Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


19 August 2021

10 GPS Mobil Terbaik dengan Fitur Terlengkap

By Cekresi .com
10 GPS Mobil Terbaik dengan Fitur Terlengkap


Banyak merek dan tipe perangkat GPS mobil yang ada di pasaran, di mana hal ini terkadang malah membuat bingung saat memilihnya. Diperlukan kejelian dan pertimbangan tertentu, apalagi jika Anda ingin GPS mobil dengan fitur terlengkap dan berkualitas terbaik.



Karena itu, kami menyajikan rekomendasi GPS mobil terbaik lengkap dengan harga dan juga ulasannya. Tapi sebelum itu, kami akan berbagai informasi terkait GPS mobil hingga tips memasangnya.

Dua jenis GPS mobil yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya

Sebelum mengetahui tips memilih GPS mobil terbaik, Anda perlu memahami bahwa secara garis besar, ada dua jenis pelacak posisi ini. Pertama, GPS mobil navigasi. Ini merupakan perangkat untuk memberikan panduan rute saat akan menuju suatu tempat.

GPS navigasi ini sangat bermanfaat untuk memastikan rute perjalanan. Oleh sebab itu, banyak pengemudi yang harus mengunjungi tempat-tempat baru, merasa terbantu berkat adanya perangkat ini. Di antaranya adalah pengemudi mobil sewa online.

Selanjutnya adalah, GPS mobil tracker, di mana perangkat ini memiliki fungsi utama untuk memastikan posisi mobil secara real time. Jadi, alat ini akan bermanfaat apabila ada yang mencuri mobil Anda.

Cara kerjanya adalah dengan menghubungkan pada perangkat android maupun IOS. Alat ini juga cukup bermanfaat bagi perusahaan rental untuk mengecek keberadaan mobil sewaannya, apakah penggunaannya sesuai rute atau tidak.

Dengan memahami kedua jenisnya, tentu dapat menentukan manakah perangkat GPS terbaik untuk mobil Anda. Selanjutnya, tinggal mengetahui tips memilih GPS mobil dengan fitur yang lengkap, sehingga fungsinya dapat optimal.

Periksa apakah GPS memiliki fitur data tempat menarik

GPS navigasi mobil terbaik tentunya memiliki fitur tambahan yang cukup lengkap. Salah satunya adalah database tempat menarik. Fitur ini akan memudahkan perangkat dalam memberikan saran kepada Anda terkait letak masjid, rest area, atau restoran.



Tentunya fitur tersebut akan sangat bermanfaat, terutama saat Anda baru pertama kali mengunjungi suatu daerah. Tidak perlu lagi bingung dan mencari penduduk setempat untuk bertanya, cukup hanya mengakses fitur ini.

Tentukan lebar layar yang Anda perlukan

Tips selanjutnya, saat memilih GPS mobil terbaik adalah, menentukan ukuran layar perangkat tersebut. Pastikan sesuai kebutuhan dan dana yang tersedia.

Ukuran 3,5 inci memang relatif lebih murah. Namun, tentunya ukuran 7 inci akan lebih memudahkan berkat layarnya yang lebar.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan persyaratan instalasinya. Pastikan bahwa perangkat tersebut kompatibel pada mobil Anda. Kesesuaian ini sangat penting agar fungsinya dapat berjalan dengan optimal.

Pastikan ada fitur penunjuk arah dengan voice mode

Adanya Fitur suara pada GPS mobil memang cukup perlu, sehingga perangkat akan memberikan petunjuk arah dengan menggunakan ucapan. Dengan demikian, tidak perlu lagi melirik layar GPS untuk mengetahui kapan harus belok ke arah kanan ataupun kiri.

Anda tentunya memahami bahwa menyetir mobil di jalan raya membutuhkan konsentrasi tinggi. Akan sangat berbahaya apabila pengemudi menengok ke arah lain dan mengalihkan perhatiannya dari jalanan. Contohnya saat harus melihat layar GPS.

Itulah sebabnya, fitur ini cukup membantu dalam mengurangi risiko kecelakaan selama penggunaan GPS. Anda cukup menentukan koordinat tujuan, kemudian sistem pada perangkat akan memberikan petunjuk melalui suara, kapan harus belok, memutar, atau keluar dari jalur tol.

Cek apakah GPS mobil memberikan real time information

Tips memilih GPS mobil terbaik di Indonesia yang selanjutnya adalah mengecek apakah perangkat tersebut dapat memberikan informasi real time. Hal ini sangat penting untuk memastikan kondisi jalan yang akan Anda lalui ketika menuju suatu tempat.



Terkadang, perjalanan Anda bisa mengalami kendala kemacetan ataupun perbaikan jalan. Apabila menggunakan GPS mobil mampu memberikan informasi real time, tentunya Anda akan dapat mengatasi kendala tersebut, misalnya dengan memilih rute lain.

Lakukan pengecekan kualitas perangkat

Selain memperhatikan kelengkapan fiturnya, Anda perlu juga melakukan pengecekan terhadap kualitas perangkat GPS tersebut. Ada baiknya memilih perangkat yang tahan terhadap pengaruh cuaca.

GPS mobil terbaik seharusnya tahan terhadap benturan, panas, maupun percikan air. Ketangguhan ini menunjukkan kualitas dan kemampuannya dalam beroperasi di tengah cuaca buruk sekalipun.

Pastikan GPS tracker memiliki server sendiri

Setelah sebelumnya tips memilih GPS mobil terbaik jenis navigasi, kali ini membahas mengenai tracker. Hal yang penting menjadi perhatian adalah apakah GPS tersebut memiliki server sendiri. Hal ini sangat penting untuk kelancaran operasionalnya.

Perusahaan GPS tracker untuk mobil biasanya memiliki server sendiri. Jika tidak, tentu operasionalnya menggunakan server sewaan atau bahkan gratisan. Artinya, batas penyimpanan data terbatas, bahkan cenderung minim.

Selain itu akan muncul kendala lainnya, yaitu lambatnya waktu akses. Penyebabnya adalah terbatasnya kuota pengolahan data pada server gratisan, sehingga tidak mampu mengatasi saat banyak orang mengakses secara bersamaan.

Harus yang sudah memiliki izin resmi

Salah satu syarat pengoperasian GPS adalah adanya izin dari Postel kepada perusahaan produsen pelacak tersebut. Apabila tidak memilikinya, maka akan masuk pada kategori ilegal dan berisiko mengalami pemblokiran. Tentunya hal ini akan merugikan Anda sebagai pengguna.



Perusahaan GPS mobil terbaik pasti memiliki izin tersebut, sebagai bukti kepatuhan terhadap aturan dan profesionalitas mereka. Selain itu, juga sebagai komitmen bagi para penggunanya.

Beberapa alternatif tempat pemasangan GPS tracker di dalam mobil

GPS navigasi sebagai penunjuk arah, tempat idealnya adalah di bagian dashboard mobil. Namun, berbeda dengan perangkat GPS tracking. Sebaiknya meletakkannya tersembunyi agar pencuri tidak segera menyadari dan melepasnya. Inilah beberapa tempat yang paling cocok.

  • Memasang GPS tracker di bagian dalam dashboard mobil bisa jadi pilihan tepat, karena tersembunyi dan dapat langsung menghubungkan dengan kendaraan untuk pengisian dayanya.
  • Alternatif lain adalah memasangnya pada bagian bawah mobil. Namun, pastikan perangkat GPS tersebut memiliki permukaan magnetik kuat agar kedudukannya saat menempel mantap. Selain itu, harus tahan air, debu, dan kotoran lainnya dengan menambahkan casing pelindung.
  • Ada juga orang yang memilih memasang GPS tracker pada bagian bemper depan mobil, agar lebih tersembunyi.
  • Selanjutnya juga ada alternatif memasangnya pada bagian dalam kursi. Namun, ini artinya Anda harus membongkar jahitan pelapis jok terlebih dahulu.

10 Rekomendasi 10 GPS mobil terbaik

Itulah tadi beberapa tips memilih GPS mobil terbaik, baik jenis navigasi maupun tracker. Apabila Anda masih belum mendapat gambaran produk mana yang akan menjadi pilihan, dapat mengecek daftar berikut ini.

10. GPS Tracker Portable A-10

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-10

Harga : Rp 681.000

Praktis, tanpa harus instalasi

Produk ini merupakan GPS jenis tracker yang dapat Anda gunakan sebagai alat pelacakan, baik untuk mobil maupun motor. Keunggulan dari perangkat ini adalah tidak perlu adanya instalasi khusus. Anda tinggal meletakkannya saja pada tempat tersembunyi di kendaraan.

Perangkat ini menggunakan baterai 5000 mAH. Daya pada perangkat ini dapat membuatnya aktif selama 30 hari. Setelah itu, Anda perlu melakukan isi ulang daya.

Fitur lain yang melengkapi alat ini adalah mode penyadapan suara. Anda bisa mendengarkan pembicaraan yang ada dekat dengan perangkat tersebut. Dapatkan produk ini di Shopee.



9. GPS Tracker TK110

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-9

Harga : Rp 180.000

Tidah hanya untuk mobil, melainkan motor, koper dokumen, dan lainnya

Sama seperti perangkat GPS tracker sebelumnya, alat yang satu ini juga tidak memerlukan istalasi khusus. Oleh sebab itu, peletakannya juga cukup fleksibel, yaitu di mobil, motor, bahkan pada koper dokumen penting.

Untuk proses pelacakan, Anda dapat mengirimkan SMS berkode khusus. Selain itu, perangkat ini juga memiliki fitur berupa peringatan apabila melenceng dari peta yang telah Anda tetapkan. Jadi, misalkan mobil keluar jalur yang ditentukan, Anda akan segera mendapat SMS alert.

Keunggulan lain adalah pengaktifan mikrofon untuk menyadap suara juga dapat Anda lakukan melalui SMS. Apabila memerlukannya, Anda juga bisa membuat perangkat mengirimkan SMS berupa tanda SOS beserta koordinat posisi perangkat pada nomor tertentu.

Jadi, saat seseorang mencuri mobil Anda, lima nomor yang sudah diatur sebelumnya akan menerima SMS SOS, sehingga mereka juga bisa turut membantu melakukan pelacakan. Produk ini juga tersedia di Shopee.

8. GPS Mobil Foxlogger

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-8

 

Harga : Rp 1.300.000

Bisa mematikan mesin mobil jarak jauh

GPS mobil terbaik dengan jenis tracker yang selanjutnya adalah Foxlogger ini. Fitur yang ada pada perangkat ini juga tergolong lengkap. Bahkan Anda akan mendapatkan free server selama seumur hidup.



Anda dapat melakukan pelacakan apabila seseorang membawa kabur mobil kesayangan. Selain itu, juga bisa mengaktifkan fitur penyadapan suara untuk mengetahui pembicaraan pencuri tersebut.

Keunggulan lainnya adalah fitur mematikan mesin mobil saat seseorang mencurinya. Dengan fitur ini, pencuri tidak akan bisa lagi menyalakan kendaraan curiannya untuk kabur. Anda bisa mendapatkan produk ini di Shopee.

7. Bosion PX6

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-7

Harga : Rp 2.982.001

Menggunakan jaringan 4G, koneksi lebih cepat

Beragam fitur yang ada pada perangkat ini cukup membantu saat berkendara. Hal yang paling menonjol adalah koneksinya yang cepat berkat jaringan 4G. Selain itu, GPS mobil terbaik ini juga dapat terhubung dengan WiFi.

Koneksi yang baik ini membuat penggunanya dapat memanfaatkan perangkat GPS untuk menonton siaran televisi. Fitur lain adalah mengoperasikan fungsi untuk menerima panggilan telepon dengan handsfree. Jika tertarik, Anda bisa membelinya di Aliexpress.

6. Garmin Nuvi 57 LM

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-6

Harga: Rp 3.375.000

Tidak perlu mengandalkan sinyal seluler

Apabila Anda sering berkendara di lokasi yang minim sinyal, ada baiknya menggunakan Garmin Nuvi 57 LM ini sebagai GPS mobil. Dengan demikian, tentu akan mudah mendapatkan panduan rute meskipun sedang berada di luar zona jangkauan sinyal seluler.



Keunggulan lainnya adalah memuat peta terperinci Indonesia dan ada pembaruan lifetime secara gratis. Anda akan mudah menemukan titik lokasi penting seperti restoran, masjid, rest area, dan sebagainya.

Instalasi perangkat ini juga cukup mudah, yaitu menggunakan suction cup dengan daya isap kuat. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunjungi Shopee.

5. Nakamichi NA-3102i

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-5

Harga : Rp 2.080.000

Layar lebar dengan tampilan jernih

Layar perangkat ini mencapai 9 Inci dan sepenuhnya berbahan kaca. Tampilan gambarnya menjadi jernih dan memanjakan mata. Hal ini penting, sebab perangkat GPS ini tidak hanya sebagai pemandu navigasi saja, melainkan juga menjadi sarana hiburan di dalam mobil.

Betapa tidak, perangkat ini memiliki Ram 2GB dan ROM 32GB. Jadi, Anda bisa menyimpan banyak file video, mp3 dan mp4 untuk hiburan di perjalanan. Anda juga bisa menghubungkan perangkat ini dengan WiFi apabila memerlukan streaming.

Dengan beragam fitur tersebut, rasanya harga GPS mobil terbaik ini relatif murah. Anda bisa membelinya melalui Shopee.

4. Headunit 2DIN 7 Inch Android Quad Core GPS

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-4

Harga : Rp 1.162.300

Bisa berfungsi sebagai pengisi daya ponsel

GPS mobil terbaik selanjutnya ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Layar touchscreen membuat pengoperasiannya lebih mudah. Selain itu, perangkat ini sudah memiliki koneksi dengan internet, sehingga Anda dapat mengaksesnya selama di perjalanan.



Adanya dukungan bluetooth membuat Anda mudah memutar musik menggunakan perangkat tersebut. Saat perlu mengisi daya ponsel pun jadi mudah karena GPS ini memiliki fitur pengisian daya melalui slot USB. Dapatkan produk ini secara online melalui Tokopedia.

3. Clarion AX1 2DIN

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-3

Harga : Rp 7.540.500

Mendukung voice command dan beragam koneksi dengan device lain

Perangkat GPS dari Clarion ini menggunakan layar TFT Screen yang cukup jernih. Koneksi dengan smartphone atau gadget lain pun dapat Anda lakukan dengan mudah berkat adanya beragam cara, seperti menggunakan bluetooth, USB, maupun microSD.

Dukungan Ram 1 GB juga membuat proses navigasi dapat berjalan lebih cepat. Perangkat ini juga mendukung voice command, sehingga hanya perlu menyebutkan alamat yang akan Anda tuju dan sistem segera menyediakan navigasinya. Dapatkan produk ini di Lazada.

2. Eincar 6,2 2DIN

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-2

Harga : Rp 12.038.000

Mempunyai dukungan Dual Zone GPS Navigation dan rearview camera

Menggunakan perangkat GPS ini, Anda bisa mengunduh peta secara online untuk memudahkan perjalanan. Alat ini juga bisa menampilkan peta dalam format 2D atau 3Dsesuai kebutuhan. Juga hadir dengan konektivitas multimedia yang lengkap.

Fitur lain yang juga penting adalah rearview camera yang akan memudahkan Anda saat harus parkir mundur. Apabila tertarik dengan produk ini, dapat membelinya melalui Tokopedia.



1. Clarion NX 702A

foto-gps-mobil-terbaik-dengan-fitur-terlengkap-1

Harga : Rp 6.600.000

Minim risiko eror dan mendukung voice command

Salah satu keunggulan alat ini adalah loading cepatnya dan GUI (graphical User Interface) yang cukup responsif. Anda tidak perlu khawatair sebab produk ini relatif aman dari risiko eror. Perangkat GPS jenis navigasi ini akan memandu Anda tiba di tujuan dengan lebih mudah.

Perangkat ini juga mengusung fitur yang cukup lengkap. Di antaranya adalah layar sentuh GUI yang jernih, two zone entertainment, dan audio serta video input. Anda tidak perlu menatap layar untuk mengetahui arah, sebab sistem akan melakukan panduan menggunakan voice.

Keunggulan lainnya adalah data tempat-tempat penting dan lokasi menarik tersedia hingga ribuan. Dengan demikian, Anda akan mudah menemukan tempat-tempat penting saat berada di lokasi yang baru. Dapatkan Produk GPS terbaik ini di Shopee.

Kesimpulan

  • Ada dua jenis perangkat GPS, yaitu navigation dan tracker, sehingga perlu mengetahui mana yang lebih Anda perlukan.
  • GPS dengan real time information dapat membantu Anda menentukan rute perjalanan paling efisien.
  • Bagi Anda yang memerlukan GPS mobil terbaik denga fitur lengkap yang minim risiko eror dan mendukung voice command, pilih Clarion NX 702A.
  • Namun, apabila membutuhkan GPS yang tidak terpengaruh kondisi sinyal seluler, pilih Garmin Nuvi 57 LM.
  • Adapun bagi Anda yang memerlukan jenis tracker mobil, bisa membeli GPS Mobil Foxlogger yang memiliki fitur mematikan mesin dari jarak jauh.

Referensi

1. Abt (2021), GPS Navigation Buying Guide, https://www.abt.com/learn/car-gps-buying-guide
2. Keshavdas M (2021), What Are The Best Places In The Car To Install A GPS Tracker Device, https://fleetroot.com/blog/what-is-the-best-place-in-the-car-to-install-a-gps-tracker-device/
3. Writer GPS Technologies (2021), Difference Between GPS Tracking & GPS Navigation, https://gpstechnologies.com/2018/07/whats-the-difference-between-gps-tracking-and-gps-navigation/



TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Elektronik Kendaraan


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 GPS Mobil Terbaik dengan Fitur Terlengkap", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »