Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 April 2020

10 Jam Dinding Bagus untuk Ruang Tamu

By Cekresi .com
10 Jam Dinding Bagus untuk Ruang Tamu


Untuk mempercantik desain interior ruang tamu, Anda bisa mendekorasi ruangan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan meletakkan jam dinding yang tepat dan sesuai dengan konsep desain interior yang sudah Anda bangun sebelumnya.



Meskipun demikian tidak mudah memilih jam dinding yang cocok untuk kebutuhan interior di ruang tamu. Karena saat ini banyak produsen yang memproduksi jam dinding dengan berbagai gaya yang unik dan menarik.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa jam dinding bagus untuk ruang tamu berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan mengenaijam dinding beserta cara perawatannya.

Mengenal fungsi lain jam dinding

Jam dinding memiliki peran penting dalam kehidupan umat manusia dari masa ke masa. Salah satu fungsi utama jam dinding adalah sebagai alat penunjuk waktu, di mana dahulu manusia masih menggunakan cahaya sebagai penunjuk waktu.

Adanya kebutuhan yang kuat dari manusia untuk mengetahui waktu secara serempak dan dapat diukur, sehingga jam dinding menjadi salah satu alat yang sering digunakan oleh manusia karena dianggap lebih praktis dan mudah.

Dalam perkembangannya, jam dinding tidak hanya digunakan sebagai penunjuk waktu. Melainkan juga berfungsi sebagaipenghias dinding atau ruangan agar terlihat lebih indah dan menarik.

Jam dinding unik dengan nilai estetika yang tinggi tentu akan membuat ruangan semakin lebih keren dan wow. Terlebih untuk Anda yang ingin menyajikan nuansa baru yang berbeda di ruang tamu.

Selain hal di atas, jam dinding juga bisa digunakan sebagai media promosi. Seperti, perusahaan yang meletakkan brand mereka pada jam dinding dan menjadikannya sebagai hadiah untuk konsumen setia mereka.



Cara memilih jam dinding yang tepat untuk ruang tamu

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang penting untuk Anda pikirkan. Karena saat orang lain berkunjung ke rumah Anda, yang dilihat pertama kali adalah ruang tamu. Karena itu, menggunakan jam dinding yang tepat dan sesuai di ruang tamu akan sangat menentukan karakter Anda.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda simak tentang cara memilih jam dinding yang tepat untuk kebutuhan ruang tamu :

  • Perhatikan model dan bentuk jam dinding

Banyak model jam dinding yang bisa Anda pilih dan dapatkan di pasaran dengan mudah, seperti, model kayu, digital, kayu, vintage, dan lain sebagainya. Selain itu, bentuknya juga bervariasi, ada yang bersegi, bulat, segitiga, abstrak, dan unik.

Untuk Anda yang menginginkan konsep modern, Anda bisa memilih model kekinian seperti jam dinding digital dengan layar LED yang akan membuat ruangan Anda terlihat futuristik dan wow.

Sedangkan, untuk Anda yang ingin bergaya klasik, bisa memilih jam dinding vintage yang terbuat dari kayu yang unik dan natural. Namun, untuk kesan klasik juga bisa Anda dapatkan dari motif dan warna dari jam dinding, sebab kini banyak motif klasik namun terbuat dari bahan plastik, logam, dan bahkan akrilik yang sudah didesain khusus oleh para pembuatnya.

  • Perhatikan jenis angka yang digunakan

Secara umum, jam dinding memiliki 3 jenis angka sebagai tanda penunjuk waktu, yaitu jam dinding dengan angka lengkap dari 1 sampai dengan 12. Kemudian, jam dinding yang tidak memiliki angka sama sekali, dan jam dinding yang hanya menandainya dengan angka 3, 9, 6, dan 12.

Meskipun begitu, ketiga jenis angka tersebut sebenarnya tidak terlalu berpengaruh terhadap kejelasan tampilan jam dinding. Namun, jika untuk ruang tamu, kejelasan tampilan angka dalam waktu bisa menjadi sangat penting dan berguna bagi tamu Anda.

  • Perhatikan daya tahan jam dinding

Mungkin karena tidak setiap tahun jam dinding ini dibeli, tentu ketahanan menjadi prioritas saat Anda ingin memilikinya. Untuk mendapatkan jam dinding yang awet, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan brandyang memang sudah terpercaya kualitas dan mutunya.



Namun, karena banyak orang tergiur dengan harga jam dinding yang murah, maka jangan heran jika jam dinding yang sudah dibeli kemudian mudah rusak atau tidak bertahan lama.

Untuk mengetahui ketahanan jam dinding yang akan Anda beli, Anda bisa mengetuk-ngetuk bagian mesin, apakah termasuk solid atau rentan.

Selain itu, beberapa sumber juga menyatakan bahwa ketahanan bisa dilihat dari posisi letak mesinnya. Anda bisa melihat, apakah posisi mesin berada pada posisi lebih dalam yang ketika diletakkan tidak menyentuh tembok. Beberapa orang masih mempercayai hal itu.

  • Perhatikan penempatannya

Penempatan yang tepat dan ideal bisa Anda tentukan sendiri, dengan cara; Pertama, ukur ketinggiannya. Idealnya jam dinding diletakkan setinggi mata sehingga orang bisa melihat dengan jelas, dan terhindar dari desain dekorasi lain yang bisa menutupinya.

Kedua, pastikan pengait untuk menggantungkan jam dinding kuat sehingga ketika ada getaran tidak mudah goyang atau terjatuh. Dan, terakhir, tempatkan di area yang mudah dilihat sehingga memudahkan orang lain saat melihatnya.

  • Pilih warna kontras

Umumnya tembok atau dinding memiliki warna yang sama dengan dimensi areanya yang luas. Sehingga pemilihan warna jam dinding yang kontras dengan tembok akan memudahkan Anda saat melihat waktu dengan jelas.

Warna yang kontras juga bisa memberikan keunikan tersendiri pada dekorasi ruangan, apalagi jika dipadukan dengan desain atau model jam dinding yang memiliki kreativitas tingkat tinggi.

  • Pilih ukuran yang tepat

Tidak sulit untuk memilih ukuran yang tepat jam dinding. Anda hanya perlu menghitung berapa luas ruang tamu Anda. Jika ruang tamu Anda sangat luas, maka sebaiknya Anda memilih jam dinding yang berukuran lebih besar. Demikian juga sebaliknya, jika ruangan lebih kecil, maka Anda bisa memilih ukuran jam dinding yang berukuran standar atau kecil.



Cara merawat jam dinding

Ketika Anda sudah membeli jam dinding, maka yang perlu Anda ketahui adalah cara perawatannya agar jam dinding yang Anda miliki lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat jam dinding di rumah :

  • Pastikan Anda telah men-setting jam dinding berdasarkan waktu resmi yang berlaku. Biasanya untuk melihat waktu dengan mudah, Anda bisa mengamati salah satu channel televisi yang meletakkan waktu di program acaranya.
  • Bersihkan jam dinding secara berkala. Anda bisa membersihkan dengan cara mengelapnya, terutama pada bagian kaca yang mudah terlihat kotor saat terkena debu.
  • Ketika jam dinding tidak berfungsi atau melambat, segeralah untuk mengganti baterai lama dengan yang baru.
  • Jika bagian mesin sudah tidak berfungsi, Anda tidak perlu terburu-buru membeli jam dinding yang baru. Pastikan Anda cek kembali, jika memang rusak, sebaiknya Anda hanya membeli bagian mesinnya saja.

10 Jam dinding bagus untuk ruang tamu

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang jam dinding, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi jam dinding bagus untuk ruang tamu dari berbagai merek berikut ini:

10. Seiko Digital QHL077

seiko_digital_qhl077

Harga : Rp 619.000

Dapat memberikan kesan modern

Jam dinding dari Seiko digital ini sangat cocok diletakkan di ruang tamu Anda yang mengusung konsep modern minimalis. Model digital dengan beragam fungsi yang melekat pada fitur jam akan memudahkan Anda untuk melihat waktu secara sempurna.

Selain sebagai penunjuk waktu, jam ini juga dilengkapi dengan kalender dan termometer pada bagian bawah layar. Belum lagi cahaya yang keluar, semakin memudahkan Anda melihat dengan jelas ketika kondisi gelap.

Dan yang menarik adalah terdapat fitur alarm yang bisa Anda atur dengan mudah sebagai pengingat waktu untuk Anda dan keluarga di rumah. Anda bisa membeli jam dinding ini di Bukalapak.

9. Jam Dinding Burung Merak

jam_dinding_burung_merak

Harga : Rp 427.500

Membuat dekorasi lebih mewah



Jam dinding ini akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih mewah dan wow. Karena memiliki desain bulu burung merak dari bahan kristal yang semakin membuat ruangan lebih berkilau dan indah.

Sedangkan, bahan utama jam dinding ini terbuat dari bahan logam yang kuat dan tahan lama. Dan, mesin jam yang digunakan berkualitas dan akurat. Anda bisa membeli jam dinding ini di Bukalapak.

8. Ikea Stomma

ikea_stomma

Harga : Rp 45.000

Desain simple dan cocok untuk ruangan minimalis

Jam dari Ikea yang memiliki diameter 20 cm ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk dekoratif ruang tamu Anda. Jam dinding ini memiliki desain yang simple dengan kualitas mesin quartz yang tidakberbunyi.

Selain itu, jam dinding berwarna putih natural ini akan membuat ruangan Anda nampak lebih elegan. Membersihkannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu kemoceng atau lap lembab untuk membersihkan kacanya. Anda bisa membeli jam dinding ini di Lazada.

7. Nail Your Art-NYA141001

nail_your_art_nya141001

Harga : Rp 135.000

Desainartistik, moderndaneksklusif

Nail Your Art-NYA141001 ini memiliki desain yang unik dan berbeda dengan jam dinding pada umumnya. Kelebihannya terletak pada desainnya yang artistik, unik, dan menarik sehingga banyak orang menyukainya.



Jam dinding ini terbuat dari bahan kayu MDF dengankualitas yang terbaik. Memiliki dimensi ukuran 33×32,5×4 cm, dan berwarna coklat yang membuat kesan natural pada ruang tamu Anda.

Selain itu, jam inijugadilengkapidenganmesinSweep Movement Quart yang tidak berdetak dan tidak berbunyi, sehingga membuat tamu-tamu Anda tidak merasa terganggu. Andabisamembeli jam dindingini di Lazada.

6. Meridient Wall 0274

meridient_wall_0274

Harga : Rp 145.000

Mempercantik ruangan Anda

Jam dindingyang memilikisisilebihbanyakini dilengkapidenganbeberapa frame atau pigura yang bisa Anda isi dengan foto-foto keluarga Anda. Sehingga membuat Anda lebih hemat, karena perlu membeli pigura lagi untuk kebutuhan ruang tamu. Anda bisa membeli jam dindingini di Bukalapak.

5. Jam Dinding Raksasa

jam_dinding_raksasa

Harga : Rp 75.000

Bisa ditempel dengan mudah

Jam dinding yang angkanya menggunakan sticker ini sangat cocok difungsikan sebagai hiasan dinding di ruang tamu. Anda bisa meletakkan dan mengatur angkanya dengan mudah saat menempelkannya di dinding.

Untuk dimensi, jam ini termasuk berukuran besar dengan desainnya yang indah, elegan, dan berkelas. Meskipun besar, mesin jam tidak menghasilkan suara, sehingga membuat ruang tamu lebih nyaman. Anda bisa mendapatkan jam dinding ini di Lazada.



4. Mirado MQ 3240 WH/BL

mirado_mq_3240_wh_bl

Harga : Rp 360.000

Desain elegan dan berkualitas

Mirado merupakan merek jam dinding asli buatan Indonesia yang terkenal andal, kuat, dan berkualitas. Jam dinding Mirado banyak ditemui di ruang-ruang publik sebagai penunjuk waktu, karena desain angkanya yang simpel dan mudah dilihat.

Untuk kebutuhan ruang tamu Anda, tipe MQ 3240 WH/BL dari Mirado ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.Selain desainnya yang elegan, tipe ini juga dilengkapi dengan mesin yang berkualitas sehingga lebih awet dan tahan lama. Anda bisa membeli jam dinding ini di Bukalapak.

3. Jam Dinding Retro

jam_dinding_retro

Harga : Rp 59.500

Desain artistik dan unik

Desain ruang tamu retro yang Anda ciptakan, akan lebih sempurna jika meletakkan jam dinding ini pada sudut yang tepat. Kesan artistik dan unik yang ada pada jam dinding akan meninggalkan kesan tersendiri untuk setiap tamu Anda yang datang.

Jangan khawatir akan mesinnya, karena termasuk jenis mesin jam yang tidak menimbulkan suara. Selain itu, jam dinding ini mudah dibaca oleh siapa pun. Anda bisa membeli jam dinding ini di Blibli.

2. Jam Dinding Cartoon Emoji

jam_dinding_cartoon_emoji

Harga : Rp 50.600

Lebih unik dan kekinian



Untuk Anda yang ingin memberikan kesan berbeda yang lebih fresh dan kekinian untuk tamu-tamu Anda, bisa memilih jam dinding Cartoon Emoji sebagai pilihan terbaik untuk dekorasi di ruang tamu.

Karakter lucu setiap emosi tersusun secara kreatif menggantikan angka-angka yang biasanya terdapat pada jam dinding. Meskipun begitu, waktu masih mudah dibaca dengan jelas. Anda dapat membeli jam dinding ini di Bukalapak.

1. Sakana Bandul

sakana_bandul

Harga : Rp 260.000

Desain klasik dan elegan

Jam dinding dari merek Sakana ini dapat memberikan nuansa klasik yang mewah untuk ruang tamu Anda. Desain bandul dengan suara ketukan yang mengiringinya setelah 1 jam akan membawa Anda ke kisah romantisme zaman dahulu.

Meskipun klasik, bahan yang digunakan bukan dari kayu, melainkan dari material plastik terbaik sehingga mudah dibersihkan, lebih awet, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Anda bisa membeli jam dinding ini di Bukalapak.

Kesimpulan

  • Ketika memilih jam dinding untuk ruang tamu, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal, seperti kesesuaian desan atau model, kualitas mesin, warna, ukuran, serta harganya.
  • Selain itu, Anda harus mengetahui perawatannya agar jam dinding yang Anda miliki tetap terjaga kebersihannya, tidak mudah rusak, dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih jam dinding dari Sakana, karena jam dinding ini memiliki desain klasik yang bisa membawa ruangan Anda ke kisah romantisme waktu di masa lampau.
  • Namun, untuk Anda yang ingin ruang tamu terlihat agar lebih mewah dan wow, Anda bisa memilih jam dinding Burung Merak.
  • Sedangkan, jika Anda ingin jam dinding berkualitas yang berasal dari buatan asli anak bangsa yang terkenal andaldan tahan lama, maka Anda bisa memilih jam dinding merek Mirado.

Referensi

  1. Judy Pinket (2017), Choosing the Right Wall Clock for Your Home, http://www.thealtahouse.com/choosing-the-right-wall-clock-for-your-home/
  2. Stephen Milioti (2007), Room to Improve, https://www.nytimes.com/2007/10/04/garden/04room.html



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Jam Dinding Bagus untuk Ruang Tamu", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »