Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


1 July 2019

10 Home Theater Terbaik Yang Membuat Suasana Hidup

By Cekresi .com


Home theater diproduksi agar Anda bisa menikmati hiburan lebih nyaman dan mengasikkan. Alat elektronik ini bisa menghasilkan kualitas gambar terbaik serta sistem audio yang membuat suasana menonton film nampak lebih hidup dan nyata.



Secara umum, perangkat home theater memiliki video display, A/V receiver, A/V sources, loadspeakers, dan subwoofer. Beberapa produsen melengkapi produk home theater dengan fitur bermacam-macam dengan harganya yang bervariasi, biasanya semakin tinggi kualitas semakin tinggi pula harganya.

Untuk itu, artikel ini menyajikan beberapa home theater terbaik yang membuat suasana lebih hidup berikut dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang home theater dan tips perawatannya.

Pastikan Televisi Anda Cocok Untuk Home Theater

Menonton film di gedung bioskop tentu lebih mengasikkan, namun kini Anda bisa menikmati suasana bioskop di rumah hanya dengan memiliki home theater. Tentunya dengan dukungan televisi terbaik, suasana menonton film box office akan semakin sempurna.

Karena itu beberapa hal yang harus Anda perhatikan pada televisi sebelum memilih home theater adalah:

  • Pilih ukuran televisi yang sesuai dengan ruangan. Biasanya semakin besar ukuran televisi, semakin baik pula hasilnya.
  • Ukuran televisi diukur secara diagonal, dari pojok kiri atas layar sampai ke pojok kanan bawah layar.
  • Pilih jenis televisi yang sesuai dengan pencahayaan pada ruangan Anda. Misalnya untuk ruangan gelap, Anda bisa memilih jenis televisi berlayar Plasma atau Oled.
  • Sedangkan untuk ruangan terang bisa menggunakan televisi berlayar LED atau LCD; dan untuk pencahayaan normal bisa memilih jenis televisi LED atau OLED.
  • Perhatikan resolusinya, karena semakin banyak pixel semakin tinggi resolusinya. Anda bisa menggunakan TV 2160 atau 4K Ultra HD agar hasilnya lebih maksimal.

Pilih Fitur Home Theater Sesuai Kebutuhan: Untuk Film Atau Musik?

Home theater selain bisa digunakan untuk menonton film, juga bisa digunakan untuk mendengarkan musik. Tentu yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana memanfaatkan keduanya secara maksimal berdasarkan kebutuhan yang biasa Anda gunakan.

Untuk film, kebanyakan bersifat multitrack atau suaranya berasal dari banyak pengeras suara yang berbeda. Anda bisa memilih home theater yang memiliki 5 atau 7 pengeras suara yang lebih kecil, karena akan menghasilkan pengalaman menonton televisi yang lebih seru daripada menggunakan 2-3 pengeras suara yang lebih besar.

Sedangkan untuk musik, kualitas pengeras suara home theater lebih utama daripada jumlahnya. Anda bisa memlih receiver berkualitas baik dan 2 pengeras suara hi-fi agar suara home theater yang Anda miliki lebih maksimal suaranya.

Namun yang perlu Anda perhatikan adalah beberapa produsen telah melengkapi sistem home theater-nya dan menjualnya dalam satu paket, sehingga Anda tidak perlu lagi bingung saat memilih home theater terbaik. Paket tersebut, tentu memiliki harga yang bervariasi, dan pastikan spesifikasi dalam paket home theater sesuai dengan kebutuhan Anda.



Pilih Home Theater Yang Memiliki Sistem Wireless

Beberapa home theater memiliki sistem wireless atau nirkabel, tentu jenis ini harganya lebih tinggi dari yang biasanya. Meskipun demikian, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan, seperti:

Anda tidak perlu repot lagi karena harus memasang kabel yang banyak. Selain itu, interior rumah akan terlihat lebih indah dan elegan tanpa adanya kabel yang bisa merusak pemandangan.

Lebih memudahkan saat setting home theater, Anda hanya perlu mengaturnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tambahkan Sound Bar Pada Home Theater Anda

Sound bar merupakan pengeras suara panjang dan tipis, biasanya alat ini diletakkan dibawah televisi yang berfungsi untuk menghasilkan suara yang lebih berkualitas.

Sound bar berkerja dengan cara memantulkan suara di sepanjang dinding agar kembali ke ruangan secara merata, sehingga suara yang dihasilkan dapat menciptakan ilusi suara yang membuat tontonan semakin lebih hidup.

Biasanya beberapa sound bar dipasangkan secara nirkabel dengan subwoofer. Hal ini akan membuat suara bass lebih menggelegar dan memukau ketika Anda menonton film ekstrim atau film yang menghasilkan suara-suara yang luar biasa.

Perhatikan Penempatan Sistem Home Theater di Ruangan Anda

Agar home theater bisa menghasilkan suara yang optimal, maka penempatan yang tepat adalah faktor penting yang harus Anda perhatikan. Berikut ini cara penempatan sistem home theater di ruangan Anda:

Pastikan Anda menempatkan televisi dan sofa Anda pada posisi yang tepat sehingga nyaman saat digunakan menonton.

  • Buatlah gambar atau rancangan penempatan secara tepat terlebih dahulu sebelum memasang sistem home theater, karena hal ini penting untuk mempercepat pemasangan sekaligus menentukan jumlah titik pengeras suara sehingga suara yang dikeluarkan lebih optimal.
  • Letakkan pengeras suara dengan posisi ketinggian yang tepat mengarah pada telinga Anda, ketinggian diatur ketika Anda dalam posisi duduk.
  • Anda bisa meletakkan pengeras suara samping dengan posisi sejajar atau sedikit di belakang sofa Anda.

Penempatan pengeras suara ini juga bisa dibelakang sofa, disudut atas samping televisi, atau mengelilingi sofa/titik tengah, tergantung pada jumlah pengeras suara home theater Anda. Sebagai gambaran umum, jika pengeras suara home theater Anda berjumlah 5, pastikan pengeras suara diletakkan di atas televisi, kanan-kiri samping televisi, dan kanan-kiri samping sofa penonton.



Cara Merawat Home Theater Agar Tahan Lama

Sama seperti alat elektronik lainnya, home theater juga membutuhkan perawatan agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk merawat home theater di rumah:

  • Lepaskan kabel power home theater saat tidak digunakan, karena jika Anda tetap memasang kabel tersebut akan membuat home theater mudah rusak. Selain itu, Anda bisa menghemat penggunaan daya listrik.
  • Tempatkan home theater di tempat yang sejuk dan jauh dari pancaran sinar matahari langsung, karena suhu lingkungan yang panas bisa menyebabkan kualitas suara akan turun secara perlahan.
  • Besihkan secara berkala home theater yang Anda miliki, karena debu atau kotoran dapat mempengaruhi kualitas home theater.
  • Anda bisa membersihkan home theater dengan kain serat yang halus, atau jika sangat kotor Anda bisa menggunakan kain lembab untuk menghilangkan kotoran, kemudian Anda lap lagi menggunakan kain kering untuk menyelesaikannya. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan dengan kuas dan penyedot debu.

10 Home Theater Terbaik Yang Membuat Suasana Lebih Hidup

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang home theater serta perawatannya, maka perkenankan kami memberikan rekomendasi home theater terbaik yang membuat suasana lebih hidup dari berbagai merek berikut ini:

10. LG LHD657

LG_LHD657

Harga : Rp 3.400.000

Sistem audio lebih tangguh, handal dan berkualitas

Home theater dari LG ini memiliki desain ramping yang cocok diletakkan bersama perangkat elektronik maupun interior di rumah Anda. LG LHD657 ini dilengkapi dengan koneksi audio nirkabel yang bisa menghubungkan 3 perangkat berbeda dengan teknologi bluetooth yang handal.

Anda akan terpukau dengan suara bass dari home theater LG ini karena dinamikanya sangat kuat. Selain itu, terdapat fitur USB, CD dan DVD yang bisa melengkapi hiburan Anda lebih menyenangkan. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

9. Samsung HT-J5100K

Samsung_HT_J5100K

Harga : Rp 2.650.000

Memberikan kualitas suara lebih jernih dan detail

Anda bisa memilih Samsung HT-J5100K jika ingin menikmati kualitas audio terbaik yang mampu menghasilkan suara lebih jernih dan detail, karena home theater ini dilengkapi dengan crystal amplifier plus.



Selain itu, Samsung HT-J5100K ini juga dilengkapi dengan dolby digital yang bisa menghasilkan suara surround digital sehingga menghasilkan suasana tontonan lebih hidup. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak.

8. Polytron PHT 925L

Polytron_PHT_925L

Harga : Rp 2.874.000

Menghadirkan suasana bioskop di rumah Anda

Home theater dari Polytron ini memiliki 4 speaker tower yang dirancang agar lebih mudah ditempatkan pada sudut-sudut ruangan. Kemampuan subwoofer-nya bisa menghasilkan suara bass yang lebih menggelegar dan memukau layaknya di bioskop.

Polytron home theater 5.1 – PHT 925L ini memiliki fitur USB, DVD, CD dan MP3 yang dapat memberikan kenyamanan maksimal saat menonton film, mendengarkan musik, maupun berkaraoke dengan mudah, praktis dan nyaman. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

7. Philips HTB5150KD

Philips_HTB5150KD

Harga : Rp 6.832.000

Memberikan kemudahan pengoperasian dan suara audionya menakjubkan

Philips merupakan salah satu produsen elektronik terkenal di dunia dengan kualitasnya yang berkelas, seperti Philips blu-ray soundbar seri HTB5150KD ini. Anda akan dibuat terpukau dengan sensasi suara stereo yang terdengar lebih hidup dan nyata.

Philips HTB5150KD ini memiliki perangkat yang menggabungkan home theater yang lengkap, suara berdefinisi tinggi, serta akses subwoofer secara nirkabel dalam satu perangkat yang memudahkan Anda saat menggunakannya. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .



6. Sony BDV-E4100

Sony_BDV_E4100

Harga : Rp 4.399.000

Memberikan sensasi menonton seperti di bioskop

Sony BDV-E4100 dirancang dengan desain keren yang terinspirasi batu kristal berkilau, desain sense of quartz membuat tampilan lebih indah dan elegan. Home theater satu set ini memberikan kelengkapan audio dengan kualitas dentumannya yang lebih memukau.

SONY blu-ray home cinema ini dilengkapi dengan 2 speaker tinggi yang memiliki suara surround sehingga menghadirkan sensasi pengalaman tontonan yang luar biasa di rumah. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

5. Panasonic SC XH333LJ-K

Panasonic_SC_XH333LJ_K

Harga : Rp 2.530.000

Memberikan kenyamanan maksimal saat menonton film dan mendengarkan musik

Panasonic SC XH333LJ-K ini memiliki kualitas suara bass yang sangat baik dengan powerful bass reflex sub woofer dan 2 way 3 speaker yang dapat menghadirkan suasana lebih hidup, seperti suara ledakan atau adegan-adegan ekstrim yang akan membuat Anda terpukau saat menonton film.

Home theater ini dilengkapi dengan video DVD upscaling 1080p melalui HDMI sehingga menghasilkan gambar dengan kualitas HD, gambar lebih sempurna dan kualitas suara yang sangat jernih. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

4. JBL Cinema 610

JBL_Cinema_610

Harga : Rp 6.950.000

Menghasilkan suara surround yang sempurna, handal dan berkualitas



JBLCinema 610 ini akan memberikan pengalaman menonton film yang luar biasa dan tak tertandingi di rumah Anda. Karena home theater ini memiliki 8” bass reflex 60W powered subwoofer dengan 5 identical voice-matched satellite speakers dan center speaker yang akan membuat suara lebih jernih dan suara bass yang luar biasa.

Selain itu, JBL Cinema 610 dirancang secara sempurna agar Anda mudah memasangnya, bisa diletakkan di dinding rumah Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

3. Yamaha 5.1 Ch Home Theater Package

Yamaha_5_1_Ch_Home_Theater_Package

Harga : Rp 7.787.000

Paket lengkap dan sangat nyaman saat menonton film maupun mendengarkan musik

Paket home theater lengkap dari band elektronik terkenal Yamaha ini akan memberikan suasana bioskop di rumah Anda. Yamaha 5.1 Ch Home Theater Package ini memiliki Yamaha HTR-2071 sebagai reciever, Yamaha NS-F51 sebagai floorstanding speaker, Yamaha NS-P51 sebagai speaker, dan Yamaha NS-SW100 sebagai subwoofer.

Anda akan mendapatkan kualitas gambar terbaik, karena home theater ini dilengkapi dengan prosessor video 4K HDR (high dynamic range) upsclalling HDMI to HDMI. Selain itu, juga terdapat fitur untuk CD, MP3, dan streaming musik yang dapat membuat Anda menikmati musik dengan suara yang jernih dan detail. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

2. Harman Kardon AVR 171S HKTS 11 BQ

Harman_Kardon_AVR_171S_HKTS_11_BQ

Harga : Rp 16.875.000

Suara lebih memukau, handal dari brand terkenal dan berkualitas

Produk Harman Kardon ini memiliki 5.1-channel home theater speaker system yang akan membuat suasana menonton film box office di rumah lebih spesial. Karena home theater ini dilengkapi dengan suara surround lebih lernih dan detail, serta suara bass yang memukau.



Harman Kardon AVR 171s 7.2-Channel AVR ini dilengkapi dengan 7.2 channel, integrated green edge technology, apple airplay, bluetooth and DLNA 1.5 technology, dual subwoofer outputs, front-panel USB port, dolby true HD DTS-HD MA, quick glance dan 3D ready. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

1. Sharp HT-CN1203DA

Sharp_HT_CN1203DA

Harga : Rp 3.299.400

Menghasilkan suara lebih jernih dan detail

Sharp HT-CN1203DA ini mampu menghasilkan suara lebih jernih dan detail, seperti bunyi ledakan atau adegan ekstrim akan terdengar lebih nyata. Anda bisa lebih hemat energi karena home theater ini memiliki konsumsi listrik yang rendah hanya 140 watt.

Selain itu, home theater dari Sharp ini dilengkapi dengan DVD , Audio CD, VCD , CD-R/RW , USB yang memudahkan Anda saat ingin menonton film atau mendengarkan musik. Anda bisa membeli home theater ini di Bukalapak .

Kesimpulan

  • Sebelum membeli home theater, Anda harus memperhatikan spesifikasinya terutama kualitas video display, A/V receiver, A/V sources, loadspeakers, dan subwoofer. Selain itu, perhatikan faktor penempatan pengeras suara pada ruangan agar didapatkan suara yang lebih merata dan maksimal.
  • Anda juga harus memperhatikan cara merawat home theater agar performa tetap baik dan lebih awet, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih Samsung HT-J5100K, karena home theater ini dilengkapi dengan dolby digital yang bisa menghasilkan suara surround digital sehingga suasana tontonan lebih hidup.
  • Namun jika Anda ingin home theater yang memiliki sistem audio yang handal dan dilengkapi koneksi nirkabel dengan memanfaatkan fitur bluetooth pada speaker, Anda bisa menjatuhkan pilihan LG LHD657.
  • Sedangkan, jika Anda ingin memiliki perangkat home theater yang lebih praktis, suara berdefinisi tinggi, serta akses subwoofer secara nirkabel dalam satu perangkat, maka Anda bisa memilih Philips HTB5150KD.

Referensi

  • Jim Richardson (2018), Home Theater Receiver Setup Guide, https://www.crutchfield.com/S-6IFbem71c45/learn/home-theater-receiver-setup.html
  • Christopher Kjærulff (2017), Cleaning Your Woofers, https://www.dynaudio.com/dynaudio-academy/2017/february/how-to-clean-your-speakers-speaker-cones



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Home Theater Terbaik Yang Membuat Suasana Hidup", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »