Cek Resi All-in-One 50 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


04 Dec 2019 12:02

10 Lampu LED Terbaik untuk Kebutuhan Rumah

By Cekresi Plus


Alasan utama masyarakat memilih lampu LED sebagai alat penerangan adalah lebih hemat jika dibandingkan dengan lampu biasa.Karena kemampuan konsumsi listrik lampu LED jauh lebih rendah. Selain itu, cahayanya lebih terang dan usia pakainya lebih lama.

Karena itu, ketika Anda ingin membeli lampu LED untuk kebutuhan rumah, Anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti letak ruangan saat lampu akan di pasang, besaran watt dan lumen, fitur pendukung, serta warna cahayanya.

Untuk itu, kami menyajikan beberapa lampu LED terbaik untuk kebutuhan rumah berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang berbagai macam lampu LED beserta spesifikasinya.



Keuntungan menggunakan lampu LED

Memilih lampu LED untuk kebutuhan rumah saat ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Karena beberapa keuntungan bisa Anda dapatkan, seperti :

  • Lebih hemat, lebih terang, dan bentuknya beragam tergantung kebutuhan sertastyle Anda.
  • Lampu LED tidak mudah pecah, karena penutupnya terbuat dari plastik yang tahan banting.
  • Komponen listrik lampu LED memiliki tingkat efektivitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan lampu biasa.
  • Ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan.

Perhatikan besaran watt dan lumen lampu LED

Lampu LED atau Light Emitting Diode merupakan lampu indikator dalam perangkat elektronika, seperti komputer yang digunakan sebagai penunjuk status dari perangkat tersebut. Misalnya, LED power yang berada di dalam monitor yang menyala ketika dihidupkan.

Dalam perkembangannya, lampu LED telah digunakan oleh masyarakat untuk menerangi rumah, kantor, penerangan jalan, dan lain sebagainya. Penggunaan LED ini banyak disukai karena lebih hemat, lebih terang, dan tahan lama.

Dan, saat Anda memilih lampu LED untuk kebutuhan rumah, pastikan Anda mengetahui watt dan lumen yang ada pada produk lampu LED. Karena lumen dan watt merupakan hal dasar yang harus Anda ketahui ketika mempertimbangkan penggunaan energi suatu sumber cahaya.

Cahaya lampu LED akan menggunakan jauh lebih sedikit energi (watt) untuk menghasilkan output cahaya yang sama (lumen). Misalnya, jika lampu LED yang Anda pakai menggunakan 5 watt untuk menghasilkan output cahaya 200 lumen, maka saat Anda menggunakan lampu tradisional memerlukan energi 20 watt atau 6 kali lebih banyak untuk menghasilkan output lumen yang sama.

Berikut ini standar kebutuhan pencahayaan untuk ruangan yang tepat berdasarkan daya pancar cahaya (lumen) dengan satuan Lux.

  • Ruang tamu dengan standar pencahayaan antara 120 - 150 Lux
  • Ruang makan dengan standar pencahayaan antara 120 - 250 Lux
  • Ruang kerja dengan standar pencahayaan antara 120 - 250 Lux
  • Kamar tidur dengan standar pencahayaan antara 120 - 250 Lux
  • Kamar mandi dengan standar pencahayaan 250 Lux
  • Teras dengan standar pencahayaan 60 Lux
  • Garasi dengan standar pencahayaan 60 Lux
  • Dapur dengan standar pencahayaan 250 Lux

Perhatikan warna cahaya lampu LED

Biasanya warna cahaya lampu LED ada 2, yaitu putih dan kuning. Cahaya lampu putih ini sangat cocok digunakan untuk membantu pekerjaan Anda yang membutuhkan fokus dan detail, karena lampu dengan cahaya putih biasanya dilabeli oleh produsen dengan kode 4000K atau lebih.

Sedangkan cahaya lampu berwarna kuning bisa Anda gunakan untuk ruangan yang membutuhkan suasana yang hangat dan menenangkan, seperti di kamar tidur atau pun di ruang keluarga. Biasanya produsen akan menandai label lampu berwarna kuning dengan kode 2700K.

Perhatikan fitur yang memiliki kemampuan untuk meredupkan lampu

Fitur untuk meredupkan lampu ini bernama dimmer. Dengan alat ini, Anda akan mudah merapikan atau membersihkan kamar dengan mengatur cahaya secara maksimal, dan bisa Anda redupkan saat Anda akan tidur sehingga lebih hemat pemakaian energi listrik di rumah.

Beberapa produsen lampu LED telah melengkapi produknya agar kompatibel dengan dimmer. Karena,dimmer berfungsi untuk mengatur tingkat intensitas cahaya sehingga Anda bisa dengan mudah meredupkan atau menerangkan lampu kembali.

Jadi pastikan apakah lampu LED yang akan Anda beli sudah kompatibel dengan dimmer atau tidak. Karena jika tidak kompatibel, maka bisa dipastikan jangkauan daya redupnya akan berkurang dan kemungkinan bisa menyebabkan dengung yang membuat Anda tidak merasa nyaman.

Pilih yang memiliki daya tahan lebih lama

Salah satu kriteria memilih lampu LED yang memiliki kemampuan tahan lebih lama adalah dengan mengamati jumlah jam pemakaian, seperti 15.000 jam yang tahan sampai sekitar 5 tahun atau 30.000 yang bisa bertahan sekitar 10 tahun.

Dengan mengetahui jumlah jam pemakaian, tentunya akan memudahkan Anda terutama saat akan memasang lampu kembali. Karena biasanya lampu LED terpasang di plafon atau ketinggian yang sulit untuk memasangnya kembali, kecuali Anda mempunyai tangga khusus.

Pilih merek yang telah terbukti kualitasnya

Banyak merek lampu LED yang beredar di pasaran, tentu akan membingungkan Anda saat memilihnya. Karena harganya bervarisi dengan kemampuan yang sekilas mirip dengan produk yang berkualitas.

Agar memudahkan dan meyakinkan Anda saat memilih lampu LED yang berkualitas, maka pastikan Anda memilih lampu dari merek yang jelas dan sudah terbukti keandalannya. Selain itu perhatikan garansi produknya,karena semakin lama tingkat garansinya, semakin aman Anda menggunakanya. Ingat, jangan tergiur dengan harga yang murah saat akan lampu LED.

Cara merawat lampu LED

Pada prinsipnya tidak ada perawatan khusus agar lampu LED lebih awet. Kecuali pada lampu LED emergency yang membutuhkan perawatan pada sisi baterai, bukan pada lampunya.

Jadi keawetan lampu LED tergantung pada penggunaan dan kualitas lampu yang Anda pilih. Karena itu, kualitas merek sangat menentukan, terutama pada garansi produknya agar lebih aman dan ketika rusak bisa ditukar kembali.

10 Lampu LED terbaik untuk kebutuhan rumah

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang lampu LED, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi lampu LED terbaik untuk kebutuhan rumah dari berbagai merek berikut ini:

10. Philips LED 10W (83W)

philips_led10w_83w
Harga : Rp 60.000

Kualitas cahaya sempurna dan cocok untuk kebutuhan ruangan di rumah Anda

Philips merupakan salah satu merek lampu paling populer di Indonesia. Masyarakat sangat menggemarinya, karena lampu-lampu dari Philips terbukti andal, tahan lama, lebih terang, dan lebih hemat.

Seperti lampu LED Philips 10 watt ini yang memiliki kemampuan setara dengan 83 watt lampu biasa. Selain itu, produk ini tahan lama dan bisa Anda gunakan selama 15 tahun.

Yang menarik lagi, produk ini dilengkapi fitur Cool Daylight yang nyaman untuk mata sehingga membuat suasana rumah menjadi lebih romantis. Dan, nyalanya pun menyebar merata serta cocok digunakan untuk kamar tidur, dapur, atau pun ruang tamu. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

9. Shinyoku LED 12 Watt

shinyoku_led_12_watt
Harga : Rp 90.000

Beli 2 gratis 1 dan bergaransi

Produk lampu LED dari merek Shinyoku ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan cahaya di rumah Anda. Lampu 12 watt ini setara dengan 84 watt lampu pijar sehingga lebih hemat energi.

Cahaya putih yang keluar dari lampu ini akan membuat rumah Anda menjadi semakin terang, tapi tidak panas. Selain itu, lampu ini memiliki bobot yang termasuk kategori ringan dan mudah saat memasangnya. Anda bisa membeli ini di Shopee.

8. Panasonic LED Buld 3 watt

panasonic_led_bulb_3_watt
Harga : Rp 12.000

Lampu LED murah dan ekonomis

Panasonic mengeluarkan lampu LED Buld dengan harga yang lebih terjangkau, nyala terang, dan konsumsi daya listrik rendah. Salah satu produknya adalah LED 3 watt yang menghasilkan 200 lumen sehingga cocok dipakai untuk kamar tidur, ruang kerja, atau pun kamar mandi Anda.

Lampu LED ini memiliki nyala lampu berwarna putih 6500K dan kuning 3000K dan bisa memberikan rasa hangat yang nyaman saat digunakan. Anda bisa membeli lampu ini di Lazada.

7. Opple LED Bulb 14 watt

opple_led_bulb_14_watt
Harga : Rp 40.000

Membuat cahaya di rumah Anda lebih terang, hangat, dan lebih merata

Opple merupakan produk asal China yang fokus menggarap pasar Indonesia di tahun 2019. Brand ini menawarkan kualitas pada produk lampunya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pesaingnya.

Salah satu produk yang dikeluarkan adalah LED Bulb 14 watt. Produk ini memiliki nyala lebih terang dengan warm white 3000K yang bisa menghasilkan nyala hangat yang nyaman untuk ruangan Anda.

Dan, Anda bisa meletakkan lampu ini di halaman rumah, ruang tamu atau pun di dapur yang membutuhkan cahaya yang lebih terang. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

6. Nexus LED 7 watt

lampu_nexus_led_7_watt
Harga : Rp 9.500

Super hemat dan harga lebih murah

Jika Anda menginginkan lampu dengan kualitas super hemat yang bisa memperkecil anggaran pengeluaran Anda, Nexus pilihannya. Karena lampu LED 7 watt ini memiliki kemampuan mengeluarkan cahaya yang mendekati 55 watt lampu biasa.

Lampu ini juga dilengkapi dengan fitur non timbal, merkuri, serta ultraviolet sehingga saat mata akan lebih aman dan nyaman. Lampu ini bisa Anda gunakan selama 10 tahun dengan penggunaan 30.000 jam. Anda bisa membeli lampu ini di Tokopedia.

5. Osram LED 12 watt

osram_led_12_watt
Harga : Rp 22.000

Watt lebih kecil tapi sinarnya lebih terang

Produk dari Osram ini terkenal dengan kualitas lampunya yang nyaman di mata. Anda juga bisa menghemat biaya listrik hingga 85 % saat menggunakan produk LED dari brand asal Jerman ini.

Panas yang dihasilkan dari Osram ini tidak akan menggangu kinerja AC Anda. Selain itu, kelebihan lain dari lampu ini tidak mengandung zat berbahaya seperti merkuri, dan lampu ini mampu bertahan hingga 6 tahun. Anda bisa mendapatkan lampu ini di Shopee.

4. Kawachi LED Bulbs 9 watt

kawachi_led_bulbs_9_watt
Harga : Rp 14.300

Cahaya putih LED Kawachi membuat suasana rumah menjadi lebih terang dan nyaman

Lampu LED ini memiliki area pencahayaan hingga 270 derajat yang memungkinkan ruangan Anda lebih terang merata. Selain itu, lampu ini tidak mudah panas yang menghasilkan suhu lebih stabil.

Lampu merek Kawachi memiliki kelebihan hemat listrik hingga 90 % dan cocok Anda gunakan untuk kebutuhan kamar, ruang tamu atau pun dapur. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

3. Stark LED 9 watt

stark_led_9_watt
Harga : Rp 56.000

Hematnya mulai dari hari pertama

Lampu merek Stark ini memiliki kelebihan dibandingkan lampu lainya, karena memiliki fitur yang mampu mengeluarkan panas lebih cepat sehingga lampu akan lebih awet. Dan, lampu ini dilengkapi dengan lubang ergonomis sebagai saluran udara yang bisa menjaga suhu lampu tetap stabil.

Body lampu LED ini terbuat dari plastik ringan yang tahan terhadap tegangan listrik. Selain itu, cahaya kuning yang keluar dari lampu ini akan membuat suasana menjadi lebih romantis, hangat, dan nyaman. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

2. General Lighting LED 27 watt

general_lighting_led_27_watt
Harga : Rp 79.000

Mengutamakan kualitas dan bergaransi

Kualitas adalah keutamaan dari produk-produk General Lighting (GL), karena itu lampu ini memiliki garansi yang cukup lama, yakni 3 tahun. GL LED 27 watt ini sangat terang dan memberikan kenyamanan maksimal untuk rumah Anda.

Selain terang, GL juga terkenal tahan lama sehingga masyarakat sangat meminatinya. Dan, yang lebih penting, lampu ini bebas dari bahan berbahaya yang bisa merusak mata, seperti merkuri, radiasi, dan UV. Anda bisa membeli lampu ini di Tokopedia.

1. Hannochs LED 9 watt

hannochs_led_9_watt
Harga : Rp 39.000

Lampu LED sensor gerak

Produsen lampu berkualitas Hannochs yang berasal dari Indonesia ini memiliki beragam jenis variasi lampu. Salah satunya lampu LED ini yang kelebihannya mampu menyala secara otomatis saat sensor mendeteksi gerakan.

Jarak sensor sekitar 8 meter, dan lampu ini akan mati sendiri saat tidak ada gerakan dalam jarak tersebut. Sehingga lampu ini cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan keamanan maksimal dan membuat rumah Anda lebih modern dan canggih. Anda bisa membeli lampu ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli lampu LED, pastikan Anda menghitung kebutuhan jumlah lampu yang akan digunakan dirumah, perhatikan watt dan lumen dari lampu LED, warna lampu, serta sesuaikan dengan letak di mana lampu akan di pasang.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mereknya agar kualitas lampu LED yang Anda pilih lebih awet dan tahan lama. Saat membelinya, pastikan Anda cek garansinya.
  • Anda bisa memilih lampu LED General Lighting (GL), karena lampu ini memiliki garansi yang cukup lama, yakni 3 tahun. Selain itu, nyalanya sangat terang dan hemat energi.
  • Namun jika Anda ingin lampu LED dengan daya tahan yang lama sampai 15 tahun dan kualitas mereknya terbukti andal di masyarakat, maka Anda bisa LED Philips 10 watt.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan lampu LED dengan watt yang lebih kecil namun sinarnya lebih terang serta tidak mengandung zat yang berbahaya bagi kesehatan, maka Anda bisa memilih produk dari Osram.

Referensi

  1. Earth LED (2019), How to Choose the Best LED Light Bulb for Any Room in Your Home,https://www.earthled.com/blogs/light-2-0-the-earthled-blog-led-lighting-news-tips-reviews/37176324-how-to-choose-the-best-led-light-bulb-for-any-room-in-your-home
  2. Bulbs (2019),How to Pick an LED,https://www.bulbs.com/learning/pickaled.aspx



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Belanja



Paket kamu telat? Tanya kiriman di sini

Tulis Komentar

Email kamu tidak akan ditampilkan. Setiap tanda bintang * wajib diisi.

Email kamu tidak akan ditampilkan.