Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


12 April 2020

10 Konsol Game Terbaik dan Terfavorit

By Cekresi .com
10 Konsol Game Terbaik dan Terfavorit


Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah game, sepertinya dari semua kalangan mulai dari anak kecil sampai orang tua pasti mengenal istilah game. Game berasal dari kata bahasa inggris yang berarti permainan. Permainan dalam hal ini dapat diartikan sebagai arena yang aksi dan keputusannya diambil oleh sang pemain.



Secara umum bermain game bisa merugikan juga bisa menguntungkan. Stigma yang terbangun di masyarakat masih dianggap negatif sampai hari ini. Tapi tahukah bahwa bermain game memiliki banyak manfaat, sepertidapat memicu perkembangan otak, meningkatkan konsentrasi, dan melatih memecahkan masalah dengan tepat dan cepat.

Di sini kami akan menyajikan informasi mengenai beberapa konsol game terbaik dan terfavorit berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang game, konsol game, dan tips memilih konsol game.

Mengenal jenis-jenis game berdasarkan platform yang digunakan

Rupanya banyak sekali jenis-jenis game yang ada dan sering dimainkan. Berdasarkan platform yang digunakan, ada 5 jenis game, yaitu :

  • Game arcades, jika di Indonesia disebut sebagai ding dong. Game ini biasanya berada di tempat khusus dan memiliki mesin yang khusus di design untuk jenis video game tertentu. Biasanya terdapat fitur tambahan seperti pistol, setir mobil, dan lain lain agar pemainnya semakin menikmati game tersebut.
  • Game PC / Komputer, yaitu game yang dimainkan menggunakan PC atau komputer.
  • Game Konsol, yaitu merupakan sebuah game yang dimainkan sengan konsol tertentu seperti Playstation 2, XBOX 360, dan Nintendo.
  • Game handheld, merupakan konsol video game yang dapat dibawa kemana-mana karena ukuran nya yang tidak terlalu besar dan dapat digenggam oleh kedua tangan. Contohnya seperti Nintendo DS dan Sony PSP.
  • Game mobile yaitu game yang dapat dimainkan khusus melalui mobile phone, seperti Angry Birds, Minion Rush, dan lain-lain.

Mengetahui manfaat bermain game

Meskipun beberapa orang tua akan marah kepada anaknya karena terlalu sering main game karena dianggap hanya memberikan dapak negatif, rupanya game juga memiliki banyak manfaat positif. Berikut diantaranya :

Pertama, game menjadi salah satu obat yang ampuh untuk menghilangkan stress bagi orang dewasa yang mudah stres setelah seharian melakukan kegiatan yang sangat menguras tenaga maupun pikiran. Dengan bermain game rupanya dapat membantu melupakan masalah yang sedang dihadapi di dunia nyata.

Kedua, seorang pemain game pasti tahu bahwa sebagian besar game menggunakan bahasa Inggris. Penggunaan gaya bahasanya pun beragam sekali tergantung dengan genre game itu sendiri. Dengan begitu, game bisa menjadisalah satu sarana belajar bahasa Inggris.

Ketiga, Dapat mengembangkan otan kanan. Seperti yang diketahui, otak kanan mengatur kreativitas, inovasi, imajinasi, dan masih banyak lagi, Kemampuan otak kanan dapat diasah dan ditingkatkan dengan bermain game. Dalam game, kita dilatih untuk menyusun strategi secara cepat, dan hal tersebut sangat mempengaruhi kerja otak kanan.



Keempat, melatih kerjasama tim dalam game dengan jenis multiplayer yang memang harus mengedepankan kerjasama tim. Kerjasama dalam tim tidak hanya dilatih didunia nyata, tetapi juga dapat dilatih didunia digital ketika bermain game untuk mencapai tujuan tim dalam game.

Kelima, memiliki lebih banyak teman. Untuk game yang dimainkan secara online, Anda akan bertemu dengan banyak orang dalam setiap game nya. Contoh nya PUBG, Mobile Legend, dan lain lain. Dalam game tersebut, Anda harus akrab dengan teman satu tim agar dapat meraih kemenangan.

Apa yang dimaksud dengan konsol game?

Jika menurut Wikipedia, konsol game adalah sebuah mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan video game. Perangkat yang dapat menampilkan grafiknya bisa berupa televisi atau monitor komputer. Sedangkan, untuk alat pengendalinya disebut joystick atau kontroler.

Konsol game pertama kali dibuat oleh Atari, yang kemudian dilanjutkan dengan Nintendo. Untuk konsol permainan modern yang beredar saat ini merupakan Playstation besutan dari Sonny dan Xbox dari Microsoft.

Tips memilih konsol game

Untuk memilih konsol game, Anda harus melihat dari jenis game yang ingin Anda mainkan serta tempat bermain game. Tiap konsol game memiliki ciri khas permainannya sendiri.

Jika Anda lebih senang bermain game-game ringan, Anda bisa memilih konsol dari Nintendo. Namun jika Anda lebih senang memainkan game yang cukup berat dengan grafik yang menawan, Anda bisa memilih konsol dari Sony Playstation.

Sedangkan dari tempat Anda bermain, jika Anda merupakan tipe yang lebih nyaman dirumah ketika bermain game, maka memilih Sony Playstation dan Xbox adalah pilihan yang tepat. Tetapi jika Anda ingin memainkannya dimana saja dan kapan saja atau handheld, Nintendo siap menghiburmu dimana saja.



10 Konsol Game Terbaik dan Terfavorit

Setelah Anda mengetahui berbagai hal mengenai game dan konsol game, maka perkenankan kami untuk memberikan rekomendasi konsol game terbaik dan terfavorit yang masih dapat Anda beli dan mainkan sampai sekarang. Berikut diantaranya:

10. ¬Game Boy

game_boy

Harga : Rp 75.000

Konsol game simple yang mudah dibawa kemana-mana

Rupanya Nintendo pernah merilis konsol game portable yang dapat Anda bawa kemana saja, yaitu Game Boy. Game Boy pertama kali di rilis pada tahun 1989 yang kemudian diikuti dengan Game Boy Color yang dirilis tahun 1998 dan mencapai penjualan 118,69 juta unit pada saat itu.

Banyak judul game populer yang bisa dimainkan pada konsol Game Boy ini diantaranya Metal Gear, Super Mario Bros, dan The Lagend of Zelda. Konsol game ini terbilang antik dan masih banyak dicari karena termasuk game keluaran lama.Anda dapat membeli konsol game ini di Shopee.

9. PlayStation

playstation

Harga : Rp 250.000

Nikmati gambar tiga dimensi secara real-time

Konsol game ini biasa dikenal sebagai PS1 atau PSX yang merupakan salah satu konsol game besutan Sony yang paling laris di dunia bahkan hingga saat ini. Sejak dirilis tahun 1994 hingga tahun 2005, PS1 sudah berhasil terjual lebih dari 102 juta unit.

Produk Sony ini memiliki CD-ROM dual speed dengan RAM 2MB dan RAM video 1MB. Konsol game ini dapat menghasilkan 360.000 poligon disetiap detiknya dan untuk pertama kalinya konsol game yang bisa menampilkan gambar 3 dimensi secara real-time.



Beberapa judul game yang dapat dimainkan dikonsol game ini antara lain Crash Team Racing, Winning Eleven, Resident Evil 3: Nemesis, dan Harvest Moon. Anda dapat membeli konsol game ini di Shopee.

8. Playstation 2

playstation_2

Harga : Rp 375.000

Konsol terlaris sepanjang masa

Dirilis pada tahun 2000, Playstation 2 menjadi konsol game terlaris dengan penjualan lebih dari 159 juta unit hingga saat ini. Konsol ini merupakan bagian dari konsol generasi keenam dan bersaing dengan Sega Dreamcast, Nintendo Game Cubem dan Microsoft Xbox.

Playstation 2 merupakan konsol game yang mendukung DVD dengan CPU Emotion Engine dan RAM 32MB serta RAM video 4MB. Beberapa judul game yang dapat dimainkan di konsol game ini salah satunya adalah Grand Theft Auto San Andreas. Anda bisa membeli konsol game ini di Shopee.

7. Nintendo DS

nintendo_ds

Harga : Rp 400.000

Konsol game portabel dengan layar ganda

Nintendo merilis konsol game portabel ini pada tahun 2004. Saat itu Nintendo harus menghadapi persaingan ketat dari Sony dengan PSP nya.Meskipun begitu, Nintendo berhasil menjual lebih dari 154 juta unit.

Nintendo DS memiliki dual screen yang pada bagian bawahnnya berfungsi sebagai layar sentuh dan juga konektifitas mikrofon nirkabel. Beberapa judul game populer dapat dimainkan di konsol game ini sala satunya adalah Pokemon Series. Anda bisa membeli konsol game ini di Shopee.



6. Wii

wii

Harga : Rp 955.500

Mainkan game dengan motion sensor

Wii merupakan salah satu konsol game generasi ke 7 yang dibuat oleh Nintendo dan pertama kali dijual pada tahun 2006. Wii adalah salah satu konsol game yang mempeloporimotion sensor. Dengan memainkan game menggunakan konsol game ini, Anda tidak hanya duduk diam saja, melainkan harus bergerak.

Hingga saat ini, Nintendo Wii sudah berhasil menjual lebih dari 100 juta unit.Game-game paling populer yang dapat dimainkan di Wii diantaranya adalah Super Mario Galaxy, Super Mario Galaxy 2, dan The Lagend of Zelda: Twilight Princess. Anda bisa membeli konsol game ini di Lazada.

5. Playstation 4

playstation_4

Harga : Rp 3.190.000

Manjakan mata dengan grafik game terbaik

Sejak kemunculannya pada November 2013, Playstation 4 masih memegang rekor sebagai konsol game dengan penjualan tercepat hanya dalam kurun waktu 24 jam saja. PS4 hadir dengan dua tipe model, yaitu model standar (fat) dan model yang slim.

PS4 slim hadir dengan dimensi yang lebih tipis dengan ketebalan hanya 3,9 cm sedangkan model yang standar lebih tebal yaitu 5,3 cm. Konsol game besutan Sony ini menggunakan CPU jaguar AMD 8-core dan dilengkapi dengan memori 8GB yang terintegrasi dengan GPU AMD Radeon. Dan, hingga saat ini masih banyak pengguna PS4 karena game dan fitur-fiturnya yang selalu update. Anda dapat membeli konsol game ini di Lazada.

4. Playstation 3

playstation_3

Harga : Rp 800.000

Bermain game dengan kualitas gambar terbaik



Pada awal rilis Playstation 3, konsol game ini berhasil mengalahkan pesaing lainnya dari Microsoft yaitu Xbox 360. Playstation 3 merupakan konsol game dari Sony yang pertama kali mendukung output HDMI dengan resolusi 1080p.

Konsol game ini masih sangat populer hingga saat ini, para pemain game yang terhalang budget untuk membeli Playstation 4 akhirnya membeli PS3 ini yang tidak kalah canggih. Sejak dirilis tahun 2006, konsol game ini sudah terjual hingga 88 juta unit.

Banyak game yang dapat dimainkan di konsol game ini, salah satunya Grand Theft Auto. Anda dapat membeli konsol game ini di Bukalapak.

3. Xbox One

xbox_one

Harga : Rp 3.450.000

Tak hanya bermain game, konsol game ini bisa untuk menonton film

Xbox One merupakan konsol game yang diproduksi oleh Microsoft dan diluncurkan pada tahun 2013. Xbox One merupakan konsol game penerus dari Xbox 360. Karena penerus, sudah pasti konsol ini dibekali dengan fitur-fitur yang lebih canggih. Bahkan selain bermain game, Anda juga dapat menonton film dan mendengarkan musik dengan teknologi HDMI

Konsol game ini hanya bisa memainkan game yang digital, tidak dapat memainkan game dengan versi fisik seperti CD atau DVD. Seluruh game dapat diunduh di toko online dan akan tersimpan pada memori internal yang sudah disediakan.

Karena ini merupakan konsol game besutan Microsoft, maka disediakan aksesoris tambahan untuk bermain game seperti setir, pedal gas, serta joystick untuk simulasi pesawat terbang. Anda dapat membeli konsol game ini di Blibli.

2. Nintendo Switch Lite

nintendo_switch_lite

Harga : Rp 2.750.000

Konsol game modern dengan warna yang menarik



Nintendo Switch Lite baru saja dirilis pada tanggal 20 September 2019.Mereka hadir dalam tiga warna yaitu turqoise, black, dan yellow. Konsol game ini hanya dapat dimainkan secara handheld tanpa bisa dimainkan di televisi.

Switch Lite merupakan penerus konsol genggam 3DS namun hadir dengan versi yang lebih simple dengan layan sebesar 4.4 inci saja. Meskipun baru dirilis, konsol game ini sudah muncul di Indonesia, dan Anda dapat membeli konsol game ini di Blibli.

1. Nintendo Switch Red & Blue Neon

nintendo_switch_red__blue_neon

Harga : Rp 4.450.000

Konsol game portable inovatif dari Nintendo

Nintendo Switch sangat sukses mencuri hati pemain game sejak dirilis tahun 2017 berkat inovasi pada konsep hybrid. Konsol ini dapat dimainkan di televisi seperti konsol game pada umumnya dan dapat menjadi konsol handheld ketika dilepas. Inovasi keren lainnya ada pada kontroler yang disebut joystick-controller yang dapat dilepas dari body Switchnya.

Ketika joystick ini dilepas, Anda dapat bermain dengan posisi apa saja dan juga bisa dijadikan sebagai controller kedua untuk dimainkan bersama teman.Inovasi-inovasi Nintendo ini tentunya menjadi loncatan yang cukup masif setelah produk Nintendo seri WiiU yang gagal.Anda dapat membeli konsol game ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Tidak hanya memberikan dampak negatif, bermain game dapat memberikan banyak dampak postifi juga diantaranya adalah media untuk menghilangkan stress, media belajar bahasa inggris, mengembangkan otak kanan dan kreativitas, melatih kerjasama dalam tim serta menambah lebih banyak teman.
  • Untuk memilih konsol game, Anda harus melihat dari jenis game yang ingin Anda mainkan serta tempat bermain.
  • Jika Anda ingin bermain game dengan gambar yang tajam dan grafik yang memanjakan mata, Anda bisa memilih konsol game Playstation 4 dari Sony.
  • Sedangkan jika Anda ingin bermain game dengan konsol game yang mudah dibawa kemana saja, Anda dapat memilih konsol game dari Nintendo yaitu Nintendo Switch Lite yang akan siang menghibur Anda dimana saja.
  • Namun jika Anda menginginkan konsol game yang dapat memainkan game secara digital saja, Anda dapat memilih konsol game dari Microsoft yaitu Xbox One .

Referensi

  1. Felicia Miranda (2019), The Best Video Gaming Consoles For 2020, https://www.digitaltrends.com/gaming/best-gaming-consoles/
  2. Lucas Coll (2019), The Best Gaming Consoles, https://www.businessinsider.com/best-gaming-console?IR=T



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Console Game Gaming


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Konsol Game Terbaik dan Terfavorit", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »