Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


15 November 2019

10 Kompor Listrik Terbaik yang Membuat Kegiatan Memasak Lebih Mudah dan Praktis

By Cekresi .com


Memiliki kompor listrik sungguh sangat menguntungkan. Selain praktis, Anda tidak perlu lagi repot-repot memasang gas atau khawatir terjadi kebocoran gas. Anda bisa memasak dengan lebih cepat, aman, dan praktis.



Beberapa produsen menawarkan beragam produk kompos listrik dengan kualitas serta desain yang menarik dan cantik. Selain itu, fitur-fiturnya lebih canggih dan akan membuat kegiatan memasak Anda lebih mudah dan maksimal.

Karena itu, kami menyajikan beberapa kompor listrik terbaik yang membuat kegiatan memasak lebih mudah dan praktisberikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang berbagai macam kompor listrik beserta perawatannya.

Mengenal jenis-jenis kompor listrik yang ada di pasaran

Meskipun status pemakaian kompor listrik masih yang kedua setelah kompor gas, namun kompor listrik semakin banyak peminatnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kompor listrik, Anda bisa menyimak jenis-jenis kompor listrik berikut ini :

Pertama, kompor listrik elektrik. Untuk memakai kompor jenis ini, Anda harus ekstra sabar karena panas yang dihasilkan membutuhkan proses yang sedikit lama. Jenis kompor ini cocok Anda gunakan untuk memanaskan nasi, memasak air, mie dan lain-lain.

Kedua, kompor listrik induksi. Kompor listrik ini menggunakan medan magnetik yang bisa menghasilkan panas pada bagian permukaan kompor. Jenis kompor ini dilengkapi dengan sistem pengaturan panas otomatis sehingga membuat membuat kegiatan memasak lebih maksimal.

Kelebihan kompor induksi lebih hemat pemakaian listrik, karena energi yang dihasilkan akan diinduksi langsung ke peralatan memasak Anda. Sehingga tidak ada energi yang terbuang secara percuma.

Ketiga, kompor listrik halogen. Kompor jenis ini menggunakan sinar halogen dalam logam anti korosi sehingga menghasilkan panas yang lebih merata. Jenis kompor ini bisa dipakai untuk semua peralatan masak, kecuali dari plastik. Salah satu keunggulan dari jenis kompor ini adalah lebih cepat panas dan sangat efisien digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan.



Keempat, kompor listrik portable. Kompor listrik jenis ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang suka traveling. Kompor ini bentuknya minimalis dan biasanya dilengkapi dengan sarung pembungkus sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Perhatikan fitur-fitur canggih dari kompor listrik yang ingin Anda beli

Saat Anda membeli kompor listrik, perhatikan fitur-fitur penting yang melekat pada produk kompor listrik, seperti timer yang berfungsi untuk mengatur waktu saat Anda ingin menyalakan atau mematikan kompor secara otomatis.

Kemudian, yang tidak kalah penting adalah pilih kompor listrik yang dilengkapi dengan fitur fitur boost. Fitur ini berfungsi untuk menaikkan suhu lebih cepat sehingga memasak Anda akan lebih mudah dan efisien.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan apakah kompor listrik dilengkapi dengan sistem keamanan yang berstandar nasional atau internasional. Hal ini penting untuk menjaga Anda dan keluarga dari bahaya yang tidak diinginkan.

Terdapat fitur keamanan yang modern, seperti safety shut-off yang mampu mematikan kompor listrik secara otomatis ketika masakan air Anda sudah mendidih.

Yang terakhir, biasanya kompor listrik canggih dilengkapi dengan fitur automatic pan size. Fitur ini bisa mendeteksi ukuran dan bentuk alat masak yang diletakkan di atas kompor listrik.

Perhatikan daya listriknya dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda

Setiap orang memiliki kadar berbeda saat memasak kebutuhan sehari-hari. Ketika Anda membeli kompor listrik, maka pastikan mengkalkulasi konsumsi daya listrik Anda di rumah sehingga nantinya tidak membebani biaya tagihan listrik Anda.



Secara umum, daya listrik dari kompor listrik bervariasi. Ada yang 100 watt, 300 watt, 600 watt, dan bahkan ada yang sampai 2000 watt lebih.

Untuk pemakaian biasa, Anda bisa menggunakan yang 300-600 watt. Namun jika Anda sering menggunakan untuk memasak dalam jumlah yang besar, Anda bisa menggunakan daya yang lebih tinggi.

Meskipun demikian, terdapat beberapa produk yang pemakaian daya listriknya bisa Anda atur sesuai kebutuhan Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang pemakaian konsumsi listrik saat memilih kompor listrik yang terdapat pengaturan daya listriknya.

Pilih alat memasak yang permukaannya datar

Saat Anda membeli kompor listrik, maka alat masak yang harus Anda gunakan juga harus menyesuaikan. Karena kompor listrik akan bekerja efektif saat alat memasak Anda memiliki permukaan yang datar. Jadi hindari menggunakan alat memasak yang bagian permukaan bawahnya cekung, seperti wajan penggorengan.

Selain itu, Anda juga harus memilih alat memasak dengan bahan yang mudah menyerap panas, seperti stainless stell, besi, ataupun baja. Dan, jangan lupa memperhatikan kualitas alat memasak Anda, karena alat memasak dengan kualitas yang baik akan menghindarkan kompor listrik Anda dari goresan pada permukaan kompor.

Cara merawat kompor listrik agar lebih awet dan tahan lama

Untuk menjaga agar kompor listrik Anda lebih awet dan tahan lama, maka perhatikan beberapa tips berikut ini:

  • Ketika memasak, Anda harus hati-hati karena masakan yang tumpah ke kompor bisa menyebabkan kompor menjadi kusam dan rusak. Jadi sebaiknya Anda memasak dalam porsi yang cukup dan tidak berlebih untuk menghindari tumpahan.
  • Bersihkan kompor secara rutin agar tampilannya tetap mengkilap dan indah.
  • Perhatikan jenis bahan yang digunakan ketika akan membersihkan. Anda bisa menggunakan pembersih khusus, misalnya pembersih kaca atau keramik.
  • Ketika membersihkan, pastikan kompor listrik tidak terhubung lagi dengan listrik.
  • Ketika noda membandel, Anda bisa mengerik kompor listrik secara perlahan kemudian gunakan pembersih khusus untuk membuat kompor tetap bersih dan mengkilap.

10 Kompor Listrik Terbaik Yang Membuat Kegiatan Memasak Lebih Mudah dan Praktis

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang komporlistrik serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kompor listrik terbaik yang membuat kegiatan memasak lebih mudah dan praktis dari berbagai merek berikut ini:

10. Maspion S302

maspion_s302

Harga : Rp 136.000

Desain minimalis dan harganya lebih terjangkau



Kompos listrik S302 dari Maspion ini sangat digemari oleh masyarakat. Selain karena harganya yang terjangkau, kompor listrik dengan bentuk minimalis ini memiliki desain yang unik dan futuristik.

Kompor dengan daya listrik 600 watt ini mempunyai berat 3 kg sehingga mudah saat Anda ingin memindahkannya. Selain itu, dengan menggunakan kompor listrik dari Maspion ini, kegiatan memasak Anda lebih mudah dan praktis. Anda bisa membeli kompor listrik ini di Shopee.

9. Kuche Single Stove Induction Cooktop K-128

kuche_single_stove_induction_cooktop_K-128

Harga : Rp 2.000.000

Kompor tanpa api yang aman, praktis, dan hemat listrik

Kompor listrik dari Kuche menggunakan induksi listrik/magnetik sehingga membuat memasak Anda lebih aman karena panas yang dihasilkan bukan berasal dari percikan api, melainkan berasal dari gesekan medan magnet dengan logam.

Mikro prosesor pada kompor ini bertugas mengendalikan dalam proses Anda saat memasak, pengaturan suhu, serta sebagai pengunci untuk keamanan. Jadi memasak Anda lebih mudah dan praktis saat kompor Kuche ini ada di dapur Anda.

Selain itu, memasak Anda akan lebih hemat karena efisiensi panas yang dihasilkan bisa mencapai 83-85%. Anda bisa membelikompor listrik ini di Shopee.

8. Oxone Double Ceramic Stove – OX-655D

oxone_double_ceramic_stove_ox_655d

Harga : Rp 750.000

Desain elegan, lebih praktis, dan ergonomis



OX-655D ini memiliki desain elegan yang bisa membuat tampilan dapur Anda nampak keren dan indah. Memasak Anda juga akan lebih mudah dan praktis karena dua tungku pada kompor listrik ini bisa digunakan secara bersamaan.

Kompor listrik ini memiliki daya listrik 800 watt pada tungku pertama dan 600 watt pada tungku kedua. Selain itu, kompor ini dilengkapi dengan thermal yang mampu memberikan perlindungan dari suhu yang terlalu panas.

Kompor ini juga dilengkapi dengan kunci pengaman, sehingga bisa otomatis saat Anda ingin menyalakan ataupun mematikannya. Anda bisa membeli kompor listrik ini di Shopee.

7. Philips Induction Cooker HD4932

philips_induction_cooker_hd4932

Harga : Rp 899.000

Membuat memasak Anda lebih sempurna, desain modern, dan canggih

Produk-produk dari Philips ini memang digemari oleh masyarakat karena kualitasnya yang andal dan modern. Salah satu produk yang harus Anda miliki adalah kompor listrik canggih Philips HD4932.

Kompor induksi HD4932 ini mampu menjaga suhu tetap stabil sehingga membuat masakan Anda lebih sempurna dengan kadar nutrisi yang sangat baik. Menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoperasikan sensor sentuhnya sehingga suhu bisa diatur sesuai dengan keinginan Anda.

Kompor ini dilengkapi dengan fitur child safety lock yang bisa menjaga kompor pemanas tetap aman meskipun berada di tengah jangkauan anak-anak. Anda bisa membeli kompor listrik ini di Shopee.



6. Cosmos CIC 996

cosmos_cic_996

Harga : Rp 750.000

Desain lebih elegan, praktis, dan memiliki sistem keamanan berlapis

Dengan kompor CIC 996 ini, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kebocoran gas dan ribetnya menggunakan tabung gas. Karena Cosmos mengeluarkan produk kompor listriknya yang elegan dengan bentuk yang minimalis, ekonomis, dan ergonomis.

CIC 996 dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis yang membuat kompor akan mati secara otomatis saat Anda tidak menyentuh tombol apapun. Selain itu, sistem keamanan dari kompor ini dilengkapi juga dengan alarm peringatan dan aman dari jangkauan anak-anak.Anda bisa membeli kompor listrik ini di Shopee.

5. Cyprus KL-0071

cyprus_kl_0071

Harga : Rp 324.000

Hemat listrik dan berkualitas

Kompor listrik Cyprus KL-0071 merupakan salah satu kompor listrik yang banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki daya listrik yang bisa di atur dan hemat konsumsi listrik. Watt bisa Anda atur mulai dari 100 watt sampai 500 watt sesuai dengan kebutuhan memasak Anda.

Selain itu, desain kompor listrik merek Cyprus ini sangat indah dan elegan yang bisa membuat tampilan interior dapur Anda terlihat lebih wow. Dilengkapi dengan kaca kristal pada permukannya yang memudahkan Anda saat membersihkannya tanpa takut konslet. Anda bisa mendapatkan kompor listrik ini di Lazada

4. Getra IC-1100

getra_ic_1100

Harga : Rp 425.000

Desain elegan dan membuat kegiatan memasak Anda lebih asik



Anda cukup menggunakan fitur layar sentuh ketika memasak menggunakan kompor listrik dari Getra ini. Memasak akan menjadi lebih mudah dan mengasikkan tanpa khawatir lagi dengan kebocoran gas.

Selain itu, panel kristal hitam pada permukaan kompor listrik ini memiliki kemampuan yang cepat menghantarkan panas, sehingga memasak Anda lebih cepat dan efisien. Anda bisa membeli kompor listrik ini di Lazada.

3. Modena PI 1316

modena_pi_1316

Harga : Rp 1.171.000

Kompor listrik modern dengan fitur lebih lengkap

Modena merupakan salah satu brand yang memproduksi peralatan rumah tangga dengan kualitas yang sangat baik dan membuat produk-produknya selalu dinanti dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Modena PI 1316 sebagai kompor listrik portabel terbaik di kelasnya menghadirkan fitur yang lengkap dengan panel layar sentuh dan 8 program otomastisnya yang akan membuat kegiatan memasak Anda lebih mudah dan nyaman

Selain itu, konsumsi daya listriknya bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda memasak, dengan daya dari 100 watt sampai 2000 watt. Anda bisa membeli kompor listrik ini di Lazada.

2. Kompor listrik Godzu

kompor_listrik_godzu

Harga : Rp 259.000

Kompor mini cocok untuk traveling



Kompor listrik dari Godzu memiliki bentuk yang minimalis, unik, dan cocok digunakan saat bepergian atau rekreasi bersama keluarga. Kompor ini dilengkapi dengan sarung packing sehingga mudah dan praktis saat membawanya.

Selain itu, bahan yang digunakan anti lengket dan mudah untuk dibersihkan. Ketika Anda membeli kompor listrik ini juga mendapat paket lengkap dengan mangkuk, sendok, dan garpu. Anda bisa membeli kompor listrik ini di Shopee.

1. Midea IC-1610

midea_ic_1610

Harga : Rp 700.000

Desain modern, canggih, dan serbaguna

Kompor listrik Midea ini memiliki sistem pemanasan yang kuat dengan pengaturan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan memasak Anda. Sehingga membuat aktifitas memasak lebih mudah dan praktis. Terdapat 8 jenis pengaturan daya dan 8 pengaturan jenis makanan.

Selain itu, layar sentuh pada produk ini semakin memudahkan Anda dalam memasak dengan cepat dan modern. Dan, pastinya desain elegan dari Midea akan membuat interior ruangan dapur Anda semakin keren dan wow. Anda bisa membeli kompor listrik ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kompor listrik, pastikan Anda mengetahui jenis kompor listrik yang akan Anda gunakan, daya listriknya, dan fitur-fitur canggih yang bisa memudahkan dan aman saat digunakan.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan perawatannya, misalnya dengan membersihkan secara berkala, menghindarkan kompor dari tumpahan masakan, dan lain sebagainya.
  • Anda bisa memilih kompor listrikModena PI 1316, karena dilengkapi dengan fitur yang canggih, aman, serta memiliki pengaturan daya listrik sehingga membuat Anda lebih hemat.
  • Namun jika Anda ingin kompor listrik yang memiliki sistem 8 pengaturan yang memudahkan Anda saat memasak dengan desainnya yang elegan dan modern, maka Anda bisa memilih kompor listrik dari Midea IC-1610.
  • Sedangkan, jika Anda menginginkan kompor listrik dengan harga yang lebih terjangkau dan ditunjang dengan bentuknya yang keren dan kekinian, maka Anda bisa memilih Maspion S302.

Referensi

  1. Gina Eykemans (2019), How To Clean a Glass Electric Stovetop,https://www.thekitchn.com/how-to-clean-an-electric-glass-stovetop-cleaning-lessons-from-the-kitchn-204578
  2. Homeguides (2019),How to Choose an Electric Range,https://homeguides.sfgate.com/choose-electric-range-25842.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Kompor Listrik Terbaik yang Membuat Kegiatan Memasak Lebih Mudah dan Praktis", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »