Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


18 December 2019

10 Kamera Terbaik Untuk Kebutuhan Vlog Para Youtuber

By Cekresi .com


Kamera ibarat oksigen bagi seorang youtuber, tanpanya nafas konten akan tenggelam tergerus persaingan kreativitas. Karena itu, kamera terbaik menjadi buruan yang sangat realistis bagi youtuber untuk menopang kreativitasnya.



Banyak jenis kamera terbaik yang bisa Anda pilih di pasaran. Untuk kebutuhan vlog, pastikan Anda memilih jenis kamera yang dilengkapi dengan kemampuan yang bisa merekam video, mulai dari adanya jack mic eksternal dan juga layar yang bisa di-flip.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa kamera terbaik dan berkualitas berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang berbagai macam kamera serta perawatannya berikut ini.

Alasan memilih kamera terbaik dan tepat untuk hasil maksimal

You Tube merupakan salah satu situs web yang sangat digemari saat ini. Selain bisa digunakan untuk menunjukkan eksistensi, situs ini juga bisa membuat Anda cepat kaya raya dalam waktu singkat dengan menciptakan konten-konten yang kreatif dan banyak disukai masyarakat.

Situs web ini akan memberikan beragam kemudahan untuk Anda, seperti membuat dari daily vlog, kuliner, gamers, beauty vlog, prank, dan lain sebagainya sesuai dengan minat dan hobi Anda. Karena itu, kamera menjadi sangat penting dan wajib Anda miliki agar tampilan Anda di layar menjadi sempurna.

Namun, pastikan sebelum membeli kamera, Anda mengetahui berbagai hal penting seperti kamera bisa digunakan untuk merekam, terdapat jack mic, dan layar yang bisa di flip. Selain itu, penting untuk memperhatikan spesifikasi dan fitur dari kamera agar kualitas yang Anda inginkan dalam membuat video yang bagus bisa terealisasi.

Untuk Anda yang senang traveling, pastikan Anda memilih kamera yang tidak terlampau berat dan mudah dibawa kemana-mana. Kamera yang ringan juga akan memudahkan Anda untuk merekam aktivitas dengan mudah meskipun medan sangat berat. Selain itu, memilih kamera yang memiliki layar yang bisa diputar 180 derajat juga patut Anda pertimbangkan.

Pertimbangkan ukuran megapixel dari kamera yang ingin Anda beli

Semakin besar ukuran megapixel pada kamera, semakin baik dan menarik kualitas gambar yang dihasilkan, begitupun juga sebaliknya. Untuk Anda yang sudah memproklamirkan diri sebagai seorang youtuber sebagai sebuah pekerjaan tetap, maka kamera megapixle yang berukuran besar harusnya sudah Anda miliki.



Namun bagi pemula hal ini bukanlah suatu pertimbangan utama. Meskipun demikian, Anda harus mengetahui berapa besar megapixel kamera yang akan Anda beli. Untuk pemula, mungkin Anda bisa memilih kamera yang memiliki ukuran megapixel antara 14 – 24 Megapixel.

Ukuran tersebut, selain sudah cukup bagus digunakan untuk pemula, harganya pun biasanya lebih terjangkau. Sehingga Anda bisa bereksplorasi sebelum menjadi seorang youtuber expert.

Pilih fitur yang dilengkapi dengan konektivitas

Di era digital seperti sekarang ini, semua barang elektronik semakin canggih dengan beberapa fitur tambahan yang saling mendukung dan keterkaitan antara barang elektronik yang satu dengan lainnya.

Karena itu fitur konektivitas yang melekat pada kamera,seperti wireless akan semakin memudahkan anda saat ingin mentranfer data dengan mudah, cepat, dan efisien. Anda bisa memindahkan atau mentransfer file dari kamera ke smartphone, laptop, atau ke PC Anda.

Pilih kamera minimalis dan berkualitas

Memilih ukuran sebelum membeli suatu barang memang menjadi hal yang penting bagi setiap orang. Begitupun dalam memilih kamera. Karena kamera pun memiliki beberapa ukuran yang dapat Anda pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang menyukai traveling atau berpetualang ke alam, sebaiknya Anda memilih kamera yang berukuran minimalis,tapi dengan spesifikasi dan kualitas gambar yang terbaik. Selain itu, perhatikan tingkat ketahanannya dan dilengkapi dengan pelindung sehingga aman saat diperjalanan.

Tentunya ukuran kamera minimalis juga semakin memudahkan Anda saat menyimpan dalam tas, lebih ringan saat membawanya, dan efektif saat digunakan di medan yang berat.



Cara merawat kamera agar lebih awet dan tahan lama

Ketika Anda sudah membeli kamera untuk kebutuhan vlog, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar kamera yang Anda miliki lebih awet dan tahan lama. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kamera sendiri di rumah.

  • Jagalah agar kontak lensa kamera selalu bersih.
  • Gunakan sikat bulu lembut untuk membantu menghilangkan debu pada kamera Anda.
  • Jangan gunakan kain baju Anda untuk membersihkan kamera dan kontak lensanya. Karena bahan dari baju Anda tidak cocok digunakan untuk membersihkan kamera Anda.
  • Gunakan sabuk pengaman untuk kamera Anda ketika Anda sedang menggunakan kamera.
  • Tetap tutup lensa kamera Anda, agar terhindar dari debu dan kotoran yang dapat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan.
  • Lindungi sensor dari debu dan kotoran agar kamera Anda lebih awet dan tahan lama.
  • Isi daya kamera sebelum digunakan untuk pemotretan.
  • Pastikan kamera Anda selalu tersimpan di dalam tas.

10 Kamera terbaik umtuk kebutuhan vlog para youtuber

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang kamera serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi kamera terbaik untuk kebutuhan vlog para youtuber dari berbagai merek berikut ini:

10. Kamera Fujifilm Mirrorless X-A3 Brown

kamera_fujifilm_mirrorless_a-x3_brown

Harga : Rp 4.850.000

Lebih canggih, trendy, dan cocok untuk Anda yang gemar ngevlog

Kamera Fujifilm Mirrorless mempunyai desain trendy yang diluncurkan untuk generasi muda. Karena kamera ini mempunyai desain dengan kesan yang segar dan menarik serta fashionable.

Selain itu kamera ini sudah menggunakan teknologi canggih yang saat ini memang banyak dibutuhkan oleh generasi muda. Yakni dengan menggunakan LCD touchscreen untuk mendapatkan focus, zoom dan lain sebagainya saat digunakan untuk memotret.

Tak kalah menarik dengan fasilitas diatas. Kamera ini juga dilengkapi dengan sistem LCD yang dapat diputar 180 derajat. Sehingga sangat memudahkan Anda ketika ingin selfi maupun ingin membuat vlog ketika seorang diri.

Selain itu, kamera ini dilengkapi fitur wireless yang dapat membantu metransfer file dari kamera ke ponsel Anda. Sehingga Anda tidak perlu repot ketika ingin mengambil hasil potret dari kamera. Anda dapat membelinya di Bukalapak.



9. Kamera Canon EOS M100 Black Kit 15-45mm

kamera_canon_eos_m100_black_kit_15_55mm

Harga : Rp 5.049.000

Kamera minimalis, ringan, dan berkelas

Kamera merek Canonini meluncurkan kamera mirrorless dengan beberapa fitur yang canggih dan memberikan kesan mewah dan berkelas. Selain itu, kamera ini dapat diputar 180 derajat, sehingga dapat digunakan untuk foto selfie atau pembuatan video tanpa bantuan orang lain.

Canon EOS M100termasuk jenis kamera dengan bobot yang cukup ringan. Sehingga cocok utnuk Anda yang menyukai traveling dan mudah saat di bawa kemana-mana.
Selain kelebihan diatas,kamera ini mampu menghasilkan gambar terbaik meskipun didalam ruangan dan dengan cahaya yang minim. Anda dapat membeli kamera ini di Bukalapak.

8. Kamera Sony Ilce A5000Y 16-55mm Black

kamera_sony_Ilce_a5000y_16_50mm_black

Harga : Rp 7.999.000

Kualitas gambarnya akan membuat karya Anda semakin wow

Kamera ini memiliki fitur yang serbaguna yang dapat menghasilkan gambar beresolusi tinggi meskipunberada pada kondisi pencahayaan yang minim.Kamera ini dilengkapi dengan sensor Exmor APS HD CMOS HDS ukuran 2-,1 megapixle APS-C dan prosesor gambar Bionz X.

Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan jaringan nirkabel wifi yang dapat memudahkan Anda dalam mentransfer file dari kamera ke smartphone, laptop, atau PC Anda. Anda dapat membeli kamera ini di JD.ID.

7. Kamera Xiaomi Yi 4K Discovery Action

kamera_xiaomi_yi_4k_discovery_action

Harga : Rp 1.200.000

Bentuk unik dan sering dipakai para youtuber



Salah satu kamera dengan ukuran mungil yang sering digunakan oleh para youtuber adalah Xiaomi Yi Action. Kamera ini merupakan kamera pembantu, atau kamera pelengkap yang bisa digunakan sebagai kamera tersembunyi.

Kamera ini mempunyai kelebihan lain, yakni bisa digunakan di dalam air dengan menggunakan perlengkapan waterproof. Sehingga dapat melindungi kamera dari air. Meskipun ukuran kamera ini kecil, resolusi hasil gambar yang didapatkan tidak kalah menarik dengan yang lain. Anda dapat membelinya di Bukalapak.

6. Kamera Nikon Z6 Body

kamera_nikon_z6_body

Harga : Rp 15.124.500

Kualitas video sangat baik dan cocok digunakan untuk para youtuber expert

Kamera ini memiliki fitur yang cangih yang cocok untuk para youtuber. Kamera ini diluncurkan khusus bagi Anda yang sudah profesional dalam mengoperasikan sebuah kamera.

Kamera ini meluncurkan format FX full frame, serta sanggup merekam video 4K 30 fps dengan oversampled sehingga memberikan kesan video tampak lebih tajam dan hidup meski resolusinya diturunkan. Anda dapat membelinya di Bukalapak.

5. Kamera Panasonic Lumix DMC GX85K Kit 12-32mm

kamera_panasonic_lumix_dmc_gx85k_it_12_32mm

Harga : Rp 7.499.000

Gambar yang lebih tajam dan cerah

Kamera Panasonic Lumix kali ini adalah kamera yang di bekali dengan sensor 16 MP dengan kelebihan yaitu dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan warna yang lebih cerah.



Kamera ini sangat cocok untuk Anda yang bekerja sebagai fotografi maupun youtuber. Karena kamre ini adalah salah satu kamera pendukung yang dapat menghasilkan gambar dan video yang enarik dan terbaik.

Selain itu Anda dapat menggunakan power bank dalam keadaan darurat untuk mengisi baterai kamera melalu soket USB. Anda dapat membelinya di Bukalapak.

4. Kamera Nikon D3300 Kit 18-55 VR Black

kamera_nikon_d3300_kit_18-55_vr_black

Harga : Rp 4.860.000

Cocok untuk pecinta videografi

Salah satu kamera DSLR dengan merek canon kini meluncurkan kamera khusus bagi Anda pecinta videografer. Krena kamera ini memiliki lensa yang dapat menghaslkan video yang memuaskan.

Selain itu, kamera DSLR D3300 hadir dengan sensor kamera 24,2 MP dan video full HD 1080p. Jadi bagi Anda pecinta videografer maka kamera canon D3300 adalah salah satu rekomendasinya. Anda dapat membelinya di Bukalapak.

3. Kamera Canon EOS M5 Kit 18-150mm

kamera_canon_eos_m5_kit_18_150mm

Harga : Rp 11.339.000

Berkualitas dan dilengkapi dengan sistem autofocus yang lebih cepat

Kamera ini menggunakan lensa EF-M yang juga bisa menggunakan lensa EF dan EF-S jika menggunakan adaptor opsional. Untuk kemampuan kinerja bidik yang dimiliki mirrorless Canon ini dilengkapi sensor APS-C 24.2MP CMOS dengan Dual Pixel AF sangat memungkinkan autofocus lebih cepat dalam mode live view dan movie.



Penyematan 5 Axis Image Stabilizer merupakan kunci yang dimiliki Canon Eos M5 sebagai kamera mirrorless untuk video terbaik ketika merekam video dan foto. Sedangkan untuk navigasi dari M5 memiliki desain bergaya SLR dengan tiga tombol kontrol dan juga kontrol langsung untuk kompensasi pencahayaan. Anda dapat membelinya di Shopee.

2. Kamera Mirrorless Sony Alpha A7R II

kamera_mirrorless_sony_alpha_a7r_ii

Harga : Rp 22.799.000

Fitur kecepatan rekam sangat mumpuni

Kamera ini mempunyai kemampuan rekam yang telah diperbaharui dengan XAVS, dimana XAVS merupakan format video lanjut dari AVCHD, sehingga, kualitas video yang dihasilkan tentu lebih baik karena bit rate yang dimiliki lebih tinggi dan sangat pas untuk perekaman video dengan menggunakan 4K.

Rekomendasi pertama kamera mirrorless untuk video terbaik ini juga mendukung kecepatan rekam 60p/50p/30p/25p/24p/120p/100p, dan tentunya gunakan kartu memori dengan kecepatan yang tinggi pula.

Selama menggunakan video capture dari kamera mirrorless Sony A 7R II, Anda bisa memilih antara berbagai mode pemotretan manual dan otomatis. Penggunaan ISO Auto sangat membantu Anda saat merekam dalam kondisi dimana cahaya bervariasi dan dapat digunakan saat pengambilan manual (M). Anda dapat membeli kamera ini di Shopee.

1. Kamera Samsung Mirrorless NX 1000

kamera_samsung_mirrorless_nx_1000

Harga : Rp 2.700.000

Desain modern, canggih, dan cocok untuk para pemula

Kamera dengan merek Samsung kali ini memang cocok untuk Anda sebagai vlogger pemula. Karena kamera ini merupakan kamera yang sangat mudah untuk dioperasikan, mempunyai fitur smart auto yang dapat membantu Anda ketika proses pengambilan gambar dan video.



Selain itu, kamera ini dilengkapi dengan sensor APS-CMOS beresolusi 20.3 megapixel yang juga sanggup digunakan untuk merekam video full HD 1920×1080 piksel. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk memotret continuous dengan kecepatan 8 fps. Anda dapat membelinya di Shopee.

Kesimpulan

  • Sebelum Anda membeli kamera untuk vlog, pastikan Anda memilih jenis kamera yang dilengkapi dengan kemampuan yang bisa merekam video, mulai dari adanya jack mic eksternal dan juga layar yang bisa di-flip.
  • Selain itu, perhatikan beberapa hal penting seperti ukuran yang minimalis yang cocok untuk menemani traveling Anda, atau ukuran pixel besar yang membuat hasil video semakin lebih baik.
  • Jika Anda ingin kamera yang dengan layar yang bisa diputar 180 derajat sehingga lebih mudah dan praktis, maka Kamera Canon EOS M100 Black Kit 15-55mm dan Kamera Fuji film Mirrorless X-A3 Brown adalah rekomendasi yang cocok untuk Anda.
  • Namun jika Anda menginginkan kamera yang mempunyai kemampuan rekam video yang cepat, maka kami merekomendasikan Kamera Mirrorless Sony Alpha A7R II untuk Anda.
  • Sedangkan, jika Anda ingin mendapatkan kamera dengan hasil gambar dan video yang berkualitas tinggi, Anda dapat memilih Kamera Panasonic Lumix DMC GX85K Kit 12-32mm dan Kamera Nikon Z6 Body.

Referensi

  1. Gannon Burgett (2018), 7 Camera Care Tips To Keep Your DSLR Or Mirrorless Camera Working For The Next Decade,https://www.digitaltrends.com/photography/easy-camera-care-tips/ Lisa Schauer (2018),
  2. How To Take Care Of Your DSLR Camera,https://www.picturecorrect.com/tips/how-to-take-care-of-your-dslr-camera/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Kamera Terbaik Untuk Kebutuhan Vlog Para Youtuber", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »