Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 March 2020

10 Kartu Micro SD Terbaik untuk Smartphone Android

By Cekresi .com


Saat memori smartphone Anda tidak mencukupi untuk menyimpan berbagai macam foto, musik, video, dan lain-lain, maka sudah waktunya Anda membeli kartu microSD sebagai alat simpan tambahan yang lebih praktis, mudah, dan lebih aman saat digunakan.



Namun, sebelum membelinya, pastikan antara perangkat dengan microSD memiliki kesesuaian, sehingga penggunaanya lebih maksimal dan tidak mengganggu sistem operasi dari smartphone Anda. Dan, jika tidak sesuai, bisa jadi uang Anda akan terbuang sia-sia.

Karena itu, kami menyajikan beberapa kartu microSD terbaik untuk smartphone android berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenai kartu microSD beserta cara perawatannya.

Mengapa Anda membutuhkan microSD?

Kartu microSD atau yang lebih dikenal dengan SD card merupakan alat yang digunakan untuk menyimpan data pada berbagai perangkat elektonik, seperti smartphone, tablet, dan lain-lain.

Kartu ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai media simpan utama atau media simpan tambahan, tergantung pada Anda saat menggunakannya. Jika untuk media simpan utama, maka pastikan Anda menyimpannya ditempat yang aman setelah digunakan.

Namun, jika Anda ingin menggunakannya sebagai media simpan tambahan untuk perangkat elektronik, maka pastikan alat elektronik Anda, seperti smartphone sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang mendukung microSD.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya, adalah mengetahui kapasitas, jenis, dan varian yang sesuai dengan perangkat Anda.Jadi jangan sampai Anda salah pilih.

Untuk memudahkan Anda, maka hal-hal dibawah ini bisa menjadi pencerah sebelum Anda membeli microSD yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Mengenal klasifikasi microSD berdasarkan kapasitas

Secara umum, microSD dibagi menjadi 3 jenis jika dilihat dari kapasitasnya, yakni SD, SDHC dan SDXC. Masing-masing jenis tersebut memiliki bentuk yang hampir mirip dengan SIM pada smartphone Anda.



Pertama, SD (Secure Digital). Untuk jenis ini memiliki kapasitas hingga 2GB. Namun, sayangnya untuk jenis ini sekarang sudah banyak yang tidak pakai, karena dianggap terlalu kecil kapasitasnya.

Kedua, SDHC (Secure Digital High Capacity). MicroSD berkapasitas antara 4GB sampai 32GB ini yang paling banyak dipakai oleh masyarakat saat ini, karena dirasa sudah cukup untuk mengakomodir beberapa kebutuhan penyimpanan, seperti foto, musik atau pun film.

Ketiga, SDXC (Secure Digital eXtended Capacity). Sedangkan untuk jenis ini kapasitasnya mulai dari 32GB sampai dengan saat ini ada yang kapasitasnya sangat besar, yakni 2TB.

Perhatikan tingkat kecepatannya

Anda bisa mengetahui tingkat kecepatan kartu microSD melalui Class, di mana ukuran class yang akan menentukan kecepatan microSD dalam membaca dan menuliskan sebuah data.

Dalam arti yang lain, class yang akan menunjukkan tingkat minimum ketikakartu digunakan dalam proses mentransfer data. Semakin kecil ukuran class, semakin kecil pula proses tranfer datanya.

Misalnya, microSD Class 2 artinya memiliki kecepatan transfer rate minimum sebesar 2 MB atau setara dengan 16 Mbps. Kemudian, microSD class 4 memiliki kecepatan transfer rate minimum sebesar 4 MB atau setara dengan 32 Mbps. Selanjutnya, microSD class 6 setara 48 Mbps, microSD class 8 setara 64 Mbps, dan microSD class 10 setara 80 Mbps.

Jadi, sebelum membeli kartu microSD, Anda harus memperhatikan tingkat kecepatan atau Class Speed Rating. Namun, yang perlu Anda ketahui, semakin tinggi class MicroSD, semakin mahal harganya. Jadi pastikan, Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.



Perhatikan mereknya

Banyak jenis kartu microSD yang terkadang harganya lebih murah, namun dengan spesifikasinya yang tinggi, seperti kapasitasnya yang besar, Class Speed Rating-nya yang tinggi, dan lain sebagainya. Namun, saat memilihnya Anda harus berhati-hati, karena bisa jadi ketika dipakai lebih mudah rusak, bahkan tidak berfungsi.

Karena itu, pastikan Anda memilih merek-merek terkenal yang menawarkan garansi, seperti Samsung, Kingston, SanDisk, Lexar, dan lain sebagainya. Dan, belilah dari penjual yang terpercaya dan terbukti barang-barangnya memiliki kualitas yang sangat baik.

Cara merawat microSD

Ketika Anda sudah membeli microSD, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar microSD yang Anda miliki tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat microSD dengan baik:

  • Jangan sering memindahkan data ke perangkat lain, karena bisa berpotensi data akan corrupt atau rusak. Selain itu, hal ini juga bisa mengakibatkan goresan-goresan pada bagian plat kuning microSD Anda.
  • Berikan ruang kosong pada kapasitas microSD Anda setidaknya 10 sampai 20 persen. Karena memori yang terlalu penuh bisa membuat umurnya lebih pendek, sehingga bisa rusak dan tidak bisa dipakai lagi.
  • Ketika meletakkannya, pastikan berada ditempat yang aman. Anda bisa meletakkan kembali pada wadah ketika akan menyimpannya. Hindari menyimpan microSD di dalam dompet atau tempat lain yang berpotensi menimbulkan gesekan atau tekanan yang berlebih.
  • Saat ingin memindahkan data ke komputer, pastikan terlebih dahulu komputer aman dari virus, sehingga memori data Anda pada microSD tetap aman dan tidak hilang.
  • Saat microSD Anda terjatuh dan terkena air. Maka segera keringkan sebelum digunakan kembali. Anda bisa dengan menggunakan kipas angin atau hardryer saat ingin mengeringkannya.

10 Kartu microSD terbaik untuk smartphone android

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang microSD serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kartu microSD terbaik untuk smartphone android dari berbagai merek berikut ini:

10. Samsung MicroSD 4GB

samsung_microsd_4gb

Harga : Rp 18.900

Bisa untuk segala merek smartphone

Samsung merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang produk-produknya sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Salah satu produknya yaitu, microSD 4GB ini yang memiliki daya tahan atau usia lebih lama sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data.

Selain itu, memiliki kecepatan membaca data hingga 48MB/s dan menulis data hingga 32MB/s. Kompatibel dengan segala merek jenis dan tidak membutuhkan driver tambahan sehingga lebih mudah saat digunakan. Anda bias membeli microSD ini di Lazada.



9. SanDisk 8GB Class4

sandisk_8gb_class4

Harga : Rp 36.750

Tahan segala kondisi cuaca

MicroSD merek SanDisk terkenal dengan kualitasnya yang sangat baik. Memiliki desain yang kompak dan cocok digunakan sebagai memori tambahan untuk smatrphone Anda.

Salah satu produknya adalah SanDisk 8GB Class4 yang dapat digunakan untuk menyimpan musik, video, foto, dan beberapa aplikasi yang biasa Anda gunakan sehari-hari, seperti Facebook, Instagram, WA, game, dan lain sebagainya.

MicroSD memiliki ketahanan yang sangat baik, tahan terhadap air maupun benturan. Selain itu juga tahan terhadap sinar X-Ray. Anda bias membeli MicroSD ini di Blibli.

8. SanDisk MicroSD Ultra 16GB

sandisk_microsd_ultra_16gb

Harga : Rp 34.040

Read speed super cepat

Anda bisa memilih SanDisk MicroSD Ultra 16GB memiliki kecepatan read speed hingga 80 Mbps. Layanan super cepat bisa Anda dapatkan dengan mudah, tanpa lelet dan tidak perlu lagi menunggu berjam-jam lamanya.

MicroSD ini cocok digunakan untuk semua jenis smartphone. Harganya lebih terjangkau, dan dapat menyimpan file, foto, atau video yang lebih banyak dalam smartphone Anda. Selain itu, Anda bisa membeli microSD ini di Shopee.



7. SanDisk Ultra MicroSD 32GB A1

sandisk_ultra_microsd_32gb_a1

Harga : Rp 53.900

Proses cepat tanpa hambatan

Tidak semua smartphone android memiliki kapasitas internal yang besar. Hadirnya SanDisk Ultra MicroSD 32GB A1 98MB/s membantu Anda dalam menyimpan dokumen, foto dan video yang Anda sukai tanpa menghapus data yang tersimpan pada internal smartphone Anda.

Kelebihan yang dimiliki microSD ini adalah kemampuan dalam membaca suata data up to 98MB/s. Sehingga sangat cocok sekali pada Anda yang hobi mengoleksi ribuan foto tanpa khawatir proses menampilkan foto berjalan lambat. Anda bias membeli kartu microSD ini di Lazada.

6. Toshiba Exceria M302

toshiba_exceria_m302

Harga : Rp 80.000

Tidak perlu hawatir lagi overwrite data

Brand besar ternama asal Jepang ini tidak perlu diragukan lagi soal kualitasnya. Dilengkapi dengan write-protect yang mampu mencegah overwrite data yang tidak disengaja, sehingga lebih aman dan menghindarkan Anda dari kerusakan data.

Toshiba Exceria M302 ini dilengkapi dengan adapter kompatibel slot SD atau SDHC yang memungkinkan Anda lebih mudah saat meletakkanya di smartphone Anda.

Selain itu, Anda tidak perlu menghapus lagi momen-momen berharga Anda bersama keluarga yang tersimpan di kartu, karena microSD ini berkapasitas cukup besar, sehingga semua foto dan video Anda tersimpan dengan baik. Anda bias membeli kartu microSD ini di Shopee.



5. Samsung MicroSD 64GB

samsung_microsd_64gb

Harga : Rp 63.750

Dapat menyimpan video full HD lebih mudah

Read speed microSD dari Samsung ini sangat tinggi, yakni class10 yang berarti kecepatan mentranfer data bisa sampai 100Mbps. Sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin menikmati layanan maksimal dan super cepat. Sehingga menyimpan video full HD dan foto menjadi lebih mudah dan lancar.

Selain itu, kapasitasnya sangat besar, 64GB, dan ditunjang dengan kemampuannya yang anti air dan tahan terhadap suhu panas. Anda bias membeli kartu microSD ini di Blibli.

4. SanDisk Extreme Pro Original A2 128GB

sandisk_extreme_pro_original_a2_128gb

Harga : Rp 240.000

Kinerja smartphone tidak akan terganggu

SanDisk extreme pro original A2 menjadi kartu microSD yang paling cepat saat ini, kecepatan baca dan tulis sangat baik untuk penyimpanan di smartphone. MicroSD ini sangat cocok untuk Anda membutuhkan ruang penyimpanan tambahan yang maksimal.

Kinerja kartu microSD ini jauh lebih tinggi, karena menggunakan fungsi Command Queuing dan Cache. Sehingga sangat efisien dalam mengelola dan memperbarui data.

Selain itu, saat Anda bermain game online di smartphone tidak akan menjadi masalah lagi, penyimpanan akan menjadi lancar dan tentunya Anda akan lebih menikmati permainan. Anda bias membeli kartu microSD ini di Tokopedia.



3. V-GeN Turbo Series

gen_turbo_series_256gb

Harga : Rp 424.300

Menampung lebih banyak data

Saat Anda sangat sibuk dengan pekerjaan lainnya, memiliki microSD dari V-gen ini bisa menjadi pilihan terbaik karena bisa membantu pekerjaan Anda dengan cepat. Karena Anda tidak perlu lagi khawatir untuk menunggu terlalu lama saat memindahkan gambar ataupun video Full HD.

Anda bisa menyimpan foto, musik, video full HD dengan sangat banyak karena microSD ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 256GB. Sehingga, kini Anda tidak perlu repot-repot menghapus data-data Anda di smartphone. Anda bias membeli kartu microSD ini di Shopee.

2. Kingston MicroSD 128GB

kingston_microsd_128gb

Harga : Rp 162.000

Performa andal

Kingston merupakan salah satu merek penyimpanan data atau memori yang banyak digemari oleh masyarakat. Sangat poluler dengan produk flasdisknya dan banyak dicari produk kartu microSD-nya.

Produk Kingston 128GB kapasitas 128 GB termasuk yang andal. Karena tranfel file akan jauh lebih cepat dan efektif saat digunakan untuk mengambil gambar atau video secara terus-menerus.

Selain itu, microSD ini tahan terhadap guncangan, suhu yang panas, X-Ray dan lain-lain yang memungkinkan Anda lebih aman saat digunakan untuk berpetualangan. Anda bias membeli kartu microSD ini di Shopee.



1. Lexar MicroSD 512GB

lexar_microsd_512gb

Harga : Rp 1.640.000

Berkualitas dan super mewah

MicroSD dari brand Lexar ini memiliki kualitas video 1080P Full HD 3D and 4K video yang cocok digunakan oleh para Youtuber atau siapa saja yang ingin mendapatkan kualitas gambar terbaik agar konten video lebih berkualitas.

Dengan kapasitasnya yang sangat besar, 512 GB, akan membuat Anda jauh lebih mudah menyimpan video atau film dalam jumlah yang banyak. Ditunjang dengan kecepatan membacanya sangat cepat yang membuat proses tranfer data menjadi lebih mudah. Anda bias membeli kartu microSD ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli kartu microSD, pastikan Anda mengetahui kapasitas dan speed class-nya. Selain itu juga, pilih dari merek-merek terkenal yang sudah terbukti kualitasnya.
  • Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya, agar kartu microSD yang sudah Anda beli tidak mudah rusak.
  • Anda bisa memilih Sandisk Extreme Pro Original A2, karena memiliki speed class yang tinggi sehingga lebih efisien dalam mengelola dan memperbarui data.
  • Namun, jika Anda ingin micro SD dengan kualitasnya yang sangat baik, dan memiliki kecepatan membaca sampai 100MB/s, maka Anda bisa memilih Lexar microSD 512GB.
  • Sedangkan,jika Anda ingin microSD dengan harga yang lebih terjangkau dan berasal dari merek terkenal, maka Anda bisa memilih Samsung MicroSD 4GB.

Referensi

  1. Ara Wagoner (2019), Best microSD Cards for Android in 2020, https://www.androidcentral.com/best-micro-sd-card-android
  2. Simon Hill(2018), How to Choose the Best MicroSD Cards for Your Smartphone or Tablet, https://www.digitaltrends.com/mobile/best-microsd-cards/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja HP Storage


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Kartu Micro SD Terbaik untuk Smartphone Android", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »