Cek Resi All-in-One 60 Ekspedisi. Cepat, Akurat, & Lengkap.


17 June 2021

10 Game Nintendo Switch Terpopuler yang Wajib Dimainkan di Tahun 2021

By Cekresi .com
10 Game Nintendo Switch Terpopuler yang Wajib Dimainkan di Tahun 2021


Nintendo Switch merupakan salah satu jenis konsol game yang masih banyak diminati hingga saat ini. Bahkan di tahun 2021 ini beragam game terpopuler dari Nintendo Switch hadir dengan varian yang lebih seru dan mendebarkan.



Dibandingkan dengan konsol game lain, seperti Xbox atau PlayStation, Nintendo Switch dianggap lebih ramah bagi pengguna anak-anak. Selain, modelnya menarik dan lucu, cara memainkannya pun cukup mudah untuk dimengerti.

Sementara bagi orang dewasa, bermain game Nintendo Switch bisa jadi salah satu alternatif untuk mengistirahatkan pikiran dari kesibukan sehari-hari. Apalagi Nintendo Switch memiliki game multiplayer yang bisa dimainkan bersama teman atau keluarga.

Karena itu, kami menyajikan beberapa rekomendasi game Nintendo Switch terpopuler yang wajib dimainkan di tahun 2021 lengkap dengan harga beserta ulasannya. Namun, sebelumnya kami akan berbagi informasi terkait game Nintendo Switch dan cara memilihnya.

Mengenal jenis-jenis game Nintendo Switch

Ada berbagai macam jenis game Nintendo Switch dengan tingkat keseruan dan kesulitannya masing-masing. Tiap game tersebut hadir dalam ragam genre yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan pemainnya.

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut jenis-jenis game Nintendo Switch yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Puzzle & strategy

Sesuai namanya, jenis game ini mengharuskan pemainnya untuk memecahkan masalah, mengidentifikasi pola tertentu, mencari objek-objek yang tersembunyi, dan sebagainya.

Dibutuhkan koordinasi tangan-mata serta konsentrasi pikiran penuh agar bisa memainkan game ini dengan maksimal.

Meski terkesan sulit, ada beberapa game yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Di mana tingkat kesulitannya pun sudah disesuaikan dengan kemampuan berpikir mereka. Contoh game Nintendo Switch bergenre puzzle & strategy adalah Captain Toad: Treasure Tracker.

  • Action & adventure

Jenis ini selalu jadi andalan para pemain yang ingin membuktikan kelihaiannya dalam bermain game. Para pemain akan diajak berpetualang mengarungi alur cerita untuk mencapai tujuan tertentu. Misalnya mengalahkan musuh yang jahat dan menyelamatkan dunia.



Selain berpetualang, Anda juga bisa mengontrol karakter di dalamnya untuk melawan monster-monster jahat selama perjalanan.

Tidak lupa juga untuk memecahkan teka-teki sulit yang membuat permainan semakin menarik. Contoh game Nintendo Switch jenis ini ialah The Legend of Zelda: Link’s Awakening.

  • First-person action

Model permainan dari jenis ini agak mirip dengan action & adventure. Bedanya, pemain bisa melihat dan memainkan langsung dari sudut pandang karakter yang dipilih. Membuat pemain merasa seolah menjadi sang karakter tersebut.

Sudut pandang karakter mungkin akan menyulitkan Anda untuk melihat konsol game terlalu sering. Oleh sebab itu, dibutuhkan koordinasi yang baik antara gerakan mata dan tangan agar bisa memainkan jenis game ini dengan baik. Contoh game first-person action game di Nintento Switch adalah Splatoon 2.

  • Role-playing games (RPG)

Jenis satu ini jadi yang paling banyak disukai para pemain Nintendo Switch. Biasanya RPG disatukan dengan genre game lain, misalnya simulation atau adventure.

Hampir mirip dengan first-person action game, di sini Anda akan memainkan peran tertentu di dalam game. Misalnya sebagai petani atau petarung.

Alur cerita dari game RPG lebih bervariasi, menyesuaikan tiap keputusan yang diambil para pemainnya. Situasi di dalamnya pun tergantung dari aksi yang dipilih.

Menariknya, para pemain bisa melakukan kustomisasi karakter yang dimainkan sesuai keinginan mereka. Contoh game jenis RPG pada Nintendo Switch adalah Pokemon Shield dan Pokemon Sword.



  • Party games

Ingin mendapat pengalaman bermain game yang lebih seru dan menyenangkan? Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk memainkan jenis party games di Nintendo Switch.

Di sini, Anda bisa saling bersaing atau bekerja sama dengan pemain lain dalam memainkan beberapa mini games tertentu. Dalam hal ini, para pemain bisa saling unjuk kelihaian mereka untuk memenangkan permainan yang tersedia.

Supaya lebih seru, bisa juga dibuat sistem hukuman bagi pemain yang berada di posisi terakhir alias kalah. Contoh game jenis party games di Nintendo Switch ialah Super Mario Party.

  • Music & fiteness

Kalau Anda tidak suka game yang rumit dan banyak berpikir, bagaimana kalau coba bermain jenis music & fitness? Pada genre ini, Anda dapat akan berinteraksi dengan ragam musik yang diusung di dalamnya.

Biasanya, para pemain diharuskan untuk menyesuakan tombol atau gerakan dengan alunan irama dan nada yang diputar. Nantinya, para pemain bisa mendapat skor sesuai dengan kemampuannya. Contoh jenis game music & fitness pada Nintentdo Switch ialah Just Dance 2020.

  • Racing & sports

Game ini mengajak para pemainnnya untuk berkompetisi dalam balapan atau olahraga. Genre racing & sports termasuk yang aman dan bersahabat untuk dimainkan oleh anak-anak.

Di sini, pemain bisa saling berlomba menjadi yang tercepat untuk mencapai garis finish atau memainkan simulasi olahraga tertentu, misalnya sepak bola atau basket. Contoh game racing & sports adalah Mario Kart 8 Deluxe.



  • Simulation games

Genre simulasi tengah berkembang sebagai salah satu yang banyak diminati sekarang ini. Hal ini berkat konsep yang dibuat semirip mungkin dengan di dunia nyata. Biasanya mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari karakter di dalam game dengan latar perkotaan atau pedesaan.

Bukan hanya kehidupan sehari-hari biasa, Anda juga bisa memainkan simulasi untuk profesi tertentu. Misalnya supir truk dan pilot. Contoh game genre simulation adalah Animal Crossing: New Horizons

Cek ratingnya

Perlu diingat kalau tidak semua jenis game Nintendo Switch boleh dimainkan oleh kalangan umur tertentu. Tidak sedikit game yang cenderung mengandung unsur dewasa dan kekerasan yang tidak ramah bagi anak-anak.

Untuk mengetahui apakah game tersebut sesuai atau tidak, Anda bisa melihat rating yang tertera di kemasan atau laman resminya. Game dengan rating E (Everyone) bisa dimainkan oleh berbagai usia. Sementara rating T (Teen) lebih dikhususkan bagi pemain berusia 13 tahun ke atas.

Periksa dukungan regionnya

Beberapa mesin Nintendo Switch dibuat dalam versi berbeda sesuai regionnya, antara lain Jepang, Asia, Amerika Serikat, dan Eropa. Hal ini jugalah yang memengaruhi game yang bisa Anda mainkan.

Perlu diperhatikan juga kalau beberapa region game ada yang tidak support bahasa Inggris. Sebaiknya Anda memilih region yang sudah mendukung penggunaan bahasa Inggris agar lebih mudah dimainkan.

Kabar baiknya, sekarang ini Nintendo Switch juga tersedia dalam format region free. Dengan begitu, Anda bisa memainkan beragam game tanpa harus khawatir dengan region lock.



Sesuaikan dengan versi konsolnya

Konsol Nintendo Switch hadir dalam tiga versi yang berbeda, yaitu Nintendo Switch v1, Nintendo Switch v2, serta Nintendo Switch Lite.

Varian Nintendo Switch versi pertama dan kedua dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar untuk memainkan game dalam waktu lama. Selain itu, controller Joy-connya juga bisa dilepas dari bodi perangkat dan bisa disambungkan ke TV.

Sementara Nintendo Switch Lite lebih ditujukan untuk model permainan handheld, karena controller Joy-Connya tidak bisa dilepas. Perangkat ini juga tidak bisa dikoneksikan ke TV. Nintendo Switch Lite lebih cocok bagi Anda yang sering memainkannya di luar rumah dan tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

10 Game Nintendo Switch terpopuler yang wajib dimainkan di tahun 2021

Setelah Anda mengetahui berbagai hal tentang game Nintendo Switch, berikut kami sajikan 10 rekomendasi game Nintendo Switch terpopuler yang wajib dimainkan di tahun 2021.

10. Fire Emblem: Three Houses

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-10

Harga : Rp 665.000

Konsep guru-murid yang unik

Penggemar seri Fire Emblem wajib banget memainkan game RPG-strategi ini. Intelligent System selaku developer kini juga menghadirkan game ini di konsol Nintendo Switch.

Game ini mengisahkan tentang suatu sekolah yang diisi oleh berbagai murid dari tiga kerajaan berbeda, yaitu Blue Lion, Golden Deer, serta Black Eager. Tiap murid memiliki sifat dan kemampuan yang unik.



Anda akan berperan sebagai seorang mercenary bernama Byleth, yang ditugaskan untuk menjadi profesor di sana.

Nantinya, Anda bertanggung jawab untuk mengembangkan kemampuan dari murid-murid tersebut. Mulai dari menentukan kelas yang diambil hingga senjata yang digunakan. Anda juga bisa melakukan pendekatan pada karakter lain.

9. Donkey Kong Country: Tropical Freeze

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-09

Harga : Rp 650.000

Petualangan sekelompok king kong untuk menyelamatkan pulau tropis

Permainan ini termasuk yang cukup legend di industri video game. Pertama kali dirilis sejak tahun 1981 dan masih tetap eksis hingga sekarang.

Ceritanya berawal dari perayaan ulang tahun Donkey Kong yang dilakukan di pondok miliknya. Di tengah perayaan, tiba-tiba salah satu balonnya terlepas dan terbang ke kapal Viking bernama Snowmad.

Menyadari pulau di hadapannya berpenghuni, para penghuni kapal tersebut mulai menyerang dan melepaskan naga es raksasa. Akibatnya, pulau tropis tersebut jadi membeku. Donkey Kong dan kawan-kawannya mau tidak mau harus berpetualang untuk menghapus kutukan es di pulau tersebut.

8. Tetris 99

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-08

Harga : Rp 625.000

Bentuk klasik dan sederhana dari permainan battle royale

Siapa kira kalau permainan klasik seperti Tetris juga bisa dimainkan di perangkat Nintendo Switch? Bahkan kini Anda bisa berkompetisi secara online yang makin menambah ketegangan dan keseruan dalam memainkannya.



Model permainan game ini tidak berbeda jauh dari sebelumnya. Di mana Anda diminta untuk menyusun rangkaian bentuk tertentu hingga mencapai skor setinggi mungkin.

Menariknya, Anda bisa mengirim ‘serangan’ tertentu pada pihak lawan seperti halnya sebuah permainan battle royale.

7. Hyrule Warriors: Age of Calamity

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-07

Harga : Rp 550.000

Kombinasi pertempuran besar dengan teka-teki bersejarah yang mendebarkan

Sekilas Hyrule Warriors: Age of Calamity terlihat mirip dengan Zelda. Game ini bisa dibilang merupakan kombinasi antara teka-teki dan sejarah dari Zelda dengan pertempuran besar ala Dynasty Warrior.

Latar belakang ceritanya mengambil dari 100 tahun sebelum seri Breath of the Wild dimulai. Menjelaskan penyebab terjadinya bencana di Hyrule beserta tertidurnya Link selama satu abad lamanya.

Selain menghadirkan kisah dari Zelda dan Link, ada juga karakter lain seperti Daruk, Mipha, Revali, Urbosa.

6. Luigi’s Mansion 3

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-06

Harga : Rp 250.000

Menelusuri hotel berhantu untuk selamatkan kakak dan kawan-kawan

Bukan hanya Mario, sang adik, Luigi, pun juga ternyata memiliki barisan penggemar yang tidak kalah besarnya. Apalagi dengan kehadiran seri permainan Luigi’s Mansion 3.

Cerita berawal dari Luigi dan kawan-kawan yang mendapat undangan menginap di hotel mewah. Bersama karakter lain, seperti Mario dan Peach, ia pun menikmati liburan di sana.



Namun, masa-masa senang mereka harus terganggu dengan kehadiran para hantu usil. Puncaknya ketika Mario dan kawan-kawannya terperangkap di dalam bingkai lukisan.

Sebagai satu-satunya yang selamat, Luigi harus berjuang seorang diri untuk menolong kakak dan teman-temannya. Masalahnya, Luigi ternyata cukup penakut. Berhasilkah ia!

5. Ring Fit Adventure

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-05

Harga : Rp835.000

Latih kebugaran fisik dengan sederhana namun menantang

Bermain game kini tidak lagi sekadar tiduran atau duduk di sofa saja. Anda juga bisa melatih kebugaran fisik dengan game Ring Fit Adventure ini.

Gamerole-playing adventure ini menggunakan aksesori pendukung berbentuk bundar bernama Ring-Con dan Leg Strap untuk memainkannya.

Dari penggunaan kedua aksesori tersebut saja sudah terlihat bahwa game ini memang dirancang untuk kegiatan olah fisik. Di dalamnya terdapat sekitar 60 menu permainan melatih tubuh pemainnya, misalnya melompat atau memanjat.

Konsep permainan ini sederhana tapi cukup menantang. Karena Anda juga akan dihadapkan dengan musuh jahat yang ingin mengganggu pergerakan pemain.

4. Persona 5 Strikers

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-04

Harga : Rp580.000

Sajikan pertarungan dan petualangan seru untuk menyelamatkan Jepang dari ancaman besar

Sekuel dari seri Persona 5 ini mengambil latar setahun setelah cerita di versi originalnya. Ceritanya para anggota Phantom Thieves, termasuk Anda (Joker), berkunjung kembali ke Tokyo untuk liburan musim panas.



Sayangnya, liburan mereka harus tertunda karena Metaverse (shadow jahat versi Persona 5) ternyata masih ada. Kebangkitan Metaverse ini bersamaan dengan meroketnya popularitas seorang artis bernama Alice Hiiragi. Ia pun dianggap sebagai biang keladi munculnya Metaverse ini.

Nantinya, Anda akan ditemani karakter pendamping misterius bernama Sophie yang juga bisa mengeluarkan shadow. Tidak disangka, kejadian tersebut ternyata hanya awal dari plot besar yang bisa mengancam seluruh Jepang!

3. Pokemon Sword and Shield

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-03

Harga : Rp 1.343.000

Temukan ragam Pokemon generasi terbaru yang unik dan eksotis

Salah satu seri dari franchise Pocket Monster yang legendaris ini merupakan transisi dari konsol Nintendo 3 DS ke platform Nintendo Switch. Kualitas grafis yang terlihat lebih tajam dan ciamik memberikan pengalaman bermain yang lebih fresh dan maksimal.

Berlatar di wilayah Galar yang dihuni banyak Pokemon eksotis. Anda bisa menangkap sekaligus melawan ragam Pokemon di sana. Keberadaan Pokemon generasi terbaru makin menambah keseruan permainan.

Ada beberapa fitur menarik yang bisa dipilih, antara lain Dynamax (membuat Pokemon raksasa), Max Moves (pergerakan baru), dan Gigantamaxing (mengganti bentuk Pokemon). Anda juga bisa memanfaatkan fitur camping untuk meningkatkan bonding dan EXP Pokemon.

2. Animal Crossing New Horizons

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-02



Harga : Rp 689.000

Cocok dimainkan di waktu istirahat dan senggang

Game satu ini sempat menghebohkan dunia maya saat pertama kali muncul. Bagi penggemar permainan simulasi seperti Harvest Moon atau The Simas, pasti langsung menyukai game ini. Gameplay-nya yang mudah dan santai membuatnya cocok dimainkan di waktu istirahat atau senggang.

Diceritakan kalau Anda memutuskan untuk pergi menyendiri di pulau yang sepi. Di sini, Anda bebas melakukan aktivitas yang diinginkan. Mulai dari memancing hingga berkawan dengan para hewan lokal.

Selain itu, Anda juga diharuskan mengerjakan beberapa misi, yakni upgrade rumah serta bekerja melunasi hutang.

1. The Legend of Zelda: Breath of The Wild

foto-game-nintendo-switch-terpopuler-yang-wajib-dimainkan-di-tahun-2021-01

Harga : Rp 689.000

Menawarkan pengalaman open-world yang realistis dan memukau

Seri The Legend of Zelda dikenal sebagai pioneer dari game genre adventure. Pertama kali diluncurkan di konsol Nintendo Entertainment System (NES) pada tahun 1986.

Kali ini, game Zelda hadir dengan menawarkan pengalaman open-world yang realistis dan memukau dalam The Legend of Zelda: Breath of The Wild.

Kisahnya berawal dari Kerajaan Hyrule yang berada di ujung tanduk kehancuran akibat kekuatan jahat dari Calamity Ganon. Untuk melindungi diri dari serangan Ganon, prajurit elf bernama Link kemudian dibuat tertidur hingga 100 tahun.

Mau tidak mau, sang putri kerajaan, Zelda harus berjuang sendiri untuk menahan kekuatan Ganon sambil menunggu bangkitnya Link.

Kesimpulan

  • Sebelum membeli game Nintendo Switch, sebaiknya Anda mempertimbangkan rating, dukungan region, hingga versi konsol-nya.
  • Selain itu, Anda harus memperhatikan jenis-jenisnya agar bisa menemukan game Nintendo Switch yang sesuai dengan keinginan.
  • Anda bisa memilih Persona 5 Strikers, karena menawarkan plot yang besar dan mendebarkan.
  • Sedangkan untuk Anda yang ingin bermain di waktu santai, Anda bisa memilih Animal Crossing New Horizons.
  • Namun, jika Anda yang senang bermain game retro klasik yang seru, maka Anda bisa memilih The Legend of Zelda: Breath of The Wild.

Referensi

1. Play Nintendo (2019), Game Categories, https://play.nintendo.com/parents/crash-courses/game-categories/
2. Play Nintendo (2019), Game Ratings, https://play.nintendo.com/parents/games-kids/
3. Nintendo (2019), Games, https://www.nintendo.com/games/





TanyaPaket.com

Jika Anda mengalami kesulitan saat cek nomor resi atau belum berhasil melacak paket, kabarkan kepada kami dengan klik tombol tanya.

Tanya Sekarang -->



Belanja Console Game Gaming


Artikel Terkait








Tulis Komentar

Untuk mengisi komentar, pertanyaan, dan info lain terkait "10 Game Nintendo Switch Terpopuler yang Wajib Dimainkan di Tahun 2021", silahkan klik tombol di bawah ini.

Tulis Komentar »