Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


9 December 2019

10 Headphone Terbaik Untuk Anak-Anak

By Cekresi .com


Banyak sekali model dan tipe headphone yang kini beredar di pasaran. Hingga terkadang membuat bingung para pembeli untuk mendapatkan headphone terbaik yang sesuai kebutuhan dan nyaman digunakan. Apalagi jika headphone tersebut diperuntukkan untuk anak, tentu kriteria aman menjadi pertimbangan utama.



Upayakan saat membeli headphone untuk anak, Anda memilih desain yang menarik dan ukurannya cocok saat dikenakan. Namun, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan kualitas suara yang dihasilkannya.

Untuk itu, artikel ini akan menyajikan beberapa headphone terbaik untuk anak-anak lengkap dengan harga serta ulasannya. Namun sebelumnya, kami akan berbagi pengetahuan tentang headphone beserta cara perawatannya.

Tentukan tipe headphone mana yang ideal untuk anak

Headphone merupakan alat untuk mendengarkan audio. Salah satu alasan orang memilih headphone, karena alat ini memiliki kualitas suara yang sangat bagus jika dibandingkan dengan perangkat lainnya yang sejenis.

Terdapat dua tipe headphone dilihat dari desain pada bagian earcup-nya: Pertama, open headphone yang memiliki bagian earcup terbuka. Tipe ini ditandai dengan adanya lubang atau bagian menyerupai jaring yang berguna sebagai tempat terjadinya pertukaran udara sehingga suara yang dihasilkan cenderung natural.

Sedangkan yang kedua adalah closed headphone. Tipe ini kebalikan dari open headphone, di mana closed headphone tidak dilengkapi dengan rongga udara sehingga suara yang dihasilkan menjadi kurang natural.

Jika dilihat dari ada atau tidaknya kabel pada headphone, maka ada headphone wire (menggunakan kabel), dan headphone wireless (tanpa kabel). Kedua headphone ini bisa Anda gunakan dengan mudah, namun jika Anda sering bepergian sebaiknya Anda memilih headphone wireless.

Kemudian, headphone seperti apa yang cocok untuk anak-anak? Kami merekomendasikan headphone tipe open headphone yang nirkabel. Dengan headphone tersebut anak Anda dapat beraktivitas dengan bebas tanpa gangguan adanya kabel.



Selain itu, tipe headphone tersebut juga sangat ideal untuk digunakan berkendara. Namun sayangnya, tipe headphone tersebut akan menghasilkan kualitas audio yang buruk jika berada jauh dari perangkat audio.

Perhatikan desain dan kualitasnya

Headphone tersedia dalam berbagai desain, bentuk, dan warna. Baik headphone dengan desain simpel maupun headphone dengan desain unik dan menarik. Untuk anak-anak, pastikan Anda memilih headphone terbaik yang sesuai dengan karakter anak-anak yang cenderung menyukai hal yang baru, lucu, ceria, dan unik.

Apalagi jika headphone tersebut memiliki desain karakter favorit mereka, seperti kartun, hewan, bunga, dan lain-lain. Pastinya mereka akan sangat menyukainya. Namun jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi dan kualitasnya.

Selain itu, agar anak Anda merasa nyaman ketika menggunakan headphone, maka Anda bisa memilih headphone yang dilengkapi dengan bantalan lembut. Bantalan tersebut berguna untuk menjaga kenyamanan ketika mendengarkan musik dalam waktu berjam-jam.

Perhatikan ukuran headphone

Ukuran headphone umumnya sama. Hanya saja dibedakan menjadi headphone untuk orang dewasa atau anak-anak. Headphone untuk anak umumnya lebih kecil jika dibandingkan dengan headphone untuk orang dewasa.

Rata-rata ukuran headphone untuk anak yang banyak dipilih memiliki ukuran lebar 13 cm dan tinggi 16 cm. Ukuran tersebut dapat Anda jadikan patokan ketika membeli online. Namun, jika Anda membeli langsung maka pastikan Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Pertimbangkan batas volume dan pilih yang memiliki bluethooth

Batas volume dari headphone sangat penting untuk diperhatikan, karena jika volume yang dihasilkan terlalu tinggi dapat merusak gendang telinga yang dapat menyebabkan gangguan pada telinga.



Headphone yang ideal untuk anak adalah headphone yang memiliki batas volume sebesar 85 desibel. Headphone yang memiliki batas volume melebihi itu dapat menyebabkan gangguan pada telinga.

Namun untuk amannya, Anda bisa memilih yang dilengkapi dengan fitur bluetooth. Karena dengan mode bluetooth kemungkinan anak mendengarkan suara dengan volume yang keras tidak akan berlangsung lama. Hal ini disebabkan daya baterai yang kemampuannya bisa menurun seiring kesediaan dayanya. Dan, headphone dengan bluetooth kebanyakan tidak mencapai intensitas suara hingga 85 desibel, jadi lebih aman pemakaiannya untuk anak-anak.

Cara merawat headphone agar lebih awet

Ketika Anda sudah membeli headphone, maka yang perlu Anda perhatikan adalah cara perawatannya, agar headphone yang Anda miliki bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat headphone.

  • Pastikan Anda tidak menyimpan headphone Anda di tempat yang basah atau lembab. Untuk lebih amannya simpan headphone Anda di dalam case khusus untuk headphone.
  • Pastikan Anda segera mengganti bantalan telinga atau komponen tertentu jika sudah mulai tidak nyaman untuk digunakan.
  • Untuk membersihkan headphone Anda bisa menggunakan air dan sabun. Namun, pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan. Gunakan kain halus untuk mengelap. Sedangkan untuk bagian yang sulit dijangkau Anda bisa menggunakan tusuk gigi.
  • Jika headphone Anda dilengkapi kabel, maka pastikan Anda menggulung kabel tersebut membentuk angka delapan agar kabel tersebut tidak mudah kusut.
  • Pastikan Anda tidak terlalu sering menggunakan headphone dengan suara maksimal. Mendengarkan musik dengan suara maksimal dapat membuat kualitas suara yang dihasilkan menjadi kurang jernih dan komponen dalam headphone jadi cepat rusak.
  • Pastikan Anda tidak sering meminjamkan headphone Anda, karena bisa saja kuman dari telinga orang yang meminjam headphone Anda akan menempel pada headphone.

10 Headphone terbaik untuk anak-anak

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang headphone, maka selanjutnya kami akan merekomendasikan beberapa headphone terbaik untuk anak-anak dari berbagai merek berikut ini:

10. Headphone JBL JR300

headphone_ibl_jr300

Harga : Rp 269.082

Headphone dengan fitur safe sound yang aman untuk telinga

JBL merupakan merk produk audio yang telah mendunia. Kualitas suara yang dihasilkan dari produk ini sangat bagus. Fitur yang ditawarkan pun sangat menarik.

Sama halnya dengan produk JBL lainnya, produk headphone dari JBL tipe ini pun sangat berkualitas. Fitur yang ditawarkan pun dirancang khusus ramah anak, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi anak Anda akan mengalami gangguan ketika menggunakan headset.



JBL JR300 termasuktipe headphone yang dilengkapi kabel. Dibuat dengan warna biru muda yang keren serta dilengkapi bantalan lembut yang membuatnya nyaman ketika digunakan.

Selain itu, headphone ini juga dilengkapi fitur batas volume yang aman untuk telinga anak. Tidak hanya itu, headphone ini juga didesain mudah dilipat sehingga mudah untuk dibawa kemana saja. Anda bisa membeli headphone ini di Shopee.

9. Headphone Bando HF

headphone_bando_hf

Harga : Rp 65.000

Harga lebih terjangkau, desain karakter kartun, dan bisa digunakan untuk menerima telepon

Headphone ini dibuat dengan desain karakter kartun yang lucu. Tersedia dalam dua macam pilihan karakter kartun, yakni hello kitty dan doraemon yang banyak digemari oleh anak-anak.

Bando HFini termasuk jenis headphone wire untuk anak yang dilengkapi kabel AUX sepanjang 80 cm. Selain dapat digunakan untuk mendengarkan musik headphone ini juga dapat digunakan untuk menerima telepon. Anda bisa membeli headphone ini di Shopee.

8. Headphone Telinga Kucing Migo

headphone_telinga_kucing_migo

Harga : Rp 101.000

Cocok digunakan anak perempuan Anda

Headphone produk impor ini memiliki desain unik dengan bentuk menyerupai kepala kucing yang lucu. Dibuat dengan perpaduan warna yang pas yakni hitam dan pink. Jika dilihat dari bentuk dan warnanya maka headphone ini cocok digunakan anak perempuan.



Selain memiliki dibuat dengan desain unik, headphone ini juga didesain dapat dilipat sehingga mudah untuk dibawa ke mana saja. Dilengkapi steker berukuran 3.5 mm. Anda bisa membeli headphone ini di Shopee.

7. Headphone Berkabel dari China

headphone_berkabel

Harga : Rp 71.000

Desain fleksibel, ringan, dan cocok untuk anak Anda

Headphone yang berasal dari China ini tersedia dalam berbagai pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai dengan warna favorit anak Anda. Dibuat dalam ukuran yang sudah disesuaikan dengan ukuran kepala anak-anak.

Headphone ini termasuk jenis wire dengan kabel yang mampu menghasilkan suara yang jernih, serta dilengkapi fitur pembatas volume yang otomatis. Anda bisa membeli headphone ini di Shopee.

6. Headphone Lipat Bentuk Telinga dengan Lampu LED

headphone_lipat_bentuk_telinga_dengan_lampu_led

Harga : Rp 356.000

Desain modern yang membuat pemakainya lebih wow

Headphone ini memiliki bentuk yang lucu menyerupai bentuk telinga hewan yang lucu. Selain itu, headphone ini juga dilengkapi lampu LED seperti aksesoris lainnya yang sedang ngetrend saat ini.

Headphone ini tersedia dalam lima pilihan warna yang meliputi warna putih, hitam, coklat, hitam, biru, dan pink. Headphone tipe wireless ini cocok untuk Anda yang suka jalan-jalan. Anda bisa membeli headphone ini di Shopee.



5. Headphone Onikuma M100

headphone_onikuma_m100

Harga : Rp 76.900

Lebih ringan, aman, dan mudah di bawa kemana saja

Headphone ini dirancang khusus oleh onikuma untuk anak-anak. Dibuat dengan bantalan yang lembut dan ikt kepala yang dapat disetel sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan ukuran kepala anak Anda. Selain itu, bobotnya juga ringan sehingga nayaman digunakan.

Dapat digunakan untuk mendengarkan musik dengan batas volume 85 debile sehingga aman untuk telinga anak. Cocok digunakan untuk anak usia 3-12 tahun.

Tidak hanya itu, headphone ini juga cocok digunakan untuk mendengarkan musik baik melalui handphone, komputer, tablet dan perangkat lainnya. Anda bisa membeli headphone ini di Lazada.

4. Headphone Samsung Stereo

headphone_samsung_stereo

Harga : Rp 56.000

Suara lebih jernih, praktis, dan nyaman untuk anak-anak

Jika dilihat dari segi brand maka kualitas dari headphone ini tidak diragukan lagi. Dibuat dengan suara bass treble yang seimbang sehingga dapat menghasilkan suara yang jernih. Tersedia dalam empat warna sesuai gambar yang dapat Anda pilih sesuai selera.

Termasuk headphone tipe wire (dengan kabel). Jika dilihat dari desain earcupnya maka headphone initermasuk tipe close headphone. Dapat dilipat sehingga mudah dibawa kemana saja. Anda bisa membeli headphone ini di Bukalapak.



3. Headphone Sonic gear Kinder 2

headphone_sonic_gear_kinder2

Harga : Rp 190.000

Cocok dan aman untuk anak usia 3 tahun ke atas

Headphone ini termasuk dalam headphone tipe wire yang dilengkapi dengan kabel sepanjang 100 cm. Dibuat dengan dua macam pilihan warna yakni warna hijau biru dan putih pink. Desainnya unik serta dilengkapi gambar-gambar yang lucu di sekitar earcupnya.

Bantalan earcupnya lembut. Dilengkapi fitur yang aman bagi anak yang salah satunya yaitu fitur batas volume. Rentang volumenya yakni 5-80 desibel. Cocok digunakan untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas. Anda bisa membeli headphone ini di Lazada.

2. Headphone Dipro

headphone_dipro

Harga : Rp 92.300

Desain bando yang keren, lebih fleksibel, dan praktis

Dipro menghadirkan headphone yang berbeda dengan yang lain. Jika bandu dai headphone pada umumnya cenderung kaku, headphone dari dipro ini memiliki bandu yang didesain fleksibel sehingga mudah dilipat dan Anda tidak perlu khawatir akan mudah patah.

Dibuat dengan warna mencolok yang cennderung disukai oleh anak-anak. Dilengkapi volume db yang rendah yang aman bagi telinga anak. Selain itu, bobot dari headphone ini pun terasa ringan sehingga nyaman ketika digunakan.

Termasuk headphone tipe wire karena dilengkapi dengan kabel sepanjang 120 cm yang lebih panjang dari kabel headphone sebelumnya. Ukuran earcupnya mini, di sesuai dengan ukuran telinga anak. Anda bisa membeli headphone ini di JD.ID.



1. Mpow Kids Headphone MPBH235AP

mpow_kids_headphone_mpbh235ap

Harga : Rp 170.000

Terbuat dari bahan food grade yang ramah anak

Headphone ini dibuat dengan desain unik yang dapat menarik perhatian anak. Dilengkapi fitur batas volume yang telah disesuaikan oleh badan kesehatan.

Selain itu, headphone ini juga dilengkapi shareport di sisi kanan yang dapat membuat headphone dapat dihubungkan dengan headphone lain untuk berbagi film /musik favorit dengan teman-teman, anggota keluarga dan anak-anak lain.

Bahan pembuatan headphone ini juga tergolong food grade dan ramah anak. Kabelnya pun dibuat dari bahan khusus yang dapat membuatnya dapat ditekuk, dipelintir, dan tidak mudah kusut.

Bantalan dari bagian earcupnya juga dibuat dari bahan yang lembut sehingga terasa nyaman meski digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dapat dipasangkan dengan berbagai perangkat modern seperti iPhone, iPad, ponsel Android, PC, Kindle Fire, dan banyak lagi.

Jika dilihat dari bentuk dan warnanya maka headphone ini cocok digunakan oleh anak perempuan. Anda bisa membeli headphone ini di Shopee

Kesimpulan

  • Ketika Anda akan membeli headphone untuk anak, maka pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal seperti desain, warna, tipe, dan ukurannya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya agar headphone anak Anda dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  • Anda bisa memilih headphone Sonicgear Kinder 2 karena headphone ini dibuat dengan tambahan fitur yang aman bagi anak.
  • Selain itu, Anda juga bisa memilih headphone JBL JR300 karena headphone ini dibuat dengan desain dan warna yang keren, menghasilkan suara yang jernih, serta dilengkapi fitur yang ramah anak.
  • Namun jika Anda mencari headphone dengan desain yang unik, dibuat dari bahan food grade serta dilengkapi fitur shareport dan fitur yang aman untuk anak, maka Anda bisa memilih Mpow Kids Headphone MPBH235AP.

Referensi

  1. Justin, S (2019), Tips to Buy Better Headphones for Kids
    http://headphonesupreme.com/tips-buy-better-headphones-kids/
  2. Niels, D (2015), How to Take Care of Your Headphones the Right Way
    https://gizmodo.com/how-to-take-care-of-your-headphones-the-right-way-16777155011



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Headphone Terbaik Untuk Anak-Anak", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »