Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


21 July 2020

10 Grinder Elektrik Terbaik yang Cocok untuk Coffee Shop

By Cekresi .com
10-Grinder-Elektrik-Terbaik-yang-Cocok-untuk-Coffee-Shop


Kopi itu digiling bukan digunting, istilah ini sangat populer di kalangan penikmat kopi. Menyeduh kopi yang digiling dari biji yang sudah diroasting memang lebih nikmat.Kopi yang dibuat dari biji yang digiling cenderung menghasilkan citarasa orisinil dari setiap seduhannya. Maka dari itu, kedai atau coffee shop menjadikan mesin penggiling atau grinder kopi sebagai salah satu senjata andalannya.



Tidak hanya nikmat, kopi yang digiling juga lebih segar dan lebih beraroma khas. Namun, menggiling kopi tidak lah semudah yang dibayangkan orang kebanyakan. Mengubah biji kopi menjadi bubuk memerlukan teknik tersendiri demi menghasilkan citarasa kopi yang sesungguhnya. Selain mempehatikan ukuran gilingan (grind size), citarasa kopi juga sangat dipengaruhi oleh jenis grinder yang digunakan.

Grinder ibarat alat wajib yang mejadi andalan para barista. Bagi Anda yang memiliki kedai atau ingin membuka coffee shop, memiliki grinder yang sesuai dengan kebutuhan sudah menjadi sebuah keharusan. Grinder yang berkualitas dapat menjamin konsistensi rasa yang dihasilkan dari setiap biji kopi.

Berikut ini merupakan tips yang bisa Anda ikuti untuk memilih grinder kopi elektrik yang tepat:

Pilih grinder sesuai kebutuhan

Saat ini tersedia berbagai grinder kopi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Umumnya, grinder elektrik dirancang untuk menghasilkan berbagai jenis level gilingan biji kopi (grind size). Anda bisa menggiling biji hingga halus untuk membuat espresso atau yang kasar untuk menyeduh dengan metode French press.

Walaupun dibuat dengan berbagai level gilingan, grinder kopi memiliki spesifikasi yang berbeda. Beberapa grinder dibuat khusus untuk menghasilkan gilingan yang super halus, sebagian lagi dibuat untuk menghasilkan konsistensi gilingan di level medium to coarse.

Beberapa mesin grinder dibuat dengan pisau stainless steel pada mata gilingannya. Pisau yang digunakan serupa dengan yang sering kita temui pada mesin blender buah dan sayur. Ada pula grinder yang memiliki mata gilingan berbentuk burr. Biasanya,grinder jenis ini mengandalkan dua mata gilingan untuk menghasilkan bubuk kopi.

Perhatikan kapasitasnya

Grinder kopi elektrik memiliki berbagai ukuran dan kapasitas. Anda bisa memilih kapasitas grinder sesuai dengan kebutuhan coffee shop Anda. Jika Anda ingin membuat lebih dari 100 gelas kopi sehari, sebaiknya pilih grinder yang mampu menampung biji kopi dalam jumlah banyak. Grinder berkapasitas 1 sampai 2 kg kopi mampu menghasilkan sajian kopi hingga 100 gelas per hari.

Grinder berkapasitas besar umumnya digunakan untuk membuat satu jenis olahan kopi, misalnya untuk menggiling kopi houseblend yang digunakan untuk membuat olahan kopi berbahan dasar espresso. Sebagian besar kedai kopi yang menyajikan olahan kopi kekinian biasanya menggunakan grinder berkapasitas besar untuk membuat puluhan gelas olahan kopi dalam sehari.



Namun, jika Anda ingin membuat kopi single origin dengan metode manual brewing, sebaiknya Anda menggunakan grinder berkapasitas kecil hingga sedang. Penggemar kopi single origin biasanya ingin menikmati citarasa asli dari seduhan kopi. Maka dari itu, grinder berkapasitas sedang sangat cocok untuk membuat olahan kopi yang terbatas.

Tidak semua pelanggan menyukai seduhan kopi manual brewing. Grinder berkapasitas sedang dapat menghemat bahan baku dan waktu yang dibutuhkan saat meracik kopi.

Pilih yang mudah perawatannya

Merawat mesin grinder kopi memang memerlukan keahlian khusus. Agar berfungsi sempurna, Anda harus melakukan kalibrasi secara rutin pada grinder kopi elektrik. Saat melakukan kalibrasi, tentu harus membongkar beberapa bagian mesin grinder. Maka dari itu, Anda harus mempertimbangkan grinder yang perawatannya mudah.

Pilih grinder yang mudah untuk dibongkar pasang. Umumnya, grinder kopi yang berkualitas berasal dari luar negeri. Jika memungkinkan, pilihlah grinder yang spare part nya mudah didapatkan.

Grinder terdiri dari beberapa bagian yang mungkin mengalami kerusakan selama digunakan. Agar grinder Anda bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama, ada baiknya untuk memilih grinder dari pabrikan terkenal yang bergaransi resmi.

Pilih yang mudah dioperasikan

Beberapa grinder mungkin dirancang dengan berbagai fitur canggih. Grinder dengan fitur-fitur yang canggih biasanya digunakan untuk praktisi kopi profesional. Namun, jika Anda belum mengetahui berbagai fitur pada grinder, sebaiknya Anda memilih grinder yang mudah dioperasikan.

Anda bisa memilih grinder yang memiliki tuas pengaturan grind size yang bisa Anda gunakan untuk menentukan tingkat gilingan biji kopi. Anda juga bisa memilih grinder yang dioperasikan hanya dengan satu tombol on-off. Grinder semacam ini lebih praktis digunakan untuk kedai kopi berskala kecil dan menengah.



Perhatikan material pembuatnya

Umumnya, grinder elektrik dibuat dengan berbagai material. Mesin grinder biasanya dibuat dari campuran baja dan stainless steel dengan tabung penampungan biji kopi yang terbuat dari material plastik.

Agar berfungsi secara maksimal, ada baiknya Anda mengamati bahan yang digunakan pada setiap bagian grinder kopi yang Anda pilih. Tak ada salahnya untuk membongkar bagian burr dan tombol pengaturan untuk mengetahui bagian dalam grinder.

Itu lah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat memilih grinder yang sesuai untuk coffee shop Anda. setelah mengetahui cara untuk memilih grinder kopi, Anda juga harus mengetahui cara merawat grinder kopi elektrik, sebagai berikut:

Tips merawat grinder kopi elektrik

Agar grinder kopi elektrik Anda tetap awet dan berfungsi sebagai mana mestinya, sebaiknya Anda mengetahui cara merawat grinder kopi sebagai berikut:

  • Bersihkan secara rutin. Noda dan sisa-sisa bubuk kopi yang menempel pada grinder akan mempengaruhi citarasa kopi yang digiling. Jika terlalu lama dibiarkan, sisa kopi akan berjamur dan berbau apek.
  • Gunakan sikat khusus untuk membersihkan bagian dalam grinder. Anda juga bisa membongkar bagian burr grinder untuk membersihkan sisa-sisa bubuk kopi yang mengendap. Jangan sekali kali menggunakan air dan sabun untuk membersihkan bagian dalam grinder.
  • Lakukan kalibrasi secara berkala. Kalibrasi adalah cara untuk mengembalikan grind size sesuai aturan awal pada grinder. Setelah lama digunakan, ukuran pada grinder kerap mengalami perubahan. Maka dari itu, Anda wajib melakukan kalibrasi minimal dua minggu sekali.
  • Ganti spare part jika sudah rusak. Grinder yang sering digunakan tentu berpengaruh pada beberapa bagian spare part nya. Bagian yang paling sering mengalami keausan adalah bagian burr atau mata grinder. Jika memungkinkan, gantilah sparepart burr maksimal dua tahun sekali. Jangan lupa untuk menggunakan spare part yang original.
  • Cabut aliran listrik pada grinder setelah tidak digunakan. Walaupun dalam keadaan off, aliran listrik yang tidak dicabut bisa mengakibatkan korslet pada mesin grinder Anda.

10 Grinder kopi elektrik terbaik untuk coffee shop anda

Setelah Anda mengetahui cara memilih dan cara merawat grinder kopi, berikut adalah beberapa pilihan grinder terbaik yang bisa Anda gunakan untuk coffee shop Anda, sebagai berikut:

10. Delonghi Coffee Grinder KG 40

delonghi_coffee_grinder_kg_40

Harga : Rp 710.000

Mudah dioperasikan dan dibersihkan

Delonghi merupakan salah satu merek peralatan kopi yang cukup terkenal. Delonghi Coffee Grinder KG 40 bisa menjadi pilihan terbaik untuk coffee shop Anda. Dirancang dengan desain yang minimalis, produk grinder ini terbilang mudah dioperasikan dan dibersihkan.



Tabung penyimpan biji kopi pada grinder ini berkapasitas 90 gram, sehingga mampu menampung bubuk kopi untuk menghasilkan 12 cangkir kopi dalam sekali proses penggiligan.

Pisau grinder yang digunakan Delonghi Coffee Grinder KG 40 terbuat dari bahan stainless steel berkualitas yang mampu memecah biji kopi menjadi bubuk dalam waktu relatif cepat. Anda membeli produk ini di Shopee.

9. Coffee Grinder Fomac COG HS600

coffee_grinder_fomac_cog_hs600

Harga : Rp 785.000

Grinder hemat listrik dengan hasil gilingan yang konsisten

Fomac COG HS600 merupakan salah satu grinder yang banyak digunakan pemilik kedai kopi. Grinder ini menjadi andalan dalam menghasilkan ukuran gilingan kopi yang cukup konsisten. Daya listrik 100 watt membuat grinder ini cukup hemat listrik.

Fomac COG HS600 memiliki tiga tingkat gilingan kopi, yaitu coarse alias kasar, medium dan fine. Dengan kapasitas 250 gram, grinder ini mampu menghasilkan 20 cangkir kopi dalam sekali proses penggilingan. Grinder ini bisa Anda beli di Shopee.

8. Coffee Grinder Fomac COG HS850

coffee_grinder_fomac_cog_hs850

Harga : Rp 3.380.000

Grinder kopi semi profesional

Satu lagi grinder kopi andalan COG, tipe HS850 ini termasuk dalam kategori grinder kopi kelas semi profesional. Dengan kapasitas cukup besar, yaitu 900 gram, daya listrik yang digunakan pada grinder COG HS850 ini cukup hemat, yaitu 369 watt dengan tegangan 220 volt. Anda bisa membeli grinder ini di Shopee.



7. Getra Coffee Grinder Type Brasil

getra_coffee_grinder_type_brasil

Harga : Rp 4.500.000

Hasil gilingan yang presisi

Getra merupakan salah satu produsen alat-alat pengolahan makanan yang terkenal.Di lini peralatan kopi, Getra mengeluarkan grinder elektrik yang cocok digunakan sebagai grinder kopi andalan di kafe. Gertra Coffee Grinder Type Brasil ini berkapasitas 1 kilogram.

Grinder elektrik ini dirancang dengan fitur rotary yang mampu menghasilkan gilingan kopi yang konsisten. Mata gilingan rotary nya mampu menghasilkan gilingan kopi di level medium to fine yang cukup presisi.

Fitur dispenser sealing-saving yang dibenamkan pada grinder ini membuat pemakaian biji kopi lebih akurat sesuai takaran yang Anda inginkan. Anda bisa membeli grinder ini di Shopee.

6. Delonghi Coffee Grinder KG89 Steel

delonghi_coffee_grinder_kg89_steel

Harga : Rp 1.050.000

Lebih aman dengan fitur safety lock dan cup selector

Delonghi kembali merilis seri grinder kopi terbaiknya. Delonghi Coffee Grinder KG89 bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang menginginkan grinder kopi yang praktis dan tangguh. Grinder ini memiliki berbagai fitur terbaik yang mudah digunakan.

Salah satu fitur andalannya yaitu safety lock. Fitur ini menjadikan grinder tidak akan beroperasi jika bagian mesin tidak benar peletakannya. Fitur cup selector pada grinder ini membuat proses penggilingan kopi lebih tepat takaran. Grinder ini akan berhenti secara otomatis jika volume gilingan sudah sesuai dengan cup selector yang Anda inginkan.



Selain berbagai fitur canggih, grinder ini juga mengusung sistem dual burrs yang membuat hasil gilingan lebih presisi. Anda bisa membeli grinder ini di Blibli.

5. Casadio CM Coffee Grinder

casadio_cm_coffee_grinder

Harga : Rp 10.990.000

Grinder premium dengan kapasitas besar

Casadio CM menjadi salah satu grinder kopi premium favorit para barista profesional. Hasil gilingan grinder ini digadang-gadang merupakan yang terbaik di kelasnya. Dengan kapasitas 1,2 kilogram, Casadio CM sangat mengutamakan konsistensi ukuran bubuk kopi yang dihasilkan.

Keutamaan grinder ini terletak pada burr tebal berukuran 64 mm. Burr setebal ini tentu mampu menghasilkan kualitas gilingan yang presisi. Selain itu, Casadio CM juga mudah dioperasikan karena dibangun dengan sistem yang otomatis. Anda bisa membeli grinder ini di Tokopedia.

4. Delonghi Coffee Grinder Digital Dedica KG521 M

delonghi_coffee_grinder_digital_dedica_kg521_m

Harga : Rp 3.096.000

Memiliki 18 variabel grind size

Satu lagi grinder kopi elektrik besutan Delonghi yang wajib Anda pertimbangkan. Delonghi Dedica KG521. M sangat cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan grinder dengan beragam pilihan grind size. Grinder ini memiliki 18 variabel grind size yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan bubuk kopi sesuai dengan metode penyeduhannya.

Dengan grinder ini, Anda bisa menghasilkan bubuk kopi untuk metode espresso, manual brewing hingga french pess dan metode vakum. Panel control berbentuk LCD pada grinder ini memberikan informasi yang cukup jelas dan mudah digunakan bagi Anda yang pemula sekalipun. Anda bisa membeli grinder ini di Blibli.



3. Nuova Simonelli MDX Doser

nuova_simonelli_mdx_doser

Harga : Rp 15.125.000

Grinder pilihan barista profesional

Selain dikenal sebagai produsen mesin espresso, Nouva Simonelli juga memiliki sederet grinder kopi ciamik yang patut menjadi referensi Anda. Salah satunya adalah Nouva Simonelli MDX Doser.

Dari segi kualitas, grinder ini tentu tidak bisa diragukan lagi .Nuova Simonelli MDX Doser menjadi incaran para barista profesional. Grinder premium ini dirancang untuk coffee shop yang mengandalkan jam terbang yang tinggi.

Dengan kapasitas 2 pon, grinder ini cukup mudah dioperasikan karena dibuat dengan sistem otomatis yang canggih. Layar LCD yang dibenamkan pada mesin ini ditunjang dengan control panel yang intuitif dan mudah untuk digunakan. Anda bisa membeli grinder ini di Shopee.

2. Eureka Mignon Coffee Grinder

eureka_mignon_coffee_grinder

Harga : Rp 7.400.000

Kelas profesional yang hemat energi

Semua yang dibutuhkan untuk pegiat kopi profesional nampaknya ada pada grinder ini. Eureka Mignon Coffee Grinder merupakan salah satu grinder kopi elektrik yang paling banyak dicari oleh barista profesional. Dengan kapasitas medium 500 gram, grinder ini cukup hemat energi karena hanya memerlukan daya listrik sebesar 225 watt.

Burr yang dibenamkan pada grinder ini cukup powerfull karena mampu menggiling kopi dengan kecepatan mencapai 1350 RPM. Anda bisa membeli grinder ini di Shopee.



1. Hario Coffee Grinder V60

hario_coffee_grinder_v60

Harga : Rp 3.153.000

Efektif hasilkan grind size untuk manual brewing

Produsen peralatan kopi asal Jepang, terkenal dengan alat-alat manual brewing-nya. Kali ini, Hario semakin mengukuhkan eksistensi nya sebagai merek alat kopi terbaik melalui produk grinder. Sesuai namanya, Hario Coffee Grinder V60 merupakan grinder kopi elektrik yang dirancang khusus untuk menghasilkan ukuran gilingan untuk metode penyeduhan V60.

Walaupun terkadang banyak yang menggunakan grinder ini untuk menggiling biji kopi di level medium to fine, Hario V60 lebih efektif jika digunakan untuk menghasilkan level medium to coarse ala manual brewing.

Ditunjang dengan mesin grinding core berbahan stainless steel, Hario Coffee Grinder V60 mampu menghasilkan ukuran bubuk kopi yang konsisten. Anda bisa membeli grinder ini di Lazada.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli grinder kopi elektrik sebaiknya perhatikan kapasitas, cara pengoperasian, dan material pembuatnya.
  • Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatannya, agar grinder kopi elektrik Anda tetap awet dan berfungsi secara optimal.
  • Anda bisa memilih Delonghi Coffee Grinder KG 40 dan COG HS600, karena harganya lebih terjangkau dengan kualitas yang cukup baik.
  • Namun, jika Anda mengutamakan sajian kopi manual brewing, maka Anda bisa memilih Hario Coffee Grinder V60.

Referensi

  1. PerfectDailyGrind,Brewers Guide Choosing Goog Coffee Grinder,https://www.perfectdailygrind.com/2017/12/brewers-guide-choosing-good-coffee-grinder/
  2. Ed McGuire (2020),How To Choose Coffee Grinder For Begginers,https://www.wholelattelove.com/blogs/how-to/how-to-choose-a-coffee-grinder-for-beginners



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Grinder Elektrik Terbaik yang Cocok untuk Coffee Shop", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »