Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


18 June 2019

10 Kulkas Mini Murah dan Berkualitas

By Cekresi .com


Sebenarnya kulkas mini sama dengan kulkas biasa pada umumnya hanya ukurannya saja yang berbeda, lebih kecil atau biasanya kurang dari setengahnya kulkas biasa. Kebanyakan kulkas mini ditemukan di tempat-tempat seperti kost, apartemen, rumah sakit, dan di kamar hotel.



Namun, kini minat masyarakat umum mulai tertarik dengan kulkas mini, karena dirasa lebih efisien, lebih praktis dan hemat energi. Selain itu, kulkas mini ini mudah diangkat dan dipindahkan, serta tidak banyak memakan tempat ruangan Anda.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa kulkas mini murah dan berkualitas berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai macam kulkas mini sekaligus cara merawatnya agar lebih awet.

Pilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Kulkas mini ini biasanya berkapasitas sekitar 50 liter, namun ada juga yang memiliki kapasitas sampai 120 liter, seperti kulkas mini dari GEA RS-06 DB. Kapasitas berarti kemampuan daya tampung, semakin besar kapasitas maka semakin banyak pula makanan atau minuman yang bisa Anda simpan dalam kulkas.

Secara umum, di Indonesia banyak ditemukan kulkas mini yang berukuran sekitar 50 liter. Ukuran tersebut tentunya sudah cukup baik digunakan untuk menyimpan berbagai bahan makanan, minuman dan buah-buahan agar tetap segar.

Dengan kapasitas lebih kecil yang dimiliki oleh kulkas mini, tentu Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti mudah meletakkannya, lebih praktis dan pastinya tidak banyak memakan tempat. Anda bisa menaruh kulkas mini Anda dengan mudah seperti, di kamar tidur, ruang tamu, atau juga cocok diletakkan di ruang kantor kerja Anda.

Perhatikan model struktur bagian dalam kulkas mini

Selain kapasitas, kulkas mini juga memiliki struktur bagian dalam yang bervariasi. Ada kulkas mini yang hanya dilengkapi rak bagian dalam saja seperti model showcase yang pintunya terbuat dari kaca sehingga memungkinkan isi bagian dalamnya terlihat. Biasanya model ini digunakan sebagai display atau etalase di toko-toko.

Namun, kebanyakan kulkas mini modelnya tertutup dengan pintu bagian dalamnya yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai aneka minuman, seperti minuman kaleng atau botol. Pastikan Anda memilih yang ada rak penyimpanan botol ukuran 1.5 liter sehingga bisa memudahkan Anda menyimpan air mineral dengan volume yang banyak.



Selain itu, pastikan memilih struktur bagian dalam yang terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh seperti tempered glass sehingga membuat kulkas mini Anda lebih awet dan bisa digunakan bertahun-tahun.

Perhatikan ukuran kulkas mini

Secara umum kulkas mini memiliki ukuran panjang 50 cm, lebar 50 cm, dan tinggi 50 cm. Kemungkinan perbedaannya hanya sedikit, dan biasanya tidak lebih dari 10 cm. Meskipun demikian Anda harus mengukur secara tepat, terutama jika kulkas mini nantinya diletakkan di dekat lemari atau di atas meja.

Ukur terlebih dahulu lemari atau meja Anda, pastikan ketika meletakkan kulkas mini tersebut masih ada ruang sisa sehingga sirkulasi udara masih terjaga, selain itu pastikan lemari dan meja Anda memiliki ketahanan dan kokoh sehingga kuat untuk menopang kulkas mini.

Pilih kulkas mini yang terbuat dari bahan berkualitas

Jika Anda ingin kulkas mini berkualitas, pastikan Anda memilih yang berasal dari merek-merek terkenal yang telah terbukti kualitasnya di pasaran. Mungkin jika Anda masih bingung coba tanyakan ke tetangga atau saudara terdekat agar kulkas yang Anda beli sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan.

Namun jika Anda masih ragu, coba mencari informasi di internet. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan saat mencari kulkas mini adalah dengan mengetahui bahan atau materialnya. Beberapa referensi menyebutkan bahwa bahan dari PCM (pre coated material) memiliki kualitas yang sangat baik, karena bahan tersebut anti karat, anti gores, kuat dan warnanya yang lebih mengkilap sehingga membuat kulkas mini Anda terlihat lebih elegan.

Perhatikan daya listriknya

Pada dasarnya kulkas mini memiliki daya listrik yang lebih kecil daripada kulkas yang biasa, sehingga membuat kulkas mini lebih hemat daya listrik. Namun yang perlu Anda ketahui daya listrik kulkas mini ini bervariasi. Ada yang memiliki daya listrik 50 watt dan ada yang sampai 80 watt.

Mungkin Anda bisa memilih kulkas mini dengan daya listrik yang paling kecil jika hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan kost, namun Anda bisa menggunakan daya yang lebih besar jika untuk kebutuhan rumah atau kantor Anda.



Pilih kulkas mini berdasarkan mesinnya

Biasanya mesin yang digunakan untuk memproduksi kulkas mini ini menggunakan kompresor, karena mesin ini lebih efisien. Meskipun demikian, mesin kompresor ini biasanya masih memiliki getaran dan suara.

Namun saat ini ada beberapa kulkas mini yang menggunakan mesin pendingin termoelektrik dari kipas dengan kemampuan yang bisa membuat getaran maupun suara yang dikeluarkan lebih halus daripada yang menggunakan kompresor. Biasanya kulkas mini yang menggunakan mesin pendingin ini harganya masih relatif lebih mahal.

Pilih yang memiliki freezer

Fungsi kulkas mini ini biasanya hanya untuk menyimpan dan mendinginkan bahan makanan, minuman, atau buah agar lebih segar dan nikmat saat dikonsumsi. Namun kini beberapa produsen telah melengkapi kulkas mini mereka dengan freezer.

Tentu kompartemen freezer ini akan memudahkan Anda saat ingin membuat es atau membekukan berbagai aneka makanan agar lebih awet, selain itu freezer juga bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan makanan kesayangan Anda seperti ice cream.

Perhatikan harganya

Beberapa merek kulkas mini memiliki harga yang berbeda-beda, yang tentunya relatif terjangkau jika dibandingkan dengan kulkas biasa 2 pintu. Pastikan Anda memilih kulkas mini yang sesuai dengan kondisi finansial Anda.

Untuk mengetahui lebih detail, Anda bisa melihat perbandingan harga pada masing-masing merek di internet. Pastikan Anda sudah yakin dengan harganya sehingga tidak mengganggu kondisi keuangan Anda ke depannya.

Cara merawat kulkas mini agar lebih awet dan tahan lama

Adapun beberapa cara merawat kulkas mini agar lebih awet dan bisa digunakan sampai bertahun-tahun, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:



  • Jauhkan kulkas mini dari paparan sinar matahari langsung.
  • Bersihkan karet pintu secara berkala, agar pintu bisa tertutup dengan rapat sehingga terhindar dari keluar masuknya udara.
  • Anda bisa membersihkan kulkas mini dengan menggunakan cuka, karena bahan ini bisa mencegah lemari es dari jamur. Selain itu, Anda bisa juga menggunakan baking soda yang dicampur dengann air panas untuk membersihkannya.
  • Jangan memasukkan makanan atau minuman yang masih panas, karena perubahan suhu yang drastis bisa mengacaukan temperatur suhu dalam kulkas mini.
  • Jangan lama-lama membuaka pintu, karena bisa meningkatkan daya konsumsi listrik kulkas mini.
  • Ketika listrik padam, lepaskan stop kontak yang menempel pada dinding. Saat listrik menyala kembali, jangan buru-buru menghidupkan kulkas Anda, tunggu beberapa saat sampai tegangan listrik kembali stabil.

10 Kulkas mini murah dan berkualitas

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kulkas mini serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kulkas mini bagus dan berkualitas dari berbagai merek berikut ini:

10. Kulkas Panasonic NR AK5ED

Kulkas_Panasonic_NRAK5ED

Harga : Rp 1.699.000

Menciptakan dingin lebih optimal dan tahan lama

Produk-produk dari Panasonic selalu menampilkan desain-desain menarik dan modern yang bisa membuat rumah Anda semakin elegan. Kulkas mini merek Panasonic ini dilengkapai dengan teknologi double rotation compressor yang dapat membuat kulkas Anda lebih awet dan tahan lama.

Kulkas mini ini juga dapat membuat Anda semakin lebih hemat karena running ration 50 persennya hanya membutuhkan waktu selama 12 jam saja untuk pemakaian selama 24 jam. Anda bisa membeli kulkas mini ini di Bukalapak.

9. Kulkas Changhong 46 Liter CBC50

Kulkas_Changhong_46_Liter_CBC50

Harga : Rp 1.099.000

Desain lebih keren dan lebih dingin

Kulkas merek Changhong berwarna biru safir ini akan membuat tampilan interior rumah Anda semakin cantik dan elegan. Kulkas ini memiliki tombol pengaturan suhu hingga mencapai -7 derajat celcius sehingga dinginnya lebih maksimal.

Kulkas mini ini dilengkapi rak tempered glass yang kuat dan kokoh sehingga bisa menahan beban dengan sangat baik. Selain itu, pegangan ekonomis pada fitur kulkas ini sangat nyaman saat digunakan. Anda bisa membeli kulkas mini ini di Bukalapak.



8. Kulkas Sanken SN-118KEG

Kulkas_Sanken_SN_118KEG

Harga : Rp 1.475.000

Lebih praktis, simple dan cocok untuk semua desain interior

Kulkas mini Sanken SN-118 lebih efektif menjaga makanan dan minuman Anda agar tetap segar dan nikmat saat dikonsumsi. Kulkas ini dirancang lebih praktis karena memiliki desain yang simpel sehinggga cocok digunakan untuk semua desain interior.

Kulkas ini juga dilengkapi dengan crisper drawer yang berfungsi untuk menyimpan buah-buahan atau sayuran sehingga lebih mudah terlihat karena lacinya yang bening. Selain itu, terdapat door handle yang mudah untuk dibuka dan ditutup. Anda bisa membeli kulkas mini ini di Bukalapak.

7. Kulkas Sharp SJ 50MB XW

Kulkas_Sharp_SJ_50MB_XW

Harga : Rp 1.349.000

Membuat makanan tetap segar dan bisa digunakan untuk membuat es

Kulkas mini dari Sharp ini dirancang agar mudah ditempatkan pada segala ruangan, karena desainnya yang simple. Kulkas ini juga dilengkapi dengan pintu yang mudah dibuka dan ditutup sehingga lebih nyaman digunakan.

Selain itu, refrigerator-nya akan membuat makanan tetap segar, dan dilengkapi dengan freezer yang bisa Anda manfaatkan untuk membekukan makanan atau minuman. Anda bisa membeli kulkas mini ini di Bukalapak.

6. Kulkas Qinzhi HS-30G

Kulkas_Qinzhi_HS_30G

Harga : Rp 2,380,000

Sangat nyaman untuk menyimpan berbagai macam makanan dan minuman



Kulkas merek Qinzhi ini memiliki desain yang unik, terbuka dengan desainnya yang modern sehingga bisa membuat tampilan ruangan Anda lebih cantik dan keren. Anda bisa gunakan kulkas mini ini untuk kebutuhan rumah, café, atau minimarket Anda

Selain itu, kulkas ini memiliki teknologi yang secara otomatis bisa membuang air penguapan dengan mudah, dan kulkas ini dilengkapi dengan rak desain margic yang nyaman digunakan untuk menyimpan berbagai macam ukuran minuman. Anda bisa membeli kulkas ini di JD.ID.

5. Kulkas Aqua Sanyo AQR-D50F

Kulkas_Aqua_Sanyo_AQR_D50F

Harga : Rp 1.335.000

Proses pendinginan lebih cepat dan lebih hemat energi

Kulkas merek Aqua ini memberikan kemudahan kepada konsumen dengan dukungan garansi kompresor sampai 7 tahun. Kulkas mini ini juga memiliki kemampuan dapat mempercepat proses pendinginan dan juga lebih hemat energi.

Anda juga bisa memanfaatkan bagian atas kulkas yang datar untuk menaruh beberapa aksesoris yang dapat mempercantik interior ruangan Anda seperti vas bunga atau figura. Anda bisa membeli kulkas ini di Bukalapak.

4. Kulkas Daewoo DFR-64H

Kulkas_Daewoo_DFR_64H

Harga : Rp 1.246.200

Desain lebih elegan dan bisa menyimpan aneka makanan

Kulkas mini ini sangat cocok digunakan untuk rumah minimalis karena memiliki desain yang lebih elegan. Selain itu, kulkas merek Daewoo ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai makanan, minuman, dan buah-buahan agar selalu terjaga kesegarannya.



Selain itu, kulkas mini ini juga cocok diletakkan di ruang keluarga, dapur, atau juga bisa diletakkan di kamar Anda. Anda bisa membeli kulkas mini ini di Bukalapak.

3. Kulkas Electrolux EUM500SB

Kulkas_Electrolux_EUM500SB

Harga : Rp 2.239.000

Memberikan kesan mewah dan hemat energi

Kulkas merek Electrolux ini menggunakan daya listrik yang cukup kecil hanya 50 watt, sehingga membuat Anda lebih hemat energi. Kulkas ini juga dilengkapi dengan recess handle atau pegangan yang tersembunyi sehingga kulkas Anda nampak lebih elegan.

Kulkas mini ini memiliki dimensi 48 x 45 x 50 cm yang memungkinkan Anda lebih mudah saat meletakkannya. Selain itu, kapasitas 46 liter pada kulkas ini bisa Anda manfaatkan untuk menyimpan makanan, minuman, atau buah-buahan secara optimal. Anda bisa membeli kulkas mini ini di Bukalapak.

2. Kulkas Midea HS-65L

Kulkas_Midea_HS_65L

Harga : Rp 1.394.100

Mampu menyimpan botol dengan kapasitas 1.5 L

Kulkas mini dari Midea ini bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah, karena bentuknya yang minimalis sehingga cocok diletakkan di ruang tamu, ruang keluarga maupun di kamar.

Kulkas ini juga sangat cocok untuk Anda gunakan di kantor, kerena desainnya modern dan elegan. Selain itu, Anda akan dimudahkan saat menyimpan botol minuman dengan kapasitas 1.5 liter sehingga akan menambah kenyamanan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli kulkas mini ini di Bukalapak.



1. Kulkas GEA RS06DR

Kulkas_GEA_RS06DR

Harga : Rp 1.200.000

Cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan hotel maupun rumah

Kulkas mini ini memiliki rak pintu yang bisa digunakan untuk menyimpan minuman dengan praktis dan efisien. Bagian atas kulkas ini juga bisa Anda gunakan untuk meletakkan aksesoris sehingga ruangan Anda nampak lebih cantik dan elegan.

Kulkas ini juga dilengkapi dengan kaki yang bisa diatur sehingga memudahkan Anda saat ingin menggesernya atau memindahkannya. Kelebihan lainnya dari kulkas mini ini adalah lebih hemat listrik. Anda bisa membeli kulkas ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kulkas mini, pastikan Anda mengetahui kapasitas, model struktur dalam, ukuran, serta daya listriknya. Selain itu, pilih kulkas mini dari merek-merek terbaik yang sudah terbukti mutu dan kualitasnya.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar kulkas mini Anda lebih awet dan bisa digunakan bertahun-tahun.
  • Anda bisa memilih kulkas mini Aqua Sanyo AQR-D50F, karena kulkas ini memiliki struktur bagian dalam yang bisa Anda buat untuk menyimpan botol minuman berukuran besar, dan Anda akan merasa nyaman karena memiliki garansi 7 tahun.
  • Namun jika Anda ingin kulkas dengan pintu yang transparan terbuat dari kaca berkualitas dan memiliki desain lebih modern, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke kulkas mini Qinzhi HS-30G.
  • Sedangkan, jika Anda ingin kulkas dengan tampilan yang keren serta warnanya yang indah dan berkualitas, maka Anda bisa memilih kulkas merek Changhong.

Referensi

  • Sharp (2017), Kulkas Hemat Energi dengan 6 Langkah Mudah, https://www.sharp-indonesia.com/ind/article/detail/385/kulkas-hemat-energi-dengan-6-langkah-mudah
  • Sharp (2019), Tips Agar Kulkas Tidak Berjamur, https://id.sharp/news/tips-agar-kulkas-tidak-berjamur



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Kulkas Mini Murah dan Berkualitas", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »