan anti karat, serta skrup yang memudahkan Anda saat menguncinya.

Lampu ini memiliki daya 20 watt dengan temperatur warna 6000K. Selain itu, sifatnya waterproof yang aman saat basah atau hujan. Anda bisa membeli lampu ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli lampu sorot, sebaiknya Anda mempertimbangkan kualitas bahan, arus listrik, breket, desain, serta bentuknya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agarlampu sorot yang Anda miliki performanya tetap terjaga dan tahan lama.
  • Anda bisa memilihONS U-18 2805 White, karenabisa digunakan untuk segala jenis kendaraan bermotor, nyala terang, dan mudah memasangnya.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih Cree Mini Owl Ultrafire 3, karena unik dan dapat membuat tampilan sepeda motor Anda lebih wow.
  • Namun, jika Anda menginginkan lampu sorot yang lebih terang dan mampu menembus kondisi cuaca yang ekstrim, maka Anda bisa memilih lampu sorot Cree 20 Mata.

Referensi

  1. Shubhabrata Marmar (2018), Auxiliary Lights for Motorcycles: Everything that You Should Know,http://overdrive.in/news-cars-auto/features/auxiliary-lights-for-motorcycles-everything-that-you-should-know/
  2. David Muench (2019), How To Choose The Best Fog Lamps? Tips & Tricks, https://carnesmechanical.com/how-to-choose-the-best-fog-lamps/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Lampu Sorot Sepeda Motor terbaik yang Membuat Tampilan Berkendara Anda Lebih Wow", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »