Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 June 2019

10 Kipas Angin Dinding Terbaik untuk Ruangan Lebih Sejuk

By Cekresi .com


Kipas angin berfungsi membuat ruangan sekitar Anda lebih sejuk dan nyaman. Berbagai jenis dan tipe kipas angin bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah jenis kipas angin dinding (wall fan).



Kipas angin dinding ini memiliki karakter lebih praktis, tidak memakan banyak tempat sekaligus bisa membuat interior ruangan nampak lebih luas. Anda juga tidak perlu khawatir lagi dengan kerusakan yang diakibatkan oleh tangan atau tumpahan minuman, dan tentunya kipas angin dinding lebih aman karena jauh dari jangkauan anak-anak.

Untuk itu, dalam artikel ini kami berusaha menyajikan beberapa kipas angin dinding pilihan yang bisa membuat ruangan Anda lebih sejuk berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan tentang alasan memilih kipas angin dinding, fiturnya dan juga cara perawatannya.

Alasan memilih kipas angin dinding

Salah satu keuntungan ketika Anda memiliki kipas angin dinding adalah tidak membuat ruangan menjadi sempit, jadi lebih hemat tempat. Penempatan yang tepat juga akan membantu ventilasi udara pada jendela, sehingga bisa menggerakkan udara dari luar ke dalam yang menghasilkan kesejukan dan kenyamanan pada ruangan Anda.

Kipas angin dinding ini juga sangat efektif menjaga sirkulasi udara di tempat-tempat seperti gudang, toko, pusat olahraga (gyms), dan bahkan sangat nyaman digunakan untuk rumah Anda. Kipas angin ini banyak diminati karena harganya lebih terjangkau daripada menggunakan AC. Anda tidak perlu menghabiskan anggaran ekstra untuk mendapatkan kenyamanan jika menggunakan kipas angin dinding ini.

Selain itu, beberapa produsen mengembangkan produknya dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunanya, seperti adanya remote yang secara otomatis bisa Anda gunakan saat melakukan pengaturan, dan juga terdapat tempat untuk menaruh pewangi agar pewangi tidak tumpah atau jatuh saat dipasang. Selain itu, biasanya juga terdapat fitur timer yang bisa Anda gunakan saat akan tidur, sehingga lebih hemat konsumsi daya listrik.

Yang lebih penting saat Anda memiliki kipas angin dinding ini adalah terjaga keamanannya, sebab kipas yang terpasang di dinding berada dari jangkauan anak-anak, sehingga bisa menghindarkan dari resiko bahaya yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan saat memilih kipas angin dinding berdasarkan fitur-fitur utama yang biasanya melekat pada berbagai merek kipas angin dinding:



Pilih fitur remote control

Untuk memudahkan pemakainan kipas angin dinding, Anda bisa memilih kipas angin yang dilengkapi dengan fitur remote control. Fitur ini sangat penting karena bisa memberikan kenyamanan saat ingin merubah kecepatan, menghidupkan atau mematikan kipas angin.

Namun Anda tidak perlu khawatir jika remote tidak berfungsi, karena biasanya kipas angin dinding dilengkapi dengan sarana mekanis yang bisa digunakan secara manual untuk mengontrol serta mengatur kecepatan kipas angin.

Perhatikan ukurannya

Untuk mendapatkan kenyamanan optimal pada ruangan Anda, tentu ukuran menjadi faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. Ukuran kipas angin yang besar tentu menjadi pilihan karena kemampuan menjangkaunya yang lebih sehingga menghasilkan aliran udara yang cukup untuk ruangan.

Selain itu, ukuran kipas angin yang lebih besar bisa menghasilkan angin yang lebih maksimal dan merata, meskipun menggunakan kecepatan yang minimum. Hal ini dikarenakan rotasi pada baling-balingnya memiliki kemampuan yang cukup untuk menghasilkan angin yang maksimal.

Anda bisa memilih ukuran baling-baling 16 inci pada kipas angin dinding, karena kemampuannya yang bisa membuat ruangan lebih sejuk dan nyaman.

Perhatikan kualitas dindingnya

Pemasangan yang tepat serta dinding yang kokoh merupakan faktor penting saat meletakkan kipas angin dinding. Tentu hal tersebut akan membuat kipas angin lebih stabil dan terhindar dari resiko terjatuh.

Memasang kipas angin dinding yang memiliki berat berlebih bisa saja menjadi masalah ketika dipasang pada dinding sementara yang tidak memiliki kontruksi yang kuat. Jadi sebaiknya Anda mengetahui kualitas dinding agar terhindar dari kerusakan maupun kecelakaan yang bisa saja terjadi.



Perhatikan osilasi

Anda harus memperhatikan apakah osilasi kipas angin yang terpasang pada bisa dinyalakan atau dimatikan. Karena dengan osilasi, kipas angin bisa menjangkau ke area yang lebih luas ke penjuru ruangan yang Anda inginkan.

Osilasi ini akan membantu Anda untuk memudahkan kipas berhembus ke arah yang diinginkan saat osilasi dimatikan. Jadi pastikan osilasi berfungsi saat Anda membelinya, sehingga kesejukan dan kenyamanan saat menggunakan kipas angin dinding bisa berjalan secara optimal.

Meletakkan pada sudut yang sesuai

Saat memasang kipas angin dinding, Anda bisa meletakkan kipas angin tepat di atas ketinggian kepala pada umumnya, sehingga terhindar dari jangkauan anak-anak. Selain itu, letakkan pada sudut yang tepat pada ruangan Anda agar kekuatan angin bisa menyebar secara maksimal dan merata pada ruangan Anda.

Pilih yang ada timer-nya

Timer ini akan memudahkan Anda saat ingin menggunakan kipas angin secara otomatis. Anda bisa manfaatkan fitur timer ini saat akan tidur, sehingga membuat kipas angin mati dengan sendirinya saat tidak digunakan, jadi Anda bisa lebih hemat listrik.

Perhatikan pengaturan pemakaian kecepatannya

Biasanya pada kipas angin dinding terdapat 3 pilihan kecepatan yang bisa diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Gunakan 3 pilihan kecepatan tersebut secara wajar, mungkin Anda bisa mengatur kecepatan rendah atau sedang saat menggunakannya agar suasana lebih tenang dan tidak terlalu berisik.

Selain itu, dengan menggunakan kecepatan yang wajar, tentu mesin kipas angin tidak terlalu dipaksa bekerja maksimal, sehingga daya tahannya bisa tetap terjaga dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Cara merawat kipas angin dinding agar lebih awet

Agar kipas angin dinding lebih awet dan bisa digunakan bertahun-tahun, Anda bisa melakukan perawatan dengan cara seperti:



  • Pastikan kipas angin yang telah terpasang di dinding dalam keadaan kuat dan kokoh sehingga tidak mudah terjatuh. Jangan memasang kipas angin pada dinding sementara yang biasanya memiliki kontruksi tidak kuat.
  • Bersihkan secara berkala dari debu atau kotoran yang menempel, karena jika dibiarkan akan menyebabkan baling-baling menjadi berat sehingga kinerja motor semakin berat.
  • Ketika membersihkan kipas angin, hindari menggunakan air yang bisa menetes ke mesin sehingga dapat menyebabkan kerusakan atau konsleting.
  • Berikan minyak pelumas setelah dibersihkan pada bagian seperti baling-baling, gears, leher/bearing agar kinerja kipas angin lebih optimal.
  • Pastikan Anda mematikan kipas angin saat tidak digunakan.

10 Kipas angin dinding (wall fan) terbaik yang membuat ruangan lebih sejuk

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kipas angin dinding serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kipas angin dinding yang kami anggap terbaik untuk membuat ruangan lebih sejuk dari berbagai merek berikut ini:

10. Cosmos WFO 16 inci

Cosmos_WFO_16_inci

Harga : Rp 231.000

Menghasilkan angin lebih besar dengan jangkauan yang lebih luas

Kipas angin dinding merek Cosmos ini memiliki ukuran baling-baling 16 inci sehingga menghasilkan angin yang bisa memberikan kesejukan pada ruangan Anda. Wall fan ini juga dilengkapi dengan 3 tingkat kecepatan yang mudah diatur untuk menghasilkan angin yang maksimal sesuai keinginan Anda.

Selain itu, kipas angin dinding ini memiliki motor yang tahan lama dan didukung dengan kemampuan daya listriknya yang rendah sehingga lebih hemat energi. Anda bisa membeli wall fan ini di Shopee.

9. Philips Wall Fan CFR-5889

Philips_wall_fan_CFR_5889

Harga : Rp 259.000

Memberikan kesejukan lebih optimal dengan desain double blade

Alat elektronik merek Philips selalu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya karena mutu produknya yang berkualitas, seperti kipas angin dinding Philips CFR-5889 ini.

Wall fan tipe CFR-5889 ini memiliki desain double blade berukuran 16 inci yang akan membuat ruangan Anda lebih sejuk dan nyaman. Selain itu, kemampuan motornya yang berkualitas sehingga lebih awet dan tahan lama. Anda bisa membeli wall fan ini di Shopee.



8. Panasonic Wall Fan F-EU409

Panasonic_Wall_Fan_F_EU409

Harga : Rp 439.000

Super nyaman, super aman dan super bandel

Wall fan dari brand Panasonic ini memiliki diameter 40 cm pada baling-balingnya sehingga menghasilkan angin lebih besar yang dapat memberikan kenyamanan dan kesejukan pada ruangan Anda.

Kinerja motor pada kipas angin ini sangat halus dan tidak menimbulkan suara berisik, yang dilengkapi dengan 3 pilihan pengaturan kecepatan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Anda bisa membeli kipas angin dinding ini di Shopee.

7. Maspion Wall Fan MWF-41K

Maspion_Wall_Fan_MWF_41K

Harga : Rp 285.000

Memberikan kesejukan dengan kualitas motor yang lebih handal

Maspion merupakan salah satu produsen alat rumah tangga di Indonesia yang mampu bersaing di tingkat global. Salah satu produk buatan dalam negeri ini adalah kipas angin dinding Maspion tipe MWF-41K yang handal serta berkualitas.

Kipas angin dinding ini memiliki ukuran baling-baling 16 inci yang akan memberikan kesejukan optimal pada ruangan Anda. Selain itu, motor kipas angin ini lebih handal karena memiliki teknologi pendinginan langsung pada rotor. Anda bisa membeli wall fan ini di Shopee.

6. Sanex Wall Fan FW-1680

Sanex_Wall_Fan_FW_1680

Harga : Rp 153.000



Memberikan kenyamanan dengan harganya yang lebih terjangkau

Kipas angin dinding dari Sanex ini memiliki ukuran baling-baling 16 inci sehingga mampu menghasilkan angin yang lebih maksimal. Kipas angin ini juga dilengkapi dengan 3 kecepatan yang dapat diatur sesuai kebutuhan yang Anda inginkan.

Selain itu, kipas angin dinding ini memiliki model yang keren sehingga memberikan kesan elegan pada ruangan Anda, dan harganya lebih terjangkau sehingga Anda bisa berhemat. Anda bisa membeli wall fan ini di Shopee.

5. Miyako Wall Fan Kaw-1689

Miyako_Wall_Fan_Kaw_1689

Harga : Rp 290.000

Lebih sejuk, lebih nyaman, dan lebih mudah mengoperasikannya

Wall fan dari Miyako ini memberikan kemudahan dan kenyamanan saat mengoperasikannya karena memiliki remote controle. Kipas angin dinding ini juga dilengkapi dengan 3 pilihan kecepatan serta tombol stop yang mudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan dan luas ruangan sekitar Anda.

Selain itu, kipas angin merek Miyako KAW-1689 ini terdapat fitur kotak pewangi, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi pewangi akan tumpah atau terjatuh. Anda bisa membeli wall fan ini di Shopee.

4. Turbo Wall Fan CFR5889

Turbo_Wall_Fan_CFR5889

Harga : Rp 249.000

Memberikan ksejukan lebih maksimal dan lebih merata

Kipas angin dinding Turbo CFR5889 ini memiliki baling-baling double blade yang mampu menghasilkan angin lebih besar dan lebih merata. Kipas angin ini memiliki model yang lebih kokoh karena terbuat dari bahan plastik yang berkualitas.



Selain itu, wall fan ini dilengkapi dengan copper clad motor yang membuat kualitas motornya semakin kuat dan membuat angin yang dihasilkan lebih kencang. Anda bisa membeli wall fan ini di Shopee.

3. GMC Wall Fan 16-508

GMC_Wall_Fan_16_508

Harga : Rp 135.000

Memberikan kesejukan ruangan secara optimal dengan harga yang terjangkau

Kipas angin dinding merek GMC ini memiliki ukuran baling-baling 16 inci sehingga mampu menghasilkan kesejukan pada ruangan di rumah Anda. Selain itu, harga kipas angin ini lebih terjangkau dan bisa membuat Anda hemat anggaran.

Wall fan ini juga dilengkapi dengan 3 pilihan kecepatan dan tombol stop yang mudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli wall fan ini di Shopee.

2. Kirin Wall Fan KEF 16 WF3

Kirin_Wall_Fan_KEF_16_WF3

Harga : Rp 248.000

Memberikan kesejukan pegunungan pada ruangan sekitar Anda

Wall fan merek Kirin memiliki 5 blade kipas yang akan menghasilkan kesejukan pegunungan pada ruangan sekitar Anda. Motor kipas yang terbuat dari tembaga murni dengan ball bearing ganda akan memberikan daya tahan serta performa kipas bekerja lebih maksimal.

Kipas angin dinding ini juga hemat listrik karena daya listriknya hanya 50 watt, sehingga membuat Anda lebih hemat energi. Anda bisa membeli laptop ini di Shopee.



1. KDK Wall Fan WN30B

KDK_Wall_Fan_WN30B

Harga : Rp 360.000

Suara motor dan baling-baling lebih halus

Kipas angin dinding merek KDK ini memiliki ukuran baling-baling 12 inci dengan 3 pilihan kecepatan dan off yang bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Kipas angin ini akan memberikan kesejukan dan kenyamanan pada ruangan Anda.

Motor pada kipas angin ini dilengkapi dengan thermal fuse sehingga membuat performa kipas angin lebih maksimal. Selain itu, suara motor dan baling-baling pada kipas angin ini tidak membuat berisik pada riuangan Anda. Anda bisa membeli kipas angin ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kipas angin dinding, Anda harus memperhatikan fitur-fitur penting seperti ukurannya, jumlah baling-balingnya, serta daya listriknya.
  • Selain itu, perhatikan kontruksi dinding bangunannya saat akan memasang kipas angin dinding agar terhindar dari resiko kecelakaan di masa depan.
  • Anda bisa memilih kipas angin Philips CFR-5889, karena kipas angin dinding dari merek berkualitas ini memiliki baling-baling double blade berukuran 16 inci yang akan membuat ruangan Anda lebih sejuk dan nyaman.
  • Namun jika Anda ingin kipas angin dinding buatan dalam negeri yang berkualitas dan handal serta mampu memberikan kesejukan yang lebih merata, Anda bisa menjatuhkan pilihan ke Maspion tipe MWF-41K.
  • Sedangkan, jika Anda ingin kipas angin dinding dengan harga yang lebih terjangkau serta mampu memberikan kesejukan alami pada ruangan Anda, maka Anda bisa memilih Sanex wall fan FW-1680.

Referensi

  • Industrybuying (2017), Wall Fan Buying Guide, https://www.industrybuying.com/articles/wall-fan-buying-guide/
  • Doityourself (2018), How To Care For A Desk Fan, https://www.doityourself.com/stry/how-to-care-for-a-desk-fan



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Kipas Angin


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Kipas Angin Dinding Terbaik untuk Ruangan Lebih Sejuk", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »