Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


13 November 2020

10 Keyboard Terbaik untuk Mengetik Lebih Mudah dan Cepat

By Cekresi .com
10 Keyboard Terbaik untuk Mengetik Lebih Mudah dan Cepat


Keyboard merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menginput data berupa angka, huruf, maupun simbol-simbol. Selain untuk menulis, keyboard juga bisa digunakan untuk bermain game, mengoperasikan TV, sebagai aksesoris, dan lain-lain.



Berdasarkan teknologinya, keyboard dibagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu keyboard membran dan keyboard mekanikal. Kedua keyboard ini sama-sama bisa dipakai untuk mengetik, namun tingkat kenyamanan dan hasil bisa saja berbeda untuk setiap penulis.

Agar bisa mengetik lebih mudah dan cepat, Anda membutuhkan keyboard terbaik dengan fitur-fitur yang mendukung kecepatan serta ketepatan dalam mengetik maupun mengoperasikannya.

Disamping itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih keyboard terbaik untuk mengetik dengan mudah dan cepat, seperti desain atau bentuk keyboard, kedalaman tombol, konektor, dan mereknya.

Karena itu, kami akan menyajikan beberapa keyboard terbaik untuk mengetik lebih mudah dan cepat berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kenali dulu perbedaan keyboard membran dan keyboard mekanikal, cara memilih keyboard yang tepat untuk mengetik, serta perawatannya.

Mengenali perbedaan keyboard membran dan keyboard mekanikal

Keyboard membran atau yang biasa disebut dengan Keyboard Membrane Switch ini bisa kita temui diperangkat seperti laptop dan notebook. Cirinya adalah memiliki penahan karet yang terbuat dari silikon dan berbentuk kubah.

Keyboard membran banyak disukai karena lebih halus dan tidak menimbulkan suara berisik. Selain itu, keyboard membran juga dapat mendukung kecepatan dalam mengetik sehingga membuat pekerjaan lebih cepat selesai.

Keyboard jenis ini banyak tersedia di pasaran dan harganya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan keyboard mekanikal. Namun, kelemahan keyboard membran ini lebih sulit dibersihkan, seperti saat kotoran debu menumpuk atau ketika terkena tumpahan air.



Sedangkan keyboard mekanikal lebih mudah dibersihkan karena memiliki tutup kunci yang mudah dilepas. Selain itu, bentuknya kokoh, lebih kuat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Keyboard mekanikal ini juga dapat memberikan kenyamanan ketika digunakan untuk mengetik, bisa mendukung kecepatan serta ketepatan, sehingga membuat pekerjaan mengetik Anda menjadi lebih mudah dengan hasil yang sempurna.

Perhatikan desain keyboard

Desain keyboard sangat beragam. Usahakan pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, maka keyboard portabel dengan konektivitas wireless bisa menjadi pilihan terbaik.

Namun, jika untuk kebutuhan pekerjaan di kantor ataupun di rumah, maka pertama kali yang harus Anda perhatikan adalah ukurannya agar pas dan sesuai dengan desain meja kerja Anda.

Selain itu, usahakan memilih desain ergonomis, di mana desain ini bentuknya melengkung dan memiliki dudukan tangan (palm rest). Tujuannya agar Anda lebih nyaman dan tidak mudah lelah ketika mengetik.

Teliti dan perhatikan kedalaman tombolnya

Ketika Anda membeli keyboard secara online, tentu review akan sangat membantu Anda dalam memutuskan sebelum membelinya. Tidak terkecuali dengan mengetahui kualitas tombol keyboard, di mana Anda tentu tidak bisa mencobanya ketika membeli secara online.

Namun, jika Anda membelinya secara langsung di toko komputer, maka Anda bisa mencoba menekan tombolnya, agar Anda bisa mengetahui kedalaman tombol (keystroke) dari keyboard yang akan Anda beli.



Untuk kebutuhan kecepatan dalam mengetik, sebaiknya Anda memilih jenis keyboard dengan kedalaman tombol yang tidak terlalu dangkal.

Sedangkan, untuk ketepatan yang bisa meminimalisir kesalahan dalam mengetik, Anda bisa memilih keyboard dengan kedalaman tombol yang dangkal dengan bentuk tombol yang rata.

Pilih konektor penghubung yang tepat

Konektor atau port ini berfungsi untuk menghubungkan motherboard dengan keyboard. Dahulu konektor masih menggunakan kabel seperti, PS/2 yang berbentuk bulat, namun sekarang sudah berganti ke port USB yang memiliki kemampuan lebih awet dan tahan lama.

Selain itu, ada jenis konektor lain tanpa menggunakan kabel atau nirkabel, yaitu keyboard wireless. Keyboard ini memiliki jaringan Bluetooth dengan daya yang diperoleh dari baterai.

Adapun jenis baterai keyboard tersebut, ada yang bisa diisi ulang (Rechargeable) dan ada yang tidak bisa diisi ulang (Non-rechargeable). Jadi untuk lebih hemat, Anda bisa memilih keyboard dengan jenis baterai yang bisa diisi ulang.

Pilih merek yang terpercaya dan terbukti kualitasnya

Banyak merek keyboard yang beredar di pasaran dengan beragam model dan bentuknya yang menarik. Karena itu banyak konsumen yang merasa kebingungan saat memilih keyboard terbaik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa memilih produk dari merek-merek keyboard yang secara kualitas tidak diragukan lagi. Mereka juga biasanya memberikan garansi pada produknya.

Usahakan juga untuk memperhatikan harganya. Jangan tergiur dengan harga murah, sehingga ketika dibeli tidak sesuai dengan spesifikasi aslinya, dipakai tidak nyaman dan mudah rusak.



Cara merawat keyboard agar lebih awet dan tahan lama

Ketika Anda sudah membeli keyboard, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar keyboard yang Anda miliki lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat keyboard sendiri di rumah :

  • Pastikan Anda mencabut kabel USB dari perangkat komputer Anda sebelum membersihkan keyboard.
  • Lalu, lepaskan key cap keyboard dengan menggunakan cap puller. Hari-hati saat melepaskannya.
  • Bersihkan bagian dalam keyboard dengan kain halus hingga kotoran seperti debu, minyak, dan lain-lain terangkat dari sela-sela keyboard.
  • Sedangkan keycap yang sudah Anda angkat tadi, bersihkan dengan cara direndam dalam cairan soda selama kurang lebih 30 menit, lalu lap hingga bersih dan kemudian keringkan.
  • Setelah semua benar-benar kering, pasang kembali keycap pada keyboard. Hindari memasangnya ketika masih basah, karena bisa menyebabkan konsleting.
  • Jika Anda ingin membersihkan dengan cara yang mudah dan instan, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner yang memang sudah dirancang untuk membersihkan keyboard.
  • Untuk menjaga agar lebih aman dari debu dan kotoran lainnya, Anda bisa meletakkan pelindung keyboard yang terbuat dari silikon.

10 Keyboard terbaik untuk mengetik lebih mudah dan cepat

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang keyboard lengkap dengan cara merawatnya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi keyboard terbaik untuk mengetik lebih mudah dan cepat dari berbagai merek berikut ini :

10. Logitech MK275

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-10

Harga : Rp 288.000

Desain ergonomis dan nyaman digunakan untuk mengetik

Logitech MK275 ini menawarkan paket combo Keyboard dan Mouse dengan harga spesial, yakni 289 ribu rupiah. Memiliki desain ergonomis, kompak, dan nyaman ketika digunakan.

Selain itu, aksesoris komputer tersebut baik keyboard maupun mousenya sudah dilengkapi dengan teknologi nirkabel GHz, sehingga ampuh menghilangkan jeda dan gangguan gangguan sinyal nirkabel dari perangkat Nano Receiver.

Keyboard Logitech MK275 ini memiliki tombol-tombol yang telah dirancang dengan akurasi yang sangat baik, serta tidak membuat bising saat dipakai untuk mengetik.

Kelebihan lainnya adalah, telah disematkan Hotkey dengan letak yang mudah dijangkau dan memberikan akses langsung pada fungsi media, kalkulator dan juga tombol On/Off. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.



9. Rockware RW-K08

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-9

Harga : Rp 180.000

Model mini wireless, desain unik, dan bisa dibawa kemana-mana

Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, keyboard Rockware RW-K08 ini bisa menjadi pilihan terbaik. Bentuknya tipis dengan ukuran 90mm dan bisa dilipat, sehingga bisa dengan mudah Anda saku.

Selain karena bentuknya mini, keyboard ini juga bisa digunakan di berbagai perangkat elektronik, karena memiliki Bluetooth v3.0, sehingga bisa digunakan untuk Laptop, Smartphone, Tablet PC maupun komputer.

Adapun kapasitas baterai keyboard ini 80mAh, dengan daya tahan hingga 40 jam dan waktu pengisian daya sekitar 2 sampai 3 jam saja. Anda bisa membeli keyboard ini di Shopee.

8. OEM RK908

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-8

Harga : Rp 210.000

Portable dan bisa untuk Android maupun iOS

OEM RK908 memiliki tombol-tombol yang telah didesain khusus untuk memudahkan Anda dalam mengetik, seperti di Word atau Excel. Bisa dibawa kemana-mana dan kompatibel dengan berbagai perangkat, baik Android ataupun iOS.

Selain itu, keyboard ini juga dapat dikoneksikan dengan 2 (dua) perangkat sekaligus secara bersamaan. Anda hanya perlu switch saat ingin merubahnya ke perangkat satunya, tanpa harus disconnect.



Adapun spesifikasi lainnya adalah, tipe Mechanical Keyboard, terbuat dari bahan ABS, memiliki kapasitas baterai 180mAh, dan Bluetooth Version V3.0. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli keyboard ini dengan harga diskon di Shopee.

7. Lenovo Essential Wired

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-7

Harga : Rp 649.000

Nyaman dipakai untuk mengetik, kuat dan tahan lama

Paket combo Keyboard dan Mouse dari Lenovo ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk melengkapi perangkat komputer Anda. Model keyboard-nya elegan dan bisa menambah kesan wow pada interior ruangan kerja Anda.

Selain itu, keyboard dari Lenovo ini dapat membuat mengetik Anda menjadi lebih mudah dan cepat, dengan tombol yang tidak menimbulkan suara berisik.

Keyboard ini memiliki panjang 1.8 m, berat 0.57 kg, dan siklus tombol hingga10 juta klik. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli paket combo ini di Shopee.

6. Dell Wired Keyboard – Black KB216

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-6

Harga : Rp 115.000

Desain kompak dan nyaman dipakai untuk mengetik

Keyboard dari Dell ini memiliki Hotkeys yang bisa membuat Anda lebih mudah dan nyaman saat mengoperasikan komputer, seperti mengatur volume, mute, play/pause, backward, dan forward.



Selain itu, desain kompak dengan papan angka yang dapat membantu kinerja Anda menjadi lebih praktis dan cepat. Untuk mengkoneksikannya, Anda cukup mencolokkan port USB keyboard ke perangkat komputer Anda.

Adapun dimensi ukuran keyboard, yaitu panjang 44.2 cm, lebar 12.7 cm, dan tinggi 2.44 cm. Sedangkan berat dari keyboard ini adalah 503 g. Anda bisa membeli produk dari Dell ini di Shopee.

5. Xiaomi MIIIW

oto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-5

Harga : Rp 499.000

Model elegan dan memberikan pengalaman mengetik yang nyaman

Keyboard dari Xiaomi ini memiliki tombol karakter ukiran radium, modelnya unik, dan nyaman ketika digunakan untuk mengetik. Selain itu, Anda akan mendapatkan pengalaman springback yang lebih baik dengan tekanan bantalan yang seragam.

Xiaomi MIIIW terbuat dari perpaduan antara bahan logam dan ABS, berwarna hitam, dengan konektivitas mode ganda Bluetooth 4.2 dan RF2.4GHz. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli keyboard ini di Shopee.

4. Logitech Wireless Touch K400

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-4

Harga : Rp 410.000

Multifungsi, bisa untuk PC maupun TV

Logitech K400 akan membuat aktivitas Anda menjadi lebih mudah dan praktis. Efektif digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti untuk mengetik dokumen, chatting, browsing, hingga sebagai alat navigasi untuk TV.



Selain itu, keyboard ini sudah dilengkapi dengan koneksi nirkabel 2.4 GHz. Dapat digunakan hingga jangkauan 10 meter tanpa putus-putus atau pun jeda. Memiliki tombol Mute, Volume Turun, dan juga Volume Naik yang dapat membuat Anda lebih mudah dan nyaman saat menggunakannya.

Adapun baterainya bisa bertahan hingga 18 bulan, setelah masa baterai habis dan Anda bisa menggantinya kembali. Namun jangan khawatir, karena ada tombol On/Off untuk menghemat baterai dengan cara menonaktifkan daya saat keyboard tidak digunakan. Anda bisa membeli produk ini di Shopee.

3. Alcatroz Xplorer Air 1000

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-3

Harga : Rp 140.000

Tombol halus dan tidak berisik saat dipakai

Alcatroz Xplorer Air 1000 paket combo Keyboard dan Mouse ditawarkan dengan harga terjangkau namun berkualitas. Dilengkapi dengan jaringan nirkabel yang dapat memberikan kemudahan serta kecepatan saat Anda ingin mengoperasikannya.

Keyboard-nya sendiri memiliki desain yang unik dengan 3 (tiga) pilihan warna yang bisa dipilih sesuai dengan selera Anda. Sangat lembut dan tidak menimbulkan suara berisik ketika digunakan.

Saat artikel ini ditulis, harga yang ditawarkan produk ini lebih murah dari harga di atas, yakni 139 ribu saja. Dan, Anda bisa membelinya langsung melalui SuperStore Computindo di Shopee.

2. Keyboard Hexgears GK10

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-2

Harga : Rp 455.000

Desain menarik dan anti-ghosting



Untuk kemudahan dan kenyamanan mengetik agar lebih maksimal, Anda bisa memilih Keyboard Hexgears GK10. Karena desainnya menarik dan modern dengan multi-mode single LED backlight yang akan membuat tampilan lebih futuristik.

Keyboard ini juga sangat mendukung kecepatan Anda dalam mengetik, di mana produknya telah dilengkapi dengan fitur anti-ghosting. Sedangkan, untuk ukuran dimensi437x129x36mm. Anda bisa membeli keyboard ini di Shopee.

1. Samsung VG-KBD1000

foto-keyboard-terbaik-untuk-mengetik-lebih-mudah-dan-cepat-1

Harga : Rp 540.000

Canggih dan kompatibel dengan Samsung Mobile

Keyboard dari Samsung ini memiliki Bluetooth 2.1 yang memungkinkan Anda mendapatkan konektivitas dengan mudah dan bisa melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan akses Hotkey untuk TV dengan menjalankan fungsi remote seperti On/Off dan Volume.

Keyboard ini juga bisa digunakan untuk membantu Anda berkomunikasi dengan cara mengontrol pilihan tab dan Smartphone Android. Anda bisa membeli keyboard ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli keyboard untuk mengetik, sebaiknya Anda memperhitungkan beberapa hal penting, seperti desain keyboard, kedalaman tombol, konektor penghubung dan mereknya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara membersihkan dan merawatnya agar keyboard lebih awet dan nyaman saat digunakan untuk mengetik.
  • Anda bisa memilih keyboard dari Logitech, karena produknya berkualitas, nyaman dipakai untuk mengetik dan multifungsi.
  • Sedangkan, untuk Anda yang menginginkan keyboard dengan desain kompak dan elegan serta tidak menimbulkan suara berisik, Anda bisa memilih keyboard Lenovo Essential Wired.
  • Namun, jika Anda ingin keyboard mini yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, maka Anda bisa memilih keyboard dari Rockware.

Referensi

  1. Mark Coppock (2018), How to choose a keyboard, https://www.newegg.com/insider/how-to-choose-a-keyboard/
  2. Ryan Whitwam(2020), How to Choose the Best Mechanical Keyboard in 2020, https://www.extremetech.com/computing/241872-choose-right-mechanical-keyboard



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Keyboard Terbaik untuk Mengetik Lebih Mudah dan Cepat", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »